alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menyandingkan Banjir Jakarta di Januari 2013 dengan Januari 2014
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d60a71a4cb1756648b4693/menyandingkan-banjir-jakarta-di-januari-2013-dengan-januari-2014

Menyandingkan Banjir Jakarta di Januari 2013 dengan Januari 2014

Sesuai judul thread ini membandingkan banjir yang baru2 ini terjadi di jakarta.

Dalam satu dua hari ke depan topik ini tidak akan terhindari.

Adakah perbedaan antara banjir pada era Foke dengan era Jokowi?

Gambar-gambar berikut ini dapat memberikan informasi mengenai perbandingan banjir di Jakarta dalam beberapa hari terakhir secara cepat.

Menyandingkan Banjir Jakarta di Januari 2013 dengan Januari 2014
Peta Sebaran Banjir Bulan Januari 2013

Menyandingkan Banjir Jakarta di Januari 2013 dengan Januari 2014
Peta Sebaran Banjir Bulan Januari 2014

Dengan membandingkan secara cepat, kedua peta yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta tersebut, dapat terlihat bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara sebaran dan luasan banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta, .

Tentunya, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dalam memberikan penilaian. Dalam satu tahun dengan satu tahun berikutnya, dapat banyak hal terjadi. Juga sangat banyak variabel dalam sistem lingkungan (alam, manusia, dan buatan), yang berlangsung dan saling mempengaruhi. Sehingga bisa saja penurunan luasan areal Banjir dari kedua Peta tersebut, merupakan kebetulan. Perlu dikaji secara mendalam dan seksama tentunya. Setiap faktor dihitung dan lain sebagainya. Juga tentunya perlu dilihat fluktuasi Banjir tahunan, yang pastinya berbeda setiap tahun.

Namun, dalam kasus-kasus seperti ini, asumsinya adalah, banjir selalu lebih buruk tahun ke tahun. Jadi adanya perubahan positif ini sangat menarik untuk dicermati.

Kembali lagi kepada faktor-faktor yang mungkin berperan. Pengaruh iklim dalam lingkup luas akan saya kesampingkan dahulu dalam tulisan pendek ini. Karena perlu studi lebih mendalam. Namun kita bisa lihat secara cepat kebijakan-kebijakan selama setahun terakhir di lingkup DKI Jakarta.

Setahun terakhir ini ada perbedaan signifikan dalam hal kebijakan. Peralihan kepemimpinan membuat banyak arah kebijakan berubah. Sekarang ada relokasi dan penertiban Waduk-waduk di Jakarta Utara. Waduk Pluit dan Ria-Rio misalnya. Kemudian, pekerjaan normalisasi aliran sungai juga banyak berlangsung. Ada juga penertiban hunian di Kabupaten Bogor yang dananya disubsidi oleh Pemprov DKI (walau saya rasa, dampaknya masih bisa diabaikan karena belum signifikan, namun sangat penting dalam jangka panjang). Perbaikan dan penguatan tanggul. Lalu ada penambahan pompa air untuk mengurangi genangan.

Kemudian dari sisi sosial, Gubernur sering turun ke lapangan untuk mengingatkan peran sosial masyarakat dalam mengurangi dampak yang sedikit banyak, mereka juga yang menyebabkannya. Belum lagi Gubernur sering mengecek tanggul atau mendampinggi penjaga pintu air.

Well ya.., narasi terakhir rasanya subjektif. Namun perlu tidak perlu harus disebutkan.

Tapi yang ingin saya sampaikan adalah paragraf ini. Bahwa, upaya-upaya dalam mengurangi banjir yang menyiksa ibukota ini sepertinya mulai menunjukan hasil. Bahwa sekian banyak dokumen rencana dibuat, sekian banyak janji-janji dan teori diucapkan, sekian banyak uang pajak kita dikeluarkan; ternyata sepertinya mulai menunjukkan dampaknya. Bahwa banjir tahunan mudah-mudahan bisa selamanya hilang dari Jakarta. Semoga.


Sumber : http://jakarta.kompasiana.com/fasili...14-626447.html
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
memburu pertamax
Banjir itu musibah gan...kita gak bisa bandingkan dengan era kepemimpinan seseorang.
Mau Jokowi ato Foke ato sutiyoso Gubernurnya....klo kita sendiri tidak merubah pola hidup bersih kita ya susah.
Mulai dr kecil....yuuuk jgn buang sampah ke sungai. karena sungai bukan tong sampah. Jangan rusak sungai, yukk kita pelihara kelestariannya.

Banjir acap kali juga dikarenakan "kiriman" dari bogor ato sekitarnya yang notabene bukan wilayah DKI
Yuuukk jaga daerah sana.Hijaukan kembali dan hancurkan bangunan yg merusak lingkungan.

Memang seeh wajib sinkron dgn kebijakan pemerintah daerah ato pusat tapi pada dasarnya balik ke kita sendiri gan....

Semoga kita bersama bisa atasi banjir di DKI tercinta.
Amin

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
perubahan drastis gan
setidaknya nyata kerjanya emoticon-Matabelo
Diubah oleh blucoppia
Quote:


bener gan.. ini cuman informasi saja.. harusnya masyarakat tidak langsung menyalahkan gubenur.. atopun pemerintah prov...
emoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
makin lama titik banjir makin sedikit ya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di