alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ingin Tahu Siapa Penemu AL-Jabar ? Masuk sini gan :D
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d5fcf7118b460f368b470a/ingin-tahu-siapa-penemu-al-jabar--masuk-sini-gan-d

Ingin Tahu Siapa Penemu AL-Jabar ? Masuk sini gan :D

Spoiler for Gambar Al-Khawarizmi:

Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (Arab: محمد بن موسى الخوارزمي) adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.

Buku pertamanya,ialah al-Jabar, adalah buku pertama yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar. Translasi bahasa Latin dari Aritmatika beliau, yang memperkenalkan angka India, kemudian diperkenalkan sebagai Sistem Penomoran Posisi Desimal di dunia Barat pada abad ke 12. Beliau merevisi dan menyesuaikan Geografi Ptolemeus sebaik mengerjakan tulisan-tulisan tentang astronomi dan astrologi.

Kontribusi beliau tak hanya berdampak besar pada matematika, tapi juga dalam kebahasaan. Kata Aljabaral-Jabr, satu dari dua operasi dalam matematika untuk menyelesaikan notasi kuadrat, yang tercantum dalam buku beliau. Kata logarisme dan logaritma diambil dari kata Algorismi, Latinisasi dari nama beliau. Nama beliau juga di serap dalam bahasa Spanyol Guarismo dan dalam bahasa Portugis, Algarismo yang berarti digit.

Biografi

Sedikit yang dapat diketahui dari hidup beliau, bahkan lokasi tempat lahirnya sekailpun. Nama beliau mungkin berasal dari Khwarizm (Khiva) yang berada di Provinsi Khurasan pada masa kekuasaan Bani Abbasiyah (sekarang Xorazm, salah satu provinsi Uzbekistan). Gelar beliau adalah Abū ‘Abd Allāh (Arab: أبو عبد الله) atau Abū Ja’far.

Sejarawan al-Tabari menamakan beliau Muhammad bin Musa al-Khwārizmī al-Majousi al-KatarbaliArab: محمد بن موسى الخوارزميّ المجوسيّ القطربّليّ). Sebutan al-Qutrubbulli mengindikasikan beliau berasal dari Qutrubbull, kota kecil dekat Baghdad.

Tentang agama al-Khawārizmī’, Toomer menulis:
Sebutan lain untuk beliau diberikan oleh al-Ṭabarī, “al-Majūsī,” dapat dilihat mengindikasikan ia adalah pengikut Zoroaster.Ini mungkin terjadi pada orang yang berasal dari Iran]]. Tetapi, kemudian buku Al-Jabar beliau menunujukkan beliau adalah seorang Muslim Ortodok,jadi sebutan Al-Tabari ditujukan pada saat ia muda, ia beragama Majusi.

Dalam Kitāb al-Fihrist Ibnu al-Nadim, kita temukan sejarah singkat beliau, bersama dengan karya-karya tulis beliau. Al-Khawarizmi menekuni hampir seluruh pekerjaannya antara 813-833. setelah Islam masuk ke Persia, Baghdad menjadi pusat ilmu dan perdagangan, dan banyak pedagang dan ilmuwan dari China dan India berkelana ke kota ini, yang juga dilakukan beliau. Dia bekerja di Baghdad pada Sekolah Kehormatan yang didirikan oleh Khalifah Bani Abbasiyah Al-Ma’mun, tempat ia belajar ilmu alam dan matematika, termasuk mempelajari terjemahan manuskrip Sanskerta dan Yunani.

Karya Karya Terbesar AL Khawarizmi

  1. Buku Al Jabar


  1. Buku Dixit algorizmi


  1. Buku Rekonstruksi Planetarium


  1. Buku Astronomi


  1. Kalender Yahudi




Sumber
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
idola ane emoticon-Smilie
ngga salah kamar bray?
masuk ke forsub agama kali emoticon-Salah Kamar

emoticon-rose emoticon-rose emoticon-roseIngin Tahu Siapa Penemu AL-Jabar ? Masuk sini gan :Demoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
click me!
Quote:


engga gan , ini kan sejarah gan emoticon-Big Grin Ilmu gan
Diubah oleh reinaldi.m.y
iya gan beliau jg penemu algoritma/logaritma gan..yang menurut ane paling susah waktu SMA emoticon-Big Grin..tadi pagi ane baru searching tentang bliau ..eh nongol tret ini emoticon-Big Grin

anak ane ntar nama belakangnya ane kasih Al-khawarizmi biar jago matek gak kaya bapaknye emoticon-Cool
Diubah oleh azmieclipse
tenyata dulu awalnya pemikiran dari orang islam semua ya gan,
cuma yang orang barat baru mengembangkan dan digembor gemborkannya
Quote:


ane sih algoritma biasa2 aja gan ,soalnya ane waktu SMK jurusan Programmer.
bagus tuh gan nama belakangnya , kalo nama depannya apa gan ?

Quote:


bener gan, orang barat (yahud*) jaman dulu emang ga suka sama orang islam, islam dulu lebih pesat teknologinya, akan tetapi orang2 itu mengambil ide2 islam gan
Quote:


nama depannye trgantung dari istri ane ntar gan .. emoticon-Ngakak
Diubah oleh azmieclipse
wwwaaaahhhh....mbah buyutnya mbah buyutnya mbah buyutnya pamannya temen tetangga ane ni gan.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
nice share gan baru tau ane
ane lumayan ngefans ma beliau satu ini....
salah satu tokoh sejarah islam favorit ane nih gan emoticon-2 Jempol
Quote:


udah lahir belum gan ? kalo belum, misalkan Cewe masih mau gan belakangnya al-khawarizmi ? emoticon-Ngakak

Quote:


bukan gan, itu kakeknya dari neneknya dari eyangnya dari sodara temen saya dari sodaranya lagi dari kakanya, dari kakak iparnya eyang adik saya
Quote:

ane masih kuliah gan hahaha
masih bujang jg..
mau lah gaan .. misal cewe nanti contoh ni ye .. : Hamida Al-khawarizmi emoticon-Cool

Quote:


oke gan thanks emoticon-Big Grin

Quote:


wahhhh hebat gan, tapi ane ngefansnya sama nabi muhammad.saw emoticon-Big Grin

Quote:


sama gan emoticon-Big Grin

Quote:


jahhhh kirain dah nikah, soalnya ngomongnya kaya yang udah nikah aja emoticon-Big Grin ( ntar kalo anak ane dah lahir ) kirain lagi ngandung istri ente
karna beliau ,, ane waktu sekolah dibuat puyeng gan emoticon-Ngakak
wew kan ttp aja orng Islam yg pinter2 mah.. yg lain cma ngikut.
Quote:


sama gan emoticon-Ngakak tapi bermanfaat sih gan, apalagi buat programmer

Quote:


nah betul sekali ituh gan, bukang ngikut2, tapi ngambil ide2 orang2 islam
wow ternyata tokoh islam gan... emoticon-Matabelo
Quote:


gila sedih gan kisahnya emoticon-Matabelo

Quote:


iyah bener gan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di