alexa-tracking

Bukalapak melejit di tahun 2013, memproses Rp 15 miliar tiap bulannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d5e8d7becb175e208b497a/bukalapak-melejit-di-tahun-2013-memproses-rp-15-miliar-tiap-bulannya
Bukalapak melejit di tahun 2013, memproses Rp 15 miliar tiap bulannya
Ranah pasar online di Indonesia sudah cukup ramai, dan belum jelas siapa yang akan memenangkan pertarungannya. [URL="http://SENSOR/"]Bukalapak[/URL], salah satu marketplace customer to customer (C2C) terbesar di negara ini, baru saja mengungkapkan beberapa data dan kemajuan yang dicapainya di tahun 2013.

Diluncurkan “secara tidak resmi” pada bulan Februari 20101, Bukalapak sekarang memfasilitasi transaksi senilai Rp 500 juta setiap harinya atau lebih dari Rp 15 miliar setiap bulannya. Angka tersebut berasal dari transaksi yang dilakukan di layanan escrow dan e-wallet BukaDompet milik Bukalapak. Jumlah tersebut masih bisa naik jika tim Bukalapak juga menyertakan nilai transfer bank langsung, yang menurut perkiraan founder Bukalapak, Achmad Zaky, bisa lebih dari Rp 1,2 miliar per hari. “Kami berusaha untuk mengkonversi transaksi langsung ke sistem transaksi kami. Mudah-mudahan kami bisa mencapai 100 persen tahun ini,” tambahnya.

Bukalapak melejit di tahun 2013, memproses Rp 15 miliar tiap bulannya

Bukalapak kini memiliki sekitar 400.000 listing barang aktif dari lebih dari 80.000 penjual. Achmad mengatakan bahwa sebagian besar penjualnya melakukan kegiatan jual beli atas dasar hobi. Tidak seperti penjual grosir yang dapat menjual ratusan produk, sebagian besar penjual Bukalapak hanya menjual beberapa barang dalam sekali waktu.

Pertumbuhan yang stabil
Untuk ukuran sebuah perusahaan besar dan berpengaruh, Bukalapak membuat perusahaannya ramping dengan hanya memperkerjakan sekitar 20 karyawan. Sebagai perbandingan, pesaingnya,Tokopedia – yang berada di peringkat ke-40 di Indonesia berdasarkan Alexa – kini memiliki sekitar 60 karyawan. “Kami juga tidak membuat terlalu banyak iklan,” ujar Achmad.
Achmad mengatakan bahwa Bukalapak unggul pada kategori yang berhubungan dengan produk yang didominasi oleh pria seperti sepeda, kamera, alat musik, dan komputer. Banyaknya barang-barang bermerek pada kategori-kategori tersebut membantu memperkuat hasil pencarian SEO untuk Bukalapak.
Achmad suka mengatakan bahwa Bukalapak adalah marketplace berbasis komunitas. Tim Bukalapak melibatkan diri pada acara-acara komunitas yang diadakan oleh komunitas sepeda dan kamera. Ia juga menjaga kontak dengan penjual dan mendorong mereka untuk membangun kelompok penjual dan membantu orang lain menjual lebih banyak di Bukalapak.

Lonjakan besar di Alexa
Pada tahun 2013, berdasarkan Alexa, Bukalapak mengalami penurunan yang besar dalam hal peringkat, dan kemudian langsung melejit ke posisi 50 di Indonesia, meningkat dari posisi 151 dari April lalu. Bagaimana mereka bisa melakukannya?
Screen-Shot-bukalapak-peringkat-alexa
Jawabannya sebenarnya cukup sederhana. Achmad Zaky mengatakan bahwa mereka saat itu memutuskan untuk menggunakan protokol jaringan SPDY untuk mengurangi waktu membuka halaman web. Ternyata Alexa tidak dapat melacak situs yang menggunakan SPDY, yang menyebabkan peringkat Bukalapak menurun drastis terlepas dari pertumbuhan Bukalapak yang bagus.
Karena tim Alexa tidak memiliki solusi, Bukalapak kembali menggunakan protokol jaringan yang lama. Sekarang peringkat Alexanya sudah kembali normal.

Merambah ranah mobile di 2014
Bukalapak akan lebih mobile tahun ini. Tim Bukalapak berencana untuk meluncurkan aplikasi Android pada kuartal ini. Berdasarkan pengamatan Achmad, pembeli Indonesia perlu berinteraksi dengan penjual terlebih dahulu sebelum membuat keputusan pembelian, biasanya untuk pertanyaan umum seperti apakah barang tersedia dalam warna-warna tertentu. Mereka cenderung untuk mengirim email ke beberapa penjual, dan sering kali mereka akan membeli dari penjual pertama yang merespon, meskipun penjual tersebut tidak memiliki penawaran harga terbaik. Jadi kecepatan interaksi sangat penting.
Aplikasi Android ini dirancang untuk membantu penjual merespon dengan cepat pertanyaan pengguna. Jadi penjual tidak perlu membuka situs Jual Beli Bukalapak terlebih dulu jika mereka hanya ingin memeriksa dan menanggapi pemberitahuan.
Ranah mobile akan menjadi sangat besar dalam beberapa tahun mendatang. E-wallet baru milik Bukalapak yang disebut BukaDompet, dibangun untuk mempersiapkan hal tersebut. Suatu saat nanti, pengguna akan dapat membeli semua barang di Bukalapak dari perangkat mobile mereka hanya dengan beberapa sentuhan saja.
Bukalapak menghadapi persaingan ketat dari Tokopedia, Lamido milik Rocket Internet, Elevania milik XL, dan Blanja milik e-Bay.
Bukalapak awalnya dimulai sebagai sebuah divisi di perusahaan software milik Achmad Zaky. Bukalapak kemudian tumbuh dan menjadi perusahaan mandiri pada September 2011.

sumber

ditunggu komentarnya emoticon-Smilie
Bukalapak mantap.... sukses terus buat Bukalapak emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Jempol
keep posting gan, ane paling suka postingan agan ini , CHEERS !!!
KASKUS Ads
wow...besar juga omsetnya , tapi ane vote kaskus tercinta deh emoticon-I Love Kaskus (S)
nice info gan, makin pinter dah liat info kayak gini, hehehe
×