alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d5e48e20cb174a0b8b4630/15-januari-quotselamat-hari-dharma-samudraquot-memperingati-pertempuran-laut-aru

15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)

Selamat Pagi semuanya,ada yang tahu sekarang Hari apa? Selain hari Rabu 15 Januari 2014,Hari ini Memperingati Hari Dharma Samudra,yaitu Hari untuk Memperingati Pertempuran Laut Aru 15 Januari 1962 saat itu sedang terjadi Pertempuran antara TNl AL (saat itu masih bernama ALRI atau Angkatan Laut Republik Indonesia) dengan Belanda di laut Aru,Simak Sekilas Sejarah dari Pertempuran Laut Aru :


Pertempuran Laut Aru

15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)

Kapal Matjan Tutul


Pertempuran Laut Aru adalah suatu pertempuran yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada tanggal 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda. Insiden ini terjadi sewaktu dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda menyerang RI Matjan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653) dan RI Harimau (654) milik Indonesia yang sedang berpatroli pada posisi 04,49° LS dan 135,02° BT. Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".

Armada Indonesia di bawah pimpinan Yos Sudarso, yang saat itu berada di KRI Macan Tutul, berhasil melakukan manuver untuk mengalihkan perhatian musuh sehingga hanya memusatkan penyerangan ke KRI Macan Tutul. KRI Macan Tutul tenggelam beserta awaknya, tapi kedua kapal lainnya berhasil selamat


Spoiler for Pertempuran Laut Aru:


Sumber :
Spoiler for Sumber:


Pesan TS : Semoga Generasi Kita dan Selanjutnya dapat mempertahankan kekuasaan Indonesia terutama Pulau-pulau paling luar dari Indonesia,jangan sampai Hilang dirampas atau di akui oleh Negara lain dan Jangan sampai kita Melupakan sebuah Sejarah,Selamat Hari Dharma Samudra emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh newgod
Urutan Terlama
terlupakN y gan emoticon-Matabelo

Pahlawan Republik Indonesia dalam Pertempuran Laut Aru

Laksamana Madya Yosaphat Soedarso

15 Januari "Selamat Hari Dharma Samudra" (Memperingati Pertempuran Laut Aru)


Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925 – meninggal di Laut Aru, 15 Januari 1962 pada umur 36 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia gugur di atas KRI Macan Tutul dalam peristiwa pertempuran Laut Aru setelah ditembak oleh kapal patroli Hr. Ms. Eversten milik armada Belanda pada masa kampanye Trikora. Hal yang kurang lazim adalah, sebagai seorang Kepala Staff Angkatan Laut tidak seharusnya ia ikut terjun langsung di dalam operasi tersebut. Namanya kini diabadikan menjadi nama KRI dan pulau.

Kehidupan pribadi
Yos Soedarso menikah dengan Siti Kustini (1935-2006) pada tahun 1955 dan meninggalkan lima orang anak (dua diantaranya meninggal).


Spoiler for Sumber:
[/url]
Quote:

Bukan terluapakan gan,tapi peringatan hari ini paling hanya terdengar di TNI AL atau ga semua orang tahu,jadi sebernya ga terlupakan juga gan
Bagimu negri jiwa raga kami
emoticon-Matabelo perjuangan para pahlawan yg harus kita hargai emoticon-Matabelo
Quote:

emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia (S)
hidup indonesia tanah tumpah darah kuemoticon-I Love Indonesia (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di