alexa-tracking

Apa yang salah dengan kalian wahai saudaraku di Jawa?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d5b8acc1cb17ec798b4729/apa-yang-salah-dengan-kalian-wahai-saudaraku-di-jawa
Apa yang salah dengan kalian wahai saudaraku di Jawa?
Karena masih banyak yg koment kurang tepat, jd ane warnain kata2 yg menurut ane penting..

Ini thread pertama ane di kaskus tercinta. Mohon maaf kalau banyak kesalahan.
CATATAN: JIKA TIDAK DIBACA SAMPAI HABIS AKAN MENIMBULKAN KESALAH-PAHAMAN


Here we go....

Ada begitu banyak hal lucu di negeriku ini. Bahkan bukan sekedar lucu, ini menyedihkan. Setelah berbagai keanehan muncul di semua lini kehidupan kita seolah itu tak cukup, keanehan lain pun bermunculan semakin banyak dan banyak.

Ane sekarang ada di pulau jawa, sebagai seorang mahasiswa perantauan dari sumatra, tepatnya dari Riau, ane merasa ada di negeri lain, ane merasa ane bukan di indonesia, bagaimana tidak, ane mesti jelaskan berbagai hal ke teman2 ane yg orang jawa, ah ini lucu sekali menurut ane. Ane harus jelaskan Riau itu di pulau mana, ane harus jelaskan ini itu seolah ane lagi bicara sama orang bule yg baru datang ke Indonesia.

Apa sih yang terjadi pada negeri ane ini, apakah terlalu luas hingga kita tak saling mengenal? suatu hari ane berbincang-bincang dengan seorang teman ane yg orang jawa, dia tanya ane Riau itu sumatera apa sih? ane bingung mau jawab apa, trus ane jawab simple aja, Riau itu ya Riau ga pake sumatra sumatraan, trus dia ngomong lagi, berarti ga diakui orang sumatra dong? ane cuma ketawa dalam hati, ini orang kok begonya kelewatan sih? trus ane jelasin dengan sabar, Riau itu nama provinsinya ya Riau, nama provinsi kami tidak diambil dari nama pulau, misal sumatra utara atau jawa tengah. Dan setelah diselidiki ternyata teman ane ini ga tau bahwa Riau itu nama provinsi.. Bukan cuma Riau yg ane jelaskan gan, dia bahkan ga tau Palembang, Lampung, Jambi bahkan dia kira Padang itu provinsi.

Ini keanehan kedua, ane bicara pakai bahasa daerah ane sama seseorang, setelah selesai ada teman ane yg bilang, kok bahasa kamu mirip bahasa indonesia sih? lah.. ane mau jawab apa gan? ya jelaslah bahasa ane mirip bahasa indonesia, karena masih sama2 melayu, dan bahkan bahasa indonesia itu diangkat dari bahasa melayu tempat ane, melayu Riau. ane kembali berfikir, apa orang2 ini tak diajari tentang sejarah bahasa Indonesia?

Masih tentang teman2 tadi, mereka heran kok bahasa melayu ane akhirnya bukan 'e' lemah kaya upin ipin, mereka bilang bahasa ane bukan bahasa melayu tapi bahasa Padang. ane ketawa gan, merek fikir melayu itu cuma yang akhirnya 'e' doang, mereka fikir orang minang itu bukan melayu. seandainya saja mereka lihat ada berapa puluh logat melayu di sumatra atau mungkin ratusan, itu masih belum ditambah dengan melayu yang ada di kalimantan sana dan semenanjung malaya. mereka pasti tau ternyata bahasa melayu yang akhirnya 'e' itu cuma segelintir dari sekian banyak logat bahasa melayu. Namun sayang gan. Mereka tak seperti itu.

Di lain kesempatan gan, ane lagi ngobrol tentang bahasa daerah ane, trus ada beberapa kata yang sama persis dengan bahasa indonesia, trus ada yang bilang, itukan bahasa Indonesia? kok dibilang bahasa daerah kamu sih? ane cuma garuk2 kepalan tangan gan. ane ga habis fikir sama orang2 ini.

Kenapa sih kita diajari persatuan, diajari segala macam sedangkan saudara2 kita di jawa seoalah tak mau tau dengan kita? setiap hari di televisi atau media lainnya kita disuguhkan budaya jawa sedangkan orang jawa sendiri acuh tak acuh dengan budaya selain jawa.

Thread ini adalah luapan kekesalan ane gan, dan perlu digaris bawahi, ini bukan untuk saling mengejek gan, ane ga maksud untuk saling sara atau apalah. tujuan ane cuma mengajak agan2 semua untuk lebih mengenal satu sama lain. jangan heran gan kalo orang Jepang mengira Indonesia itu nama makanan, jangan sakit hati kalau pulau2 Indonesia mereka hilangkan di peta, jangan aneh kalau bule ga tau indonesia itu sebuah negara, sedangkan agan saja ga tau apa bedanya Papua sama Irian jaya. Kita saja ga tau sama saudara kita yg ada di pulau nun jauh di sana.

Sekali lagi gan, ane ga bilang semua orang jawa seperti itu, ane ga bilang hanya orang jawa yang seperti itu, ane ga bilang orang selain jawa ga seperti itu, karena ada banyak orang jawa di luar sana yang sangat peduli dengan saudara setanah airnya. Dan ada banyak orang selain jawa yang acuh tak acuh dengan saudaranya bahkan dengan budayanya sendiri.

Thread ini mungkin punya banyak kelemahan gan, ane minta kritikan yang bermutu, jangan cuma menyalahkan gan, kasih solusi dan arahan juga. Serta alasan yang tepat. Maklum gan ini thread pertama ane.
gak semua gitu kok emoticon-Smilie gmana orangnya aja
emoticon-Matabelo
ane juga masih jongkok banget soal begituan, tapi kalo gatau riau itu "bagian" dari indonesia mah kelewat kali yah,..
soal logat ane ngerti beda-beda (walau gatau asal dan artinya), soalnya dapet kerjaan yang cukup intense ngobrol sama orang kalimantan dan sumatera,.

sabar aja gan.. tapi jujur loh yah, orang-orang luar pulau di pulau jawa prestasinya bagus2.. emoticon-Cendol (S)
kita tetap satu gan emoticon-I Love Indonesia
KASKUS Ads
ga hampir beda sama ane juga waktu tinggal di daerah jaksel gan....

temen ane nanya ane orang mana ane jawab ane orang riau pada ga tau sampe2 nama ibukota ane kasih taupun kaga tau juga eh pas ane bilang padang pada tau semua, ane tanya aja kok padang kalian pada tau sih lah dia dengan nyantai jawab kek gini " ya iya lah orang padang kan pada bengkok semua" emoticon-Marah pengen w jontorin tuh mulut mereka....
image-url-apps
hahahaha senasib ama ts ane ( ane asal riau tapi udah 5 tahun di pasuruan jatim) sering sama pertanyaan nya
image-url-apps
Ga semua gitu kok gan..
Dulu ane merantau di kampar, riau. Orang disana juga pada nanya semarang itu dmn?
Sama aja kah?
Tp saya yakin tidak semua spt itu..
Saran aja, ente jangan terlalu sensitif, namanya jg merantau, ente bakal menemukan berbagai macam sifat manusia emoticon-Big Grin
image-url-apps
iya gan,,
di jawa lagi kalo kota medan mereka taunya hanya orang batak saja,, padahal medan asli nya orang melayu..
image-url-apps
kalo itu tergantung orgnye aje gan

Thanks

image-url-apps
Saran yg bagus gan.
image-url-apps
Quote:

ane juga udh bilang gitu kan? hehe
image-url-apps
Namanya jg org rantau gan. Jangankan ente..ane yg org cilacap dikira org sunda sama org jawa tengah. Pdhal cilacap kan jateng
image-url-apps
Quote:

yee, ane jg bilang gitu kok gan.
image-url-apps
wahhh gak bisa donk gan klo lo cuma ambil sample dr segelintir orang. terus lo mau nyimpulin semua orang jawa. penduduk d pulau jawa ad lebih dari 50juta jiwa, trus sample lu cuma 20rang gak nyampe. emoticon-Cape d...

ane orang palembang, dan dari sabang sampe merauke, siapa yang gak tau kota yg terkenal dgan makanan khasnya empek2, Palembang. emoticon-Cool
image-url-apps
emoticon-Matabelo jdulnya mesti dganti dolo gan, takutnya bisa mnimbulkan kontroversi emoticon-Ngakak ente ada bnernya juga gan, soalnya mkin ke sini bngsa Indonesia makin pasif n apatis, lagian msih bnyak ko bngsa Indonesia laen yg kagak tau ama daerah2 Kalimantan, Sumatera, Sulawesi emoticon-No Hope
Quote:


setuju emoticon-Shakehand2

pesan buat ts : gak semua orang punya pikiran luas, gak semua orang juga gak ngerti tentang budaya negerinya.
namanya juga merantau, di nikmatin aja gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


hmmm.. ane jg udh nulis gitu, ga semua.
image-url-apps
tenang aja gan orang jawa yang bodoh cuma temen ente
image-url-apps
Generasi sekarang banyak yang jago koar" soal usa jipun ato europelah
Tapi bodo akan negaranya sendiri
Jadi maklumin aja
image-url-apps
Iya bener gan gak semua orang di jawa gitu gan. Cuman kebetulan aja orang2 yg TS hadepin tuh kebangetan sampe ga tahu kalo Riau itu nama provinsi
image-url-apps
dikau riau dimane nye??? aku oang riau juge ni...bengkalisss..tenang je kawan...oang jawe sane tu tak tau die kalo tak de riau, kAlimantan dan papua...mgkn bbm sangat mahal disane..kite tau minyak di riau ni byk di keruk utk dikorupsi oang sane lahh..memang tk sadar diri oang sane tuuu..bak kate oang melayu makan sumpahhh
×