alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d53d0259cb179d688b4941/mengenal-sejaramanisan-buah-asli-cianjur-dan-macamnya--jangan-masuk-bikin-ngiler

Mengenal Sejarah Manisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )

Manisan Cianjur muncul pada akhir tahun lima puluhan atau awal enam puluhan, bersamaan dengan meluapnya produksi buah dari sekitar Cianjur, akibat terganggunya distribusi buah dan palawija menyusul “nasionalisasi” perusahaan-perusahaan dagang Belanda oleh Pemerintah saat itu. Membludaknya buah- buahan yang membusuk itu, memunculkan ide mengawetkan yang sudah dimiliki oleh para perantau Cina dari leluhurnya di daratan Cina. Melalui serangkaian proses yang cukup panjang, buah-buahan yang semula mudah membusuk (jamur atau kapang) karena sinar matahari atau kesalahan pada saat panen menjadi lebih awet. Sekalipun ilmu mengawetkan ini berasal dari Cina, namun rasa (taste) nya jauh berbeda dengan aslinya di sana. Rasa manisan Cianjur jauh lebih manis yang dikombinasikan dengan rasa masam dari buah, menimbulkan rasa khas Cianjur. Ciri khas manisan Cianjur yang berbeda dengan manisan dari daerah lain, adalah cara para pendagang memajang dagangannya, yakni dengan menempatkan dalam deretan bejana bekas botol yang menjadi hiasan tersendiri yang menarik. Awalnya hanya buah pala. Kini, beragam buah telah biasa dijadikan manisan, dari salak sampai ceremai. Di siang hari yang terik, enaknya makan apa ya? Es buah segar, mungkin merupakan pilihan yang tepat. Begitu pula dengan rujak buah, tentu banyak yang suka. Bagaimana dengan manisan? Ah, boleh juga. Nah, bicara soal manisan, rasanya sebagian besar masyarakat Indonesia mengenalnya. Camilan manis yang terbuat dari buah-buahan ini memang bisa ditemui di sejumlah tempat di Indonesia. Namun, hanya ada satu kota yang kesohor dengan manisannya, yaitu Cianjur

Macam Macam Jenis Manisan Buah

MANISAN MANGGA

Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


Manisan mangga termasuk yang paling banyak penggemarnya. Rasanya manis sekaligus asam di tambah dengan rasa pedas membuat anda menjadi segar.

MANISAN SALAK

Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


Manisan Salak juga banyak penggemarnya, Rasa Manis di tambah dengan rasa sepat salak dan dengan di tambah rasa pedas sama segarnya seperti manisan mangga di atas

MANISAN NANAS
Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


Manisan Nanas kering di dominasi rasa manis dan cenderung tidak kecut, aroma nanas nya masih terasa, untuk manisan kering ini rasanya termasuk istimewa dan membuat nagih untuk terus mengigit

MANISAN PALA
Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


Manisan pala termasuk yang rasanya paling kuat. sehingga biasanya pala dibalut dengan banyak gula. manisan pala banyak di konsumsi untuk terapi sulit tidur.

MANISAN CEREMAI
Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


kalo lagi bete atau lagi ribut ama pacaran daripada berantem ga jelas cobain deh makan manisan ini, rasanya bikin nyes! lupa semua emoticon-Big Grin

MANISAN PEPAYA

Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )


Manisan ini rasanya manis manis lembut aja, seperti buah pepaya, tapi untuk yang manisan basah lumayan bikin seger apalagi yang manisan basah


TIPS BELI MANISAN, Manisan yang ga pake pengawet atau pake pengawet alami rasanya seger ga nyegrak di leher

sumber
Diubah oleh: manisanbuah
Urutan Terlama
manisan aje bangga lo bray

itu pemanis buatan bray

gw mah nati kw kw an bray
gada pertamax
Quote:


ah elu
biasa makan tali sepatu aja ribut
gua tampol dah. asli gua tampol ampe gebleg dah
jadi ngiler nih
bikin ngiler aja tuh manisannya
jadi segera mau nyobain
ane pgn manisan mangga gan emoticon-Matabelo
manisan nya beli dimana
selamat malam semua
Quote:


udah pagi gan
ane biasa makan tuh gan, manisan pepaya enak tuh, tp yg kering ya, ada krek krek gtu mantap
jadi pengen manisan nich
nyari kang manisan duluemoticon-Ngacir
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 11
kang manisan nih
manisan mangga berapa bang..? Mengenal SejaraManisan Buah Asli Cianjur Dan Macamnya ( JANGAN MASUK BIKIN NGILER )emoticon-I Love Indonesia
kebanyakan udah pada pake pengawet dan pemanis buatan, bikin tenggorokan sakit


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di