alexa-tracking

mengungkap rahasia camera 41MP, LUMIA 1020

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d51e411e0bc371258b45bc/mengungkap-rahasia-camera-41mp-lumia-1020
mengungkap rahasia camera 41MP, LUMIA 1020
NOKIA LUMIA 1020 with pro camera 41 MegaPixel


mengungkap rahasia camera 41MP, LUMIA 1020

41 MP (38 MP effective, 7152 x 5368 pixels), Carl Zeiss optics, optical image stabilization, auto/manual focus, Xenon & LED flash, 1/1.5'' sensor size, 1.12 µm pixel size, PureView technology, geo-tagging, face detection, dual capture, panorama, video 1080p@30fps, 4x lossless digital zoom, video light, Sekunder: 1.2 MP, video 720p. NOKIA Pro Cam

Menggunakan teknologi PureView yang pernah disematkan dalam ponsel Nokia 808-nya, kamera 1020 diklaim sebagai ponsel kamera dengan kualitas terbaik saat ini. Modul kamera Lumia 1020 memang punya teknologi yang sangat canggih dalam balutan desain yang lebih ramping dari Nokia 808 PureView.

Untuk menghasilkan gambar berkualitas prima, lensa CarlZeiss milik Lumia 1020 punya bukaan atau aperture yang meningkat dari seri sebelumnya 2.4 menjadi 2.2. Dengan desain baru BSI yang diterapkan pada sensornya, kamera belakang miliknya kini dapat mengambil gambar dengan tingkat noise lebih rendah meski dalam kondisi kurang cahaya.

mengungkap rahasia camera 41MP, LUMIA 1020

Agar gambar yang diambil bebas dari guncangan, kamera belakangnya juga sudah dibekali dengan fitur Optical image Stabilization. Fitur ini dapat dipakai baik untuk keperluan memotret gambar maupun merekam video.

Nokia juga memperpendek jarak terdekat fokus bidikan kamera dari 20cm menjadi 15cm. Ini artinya kini pengguna dapat membidik objek dari jarak paling dekat 15cm. Dengan jarak yang makin dekat, pengguna dapat mengambil gambar dengan fokus makro yang lebih detail. Untuk mengoptimalkan kecanggihan fungsi yang diusungnya, Nokia membekali Lumia 1020 dengan tiga aplikasi kamera masing-masing aplikasi default Windows Phone 8, Nokia Pro Camera dan Nokia Smart Cam.

Perlu pembaca ketahui, aplikasi default Windows Phone 8 ternyata hanya mampu mengambil foto dengan resolusi maksimal 5 megapiksel. Sehingga bila Anda ingin mengoptimalkan fungsi modul kamera 41MP miliknya, pengguna disarankan untuk memakai aplikasi Nokia Pro Camera yang dijejali dengan ragam setting yang pas untuk pengguna pemula atau profesional.

Saat mengaktifkan Nokia Pro Camera, pengguna akan disambut dengan antarmuka kamera pada ruas kanan yang secara berurutan dari atas kebawah terdiri dari setting flashlight, white balance, fokus, ISO, shutter speed dan exposure. Selain mengandalkan exposure dan aperture, Nokia juga membekalkan lampu flash LED dan Xenon Flash untuk membantu pencahayaan.

Meski Nokia mengklaim menggunakan modul kamera dengan resolusi 41 megapiksel, namun bukan berarti modul kamera Lumia 1020 sanggup menghasilkan gambar dengan resolusi sebesar itu. Sensor kamera Lumia 1020 memang mengusung resolusi sebesar 7728 x 5368 atau 41 megapiksel, namun soal kemampuan menangkap gambarnya tentu akan sangat tergantung pada aspect ratio yang Anda pilih. Untuk aspect ratio 16:9 gambar yang dihasilkan berada pada resolusi 34 megapiksel, sementara pada aspect ratio 4:3 dihasilkan gambar beresolusi 38 megapiksel.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal kamera Lumia 1020 ini ada baiknya kita ketahui lebih dulu gagasan utama dari teknologi PureView yang dikembangkan oleh Nokia ini. Gagasan utama dibalik pengembangan teknologi PureView oleh Nokia ini pada dasarnya adalah untuk menciptakan sensor kamera dengan besaran megapiksel tinggi guna mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari objek yang akan dibidik. Informasi dari banyak piksel yang dikumpulkan ini kemudian digunakan untuk menghasilkan gambar dengan “piksel sempurna” dalam resolusi lebih rendah. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan jadi lebih cemerlang serta punya warna yang lebih bagus.

mengungkap rahasia camera 41MP, LUMIA 1020

Proses penyempurnaan piksel yang lazim disebut oversampling ini memungkinkan Lumia 1020 untuk menghasilkan gambar dalam resolusi penuh 34 megapiksel serta 5 megapiksel oversampling. Proses oversampling yang menggunakan basis software serta dijalankan oleh prosesor ini pada akhirnya berdampak pada timbulnya jeda selama 4 detik sebelum gambar berhasil disimpan.

Berikutnya adalah aplikasi Smart Camera yang merupakan aplikasi kamera yang mengambil 10 gambar secara beruntun atau burst shot. Kesepuluh gambar tersebut kemudian dapat Anda edit berdasarkan mode yang disediakan. Smart Camera memungkinkan pengguna untuk memilih lima mode yang mencakup best shot, action shot, motion focus, change faces dan remove moving objects.

Membicarakan ponsel dengan modul kamera berukuran besar tentu jadi tak berarti tanpa membahas kualitas gambar yang dihasilkan. Menggunakan aplikasi Pro Camera, Anda bisa memilih memotret foto dengan resolusi 38 MP untuk rasio 4:3 atau 34 MP untuk rasio 16:9. Untuk pengambilan gambar diluar ruangan dengan pencahayaan yang cukup, foto yang dihasilkan tersaji dengan warna yang natural serta detail yang bagus. Untuk pengambilan gambar didalam ruangan dengan pencahayaan rendah, gambar yang dihasilkan menunjukkan komposisi warna serta kontras yang baik. Bila masih dirasa kurang, Anda bisa mengaktifkan LED flash dan Xenon Flash yang disematkan untuk membantu pencahayaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut kualitas gambar dari Lumia 1020, mencoba membandingkannya dengan Samsung Galaxy Camera. Dengan membidik obyek yang sama, dan hasilnya mendapati gambar yang dihasilkan oleh Galaxy Camera ternyata lebih terang. Sementara ketika foto hasil kamera Lumia 1020 yang tersaji dalam resolusi penuh diperbesar atau zoom gambarnya tidak pecah.

Untuk menguji fokus makro kameranya, redaksi mencoba mengambil gambar tanaman hias yang ada dihalaman redaksi. Dalam gambar tampak butiran tanah serta gerombolan semut merah yang merayap diatas tanah. Dengan resolusi yang begitu besar, sebenarnya tidak masalah bila pengguna ingin mencetak foto hasil bidikannya diatas sebuah spanduk seperti yang pernah PULSA lakukan pada kamera Nokia PureView 808. Namun begitu, siapakah penggemar fotografi mobile pada masa kini yang masih mencetak hasil jepretannya diatas media fisik?

Pertanyaan yang mungkin akan timbul di benak pembaca adalah, bagaimana jika saya ingin membagikan foto hasil jepretan saya ke media sosial? Tenang! Nokia sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan foto dengan resolusi 5MP oversampling yang menggunakan foto dengan resolusi penuh 38 atau 34 megapiksel sebagai basis

sumber: http://www.tabloidpulsa.co.id/review...imit=1&start=5


sekian thread ane semoga bisa memberi informasi tentang 41 MegaPixel dari nokia luma 1020 emoticon-Matabelo

sebelumnya minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) yah gan
jangan lempar ane emoticon-Blue Guy Bata (L) gan emoticon-Sorry
pertamax emoticon-Ngakak
ane pengen beli tapi harganya sampe 8 juta gan emoticon-Cape d... (S)
Quote:



sama gan ane juga kepengen tapi harga nya gile bener emoticon-Sorry
emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
wew ngalahin neng honami ane nih
image-url-apps
kerenan esia ane emoticon-Cool
image-url-apps
12mp cukup gan untuk sementara emoticon-Cool
Kalo entu mah kudu nimbun duit dulu dah emoticon-Hammer2
image-url-apps
hp yang unggul di kamera
hp idaman ane nih emoticon-Sorry
Quote:


sama gan emoticon-Sorry
kamre 5 Mp Autofocus LED Flash itu aja cukup kok buat ane emoticon-Ngakak ga usah bnyk2 kek gitu emoticon-Ngakak
image-url-apps
Pasti mahal Gan nunggu harga turun aja Ane emoticon-Ngakak (S)
nokia mulai bersaing ya
image-url-apps
cross yang kameranya 8mp sudah cukup buat ame emoticon-Ngakak (S)
wuihhhhhhh
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo
image-url-apps
Harga dewa gitu mending beli slr lah. Jelas hasil nya lebih baik. Kalo ga percaya simak aja acara klik arbain di kompas tv sabtu jam 10.30. Pak arbain selalu membawa lumia 1020 nya. Dan memakai nya utk foto2
image-url-apps
harganya mahal banget, kameranya keren amat emoticon-Frown
ada harga ada rupa emoticon-Cool

mantep gan

image-url-apps
Lumia yang 5mp aja udah mantep gan, gimana yaang 41mp ya hahaha
gila gan dslr aja kalah ya emoticon-Matabelo
×