alexa-tracking

ini korupsi bukan gan? {butuh pencerahan}

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52cb691f0e8b46351b000045/ini-korupsi-bukan-gan-butuh-pencerahan
ini korupsi bukan gan? {butuh pencerahan}
begini gan, saya butuh pencerahan tentang korupsi ato bukan nih kejadian,, sering banget sih nemu kejadian yang kaya gini,, secara saya sering beli2 barang buat kantor,,

nah saya itu kan disuruh buat beli domain buat perusahaan..

3 domain baru harga'y itu 120000 x 3 = 360.000
1 perpanjang domain itu 185.000
total4 4 domain semua jadi 665.000

karena paypai saya kena limit jdi ga bisa dipake buat bayar, trsu nyari2 jasa bayar godaddy dan akhir'y dapet lah di fjb,,

karena si seller punya kode diskon maka total semua yang harus saya bayar itu ternyata cuma 295.000

nah kalo dibandingin sama biaya normal beli sendiri itu brrti ada selisih kan sebesar 370.000

sedangkan laporan harga domain itu sesuai harga asli domain tanpa diskon,, karena diskon yg saya dapet itu sebenarnya diluar perkiraan

nah saya pingin tau nih, selisih yg 370.000 itu kalo saya ambil itu gmn hukum'y? apa termasuk korupsi bukan?

soal'y saya sering nih dapet kejadian yang kaya gini kalo disuruh beli barang harga normal trus iseng2 saya tawar,, setelah iseng2 nawar harga tuh kadang ada yang bisa kurang ternyata,,

nah gmn sebenernya selisih uang sisa itu hukum'y,, apa masih hak perusahaan ato bisa saya akui sebagai hak saya,, secara saya nawar harga..

update.. coba agan bandingin kejadian saya sama cerita nabi ini.. mirip dek kayanya..

Quote:


iyaemoticon-Najis
ya korupsi lh itu...hmmm
KASKUS Ads
image-url-apps
Wah korupsi itu gan emoticon-Takut
Awas nanti dtangkep KPK gan emoticon-Takut
Mending buruan beliin mobil sama rumah duit hasil nya gan emoticon-Shakehand2
Quote:


Secara Hukum, ini bukan korupsi gan, krn secara hukum, korupsi adalah mark up harga yg dalam artian mark up dari harga umum pasaran..

Krn agan bisa dapat dengan harga spesial, kemudian agan menjualnya lagi ke perusahaan agan dengan harga normal sesuai harga pasaran, ya secara hukum itu tidak termasuk korupsi gan.

Kl ini diartikan sebagai korupsi, maka semua pedagang yg mengambil untung dari selisih harga beli dengan harga jual termasuk korupsi dong ?
Rejeki gan. Kan agan Berusaha. emoticon-Smilie
gpp tuh gan rejeki tuh. yg penting nota resminya. itu rebet/refund jadi selesihnya itu buat bagian purchashing.
bukan korupsi gan,itu real keuntungan agan...kalau harga asli 670rb,agan kasi ke perusahaan 800rb itu namanya korupsi.
ya kalo menurut ane, hati ente tenang ga bawa uang sisa itu? kalo ga nyaman, balikin kantor aja gan,, haha emoticon-Ngakak
image-url-apps
secara konteks bahasa bukan korupsi tp Gratifikasi.. Gratifikasi adalah pemberian cuma2, potongan harga, kemudahan transaksi yg dinilai dlm bentuk uang, barang maupun jasa yg mengandung maksud dan tujuan trtentu
Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi

Jadi silahkan agan artikan sendiri, sepertinya case agan memenuhi unsur "...untuk keuntungan pribadi"
waaah kurang faham ane ganemoticon-Ngakak
image-url-apps
Korupsi gan...

Lu digaji ma perusahaan salah satunya utk pekerjaan pembelian barang, bukan jadi makelar. Kecuali lu dan perusahaan sudah ada kesepakatan sebelumnya, segala kegiatan dan tindakan lu dalam pembelian barang tsb adalah atas nama perusahaan, pake duit perusahaan (walau mungkin pada beberapa kasus lu beli pake duit lu dulu, trus nanti diganti, tetap aja itu duit perusahaan).

Intinya, lu udah dapet gaji dari kerjaan yg lu lakukan. Perusahaan ngasih tugas ke elu buat beli barang. Dengan lu nawar harga jadi lebih murah, itu jadi keuntungan perusahaan, bukan hak elu. Jika lu kantongi selisih harga tsb, lu mengambil keuntungan yg bukan hak lu, diluar gaji lu.

Spoiler for Quote:


wah ane kurang tau nih gan itu termasuk korupsi atau nggak...setahu ane korupsi tuh kalau orang dikasih duit 1.000.000 misalnya buat beli 1000 barang kualitas A kemudian orang itu potong anggaranya jadi 800.000 misalnya dan dapatnya jadi 1.000 barang kualitas B atau 800 barang kualitas A...yang 200.000 masuk kantong pribadi...

menurut ane sih bilang aja ke bosnya kalau agan dapet diskon jadi uang buat beli domainnya ada lebihnya...mungkin uang lebihnya bakal dikasih ke agan, kalau begitukan udah jelas uangnya buat agan ... emoticon-Big Grin
Bukan gan. Itu masuknya riba'. Sama2 haram sih gan.
image-url-apps
Ane gak tehek gan...
image-url-apps
kalo ane blng si bkn korupsi mas gan,anggep ja tu upah buat agan yg bisa nyari harga lbh murah
image-url-apps
Mending balikin aja gan... Nanti juga dapet bonus....
sebenernya sih bukan korupsi
tapi kalo Agan gak jujur juga dosa
mendingan dilaporin apa adanya saja
Quote:

bener kata agan ini,ente di terima kerja di prusahaan kan krn niat kerja u yg tulus sepenuh hati buat kerja n imbalan gaji,nah apapun yg agan lakuin selama masih di urusan perusahaan...untung ya buat perusahaan,klo rugi juga tanggungan perusahaan!
nah...klo ada budget yg lebih dr anggaran perusahaan..ya itu mestinya hak perusahaan,apa agan mau nanggung kerugian dr pembelian td?jk g mau nanggung rugi ya jgn ambil untung gan.
×