alexa-tracking

Perokok diuntungkan Jaminan Kesehatan Nasional?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52cae45659cb17c4688b4754/perokok-diuntungkan-jaminan-kesehatan-nasional
Perokok diuntungkan Jaminan Kesehatan Nasional?
Quote:Sugeng Dalu emoticon-Big Grin

Sudah tahun 2014 rupanya gan! Hehe. Pasti agan udah pada tau kan per 1 Januari 2014 mulai berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)? Untuk tahun ini, memang baru berlaku untuk pekerja penerima upah seperti PNS/Polisi/Karyawan atau kelompok yang dulu ikut Askes dan Jamsostek. Bagi masyarakat umum lain, ancang-ancang dulu tahun 2019 emoticon-Hammer (S)

Sistem JKN ini nanti mirip asuransi. Jadi tidak gratis ya gan, ada iuran bulanannya kecuali untuk masyarakat miskin. Untuk info lengkap cek aja di [url]www.jkn.kemkes.go.id[/url]. Trit yang bahas juga lumayan banyak, tapi pakai istilah BPJS. Oh iya banyak yang nggak bisa bedain JKN dan BPJS. Kalau BPJS itu penyelenggaranya, JKN adalah salah 1 dari 4 program BPJS gan. emoticon-shakehand

Suatu program pasti ada pro-kontra. Menurut TS pribadi program ini bagus kok, wajar lah kita bayar iuran buat jaga-jaga kalau tiba-tiba sakit. Daripada ntar ngabisin duit terus hutang emoticon-Hammer (S).

Tapi setelah TS pikir lanjut, kok kayaknya program JKN menguntungkan perokok ya? Kita tau kalau rokok itu menyebabkan sakit, yah minimal batuk dan abses paru sampai maksimal modar alias mati emoticon-Ngakak (S) Selain itu juga bikin sakit orang lain yang menjadi perokok pasif kan? emoticon-Mad (S)
Nah dengan adanya JKN, perokok jadi adem ayem aja. Terlindungi kesehatannya gitu Mereka jadi santai, kalau sakit paru-paru bolong udah ada JKN, biayanya ringan dan berobat gampang. emoticon-Hammer (S)
Terus kalau ada yang menegur ngerokok bisa ganggu kesehatan sekitar mungkin bakal dimaki : "Banyak bacot lu, udah ada JKN kan gampang!" emoticon-norose

Dan setelah TS cek di ebook panduan dan brosus JKN, sakit akibat rokok kayaknya masih terkover. Coba cek brosur ini gan :
Spoiler for brosur:

Di situ, sakit yang tidak terkover JKN adalah : sakit akibat kegiatan menyakiti diri, narkoba, impotensi, dan bunuh diri.
Apakah merokok termasuk golongan menyakiti diri sendiri? Seharusnya iya dong! Kan jelas-jelas bikin mati! emoticon-Ngakak (S) Perokok pun aslinya sadar kok kalo mereka menyakiti badan sendiri.
Tapi kok tidak tercantum secara jelas yah. Bisa-bisa ambigu nih. TS udah ublek-ublek situs JKN, tapi informasinya masih minim. Mungkin pemerintah masih ragu dan tidak ingin menimbulkan polemik. emoticon-Hammer (S)

Quote:Apakah agan setuju dengan pendapat TS, kalau perokok seharusnya TIDAK dilindungi JKN?

Spoiler for penutup:
Kayaknya tetep dikover deh gan, secara pejabat juga banyak yang perokok, perokok juga banyak yang ikut bayar iuran jkn. Mungkin emoticon-Big Grin

Ane sih setuju aja gan,
btw pertamax ane yang pertamax nih emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By xperian
Kayaknya tetep dikover deh gan, secara pejabat juga banyak yang perokok, perokok juga banyak yang ikut bayar iuran jkn. Mungkin emoticon-Big Grin

Ane sih setuju aja gan,
btw pertamax ane yang pertamax nih emoticon-Big Grin

kalau pengguna narkoba bayar iuran juga boleh dong?? emoticon-Hammer (S)
pdhl tujuan jangka panjang kan emg meminimalisir perokok.

setidaknya biar kapok gt
wah programnya mesti di bahas lebih mendalam lagi ini gan sebelum di lempar ke masyarakat emoticon-Cool
wah gitu ya? kok dilindungi sih... betul kata TS rokok harusnya masuk ke menyakiti diri sendiri, apalagi ngerokok itu suatu kebodohan individu... udah tau buruk eh tetep dilakuin
Quote:Original Posted By Hp3
wah programnya mesti di bahas lebih mendalam lagi ini gan sebelum di lempar ke masyarakat emoticon-Cool

dilempar gmn ya gan? udah jalan nih.
Quote:Original Posted By shooter21
wah gitu ya? kok dilindungi sih... betul kata TS rokok harusnya masuk ke menyakiti diri sendiri, apalagi ngerokok itu suatu kebodohan individu... udah tau buruk eh tetep dilakuin

yup gan, merugikan org lain juga
yang terpenting program pemerintah menyentuh rakyat miskin yang ada di daerah luar jangkauan.
jangan seperti program pemerintah jamkesmas dan jamkesda yang banyak gagalnya.
Quote:Original Posted By RANIA4615
yang terpenting program pemerintah menyentuh rakyat miskin yang ada di daerah luar jangkauan.
jangan seperti program pemerintah jamkesmas dan jamkesda yang banyak gagalnya.

ane hbs baca koran lokal. banyak kendala terutama sistem online. kyknya servernya blm siap jaringan di daerahpun kurang mendukung
jangan diskriminasi gitu lah gan.. emoticon-Cape d... (S)
tega amat sih agan ini.. emoticon-Najis (S)
ga punya perasaan.. emoticon-Mad (S)
gapapalah pakai JKN
itukan hak setiap orang gan.. emoticon-Cendol (S)

tapi ntar obatnya di ganti racun tikus aja gan..

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By beppe.adelmar
jangan diskriminasi gitu lah gan.. emoticon-Cape d... (S)
tega amat sih agan ini.. emoticon-Najis (S)
ga punya perasaan.. emoticon-Mad (S)
gapapalah pakai JKN
itukan hak setiap orang gan.. emoticon-Cendol (S)

tapi ntar obatnya di ganti racun tikus aja gan..

emoticon-Ngakak

kampret lu gan. hahaha emoticon-Ngakak (S). setuju ane emoticon-shakehand
Wah pada gembira ria nih emoticon-Hammer (S)
Ane kurang setuju gan.
Quote:Original Posted By pisangkaramel
Wah pada gembira ria nih emoticon-Hammer (S)
Ane kurang setuju gan.

bener gan bs gembira ria nih
ane setuju sama agan. merokok tu termasuk menyakiti diri. termasuk bikin impotensi.
Quote:Original Posted By riztinchan
ane setuju sama agan. merokok tu termasuk menyakiti diri. termasuk bikin impotensi.

iya gan. bahaya
setuju.. kalau tidak salah jamkes di balikpapan saya pernah dengar ada wacana tidak berlaku bagi perokok... tapi ga tau masih wacana atau sudah berlaku ya... he he.. ga tau update terakhir...
yaap betuul gaaan,,,
ane setuju gan
seharusnya perokok dimasukkan ke pasal
menyakiti diri sendiri

dan juga bisa menyakitkan orang lain emoticon-Mad
ga semua penyakit yang disebabkan oleh rokok pasti dihidap oleh perokok gan.
emoticon-Sorry emoticon-Sorry
ane punya temen, dia pure tidak merokok, no alkohol, sering fitnes, ya bisa dibilang hidup sehat gan, tapi apa daya Tuhan berkata lain, beliau punya penyakit kanker paru paru, infeksi pernafasan...naah dari pengalamanan ane ini gan, ga semua penyakit yang ditimbulkan oleh rokok pasti dihinggapi oleh perokok doank..
:nooffence
Quote:Original Posted By mrpio08
ga semua penyakit yang disebabkan oleh rokok pasti dihidap oleh perokok gan.
emoticon-Sorry emoticon-Sorry
ane punya temen, dia pure tidak merokok, no alkohol, sering fitnes, ya bisa dibilang hidup sehat gan, tapi apa daya Tuhan berkata lain, beliau punya penyakit kanker paru paru, infeksi pernafasan...naah dari pengalamanan ane ini gan, ga semua penyakit yang ditimbulkan oleh rokok pasti dihinggapi oleh perokok doank..
:nooffence

turut berduka
iya sih gan. yang ane titik beratkan adalah penyakit yang diakibatkan perokoknya kok gan.