alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ca5c123dcb17f33a8b46e7/tips-memilih-kain-batik
Tips Memilih Kain Batik
Quote:Batik itu keren. Kenapa batik itu keren? emoticon-Malu (S) Soalnya walaupun merupakan warisan budaya lama, batik masih bisa tampil modern. Secara usia, batik memang bisa dibilang ‘tua’, karena menurut Wikipedia, batik di Indonesia dipercaya sudah ada sejak zaman Majapahit, bahkan sangat populer di akhir abad 18 dan awal abad 19. Walaupun begitu, batik juga bisa dibilang sebagai salah satu dari sedikit budaya tradisional yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dengan mudah. Batik bisa terlihat kasual maupun formal, bisa dipadukan dengan busana modern lain, dan bisa digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Kurang keren apa lagi?
emoticon-Cool


Quote:Tapi biar makin keren, batik harus dipakai dengan tepat. Ane pernah mengalami beberapa kasus saltum alias salah kostum gara-gara memakai batik dengan cara yang salah atau malah di acara yang salah. Tapi itu dulu. Sekarang sih ane udah tahu trik-trik untuk memilih batik yang benar. Ane share triknya berikut ini ya.
emoticon-Request

Quote:Yang harus diperhatikan saat memilih batik adalah warna, motif, serta jenis acara yang akan agan kunjungi saat agan mengenakan batik tersebut. Yang pertama, coba kita lihat dulu acara yang akan agan kunjungi. Kalau batik digunakan untuk ke kantor, pilihlah batik dengan kombinasi warna gelap atau kombinasi warna pastel. Batik dengan corak geometris akan membuat pemakainya terlihat rapi dan formal. Tapi jangan lupa, sesuaikan juga corak geometrisnya dengan bentuk badan agan. Motif geometris berukuran sedang atau kombinasi motif geometris besar dan kecil lebih cocok dengan proporsi tubuh yang agak besar.
Quote:Nah, untuk pemilihan bahan batik untuk kerja, bahan katun adalah pilihan yang paling cocok. Selain nyaman, katun memberikan kesan tegas dan rapi. Sedangkan untuk desain baju, desain yang sederhana akan memberi kesan professional. Tapi penggunaan aksesori seperti tali pinggang atau aksesori lainnya bisa agan coba untuk mempercantik penampilan.
Spoiler for Batik Kerja:



Quote:Selain digunakan saat ke kantor, batik paling sering digunakan untuk pergi ke pesta perkimpoian atau acara formal lainnya. Nah kalau pergi ke pesta, agan bisa menggunakan batik dengan motif yang agak ‘heboh’, misalnya batik dengan kombinasi warna pastel dan gelap. Tapi pastinya pemilihan motifnya harus disesuaikan dengan bentuk tubuh ya. Motif yang cocok dipilih untuk acara formal biasanya adalah batik bermotif flora atau fauna dengan paduan warna cerah dan terang. Bahan yang digunakan bisa terbuat dari katun, sutra satin, crepe silk, atau tenun. Desain baju juga bisa agan buat secantik mungkin.
Spoiler for :



Quote:Setelah mengetahui motif yang disesuaikan dengan acara yang akan agan kunjungi, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna yang sesuai dengan warna kulit agan. Pada dasarnya, ada 2 pengelompokan warna, yaitu warna dingin dan warna hangat. Kain batik juga memiliki 2 pengelompokan warna seperti ini. Contohnya seperti yang bisa dilihat di sini. Warna hangat adalah warna yang mengandung unsur kuning, seperti warna oranye, merah bata, keemasan, dll. Sedangkan warna dingin adalah warna yang mengandung unsur kebiruan, seperti pink, baby blue, abu-abu, rose beige, dll. Nah, sekarang tinggal menyesuaikan warna kulit agan sesuai kelompok warna ini.
Quote:Untuk mengetahui kelompok warna yang sesuai dengan warna kulit agan, coba sampirkan bahan baju di pundak agan. Terus perhatikan efek warna tersebut pada wajah. Misalnya, kalau warna pink atau biru yang termasuk dalam kelompok warna dingin membuat wajah tampak cerah, berarti agan cocok dengan warna dalam kelompok dingin pula. Tapi kalau warna hangat membuat kulit agan lebih cerah, berarti sebaiknya agan memilih warna hangat yang cocok saat memilih batik untuk dipakai.
Spoiler for :



Quote:Selain memperhatikan motif batik, desain baju yang agan kenakan juga penting, lho. Coba perhatikan bentuk tubuh agan, lalu sesuaikan dengan desain baju agan:
1. Bentuk tubuh segitiga terbalik (tubuh bagian atas lebih besar dari bagian bawah): kurangi volume pakaian di bagian atas dan pilih warna gelap untuk atasan. Misalnya, kalau aganmemakai kebaya dan kain, pilih warna kain yang lebih terang dari warna kebaya.
2. Bentuk tubuh pir (tubuh bagian atas lebih kecil dari bagian bawah): pilih warna gelap untuk bawahan.


Quote:Udah tahu kan cara untuk tampil tepat dengan batik? Moga-moga agan gak bakal salah kostum lagi ya. Ayo tampil keren dengan batik!
Cendol-cendolnya y!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
thread bagus
terimakasih gan udah share info yg menarik

yang mau order batik karana kekerenan nya,, silahkan gan..

kami pusat batik jakarta sedang mencari agen distributor ataupun melayani eceran dan reseller.. yang minat silahkan ke www.pusatbatikjakarta.com atau ke fanspage kita di. https://www.facebook.com/pages/Pusat...21434?ref=hl.. ramein yaTips Memilih Kain Batik
batik paling bagus
dari mana asalnya ts?

tips memilih batik yang bagus :thumbup

wuiih.. mantaap tips2nya,
kalo milih baju batik gini, cocoknya untuk apa ya?
seragam kerja ? seragam pernikahan ? atau seragam kantor ?
Tips Memilih Kain Batik


Spoiler for sumber: