alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kejar target 2014, pajak ubah aturan PBB migas, cekidot GAN!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ca4d0f0d8b46dd238b45b8/kejar-target-2014-pajak-ubah-aturan-pbb-migas-cekidot-gan

Kejar target 2014, pajak ubah aturan PBB migas, cekidot GAN!!

Kejar target 2014, pajak ubah aturan PBB migas, cekidot GAN!!

JAKARTA. Ini bisa menjadi kado tahun baru yang indah bagi pengusaha pertambangan termasuk pengusaha minyak dan gas (migas). Sebab, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menyempitkan wilayah pajak bumi dan bangunan (PBB) yang harus dibayar pengusaha migas.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER 45 /PJ/2013 tentang tata cara pengenaan PBB sektor pertambangan minyak bumi, gas bumi dan panas bumi menyebut, objek pajak yang dikenakan PBB berubah konsep, dari wilayah kerja menjadi kawasan. Aturan ini efektif berlaku 1 Januari 2014.

Dengan perubahan konsep ini berarti objek PBB sektor migas dan panas bumi berupa tanah dan bangunan di kawasan yang dimanfaatkan oleh kontraktor kerja sama secara riil. "Artinya objek pajaknya adalah hanya tempat atau kawasan yang dimanfaatkan, bukan semua wilayah kerja yang menjadi hak kontraktor kerja sama," kata Kepala Seksi Hubungan Eksternal Ditjen Pajak Chandra Budi, Rabu 1 januari kemarin.

Contohnya PBB hanya dipungut di kawasan yang terdapat peralatan, rig ataupun bangunan proyek. Aturan ini juga menegaskan bahwa areal lain seperti perairan pedalaman dan perairan lepas pantai tidak kena pungutan PBB.

Dengan batas yang lebih spesifik dan jelas, maka pengusaha tidak bisa mengelak membayar PBB lagi. Sebab sebelumnya dengan konsep wilayah kerja, banyak pengusaha mengelak dengan alasan tidak ada eksplorasi.

Chandra berharap, aturan ini akan meningkatkan kepatuhan pembayaran PBB migas. Dengan begitu maka pada 2014 target penerimaan negara dari sisi perpajakan sebesar Rp 110,2 triliun bisa tercapai. Dari target itu, Rp 22 triliun berasal dari PBB migas. "Aturan ini bisa mendongkrak kepatuhan pengusaha tambang," ujarnya. Hingga 30 Desember 2013 penerimaan PBB migas mencapai Rp 20,9 triliun.

SUMBER

emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2
Urutan Terlama
mantap gan semoga sukses...

emoticon-Kiss
semoga aja gak disalahgunakan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di