alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c96e77a2cb17a3198b46fa/munculnya-ufo-di-atas-gedung-bbc-london---rekayasa
Munculnya UFO di atas gedung BBC London - Rekayasa?
Minggu ini, dunia maya dipenuhi dengan dengan berita kemunculan UFO di atas gedung BBC London. Peristiwa ini disebut terjadi pada tanggal 15 dan 24 Juni 2011. Apakah rekaman tersebut merupakan hasil sebuah rekayasa?

Ketika saya pertama kali menonton rekaman tersebut pada tanggal 24 Juni, video itu baru dilihat sebanyak 4 ribuan kali. Sekarang angka itu telah menyentuh 400 ribuan. Saya percaya kalau Dailymail.co.uk adalah media yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran yang luar biasa cepat ini.

BBC sendiri dan hampir semua media besar di Amerika tidak memberitakan peristiwa ini. Di Indonesia, berita mengenai UFO BBC ini diangkat oleh Vivanews (yang mengutip dan menerjemahkannya dari Dailymail).

Lalu, apakah rekaman ini menunjukkan UFO yang sebenarnya atau hanya merupakan hasil dari sebuah rekayasa?

Saya pribadi percaya kalau rekaman ini adalah hasil sebuah rekayasa yang rapi walaupun saya tidak memiliki bukti yang konklusif untuk mendukungnya.

Namun, saya memiliki beberapa pertimbangan dan kita akan melihatnya bersama-sama.

Karena kebanyakan kita mengetahui berita ini dari Vivanews, saya akan mengutip pemberitaan dari media itu.

Ini kutipan dari vivanews tanggal 27 Juni 2011:

"VIVAnews -- UFO (unidentified flying object) dilaporkan menampakkan diri di atas Gedung BBC di London Barat, beberapa hari lalu.

Tak hanya sempat disaksikan, benda aneh terbang itu juga direkam beberapa orang. Dalam sebuah video, perekam nampak berlari di persimpangan Jalan Bolsover dan Clipstone -- di mana dua pria lainnya berdiri menatap langit, dan satu lainnya merekam dengan kamera telepon genggamnya.Setidaknya, ada lebih dari satu saksi mata.

Seperti ditunjukkan dalam rekaman, tiga cahaya terbang melintasi langit dengan formasi segitiga di atas gedung BBC, Yalding House. Tiga benda aneh itu lantas diikuti dua titik cahaya yang melesat cepat. Lalu, menyusul satu titik cahaya terang yang lebih besar, terbang perlahan, lalu lenyap.

Saat kamera mengarah ke jalanan, beberapa orang nampak menyaksikan insiden tersebut. Kata, "UFO" terdengar beberapa kali.

Seperti halnya video-video UFO yang lain, bakal banyak orang mengiranya sebagai kabar bohong alias hoax. Apalagi London adalah 'rumah produksi' rekaman-rekaman aneh. Namun, pihak penyebar kamera memberikan alibi "Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."


(Notes: Typo dari Vivanews. User yang mengupload adalah alymc01, bukan alym01)

Setelah itu, Vivanews melanjutkan dengan penjelasan mengenai UFO yang tidak ada hubungan dengan kasus BBC.

Ini video UFO di atas gedung BBC yang dimaksud (diupload tanggal 24 Juni 2011).

youtube-thumbnail


Ini Screen Shotnya:

Munculnya UFO di atas gedung BBC London - Rekayasa?

Munculnya UFO di atas gedung BBC London - Rekayasa?

Munculnya UFO di atas gedung BBC London - Rekayasa?

Jika rekaman ini adalah hasil sebuah rekayasa, maka ini adalah sebuah rekayasa yang sangat rapi. Namun ketika melihatnya, saya melihat ada elemen-elemen alamiah yang kurang pada rekaman tersebut sehingga saya lebih condong untuk meragukan keaslian rekaman ini.

Berikut 5 hal hal yang menjadi pertimbangan saya:

1. Mengapa sang kameramen tidak langsung merekam UFO di langit?

Ia berlari-lari kecil di trotoar dalam usahanya menangkap momen-momen luar biasa ini sambil menyadari kalau kemunculan UFO itu mungkin hanya akan berlangsung selama beberapa detik.

Kalau begitu, mengapa yang dilakukannya pertama kali adalah merekam orang-orang di jalanan dan bukan langsung mengarahkan kameranya ke langit?

2. Hampir tidak ada elemen emosi di dalam rekaman tersebut.

Orang-orang di jalanan mulai memandangi langit dan menyaksikan kemunculan-kemunculan objek misterius tersebut. Namun, mengapa tidak ada suara yang menunjukkan adanya ekspresi kaget atau kagum dari para saksi?

Apalagi ketika UFO Induk yang berukuran lebih besar muncul dari balik awan.

Saya tahu kalau warga Inggris memang dikenal sebagai pribadi yang berkarakter tenang. Tetapi, saya juga yakin kalau mereka bukan sekumpulan zombie yang tidak punya emosi.

3. Tidak ada saksi mata yang memberikan laporan.

Mungkin kalian akan segera menginterupsi saya dan berkata: "Apa maksudmu tidak ada saksi mata? Bukankah ada banyak saksi yang terlihat di dalam video itu?"

Benar. Namun yang saya maksud adalah saksi mata yang muncul ke permukaan, bukan saksi mata yang ada di dalam rekaman yang bisa jadi hanya sekumpulan aktor-aktor bayaran.

Dimana kesaksian Mr.Jack atau Ms.Jill atau siapa saja?

Sang pengupload video (alymc01) jelas mengatakan kalau UFO tersebut muncul di atas gedung Yalding BBC. Jika saya adalah seorang wartawan yang ingin memuat berita ini, maka saya akan mengunjungi jalanan di sekitar gedung Yalding pada jam makan siang, menemui orang-orang yang bekerja di sekitar gedung itu dan mencari tahu apakah ada di antara mereka yang melihat UFO tersebut.

Ini tidak dilakukan oleh Dailymail.

Yang mereka lakukan hanyalah memberitakan kalau sebuah video telah diupload ke youtube oleh user tidak dikenal yang memperlihatkan adanya sekumpulan UFO di atas gedung BBC.

Atau mungkinkah mereka sudah berusaha mencari saksi mata dan tidak menemukannya karena memang tidak ada?

4. Tidak adanya video atau foto dari saksi lain di jalanan gedung BBC.

Dalam rekaman, kita bisa melihat banyak orang mengarahkan ponselnya ke atas langit. Lalu dimana semua rekaman atau foto tersebut? Mengapa hanya video dari alymc01 yang muncul ke permukaan?

Bagi kalian yang mengikuti berita ini dengan serius mungkin akan segera mengingatkan saya mengenai keberadaan rekaman lain yang menunjukkan UFO serupa di atas Tower Bridge pada tanggal yang sama.

Soal ini akan saya jelaskan sebentar lagi .

5. Alymc01 dan 50nFit - Dua manusia paling beruntung di dunia?


Seperti yang saya katakan sebelumnya, bagi yang mengikuti berita ini dengan sungguh-sungguh pasti akan mengetahui kalau paling tidak ada tiga rekaman yang berhubungan dengan UFO BBC ini.

Dua rekaman diupload oleh alymc01 dan satu rekaman oleh 50nfit.

Sebelum mengupload video yang membuat heboh itu, alymc01 juga telah mengupload video lain pada tanggal 16 Juni 2011. Rekaman itu juga menunjukkan penampakan UFO di wilayah gedung BBC. Namun rekaman ini diambil dari dalam sebuah gedung. Almyc01 mengatakan kalau ia merekamnya pada tanggal 15 juni

youtube-thumbnail


Rekaman kedua diupload pada tanggal 24 Juni 2011 oleh alymc01. Rekaman ini adalah rekaman yang menjadi kontroversi tersebut.

Rekaman ketiga diupload pada tanggal 24 Juni 2011 oleh user youtube dengan nickname 50nfit. Rekaman ini menunjukkan adanya UFO-UFO serupa UFO BBC terbang di atas Tower Bridge. Karena tanggal kemunculan yang sama, rekaman ini diduga merupakan rekaman UFO yang sama, namun dari sudut pandang yang lain.

youtube-thumbnail


Beberapa orang mengklaim kalau rekaman UFO BBC ini kemungkinan besar otentik karena adanya rekaman kedua ini.

Lalu, apa yang aneh dari hal ini?

Bayangkan, pada tanggal 15 Juni, alymc01 berhasil merekam sekumpulan UFO di atas langit dari sebuah ruangan kantor. Minggu berikutnya, ia kembali berhasil merekam penampakan UFO yang kali ini bahkan jauh lebih spektakuler.

Bukankah ia manusia paling beruntung di dunia?

Jika memang penampakan UFO adalah sesuatu yang normal pada minggu tersebut, mengapa hanya videonya yang muncul ke permukaan?

Apakah tidak ada saksi atau rekaman yang lain?

Bukankah ini menimbulkan tanda tanya di benak kita?

Mengenai 50nfit, hal yang sama juga berlaku.

Jika kalian melihat profilnya di youtube, kalian akan menemukan kalau ia hanya mengupload dua video (yang salah satunya adalah video UFO di atas Tower Bridge).

Tahukah kalian video pertama diuploadnya?

Video yang pertama kali diuploadnya adalah video penampakan UFO Yerusalem yang membuat heboh itu!

Video ini telah dibuktikan sebagai hoax karea ketidaksempurnaan editingnya.

Yang lebih mencurigakan adalah deskripsi pada kedua video yang diuploadnya.

Pada video UFO Yerusalem:
Uploaded by 50nFit on Jan 30, 2011
Proof Jerusalem UFO video is real. A new video of the UFO over Jerusalem surfaced tonight from a tourist that was filming while on a late night tour of Jerusalem on January 28th 2011. The video is not the clearest because it was dark out, but it catches the same glowing orb that was caught on tape from across town.


Sekarang lihat deskripsinya pada video UFO Tower Bridge:

Uploaded by 50nFit on Jun 25, 2011
Tourist with camera in hand catches a brief view of several white glowing orbs as they fly past the Tower Bridge in London on Friday June 24th, 2011. I am not quite sure what these objects are, but they seem to be showing up all over the planet on candid videos.


Jika kedua rekaman ini otentik, bukankah 50nfit merupakan manusia paling beruntung di dunia karena ia berhasil mendapatkan dua rekaman UFO spektakuler dari dua turis misterius di dua lokasi yang berbeda jauh?

Sayangnya, rekaman UFO Yerusalem yang diuploadnya telah dibuktikan oleh banyak media sebagai sebuah hoax. Bukankah ini membuat kita semakin mencurigai otentisitas rekaman UFO Tower Bridge yang diuploadnya?

Ini memang tidak membuktikan kalau ia telah merekayasa video itu. Namun kredibilitas saksi merupakan faktor penting yang tidak bisa diabaikan dalam menganalisa sebuah kasus.

Lalu, jika memang rekaman UFO BBC ini sebuah rekayasa, mungkinkah rekaman itu dibuat dengan teknologi CGI (Computer Generated Imagery)?

Pada pemberitaan di Dailymail yang juga dikutip oleh Vivanews, tertulis kalimat seperti ini:
"Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."

Ketika membaca kalimat ini, kita mendapatkan kesan seakan-akan membuat rekaman rekayasa seperti UFO BBC adalah sesuatu yang mustahil. Namun, sebenarnya bagi seorang ahli CGI, membuat rekaman UFO seperti itu adalah sesuatu yang sangat gampang. Sama gampangnya seperti membuat pakaian bagi seorang penjahit.

Banyak rekaman UFO yang jauh lebih canggih telah diupload ke youtube. Rekaman-rekaman ini terbukti menggunakan teknologi CGI dalam pembuatannya. Contohnya adalah rekaman UFO Haiti dan UFO WTC.

Tetapi, apa buktinya kalau rekaman UFO BBC adalah hasil CGI?

Saya tidak memiliki bukti, namun saya bisa memberikan indikasinya.

Bagi kalian yang hanya membaca mengenai UFO BBC dari vivanews, kalian tidak akan menemukan indikasi tersebut. Namun akan berbeda jika kalian membacanya dari Dailymail.

Saya akan membandingkan pemberitaan Vivanews dan Dailymail dan saya rasa kalian akan bisa menemukan apa yang saya maksud dengan cepat.

Ini kutipan dari Vivanews:

"Seperti halnya video-video UFO yang lain, bakal banyak orang mengiranya sebagai kabar bohong alias hoax. Apalagi London adalah 'rumah produksi' rekaman-rekaman aneh.

Namun, pihak penyebar kamera memberikan alibi "Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."


Ingat, Vivanews mengutip (menerjemahkan) dari Dailymail. Namun wartawan Vivanews melewatkan sesuatu yang sangat penting. Dan ini memang patut disayangkan.

Ini kutipan asli dari Dailymail yang diterjemahkan oleh Vivanews:

"Far be it from us to suggest that the video is a hoax, but were people so minded then that part of London is home to a great many production houses offering both the expertise and facilities to mock up a convincing video.

Another similar video posted by alymc01 appears to have been filmed from the office of The Mill, a company which creates visual effects for the film industry.

But as the person who circulated the footage wrote in order to circumvent the cynical naysayers: 'If you believe it's easy photoshopped why don't you make a video & show us all."


Bisakah kalian melihat perbedaannya?

Ya, wartawan Vivanews melewatkan (tidak menerjemahkan) satu paragraf yang ada di tengah. Paragraf itu berbunyi:

"Another similar video posted by alymc01 appears to have been filmed from the office of The Mill, a company which creates visual effects for the film industry."

Rekaman pertama yang diupload alymc01 ternyata diambil dari kantor The Mill, sebuah perusahaan visual efek untuk industri film.

Tidakkah ini mencurigakan?

Karena diambil dari dalam ruangan kantor The Mill, bisa jadi alymc01 sendiri adalah karyawan dari perusahaan tersebut.

Seorang karyawan perusahaan visual efek "kebetulan" mendapatkan dua video UFO yang spektakuler?

Bukankah menarik?

Semua kehebohan ini tercipta karena tiga video yang diupload oleh dua orang. Orang pertama kemungkinan besar merupakan karyawan perusahaan visual efek. Sedangkan orang kedua terkenal sebagai pengupload video UFO rekayasa.

Sekali lagi, tidakkah ini mencurigakan?
ijin nyimak beritanya dulu Gan
menarik tapi panjang tulisannya
detektif yang super sekali emoticon-Coolcool
emoticon-No Hope Segitunyaa . UFO memang ada tapi tidak semudah itu merekam nya
CMIIW

btw ini berita lama ya emoticon-Bingung (S)
ga percaya adanya ufo ane mah
ane yakin palingan hanya rekayasa saja
Kalo ane percaya sm UFO gan..dari kecil ane udh tertarik sm UFO
ane belum percaya aja,kenapa gak ada bukti nyata atau barang dari ufo itu sendiri emoticon-Smilie
×