alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c955930d8b46685b8b45e2/yuk-shalat-yang-benar-dan-koreksi-kesalahan-shalat-kita
Yuk Shalat yang Benar dan Koreksi Kesalahan Shalat Kita
Quote:Untuk belajar yang seperti ini pastinya ada yang lebih lengkap dan sempurna, ane buat trit ini untuk ringkasan aja dan untuk belajar buat ane sekaligus share buat agan2 emoticon-Smilie. Jadi buat yg males belajar panjang2 semoga trit ini membangkitkan semangat untuk belajar

Quote:Sebagai seorang muslim kita di wajibkan untuk belajar
“Barang siapa yang beramal tanpa didasari ilmu, maka unsur merusaknya lebih banyak daripada mashlahatnya” (Sirah wa manaqibu Umar bin Abdul Azis, oleh Ibnul Jauzi).
Sahabat Umar bin Khathab ra juga pernah berkata, “Kematian seribu ahli ibadah yang selalu sholat di waktu malam dan berpuasa di siang hari itu lebih ringan daripada kematian orang cerdas yang mengetahui hal-hal yang dihalalkan dan diharamkan oleh Allah.”

Makadari itu ayo kita belajar sholat dengan baik
"Sesungguhnya yang petama kali akan dihisab atas seorang hamba pada hari kiamat adalah perkara shalat. Jika Shalatnya baik, maka baikpula seluruh amalan ibadah lainnya, kemudian semua amalannya akan dihitung atas hal itu." (HR. An Nasa’I : 463)


Quote:Berkaitan dengan shalat kita dilarang

*Menoleh/melirik ke kanan atau ke kiri ketika shalat
*Menunda2 shalat
*Tidak thuma’ninah yaitu tegak atau pada posisi yang baik yang menunjukkan keseriusan dan semangat ketika shalat
*Tidak khusu atau berpikir kemana2 ketika shalat
*Melewati orang yg sedang shalat sendirian(sabda Rasulullah lebih baik menunggu 40 tahun), namun ketika shalat berjamaah diperbolehkan untuk melewatinya
*Membunyikan jari ketika shalat
*Menjadikan imam yg padahal belum pantas, dan ada orang lain yang lebih berhak(memiliki pemahaman tentang agama dan mampu membaca Al-Quran dengan benar)
*Shalat dengan pakaian yang bergambar, apalagi gambar makhluk bernyawa
*Shalat dengan sarung, gamis dan celana musbil (melebihi mata kaki)
*shalat berjamaah dengan barisan yang tidak rapat/ kaki dengan kaki dan bahu dengan bahu tidak menempel satu sama lain (seharusnya kaki dan bahu menempel dengan jamaah sampingnya)
Spoiler for :


Quote:
Shalat Yang Baik dan Benar Berdasarkan Sumber Hukum Islam


Ruku :
*Regangkan jari jemari, letakkan dan tekan pada lutut (Jari bukan dirapatkan, menaruh tangan bukan lebih atau kurang dari lutut, dan bukan memegang lutut dengan lemah)
*Luruskan punggung (jangan membungkuk. Rasulullah rukunya dengan lurus sehingga bila air dituangkan di atas punggung beliau, air tersebut tidak akan bergerak)
*Kepala lurus hingga sama rata dengan punggung (bukan mendongak atau menunduk)

Sujud :
*Ketika sujud dahi tidak ada halangan (jangan tertutup oleh rambut)
*Lakukanlah dengan menekkan kedua lutut, kedua bagian depan telapak kakinya, hidung, dahi, wajah, dan kedua tangan hingga badan lurus dan tegak sehingga setiap ruas tulang kembali ke tempatnya(bukan sujud secara asal)
*Kedua lengan diangkat serta dijauhkan dari perut. (lengan dilarang untuk ditempelkan pada lantai dan dilarang dirapatkan dengan perut)
*Rapatkan jari jemari tangan (bukan diregangkan)
*Telapak kaki ditegakkan dan meraptkan/menempelkan kedua tumit (bukan di regangkan)

Duduk diantara dua sujud :
*Melipat kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya (Kaki kanan ditegakkan bukan dilipat seperti kaki kiri) Beliau melarang duduknya syaithan yaitu duduk di lantai antara dua kaki tersebut dengan dua tangan menekan dilantai
*Duduk dengan thuma’ninah sehinga ruas tulang belakang kembali pd tempatnya(jangan membungkukkan badan)

Tasyahud Awal
*Sama seperti duduk diantara dua sujud yaitu duduk dengan thumma’ninah dan membentangkan paha kirim lalu bertasyahud

Tasyahud Akhir :
*Duduk dengan tawaruk yaitu membentangkan paha sebelah kiri lalu mengeluarkan kedua telapak kaki dari arah yg sama, meletakkan kaki kiri di bawah paha dan betisnya, dan menegakkan kaki kanannya
*Kaki kanan ditegakkan (bukan ditidurkan)
*Pandangan mata tertuju pada jari telunjuk kanan (dilarang melampaui jari telunjuk tsb)
*Membungkukkan jari telunjuknya sedikit ketika diangkat lalu menggerakkannya (bukan menegakkannya) (Hadits yang menyatakan tidak menggerakkan jari telunjuknya adalah hadits dhaif atau tidak shahih)


Quote:Hal berbeda yg diperbolehkan
*Sebelum berdiri dari sujud boleh
1. Langsung berdiri 2. Duduk dahulu
*Salam ketika shalat
1.ke kanan dan ke kiri Assalamu ‘alaikum wa rahmatullaah
2. Menambah wa baraakatuh pada salam pertama
3. Ke kanan dan ke kiri Assalamualaikum



Quote:Hal-hal lain yg berkaitan dengan shalat
*Disunnahkan membaca Al-Fatihah ayat per ayat(bukan menyambungnya). Ini adalah yg Rasulullah lakukan
Spoiler for :

*Tentang melafadzkan niat dalam shalat
Tidak ada keterangan dari nabi SAW maupun dari para sahabat bahwa meraka pernah melafadzkan niat shalat.

Ibnul Qayyim ra menyatakan dalam Zadul-Ma’ad,
"Ketika Nabi SAW berdiri untuk shalat beliau mengucapkan "Allahu Akbar", dan tidak berkata apapun selain itu.
Beliau (Nabi SAW) juga tidak melafalkan niatnya dengan keras.

*Menutup mata dalam shalat
Hal ini makruh sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, "Menutup mata buka dari sunnah Rasulullah SAW."
Yang terbaik adalah, jika membuka mata tidak merusak kekhusyu’an shalat, maka lebih baik melakukannya. Namun jika hiasan, ornament dan sebagainya disekitar orang yang shalat atau antara dirinya dengan kiblat mengganggu konsentrasinya,¬ maka dipoerbolehkan menutup mata.
Namun demikian pernyataan untuk melakukan hal itu dianjurkan (mustahab) pada kasus ini.
Wallahu A’lam


Quote:Untuk mendapatkan kekhusyuan ane biasanya mencoba menghayati arti dan makna dari setiap bacaan yang di baca.

Ini Bacaan shalat wajib yang ane baca
Spoiler for :


Spoiler for :


Quote:Sumber :
1. http://www.kaskus.co.id/thread/52c3e...-dalam-shalat/
2. Dari Folder laptop ane yang ane lupa linknya, tapi nih kalo ada yang mau baca lengkapnya, [URL="http://www.4*shared.com/rar/3iPN1nsDba/Bacaan_Islam_Tentang_Shalat.html"]Download[/URL]


Quote:Ane buat trit di atas adalah rangkuman dari sumber tersebut dan beberapa jg ad yg dari internet, jadi yg ane tulis adalah secara umum saja jadi maaf klo tidak terlalu lengkap atau terlalu spesifik. Ane buat berdasarkan pengalaman ane karena melihat banyak orang yang shalat tidak berdasarkan aturan yang benar, ane pun juga masih belajar jadi kalo ada yang mau nambahin atau koreksi silahkan.

Silahkan komen gan, supaya trit ini up jadi banyak orang yang dapat belajar untuk mengoreksi kesalahan dari shalatnya, semoga niat untuk saling mengingatkan menjadi ibadah yang diterima oleh Yang Maha Kuasa, aamiin.

Semoga bermanfaat. Kalo berkenan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Sumber Hukum Islamnya di post keempat


Quote:Komeng Pilihan dari Agan, Aganwati
Spoiler for TAMBAHAN:


Spoiler for BERBAGAI PERMASALAHAN DAN KESALAHAN MASY. INA:


Spoiler for UNTUK TRIT YANG LEBIH BAIK LAGI:


Spoiler for LAINNYA:


Quote:PERTANYAAN
Spoiler for :
Quote:Beberapa udah ada yg ane jawab di komen gan. Dengan senang hati kalo ad yg mau nambahin agar sempurna dan lengkap emoticon-Smilie

nice share gan
nice share gan
Berikut adalah dasar hukum Islam yang ane gunakan untuk membuat trit di atas
Quote:
Bagian : Berkaitan dengan shalat kita dilarang


"Sesungguhnya shalat suatu kewajiban yang telah ditetapkan waktunya bagi orang-orang beriman".
(QS. An-Nisa : 103)

*Makna tuma’minah adalah, seseorang yang melakukan shalat, diam (tenang) dalam rukuk, i’tidal, sujud dan duduk diantara dua sujud. Dia harus ada pada posisi tersebut, dimana setiap ruas-ruas tulang ditempatkan pada tempatnya yang sesuai. Tiak boleh terburu-buru di antara dua gerakan dalam shalat, sampai dia seleasi tuma’ninah dalam posisi tertentu sesuai waktunya.

Nabi SAW bersabda kepada seseorang yang tergegesa dalam shalatnya tanpa memperlihatkan thumaninah dengan benar,
"Ulangi shalatmu, sebab kamu belum melakukan shalat."(HR.Bukhari)

*Rasulallah SAW bersabda,
"Sesungguhnya, seseorang beranjak setelah mengerjakan shalatnya dan tidak ditetapkan pahala untuknya kecuali hanya sepersepuluh untuk shalatnya, sepersembilan, seperdelapan, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga atau setangah darinya. "
(HR. Abu Dawud, Shahih)

*Rasulullah SAW bersabda,
"Jika orang yang melintas didepan orang yang sedang shalat mengetahui betapa beratnya dosa baginya melakukan hal itu, maka akan lebih baik baginya untuk menunggu dalam hitungan 40 tahun dari pada berjalan didepan orang shalat itu."
(HR. Bukhari dan Muslim).

Adapun lewat diantara shaf orang yang sedang shalat berjamaah, maka hal itu diperbolehkan menurut jumhur bedasarkan hadits Ibnu Abbas ra :
"Saya datang dengan naik keledai, sedang saya pada waktu itu mendekati baligh."

Rasulullah SAW sedang shalat bersama orang –orang Mina menghadap kedinding. Maka saya lewat didepan sebagian shaf, lalu turun dan saya biarkan keledai saya, maka saya masuk kedalam shaf dan tidak ada seorangpun yang mengingkari perbuatan saya."
(HR. Al-Jamaah).

Ibnu Abdil Barr berkata,
"Hadits Ibnu Abbas ini menjadi pengkhususan dari hadits Abu Sa’id yang berbunyi “Jika salah seorang dari kalian shalat, jangan biarkan seseorangpun lewat didepannya."
(Fathul Bari: 1/572)

*Sebagaimana sabda Nabi SAW,
"Imam bagi manusia adalah yang paling baik membaca Al-Qur’an."
(HR. Muslim)
*A. Rasulallah SAW bersabda : "sesungguhnya Allah tidak menerima shalat seseorang lelaki yang memakai sarung dengan cara musbil."
(HR. Abu Dawud (1/172 no. 638)

B. Rasulallah SAW bersabda : "Allah SWT tidak (akan) melihat shalat seseorang yang mengeluarkan sarungnya sampai ke bawah (musbil) dengan perasaan sombong."
(Shahih Ibnu Khuzaimah 1/382)

C. Rasulallah SAW bersabda :
"Sarung yang melebihi kedua mata kaki, maka pelakunya di dalam neraka."
(HR.Bukhari : 5887)

*Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dia bersabda: “Luruskan shaf kalian, sesungguhnya aku melihat kalian dari belakang punggungku.“ Maka salah seorang di antara kami menempelkan bahunya dengan bahu kawannya, dan kakinya dengan kaki kawannya. (HR. Bukhari No.692)
Rapatkanlah shaf-shaf kalian, saling berdekatanlah, dan luruskanlah dengan leher-leher (kalian), karena demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggamannya, sesungguhnya aku melihat setan masuk dari celah-celah shaf seakan-akan dia adalah kambing kecil.” (HR Abu Dawud)
Spoiler for :


Quote:Bagian : Shalat Yang Baik dan Benar Berdasarkan Sumber Hukum Islam
Spoiler for :


Quote:Bagian : Hal berbeda yang diperbolehkan
Setelah sujud dibolehkan duduk dahulu sebelum berdiri
Spoiler for :


Mengucapkan salam
Spoiler for :

semoga mencerahkan ya bray emoticon-Smilie


emoticon-rose emoticon-rose emoticon-roseYuk Shalat yang Benar dan Koreksi Kesalahan Shalat Kitaemoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
click me!
ane mau tanya gan, emoticon-Peace
sebenarnya waktu shalat subuh itu kapan?
ane liat di temen ane :
1. ada yang shalat subuh pernah jam 7 pagi
2. ada yang bilang kalo shalat subuh kalo dah lewat subuh nggak sah

yang mana yang bener? emoticon-Malu (S)
ninggalin jejak smbil numpang baca dulu gan emoticon-Big Grin
ini baru tread mantap
ayo2 perbaiki sholatnya emoticon-Big Grin
nice share gan. emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By kaskusagent007
ane mau tanya gan, emoticon-Peace
sebenarnya waktu shalat subuh itu kapan?
ane liat di temen ane :
1. ada yang shalat subuh pernah jam 7 pagi
2. ada yang bilang kalo shalat subuh kalo dah lewat subuh nggak sah

yang mana yang bener? emoticon-Malu (S)


ane pernah nanya, dan dapet jawaban begini emoticon-Belo
waktu sholat subuh itu sampe waktu duha emoticon-Malu
Quote:Original Posted By junior47



ane pernah nanya, dan dapet jawaban begini emoticon-Belo
waktu sholat subuh itu sampe waktu duha emoticon-Malu


ada dalil atau gimana gitu, soalnya kalo dari mulut ke mulut susah kalo langsung percaya, soalnya berhubungan dgn aqidah ni, kalo gosip silet ane percaya emoticon-Ngakak (S)
thank infonya gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kaskusagent007
ane mau tanya gan, emoticon-Peace
sebenarnya waktu shalat subuh itu kapan?
ane liat di temen ane :
1. ada yang shalat subuh pernah jam 7 pagi
2. ada yang bilang kalo shalat subuh kalo dah lewat subuh nggak sah

yang mana yang bener? emoticon-Malu (S)


Yang terbaik tepat pada waktunya emoticon-Smilie
ane kalo sholat plg susah ngilangin pkiran yg sering kmana2,
gmana ye biar bsa fokus?
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By kambingdora
Yang terbaik tepat pada waktunya, ane pernah ikut kajian dan dikatakan kita ga boleh shalat saat matahari hampir terbit atau matahari hampir terbenam. Karena itu adalah waktu2 yg dilarang untuk shalat. Kalo hampir terbenam itu habis ashar gan, makanya abis ashar kita tidak boleh melakukan shalat apapun lagi.. Dalilnya ane mesti cari dulu ya gan


"Yang terbaik tepat pada waktunya"
ini baru depat sih menurut ane, so, yang bangunnya jam 8 terus sholat langsung shalat subuh itu gimana ya? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By LaMansia
ane kalo sholat plg susah ngilangin pkiran yg sering kmana2,
gmana ye biar bsa fokus?

bayangkan itu sholat terakhir agan
Quote:Original Posted By kaskusagent007
ane mau tanya gan, emoticon-Peace
sebenarnya waktu shalat subuh itu kapan?
ane liat di temen ane :
1. ada yang shalat subuh pernah jam 7 pagi
2. ada yang bilang kalo shalat subuh kalo dah lewat subuh nggak sah

yang mana yang bener? emoticon-Malu (S)





ane pernah baca riwayat gan, jadi waktu Rosululloh dlm perjalanan(mau perang ato habis perang kalo gak salah ganemoticon-Bingung (S)) tengah malam karena lelah mutusin buat istirahat dulu, nah kemudian Rosululloh nunjuk seseorang buat jaga dan buat bangunin waktu subuh. Tapi si penjaga malah ikut tidur gan, keesokan harinya Rosululloh dan rombongan bangun pada waktu matahari udah terbit gitu gan. Kemudian Rosulluloh merintahin buat ngambil aer wudlu trus sholat subuh berjamaah gitu ganemoticon-Smilie

terus diriwayat laen ane pernah baca juga saat itu Rosululloh dan para sahabat sedang perang diwaktu ashar sampe waktu maghrib tiba gan, jadi Rosululloh belum solat ashar tuh. Kemudian Rosululloh merintahin para sahabat buat solat ashar dulu baru solat maghrib gitu gan kira-kira emoticon-Smilie

terus ane pernah ngaji juga trus tanya-tanya ama ustad kalo sengaja ninggalin solat itu dosa gan, trus kalo bangun kesiangan ato ada halanagn gitu bisa kek yang dicontohin Rosululloh tadi kok ganemoticon-Smilie



cari sumbernya yang jelas deh gan,banyak kok emoticon-Big Grin


waduh ane belum solat isha nih gan, ane solat dulu ya gan emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By permenmentol
ane pernah baca riwayat gan, jadi waktu Rosululloh dlm perjalanan(mau perang ato habis perang kalo gak salah ganemoticon-Bingung (S)) tengah malam karena lelah mutusin buat istirahat dulu, nah kemudian Rosululloh nunjuk seseorang buat jaga dan buat bangunin waktu subuh. Tapi si penjaga malah ikut tidur gan, keesokan harinya Rosululloh dan rombongan bangun pada waktu matahari udah terbit gitu gan. Kemudian Rosulluloh merintahin buat ngambil aer wudlu trus sholat subuh berjamaah gitu ganemoticon-Smilie

terus diriwayat laen ane pernah baca juga saat itu Rosululloh dan para sahabat sedang perang diwaktu ashar sampe waktu maghrib tiba gan, jadi Rosululloh belum solat ashar tuh. Kemudian Rosululloh merintahin para sahabat buat solat ashar dulu baru solat maghrib gitu gan kira-kira emoticon-Smilie

terus ane pernah ngaji juga trus tanya-tanya ama ustad kalo sengaja ninggalin solat itu dosa gan, trus kalo bangun kesiangan ato ada halanagn gitu bisa kek yang dicontohin Rosululloh tadi kok ganemoticon-Smilie



cari sumbernya yang jelas deh gan,banyak kok emoticon-Big Grin


waduh ane belum solat isha nih gan, ane solat dulu ya gan emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngacir2


gini gan.. ennggg anu, emoticon-Peace
mungkin dah bawa'an ane kali yak emoticon-Ngakak (S)
ane nggak langsung percaya ama riwayat2 kek gitu gan, kecuali ada di AL Quran,
nggak tau kenapa ya, kalo dari Hadits pun ane rada ragu emoticon-Nohope

but, thanks dah ngasih info bermanfaat buat ane gan, sayang belum iso ni emoticon-Ngakak (S)
baru tau ane gan
thanks ya emoticon-2 Jempol