alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c85b7c1f0bc39c408b46b7/help--donk-gan-khususnya-anak-ui---jurusan-akuntansi-amp-ppak-ui
Help : Donk Gan (Khususnya anak UI - Jurusan Akuntansi & PPAk UI)
Selamat pagi rekan-rekan kaskuser semua.

Galau ane melanda di pagi hari ini, setelah melihat Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Universitas Indonesia yang ada di salemba.

walaupun ane saat ini masih mahasiswa S1 semester 5 jurusan akuntansi, tidak ada salahnya menanyakan hal yang menurut ane masih abu-abu.
daripada ane salah tafsir, dan mau menelepon pihak UI juga tidak mungkin (karena pendidikan S1 ane belum selesai - nanti disangka main-main lagi).

ane mau menanyakan hal-hal sebagai berikut :

1. Ane lihat website UI disitu dikatakan keprofesian termasuk PPAk didalamnya masuk dalam kategori SIMAK UI, apa benar?

2. jika benar maupun salah, apakah rekan semua tau, tes apa aja untuk bisa lolos dalam PPAk tersebut?

3. Adakah lembaga (semacam kursus) semacam persiapan untuk kita agar kita bisa mempersiapkan diri dalam ujian saringan PPAk tersebut?

4. Apakah rekan semua, pernah mengikuti PPAk, dan apa masukan dan keluhan dari agan semua mengenai Profesi yang satu ini?

Terimakasih atas jawabannya ya rekan-rekan

mohon maaf kalau ada kosakata yang kurang tepat dalam penulisan thread ini.

Terimakasih

*Thread ini tidak mesti anak UI, semua mahasiswa yang mengikuti PPAk yang sudah diatur IAI boleh juga sharing.

sundul

emoticon-Sundul
emoticon-Sundul

sundul lagi ah.. sambil nunggu jawaban
Gw coba jawab yah walaupun telat...

1. Iya bro masuk ppak itu pake ujian sendiri di ppak ui bisa 2 gelar atau double degree dengan magister akuntansi jadi pas lulus ente dapet 2 gelar M.Ak ama Ak

2. Sama aja kaya S2 TPA ama bahasa inggris

3. Ada kok kaya bimbel masuk ui cek aja di gugel

4. Ak itu identik dengan profesi auditor dan dulu harus Ak dulu tambah pengalaman baru bisa ikut ujian CPA certified public accountant tp sejak 2013 syarat ujian cpa sendiri tidak perlu pake Ak dari S1 atau D4 bisa..

IAI sempet memberikan sertifikasi CA Charted Accountant buat pemegang gelar Ak yg udah pengalaman lebih dr setahun atau S1 akuntansi dengan pengalaman 3 tahun.. dan setau gw sekarang untuk dapet gelar CA itu harus pake ujian kalo punya gelar CA lo bisa buat kantor jasa akuntansi karena sejak 2013 KAP tidak boleh memberikan jasa kompilasi atau penyusunan laporan keuangan. Faktanya sih masih ada tp gw lupa efektifnya kapan

Tapi menurut gw udah ga perlu lagi gelar Ak karena yah faktanya untuk sertifikasi udah ga butuh gelar Ak lagi tapi kalo mau nambah pengalaman yah oke2 aja menurut gw.. mendingan lo pelajarin psak atau S2 aja sekalian.. tapi tergantung fokusnya agan sih apakah mau jadi auditor atau akuntan..


Sory kalo ada salah2 dikit ngahahaha