alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[SHARE] PERPANJANG STNK (5 TAHUNAN) MOTOR DI SAMSAT BOGOR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c7d0ee3dcb17093b8b4673/share-perpanjang-stnk-5-tahunan-motor-di-samsat-bogor

[SHARE] PERPANJANG STNK (5 TAHUNAN) MOTOR DI SAMSAT BOGOR


Sore mohon izin mimin,momod & sesepuh

Ane akan sedikit berbagi kisah di tanggal 03 january 2014 kemarin, sebuah kisah yg akan ane kenang & ane jadikan pedoman untuk kehidupan di masa datang #halah kok jd lebay ya prolognya.. emoticon-Ngakak
[SHARE] PERPANJANG STNK (5 TAHUNAN) MOTOR DI SAMSAT BOGOR

jadi begini STNK motor ane itu abis masanya tgl 03 january 2014 maka beberapa hari bahkan minggu sebelumnya ane searching serta tanya2 di mbah google mengenai prosedur pengurusan pajak 5 tahunan. Memang ada beberapa kawan Blogger yg share mengenai tata caranya, namun ternyata agak sedikit beda dengan keadaan di kondisi realnya..emoticon-Malu (S)


Wilayah SAMSAT ane di KAB. BOGOR gan.

Oiya jadi setelah menimbang2 akhirnya ane dengan terpaksa meliburkan diri dari pekerjaan (cuti). Hari jumat pagi ane meluncur ke tekape jam 08 pagi gan setiba di parkiran samsat komplek pemda cibinong ane langsung di sambut tukang cek fisik mungkin dia liat tahun plat No. ane kali ya gan jadi tau klo ane mau urus 5 tahunan, dengan modal lakban kertas dia cek no mesin dan rangka motor ane setelah minta motor ane di standar dua.

setelah kelar gesek dia ambil form cek fisik dan ngasihin tuh form yg sudah di tempel hasil gesekkan ke ane. Sebenarnya belum ada ucapan apapun dari si tukang gesek itu tapi karena ane terlampau ngikutin prosedur di blog2 maka ane keluarin duit 10 rebu dan ane kasihin ke dia gan.

Setelah itu ane meluncur ke tukang fotocopy-an yg letaknya di atas parkir motor..biasa gan di sini udah antri ane cuman bilang buat 5 tahunan ke tukang fotocopy sambil ngasihin form cek fisik,KTP,STNK,BPKB..si tukang fotocopy pun menyusun berkas2 tersebut setelah di fotocopy di sebuah map dan di stapless. jadi dengan harga 4 ribu perak ane udah dapetin semua berkas (kecuali BPKB) ter staples di sebuah map plus selembar plastik baru buat STNK. Dari situ ane langsung ke bagian pengesahan cek Fisik di sini juga antrian udah banyak bangets..pokoknya langsung aja berkas yg tadi di masukkin ke loket pengesahan nanti nama kita di panggil dan kita dapetin form cek fisik kita sudah di stampel. Ok..lanjut kita ke bagian arsip posisinya di sebelah fotocopy-an atau dari bagian pengesahan turun kebawah gan..nah di sini kita taruh saja berkas kita di meja selang beberapa menit nama kita di panggil.. pas nama ane di panggil ane lagi makan gorengan gan,..tapi biar lah ane kelarin dulu makan ane setelah itu ane masuk kedalam ane liat berkas ane udah ada di bawah karena terlewat ane ngomong ma petugasnya ane mau ngambil tuh berkas pas di ambil si bapak berbisik "seikhlasnya aja"...lagi2 karena hasil tanya2 kemaren ane udah siapin duit 20 rebu buat si bapak padahal orang yg barengan ane pas di bisikkin cuman ngeloyor aja entah ga kedengeran karena si petugasnya juga takut atau emang si orang tadi ga niat ngasih..ada sedikit penyesalan sih di sini kenapa juga ane harus ngasih duit padahal orang lain juga ada yg engga :P

tapi yasudahlah toh ane juga ga ada pilihan males kalau harus berlama2 ngurusin ginian. Lanjut kita langsung meluncur ke loket pengambilan no antrian yg sebelah kiri nanti di situ kita di panggil dan map kita di tambahin selembar tanda terima dokumen gitu gan dari situ kita ke loket sebelah kanan di sini nama kita di panggil kita liatin BPKB kita gan setelah kelar berkas kita di stempel di cek dll. berkas tadi di balikkin plus BPKBnya nah kelar deh BPKBnya udah masukkin aja amanin udh ga di butuhin lagi gan.


Oke langsung dah di isi tuh form pendaftaran tadi sesuai STNK. Dan karena ane saat itu sekalian ubah alamat pemilik maka ane ganti alamat dengan alamat ktp baru ( ane pindah kecamatan gan ).

langsung dah ke gedung dalam masukkin tuh berkas di loket 1 di sana lembar tanda terima dokumen di sobek & sobekkannya di kasihin ke kita gan buat tanda terima dan kita di suruh ngantri...di sinilah hal yg paling membetekan di mulai gan emoticon-Mad (S) nanti nama kita di panggil buat bayar sejumlah uang (resmi). Setelah itu kita harus antri lagi buat ambil STNK kita nah karena hari jumat maka ane harus terpaksa pulang dulu karena terpotong waktu istirahat gan setelah pukul 13.00 ane balik lagi tunggu sejam baru deh kelar tuh STNK..namun untuk plat NO. ane di haruskan balik lagi April gan emoticon-Cape d... (S)

So..kesimpulannya sudah lumayan lah calo udah ga terlalu kentara menjajakan diri hanya penawar jasa tulis dokumen jasa staples yg masih berani menjajakan diri dan dari sekian spot hanya di bagian arsip yg masih ada pungli untuk cek fisik ga tau karena pas ngasihin form emang ane duluan yg ngasih duit ke orangnya.

hanya yg mesti di benahi adalah kesemrawutan proses kerja petugas2 di dalam yg tumpang tindih jadi banyak waktu terbuang hanya untuk ngurusin kepentingan beberapa orang dengan mengorbankan antrian yg sudah berkeringat menunggu.


itu saja gan sharing dari ane moga bisa di ambil manfaatnya sorry ga ada picnya gan tapi di jamin no repost..dan mudah2an ga salah kamar. emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh raka0690
Halaman 1 dari 2
reserved dulu
kok keknya ribet banget mas emoticon-Hammer (S) sepertinya buanyak banget loketnya emoticon-Hammer (S) biasanya ane cuma jadi satu ruangan berkas mlipir2 gitu bayar bayar beres emoticon-Big Grin
pakek map segala emoticon-Amazed modus banget itu emoticon-Hammer (S)
____
kalau masalah plat nomer emang gitu mas, harus nunggu kadang stoknya kagak ada emoticon-Hammer (S) kan udah dikasih surat jalan biasanya emoticon-Ngacir
____
thanks sharingnya broo emoticon-shakehand
Diubah oleh chiloGG
kalah cepat ngamanin pertamax emoticon-Matabelo
Diubah oleh raka0690
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:

ya begitulah gan entah modus atau tidak memang kalau membandingkan dengan tahun2 sebelumnya ada sedikit perubahanlah FYI klo untuk pengesahan tahunan ane biasanya di samsat online itc cibinong
Quote:

emoticon-Bingung (S)
koq terharu gan?? emoticon-Matabelo
Ribet bener ya om. Biasanya ane cuman satu loket.
Emang sih ane kenal beberapa org di samsat. Tapi ane nggak pernah minta bantuan mereka.
Seharusnya emang harus lebih disederhanain lagi. Jangan terlalu ribet. Mungkin dibikin ribet supaya ada kesempatan buat 'objekan' kali yah. Kalo masalah ngasih2 emang susah kalo udah kebiasaan. Ane setiap kali ke kecamatan ngasih mulu, padahal yg jaga biasanya temen ibu ane (tetanggga), cuman rasa gimana gitu kalo ngga ngasih. emoticon-Nohope
makasih gan atas infonya, emoticon-Cendol (S)
kemarin ane juga baru dari samsat, bayar pajak tahunan emoticon-Big Grin .
dan bagi orang awam yang baru pertama kali bakal kebingungan emoticon-Big Grin. enggak ada info prosedurnya bagaimana(apa ane yang ga liat ya emoticon-Hammer), loket pun ga ada tulisannya bagian apa emoticon-Hammer
malu bertanya sesat di jalan emoticon-Hammer
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
ternyata disana masih banyak calo ya
Quote:

Quote:

yup begitulah gan ane share di sini biar orang yg belum tau jadi tau
emoticon-I Love Indonesia (S)
gw cuma pernah ngurus buat KTP, sama SKCK gan, SIM sama STNK bokap yg ngurusin jadi kurang tau
loh, bukannya sekarang samsat sudah menggunakan sistem kerja seperti bank?
hanya dalam 1 ruangan semua kegiatan dilakukan (kecuali gesek no rangka & mesin kendaraan biasanya dilakukan diluar).
ane tinggal dibogor, tapi kendaraan ane plat D (bandung) jadi gak pernah ngurus ke samsat bogor..
klo disamsat bandung udah 1 ruangan gan, semuanya rapi & cepat, ane bayar pajak aja hanya nunggu 10 menit.
Quote:


Quote:

ya tapi agak silent mungkin gan tepatnya.. yg ane gedeg itu ya ane ngurusin dari jam 08 pagi kelar jam 02 siang (kepotong istirahat 3jam) emoticon-Cape d... (S)
Quote:

oke gan beruntung bhokap yg ngurusin
Quote:

kalo samsat online yg dimall emang enak gan kayak di bank tapi klo buat urus perpanjangan yg perlu gesek no rangka mesin memang harus ke gedung samsatnya gan :CMIIW
wah ribet jg yah,,kelama'an nungguemoticon-Cape d...
klo pke biro jasa bisa ga yah gan?
biaya'y kena berapa yah?
emoticon-Bingung
ane td siang baru juga perpanjang stnk 5 tahun di rancaekek kab. bandung.

kl ngikutin prosedur bisa-bisa lama juga, ane dtg jam 10 sdg hari sabtu katanya tutup sampe jam 12.
pas nyampe parkiran , ane kira tukang parkir egh taunya calo nawarin jasanya. karena agak buru2 gw tanya aja berapa. Dia langsung minta stnk buat di itung, sebelumnya ane udah ngitung bakalan abis sekitar 500rb krn ane telat byr setahun.
c calo dtg dan bilang biaya pokonya 635,000 . kl biaya buat calo seridhonya.

setelah cek fisik dsb. ane nunggu 1 jam dan stnk pun jd. tp biaya berubah menjadi 760,000 busyet.

eit... ternyata biaya itu buat ktp yg tidak sesuai dgn stnk.
ane liat biaya di stnk 499,600 .
ane kasih tuh calo 850,000 ;
500, 000 buat stnk
160, 000 buat nembak ktp
100, 000 foto kopi, cek fisik dsb
90, 000 buat tuh calo.

plat nomer ga bisa sekarang ane suruh ambil bulan juni nanti. emoticon-Cape d...

TINDAKAN ANE JANGAN DITIRU YA. kecuali emang mepet dan ga punya waktu ngurus sendiri.
Diubah oleh crimerex
Quote:


justru gw ngurusin di kantor samsat langsung. dan sistem kerja seperti bank itu memang di kantor samsat-nya sendiri.. klo yg dimall itu masuk nya outlet.
makanya heran kok masih ada samsat kek gitu sistem kerjanya?? emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S)
coba laporin gan di website samsat..
Quote:

beuh..tapi mau gmn lagi itu mah balik sama diri kita masing2 klo ga ada waktu ya ke calo aja kali ya
Quote:

itu dia gan mungkin bebenahnya belum maksimal gan :P
mungkin beberapa tahun lagi ane bakalan melakukan hal yang sama gan..emoticon-Malu (S)
Ane ngurus perpanjang STNK dr 14 November 2013 dan plat nomor baru bs diambil 14 januari 2014 (libur maulid) hahaha.... Itu di samsat kota serang. Ktnya skrg mah ke mabes bikinnya bukan polda lg.
Kalo paman ane malah sebulan. Dia ngurus tgl 6 november 2013 dan palt nomor diambil 6 desember 2013
Diubah oleh chaino_mac
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di