alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
[SHARE] PERPANJANG STNK (5 TAHUNAN) MOTOR DI SAMSAT BOGOR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c7c86aa1cb17713b8b4799/share-perpanjang-stnk-5-tahunan-motor-di-samsat-bogor

[SHARE] PERPANJANG STNK (5 TAHUNAN) MOTOR DI SAMSAT BOGOR

Sore mohon izin mimin,momod & sesepuh FR2
Ane akan sedikit berbagi kisah di tanggal 03 january 2014 kemarin, sebuah kisah yg akan ane kenang & ane jadikan pedoman untuk kehidupan di masa datang #halah kok jd lebay ya prolognya.. emoticon-Ngakak

jadi begini STNK motor ane itu abis masanya tgl 03 january 2014 maka beberapa hari bahkan minggu sebelumnya ane searching serta tanya2 di mbah google mengenai prosedur pengurusan pajak 5 tahunan. Memang ada beberapa kawan Blogger yg share mengenai tata caranya, namun ternyata agak sedikit beda dengan keadaan di kondisi realnya..emoticon-Malu (S)

Wilayah SAMSAT ane di KAB. BOGOR gan.
Oiya jadi setelah menimbang2 akhirnya ane dengan terpaksa meliburkan diri dari pekerjaan (cuti). Hari jumat pagi ane meluncur ke tekape jam 08 pagi gan setiba di parkiran samsat komplek pemda cibinong ane langsung di sambut tukang cek fisik mungkin dia liat tahun plat No. ane kali ya gan jadi tau klo ane mau urus 5 tahunan, dengan modal lakban kertas dia cek no mesin dan rangka motor ane setelah minta motor ane di standar dua.
setelah kelar gesek dia ambil form cek fisik dan ngasihin tuh form yg sudah di tempel hasil gesekkan ke ane. Sebenarnya belum ada ucapan apapun dari si tukang gesek itu tapi karena ane terlampau ngikutin prosedur di blog2 maka ane keluarin duit 10 rebu dan ane kasihin ke dia gan.
Setelah itu ane meluncur ke tukang fotocopy-an yg letaknya di atas parkir motor..biasa gan di sini udah antri ane cuman bilang buat 5 tahunan ke tukang fotocopy sambil ngasihin form cek fisik,KTP,STNK,BPKB..si tukang fotocopy pun menyusun berkas2 tersebut setelah di fotocopy di sebuah map dan di stapless. jadi dengan harga 4 ribu perak ane udah dapetin semua berkas (kecuali BPKB) ter staples di sebuah map plus selembar plastik baru buat STNK. Dari situ ane langsung ke bagian pengesahan cek Fisik di sini juga antrian udah banyak bangets..pokoknya langsung aja berkas yg tadi di masukkin ke loket pengesahan nanti nama kita di panggil dan kita dapetin form cek fisik kita sudah di stampel. Ok..lanjut kita ke bagian arsip posisinya di sebelah fotocopy-an atau dari bagian pengesahan turun kebawah gan..nah di sini kita taruh saja berkas kita di meja selang beberapa menit nama kita di panggil.. pas nama ane di panggil ane lagi makan gorengan gan,..tapi biar lah ane kelarin dulu makan ane setelah itu ane masuk kedalam ane liat berkas ane udah ada di bawah karena terlewat ane ngomong ma petugasnya ane mau ngambil tuh berkas pas di ambil si bapak berbisik "seikhlasnya aja"...lagi2 karena hasil tanya2 kemaren ane udah siapin duit 20 rebu buat si bapak padahal orang yg barengan ane pas di bisikkin cuman ngeloyor aja entah ga kedengeran karena si petugasnya juga takut atau emang si orang tadi ga niat ngasih..ada sedikit penyesalan sih di sini kenapa juga ane harus ngasih duit padahal orang lain juga ada yg engga :P
tapi yasudahlah toh ane juga ga ada pilihan males kalau harus berlama2 ngurusin ginian. Lanjut kita langsung meluncur ke loket pengambilan no antrian yg sebelah kiri nanti di situ kita di panggil dan map kita di tambahin selembar tanda terima dokumen gitu gan dari situ kita ke loket sebelah kanan di sini nama kita di panggil kita liatin BPKB kita gan setelah kelar berkas kita di stempel di cek dll. berkas tadi di balikkin plus BPKBnya nah kelar deh BPKBnya udah masukkin aja amanin udh ga di butuhin lagi gan.

Oke langsung dah di isi tuh form pendaftaran tadi sesuai STNK. Dan karena ane saat itu sekalian ubah alamat pemilik maka ane ganti alamat dengan alamat ktp baru ( ane pindah kecamatan gan ).
langsung dah ke gedung dalam masukkin tuh berkas di loket 1 di sana lembar tanda terima dokumen di sobek & sobekkannya di kasihin ke kita gan buat tanda terima dan kita di suruh ngantri...di sinilah hal yg paling membetekan di mulai gan emoticon-Mad (S) nanti nama kita di panggil buat bayar sejumlah uang (resmi). Setelah itu kita harus antri lagi buat ambil STNK kita nah karena hari jumat maka ane harus terpaksa pulang dulu karena terpotong waktu istirahat gan setelah pukul 13.00 ane balik lagi tunggu sejam baru deh kelar tuh STNK..namun untuk plat NO. ane di haruskan balik lagi April gan emoticon-Cape d... (S)
So..kesimpulannya sudah lumayan lah calo udah ga terlalu kentara menjajakan diri hanya penawar jasa tulis dokumen jasa staples yg masih berani menjajakan diri dan dari sekian spot hanya di bagian arsip yg masih ada pungli untuk cek fisik ga tau karena pas ngasihin form emang ane duluan yg ngasih duit ke orangnya.
hanya yg mesti di benahi adalah kesemrawutan proses kerja petugas2 di dalam yg tumpang tindih jadi banyak waktu terbuang hanya untuk ngurusin kepentingan beberapa orang dengan mengorbankan antrian yg sudah berkeringat menunggu.

itu saja gan sharing dari ane moga bisa di ambil manfaatnya sorry ga ada picnya gan tapi di jamin no repost..dan mudah2an ga salah kamar. emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 04
Post ini telah dihapus oleh arrrry


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di