alexa-tracking

Review: Delux K2880G Wireless Keyboard

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c6e5ce41cb178c438b4662/review-delux-k2880g-wireless-keyboard
Review: Delux K2880G Wireless Keyboard
Review: Delux K2880G Wireless Keyboard
Basa - basi dulu emoticon-Big Grin
Belom lama ini ane iseng ngerakit PC buat HTPC, n salah satu hal yg ane bingung adalah mencari wireless Keyboard dan Mouse. Apakah beli mouse dan keyboard wireless dengan fisik terpisah, atw beli keyboard yg include mousepad/trackball. Dan akhirnya keputusan jatuh pada beli keyboard yg include mousepad, dan terpilihlah nama Delux K2880G.

So, mungkin review ane bisa ngebantu buat yg mw nyari referensi n bahan perbandingan wireless input device (terutama buat HTPC) karena ternyata hampir gak ada yg ngereview keyboard iniii

Okeh, gak pake lama. . .

Quote:


Packaging
Buat ane pribadi packaging udah bagus, dibanding sama keyboard 50ribuan yg packagingnya cuman bungkus kardus cokelat emoticon-Big Grin
Di luar terlihat bentuk fisik dari sang keyboard beserta fitur2x yangdiusungnya. TAPI sayangnya ane gak ngeliat satu clue-pun yang menunjukkan unit dengan warna apa yg kita dapet (FYI keyboard ini tersedia dalam 2 warna, Putih dan hitam), dan satu lagi, semua tulisannya menggunakan bahasa Mandarin emoticon-Nohope
Spoiler for Box Depan:
Spoiler for Box Belakang:
Spoiler for Box Samping:

What We Get
Begitu kemasan dibuka, kita akan langsung diperlihatkan wajah sang keyboard (yang terbungkus plastik) secara langsung. dan dibawahnya akan ditemukan kelengkapan lainnya yaitu Quick User Guide dan Kartu Garansi??? (Yang lagi2x bahasa Mandarin emoticon-Cape d... (S)), usb wireless receiver, adaptor, kabel mini usb dan docking yg juga berfungsi sebagai charger (ini yg bikin ane jatuh hati begitu ngeliat gambar 2880G di internet)
Spoiler for Box Dibuka:
Spoiler for Kelengkapan:
Spoiler for Q.U.G dan Kartu Garansi:

The Keyboard
Well, klo menurut ane untuk keyboard + mouse (touchpad) dengan harga 300ribuan, build qualitynya udah lumayan. Keyboard ini bener2x ringan (bahkan lebih ringan dari mouse wireless ane emoticon-Stick Out Tongue), dan sangat nyaman buat digenggam (digenggam, bukan/belum digunakan). Keyboard ini Panjang 37.5 Cm dan Lebar 15.5 Cm
Spoiler for Keyboard Atas:
Spoiler for Keyboard Bawah:

Keyboard Personal Test
Okey sekarang kita coba test fungsi dan fitur dari 2880G ini emoticon-Smilie

Buat agan yang biasa pake standard keyboard mungkin pertama kali memakai ini bakal sedikit kesulitan dan perlu membiasakan diri terlebih dahulu dikarenakan letak beberapa tombol yang menurut ane "agak nyeleneh", misalnya tombol F11 = fn + F1.
Spoiler for Tombol F11 dan F12:

Untuk penggunaan selain diatas meja, keyboard ini cukup nyaman saat digunakan diatas pangkuan agan sambil duduk diatas kursi atau sofa. Akan tetapi lain lagi ceritanya kalau agan duduk bersila, keyboard ini pasti akan selip/jatuh diantara sela2x paha/kaki agan emoticon-Stick Out Tongue

Performa dari keyboard ini cuma ane tes dengan cara mengetik "THE QUICK BROWN FOX JUMPS OVER THE LAZY DOGS" sambil menekan tombol SHIFT kanan+kiri, dan hasilnya adalah. . .
Spoiler for THE QUICK BROWN FOX JUMPS OVER THE LAZY DOGS:

Fungsi mousepad dari keyboard ini dapat berjalan dengan normal dan lancar, hanya saja ane kayaknya gak bisa nemuin fungsi multi-touch / scroll di mousepad ini. Tombol multimedia dapat berjalan dengan baik, untuk catatan tombol volume disini ditujukan untuk "master volume" dari sistem operasi, bukan volume dari media player yg kita mainkan.
Spoiler for Mousepad + Multimedia Keys:

Daya tahan baterai sendiri ane blom bener2x nyoba dari baterai dalam kondisi full sampai habis. Tapi, menurut pihak delux daya tahan baterai keyboard ini 15 hari, CMIIW. dan untuk proses chargingnya cukup letakan keyboard ini pada docking yg disediakan, kemudian tunggu LED pada keyboard berubah warna dari merah menjadi hijau, kira-kira sekitar 3 - 4 jam bila kondisi baterai benar2x kosong.
Spoiler for Proses Charging:

Satu hal yang menurut ane mengganggu adalah posisi ideal keyboard terhadap wireless transmitter. Dalam salah satu pernyataan fiturnya, delux menyatakan teknologi 2.4Ghz dan dapat digunakan sampai dengan jarak 10 meter. Akan tetapi yang ane temui adalah pada jarak sekitar 4-5 meter fungsi keyboard mulai mengalami gangguan. Begitupun halnya apabila kita menaruh usb transmitter pada slot usb dibelakang PC, keyboard justru sama sekali tidak dapat digunakan karena casing / body PC yang menghalangi transmitter untuk menangkap sinyal dari keyboard. Sehingga dari apa yg ane coba, amat sangat disarankan untuk menggunakan keyboard berhadap-hadapan atau diarahkan ke arah usb wireless transmitter.

Kesimpulan
Plus
+ Kombo Keyboard + Mouse
+ Built-in Battery
+ Multimedia Keys
+ Ergonomis (hanya butuh pembiasaan)
+ Stylist
+ RINGAN

Minus
- Posisi ideal penggunaan kurang baik (kekurangan terbesar menurut ane)
- Kurangnya panduan dan dokumentasi produk (untuk yg gak bisa Mandarin)
- Kepala adaptor menggunakan colokan pipih

Cocok untuk : HTPC, Office
Tidak Cocok untuk : Gaming

Klo boleh ngasih Skor, Ane kasih 7/10 buat Delux K2880G


Quote:
sundul.... emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Quote:

disundul emoticon-Hammer (S)


Batre tahan berapa lama gan?
Terakhir make wireless keyboard dari lojitak, tiap minggu kudu ganti batre AAA
Ini enak build in, tapi repot kalo kudu sering2 di cas..

Ukuran normal yh hmm... gak lirik rii mini keyboard gan?
KASKUS Ads
Quote:


Ky yg ane tulis di atas gan, pihak deluxnya "mengklaim" ini bisa tahan 15 hari tanpa dicas. Ane 5 hari pake berturut2x msh blom ada tanda2x mw abis baterenya gan emoticon-Big Grin (pemakaian kira2x sekitar 5-6 jam / hari)
image-url-apps
Quote:


eh gak liat.. sip, boleh dh besok2 ane liat barangnye..
mantab,gan. ane lg nyari wireless keyboard yg imut nih....
Quote:


Klo agan lg nyari wireless keyboard yg lumayan mrh, mgkn ini bisa jadi pilihan. Tp inget gan, klo beli ke tokonya langsung pastikan agan TES DULU DISANA soalnya nih keyboard semua petunjuknya bahasa cina n klo tiba2x pas ente bw ke rumah keyboardnya defect bakal susah nyari referensinya (soalnya ane dulu pas beli ngalamin ini emoticon-Stick Out Tongue)

btw, Thx gan ud mampir n komen emoticon-Big Grin
×