alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
Mengungkap Rahasia Memotret di Malam Hari
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c52e9aa4cb1712188b460f/mengungkap-rahasia-memotret-di-malam-hari

Mengungkap Rahasia Memotret di Malam Hari

maap kalo salah kamar emoticon-Cape d... (S)

Ketika mentari berhenti memancarkan sinarnya yang terik di siang hari, langit sedikit demi sedikit berubah dan langit yang muram dihujani dengan semburat warna yang indah dan sungguh menakjubkan. Kemudian satu demi satu lampu mulai menyala untuk menandai datangnya malam, menciptakan pemandangan yang sama sekali berbeda dengan kala siang hari.

Mengungkap Rahasia Memotret di Malam Hari

Dari waktu ke waktu, kami bertanya-tanya tentang cara bagaimana para fotografer profesional dapat memotret pemandangan malam yang luar biasa. Berikut ini, Anda dapat menemukan beberapa rahasianya.

Apa bedanya memotret di malam hari? Saat membawa kamera dan menuju ke luar rumah setelah matahari terbenam, kami berusaha membidikkan kamera ke lingkungan sekitar ke arah cahaya yang terang di antara bayangan malam yang gelap. Namun sayangnya – dan juga seperti dugaan kami – hasilnya justru tidak gemerlap. Dan tidak seperti foto yang diambil pada siang hari dengan cahaya yang terang, terdapat banyak penghalang yang tidak terlihat saat berusaha memotret di malam hari.

Jumlah cahaya yang menyinari latar belakang, kontras yang tinggi antara area yang disinari cahaya dan yang gelap, memerlukan pencahayaan yang lama, gangguan, dan selain itu campuran antara berbagai cahaya yang tidak diharapkan dari berbagai sumber cahaya dengan warna yang belum pernah Anda lihat, serta objek yang berguncang dan tidak fokus. Ya, ada berbagai masalah yang harus disiasati untuk mendapatkan foto yang bagus di malam hari. Namun, di mana ada kemauan, pasti ada jalan. Selain itu, daripada menganggap masalah tersebut sebagai penghalang, mungkin kita dapat memanfaatkannya. Dengan cara ini, kita dapat menciptakan foto foto dengan suasana dan lingkungan di malam hari yang berbeda dan khas. Mari kita mempelajari tips dari anggota "Night View," sebuah klub spesialis untuk foto suasana malam.

Astrofotografi

Meskipun astrofotografi adalah bidang fotografi khusus, namun dapat dianggap sebagai sub-bagian dari fotografi pemandangan malam karena sebagian besar foto diambil di malam hari. Namun, juga ada astrofoto yang diambil di siang hari, seperti matahari atau bulan yang dipotret di pagi hari. Pertama, ada dua jenis utama teknik astrofotografi - dengan menggunakan tripod dan fotografi berpanduan.

Spoiler for Astrofotografi:


Festival Malam yang Menakjubkan – Kembang Api

Peralatan utama untuk memotret kembang api adalah kamera DSLR yang dilengkapi dengan mode bulb, lensa zoom, tripod, kabel pelepas, dan papan atau topi hitam. Karena kita tidak mengetahui lokasi di mana tepatnya kembang api akan meletus, sebaiknya Anda menggunakan lensa zoom bersudut lebar danbukan lensa primer untuk mendapatkan komposisi layar yang fleksibel. Karena kembang api bisa saja sangat besar dan meletus di ketinggian tertentu dan meleset dari perkiraan, Anda harus menggunakan lensa bersudut lebar, khususnya jika memotret dari jarak dekat. Gunakan lensa zoom untuk mendapatkan sudut tampilan atau komposisi sesusi keinginan. Setelah menentukan sudut, Anda dapat mengganti dengan lensa primer untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Spoiler for Kembang Api:


Esensi Fotografi Malam - Foto Interchange (IC)

Faktor utama untuk memotret IC di malam hari adalah ekor lampu kendaraan dan gemerlap lampu-lampu kota yang sungguh indah. Untuk menyertakan seluruh IC di frame, Anda memerlukan lensa bersudut lebar; dalam beberapa situasi, Anda mungkin memerlukan lensa mata ikan. Tentu saja, sudut tampilan da komposisinya akan berbeda tergantung pada area yang dipotret.

Spoiler for Foto Interchange:


Titik Fokus Lanskap

Orang lain biasanya menyertakan gambar jembatan saat memotret pemandangan di malam hari. Anda bisa mendapatkan foto yang bagus dan warna langit yang jelas dengan cara memotret tepat sebelum atau sesudah matahari terbenam. Visibilitas, yang sangat mempengaruhi fotografi, mungkin berbeda-beda tergantung kondisi cuaca, jadi Anda harus selalu mempertimbangkannya.

Spoiler for Titik Fokus Lanskap:
Diubah oleh Hygiea
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Menyinari Bunga dengan Cahaya

Kesulitan saat memotret bunga ceri di malam hari yaitu objek tidak diam, namun sedikit bergerak saat diterpa angin. Oleh karena itu ujung cabang mungkin akan lebih kabur dibandingkan bagian lain dalam foto jika menggunakan pencahayaan yang lebih lama. Ini berarti Anda harus menambah ISO atau menggunakan bukaan yang lebih lebar untuk menambah kecepatan rana.

Spoiler for Foto Bunga Ceri:


Gerakan Pendulum

Memotret gambar pola geometris lampu menggunakan gerakan pendulum sungguh sangat menarik.

Spoiler for Gerakan Pendulum:


Cahaya Ekor Lampu

Memotret ekor lampu dari kendaraan yang melaju di sepanjang jalan di lereng gunung tanpa pencahayaan buatan adalah esensi dari fotografi di malam hari. Khususnya jika jalan raya tersebut memiliki belokan atau lereng turunan yang tajam, ekor lampu yang tertangkap dalam foto malam memiliki kualitas dinamis yang jarang ditemukan dalam foto malam.

Spoiler for Cahaya Ekor Lampu:


Lanskap Kota di Malam Hari

Salah satu keuntungan memotret di malam hari adalah foto lampu kota yang gemerlapan. Jika cuaca mendukung dan Anda bahkan dapat melihat awan melintas di atas kota yang gemerlap, mungkin Anda merasa seperti dapat memotret semuanya, termasuk pemandangan kota di malam hari, sungai, dan jalan raya dengan lampu mobil yang bergerak. Namun, sekalipun cuaca buruk, jangan keluar rumah tanpa membawa kamera dan tripod.

Spoiler for Lanskap Kota di Malam Hari:


Sumur
wow mantep gan emoticon-Matabelo

sayangnya harus pake kamera bagus nih emoticon-Malu (S)
Nice inpo gan, harus modal tripod juga ya
wah ane ngga begitu ngerti tentang fotografi, cukup nyimak aja deh gann.
nice share emoticon-2 Jempol
Keren gan ,, jdai pengen belajar
intinya sih kayaknya pake long exposure. Kalo jago, bisa pake mode manual di kamera ente. Setting ISO, aperture dan shutter manual.

kalo mo rada mudah, pake aja mode shutter priority. set speed ke 10 detik, atau 30 detik, atau bulb kalo mo lama banget.

cmiiw sih. cuma tau basic aja
emoticon-Big Grin
kern gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
kudu punya kamera bagus emoticon-Cape d...
Slah kamar gan emoticon-Cape d... (S)
wow ternyata ad rahasiany jg toh emoticon-Matabelo
memotret kembang api di atas lanskap kota itu yg gak pernah bisa bagus
Ok, perlu belajar lagi nih

Thanks tipsnya emoticon-I Love Kaskus (S)
mantab nih gan, thanks buat infonya ya gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di