alexa-tracking

Cara Mengurus BPKB+STNK Kendaraan OFF THE ROAD tanpa calo dan biro jasa.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c3b036138b46fb3f8b45a3/cara-mengurus-bpkbstnk-kendaraan-off-the-road-tanpa-calo-dan-biro-jasa
Cara Mengurus BPKB+STNK Kendaraan OFF THE ROAD tanpa calo dan biro jasa.
selamat pagi,

bagi anda yang berencana membeli kendaraan bermotor Off The Road (belum dilengkapi BPKB+STNK+plat nomer), berikut disampaikan cara2 mengurus kelengkapan surat tersebut. perlu diingat, langkah2 ini dilakukan tanpa bantuan biro jasa ataupun calo dan kendaraan bermotornya Roda 2. serta syarat mutlaknya adalah membawa faktur asli pembelian motor tsb yang terdiri dari beberapa rangkap.

berhubung saya berdomisili sesuai KTP di Depok, maka langkah2nya adalah sbb:

1. datang ke POLDA Metro Jaya beserta kendaraan bermotor tsb. kmrn saya menggunakan plat nomer pinjaman agar motor tidak ditilang sewaktu perjalanan ke POLDA.

2. sampai di POLDA langsung menuju ke bagian Cek Fisik.

3. parkir di tempat yang banyak petugas cek fisiknya. biasanya begitu masuk kesini, petugas cek fisik akan langsung mengarahkan kendaraan kita.

4. ambil form untuk cek fisik di loket. untuk motor Off The Road form yang diambil sebanyak 2 lembar. tiap lembar form dilengkapi 2 kertas gesek nomer mesin dan rangka. jadi 1 lembar form tsb untk mengurus BPKB dan 1 lembar lainnya untuk STNK.

5. serahkan 2 lembar form cek fisik ke petugas cek fisik.

6. setelah selesai bawa motor beserta hasil cek fisik ke arah Gedung Biru POLDA Metro Jaya. maksud gedung biru ini adalah Gedung Direktorat Lalu Lintas POLDA Metro Jaya.

7. parkir motor di tempatnya emoticon-Smilie kemudian masuk ke gedung biru tsb.

8. untuk mengurus kendaraan baru (Off The Road), langsung menuju ke lantai 2.

9. cari loket yg ada keterangan untuk pembuatan BPKB baru. kalo belum berubah loket 13 dan 14.

10. serahkan faktur pembelian beserta hasil cek fisik dan fotokopi KTP sesuai nama di faktur.

11. petugas akan menyortir berkas tsb dan jika yang mengurus surat tidak sesuai dgn nama di faktur, petugas akan meminjam KTP kita untuk kelengkapan administrasi.

12. petugas menyerahkan sebagian berkas untuk mengurus STNK dan berkas lainnya untuk BPKB.

13. bawa berkas untuk BPKB ke lantai 1 menuju BRI.

14. ambil form penyetoran ke BRI.

15. isi form sesuai petunjuk. untuk membuat BPKB kendaraan roda 2 biayanya adalah Rp 80.000.

16. serahkan form penyetoran beserta uang dan berkas untuk pembuatan BPKB ke loket BRI tsb.

17. petugas BRI akan mengembalikan form berwarna kuning sebagai tanda kita sudah melakukan pembayaran.

18. bawa form kuning tsb ke lantai 2 kembali menuju loket yg semula.

19. serahkan form kuning ke petugas loket untuk ditukar dengan kertas putih sebagai tanda kita telah melakukan penyerahan berkas.

20. simpan kertas putih tsb untuk mengambil BPKB ke loket pengambilan di lantai 2 tsb.

21. menurut petugas, lama proses pembuatan BPKB adalah seminggu. jadi kita musti dtg kembali membawa kertas putih tsb hanya untuk mengambil BPKB.


selesai mengurus surat BPKB, saya langsung menuju kantor Samsat sesuai dengan domisili KTP saya. dalam hal ini saya menuju ke Samsat Cinere-Depok. di kantor Samsat ini proses penyerahan berkas untuk pembuatan STNK dilakukan.


1. berkas untuk pembuatan STNK sebaiknya dilengkapi dengan fotokopi KTP sesuai faktur dan diletakkan di dalam map.

2. hasil cek fisik dari POLDA harus di legalisir petugas cek fisik Samsat terlebih dahulu.

3. setelah semua berkas lengkap langsung menuju loket. sesuai dengan arahan bagian informasi Samsat Cinere, saya menuju ke loket 7.

4. serahkan berkas dan tulis nomer telpon yang bisa dihubungi di map tsb. karena proses pembuatan STNK biasanya tidak selesai dalam satu hari, maka petugas akan menghubungi kita sesuai dgn nmer telpon tsb.


selesai di tahap ini, saya tidak melakukan pembayaran apapun. karena menurut petugas, di loket ini hanya bagian pendaftaran STNK. proses pembayaran hanya dilakukan setelah STNK selesai.

karena penasaran, saya bertanya ke petugas berapa banyak uang yang musti saya bayar.

perlu diketahui motor yang saya urus BPKB dan STNKnya adalah motor Honda Scoopy tahun pembuatan 2013 dengan harga sesuai faktur adalah 9.006.800.

namun, sesuai dengan database Samsat Cinere harga motor dengan type NC11CF1C A/T tersebut adalah 11.400.000. saya tidak paham mengapa terjadi perbedaan harga antara faktur dan database Samsat. setelah di kalkulasi total biaya pembuatan STNK+pajak yang harus saya bayar adalah sekitar 1,5jt.

menurut hemat saya, total harga tersebut masih lebih murah dari harga pembelian motor yang sudah dilengkapi surat BPKB+STNK (ON THE ROAD). dari website http://kredit-motor.com/honda_scoopy-fi.html diketahui harga motor honda scoopy (ON THE ROAD) adalah 14.250.000.

coba kita bandingkan total harga motor Off The road yang kita urus suratnya sendiri dan On The Road yang diurus oleh dealer.

jika harga sesuai database Samsat Cinere adalah 11.400.000 + biaya STNK pajak 1.500.000 maka total harga motor tersebut adalah 12.900.000. berarti terjadi selisih yang lumayan banyak dari On The Road dan Off The Road sebesar 1.350.000

bagi saya, proses pembuatan surat2 ini tidaklah terlalu rumit. namun memang dibutuhkan waktu untuk mengurusnya, serta kesabaran menunggu selesainya STNK dan BPKB.

selamat mencoba emoticon-Smilie

Artikel ini saya pindahkan ke website saya di kerja bareng. Anda bisa bertanya lebih lanjut disana ya :}

wah hemat juga ya emoticon-Malu
Biasakan urus sendiri bro.. Jangan males emoticon-Cool
astaga, sampe sejuta lebih gan?
cari yang cepet ja gan, orang indo kan kebanyakan pengen yang instan emoticon-Big Grin
tapi lamanya itu lho gan..emoticon-Embarrassment
Itu 1,5 juta dah all in gan...? termasuk yang gesek?
siippp gan... infonya sangat membantuemoticon-Shakehand2

habis 2,4 jt

[QUOTE=tantalum80;52c3b036138b46fb3f8b45a4]selamat pagi,

bagi anda yang berencana membeli kendaraan bermotor Off The Road (belum dilengkapi BPKB+STNK+plat nomer), berikut disampaikan cara2 mengurus kelengkapan surat tersebut. perlu diingat, langkah2 ini dilakukan tanpa bantuan biro jasa ataupun calo dan kendaraan bermotornya Roda 2. serta syarat mutlaknya adalah membawa faktur asli pembelian motor tsb yang terdiri dari beberapa rangbagi anda yang berencana membeli kendaraan bermotor Off The Road (belum dilengkapi BPKB+STNK+plat nomer), berikut disampaikan cara2 mengurus kelengkapan surat tersebut. perlu diingat, langkah2 ini dilakukan tanpa bantuan biro jasa ataupun calo dan kendaraan bermotornya Roda 2. serta syarat mutlaknya adalah membawa faktur asli pembelian motor tsb yang terdiri dari beberapa rangbagi anda yang berencana membeli kendaraan bermotor Off The Road (belum dilengkapi BPKB+STNK+plat nomer), berikut disampaikan cara2 mengurus kelengkapan surat tersebut. perlu diingat, langkah2 ini dilakukan tanpa bantuan biro jasa ataupun calo dan kendaraan bermotornya Roda 2. serta syarat mutlaknya adalah membawa faktur asli pembelian motor tsb yang terdiri dari beberapa rangbagi anda yang berencana membeli kendaraan bermotor Off The Road (belum dilengkapi BPKB+STNK+plat nomer), berikut disampaikan cara2 mengurus kelengkapan surat tersebut. perlu diingat, langkah2 ini dilakukan tanpa bantuan biro jasa ataupun calo dan kendaraan bermotornya Roda 2. serta syarat mutlaknya adalah membawa faktur asli pembelian motor tsb yang terdiri dari beberapa rangkap.

berhubung saya berdomisili sesuai KTP di Depok, maka langkah2nya adalah sbb:

1. datang ke POLDA Metro Jaya beserta kendaraan bermotor tsb. kmrn saya menggunakan plat nomer pinjaman agar motor tidak ditilang sewaktu perjalanan ke POLDA.

2. sampai di POLDA langsung menuju ke bagian Cek Fisik.

3. parkir di tempat yang banyak petugas cek fisiknya. biasanya begitu masuk kesini, petugas cek fisik akan langsung mengarahkan kendaraan kita.

4. ambil form untuk cek fisik di loket. untuk motor Off The Road form yang diambil sebanyak 2 lembar. tiap lembar form dilengkapi 2 kertas gesek nomer mesin dan rangka. jadi 1 lembar form tsb untk mengurus BPKB dan 1 lembar lainnya untuk STN4. ambil form untuk cek fisik di loket. untuk motor Off The Road form yang diambil sebanyak 2 lembar. tiap lembar form dilengkapi 2 kertas gesek nomer mesin dan rangka. jadi 1 lembar form tsb untk mengurus BPKB dan 1 lembar lainnya untuk STN4. ambil form untuk cek fisik di loket. untuk motor Off The Road form yang diambil sebanyak 2 lembar. tiap lembar form dilengkapi 2 kertas gesek nomer mesin dan rangka. jadi 1 lembar form tsb untk mengurus BPKB dan 1 lembar lainnya untuk STN4. ambil form untuk cek fisik di loket. untuk motor Off The Road form yang diambil sebanyak 2 lembar. tiap lembar form dilengkapi 2 kertas gesek nomer mesin dan rangka. jadi 1 lembar form tsb untk mengurus BPKB dan 1 lembar lainnya untuk STNK.

5. serahkan 2 lembar form cek fisik ke petugas cek fisik.

6. setelah selesai bawa motor beserta hasil cek fisik ke arah Gedung Biru POLDA Metro Jaya. maksud gedung biru ini adalah Gedung Direktorat Lalu Lintas POLDA Metro Jaya.

7. parkir motor di tempatnya emoticon-Smilie kemudian masuk ke gedung biru tsb.

8. untuk mengurus kendaraan baru (Off The Road), langsung menuju ke lantai 2.

9. cari loket yg ada keterangan untuk pembuatan BPKB baru. kalo belum berubah loket 13 dan 14.

10. serahkan faktur pembelian beserta hasil cek fisik dan fotokopi KTP sesuai nama di fakt10. serahkan faktur pembelian beserta hasil cek fisik dan fotokopi KTP sesuai nama di fakt10. serahkan faktur pembelian beserta hasil cek fisik dan fotokopi KTP sesuai nama di fakt10. serahkan faktur pembelian beserta hasil cek fisik dan fotokopi KTP sesuai nama di faktur.

11. petugas akan menyortir berkas tsb dan jika yang mengurus surat tidak sesuai dgn nama di faktur, petugas akan meminjam KTP kita untuk kelengkapan administr11. petugas akan menyortir berkas tsb dan jika yang mengurus surat tidak sesuai dgn nama di faktur, petugas akan meminjam KTP kita untuk kelengkapan administr11. petugas akan menyortir berkas tsb dan jika yang mengurus surat tidak sesuai dgn nama di faktur, petugas akan meminjam KTP kita untuk kelengkapan administr11. petugas akan menyortir berkas tsb dan jika yang mengurus surat tidak sesuai dgn nama di faktur, petugas akan meminjam KTP kita untuk kelengkapan administrasi.

12. petugas menyerahkan sebagian berkas untuk mengurus STNK dan berkas lainnya untuk BPKB.

13. bawa berkas untuk BPKB ke lantai 1 menuju BRI.

14. ambil form penyetoran ke 14. ambil form penyetoran ke 14. ambil form penyetoran ke 14. ambil form penyetoran ke BRI.

15. isi form sesuai petunjuk. untuk membuat BPKB kendaraan roda 2 biayanya adalah Rp 80.015. isi form sesuai petunjuk. untuk membuat BPKB kendaraan roda 2 biayanya adalah Rp 80.015. isi form sesuai petunjuk. untuk membuat BPKB kendaraan roda 2 biayanya adalah Rp 80.015. isi form sesuai petunjuk. untuk membuat BPKB kendaraan roda 2 biayanya adalah Rp 80.000.

16. serahkan form penyetoran beserta uang dan berkas untuk pembuatan BPKB ke loket BRI 16. serahkan form penyetoran beserta uang dan berkas untuk pembuatan BPKB ke loket BRI 16. serahkan form penyetoran beserta uang dan berkas untuk pembuatan BPKB ke loket BRI 16. serahkan form penyetoran beserta uang dan berkas untuk pembuatan BPKB ke loket BRI tsb.

17. petugas BRI akan mengembalikan form berwarna kuning sebagai tanda kita sudah melakukan pembayaran.

18. bawa form kuning tsb ke lantai 2 kembali menuju loket yg semula.

19. serahkan form kuning ke petugas loket untuk ditukar dengan kertas putih sebagai tanda kita telah melakukan penyerahan berk19. serahkan form kuning ke petugas loket untuk ditukar dengan kertas putih sebagai tanda kita telah melakukan penyerahan berk19. serahkan form kuning ke petugas loket untuk ditukar dengan kertas putih sebagai tanda kita telah melakukan penyerahan berk19. serahkan form kuning ke petugas loket untuk ditukar dengan kertas putih sebagai tanda kita telah melakukan penyerahan berkas.

20. simpan kertas putih tsb untuk mengambil BPKB ke loket pengambilan di lantai 2 tsb.

21. menurut petugas, lama proses pembuatan BPKB adalah seminggu. jadi kita musti dtg kembali membawa kertas putih tsb hanya untuk mengambil BPKB21. menurut petugas, lama proses pembuatan BPKB adalah seminggu. jadi kita musti dtg kembali membawa kertas putih tsb hanya untuk mengambil BPKB21. menurut petugas, lama proses pembuatan BPKB adalah seminggu. jadi kita musti dtg kembali membawa kertas putih tsb hanya untuk mengambil BPKB21. menurut petugas, lama proses pembuatan BPKB adalah seminggu. jadi kita musti dtg kembali membawa kertas putih tsb hanya untuk mengambil BPKB.


selesai mengurus surat BPKB, saya langsung menuju kantor Samsat sesuai dengan domisili KTP saya. dalam hal ini saya menuju ke Samsat Cinere-Depok. di kantor Samsat ini proses penyerahan berkas untuk pembuatan STNK dilakselesai mengurus surat BPKB, saya langsung menuju kantor Samsat sesuai dengan domisili KTP saya. dalam hal ini saya menuju ke Samsat Cinere-Depok. di kantor Samsat ini proses penyerahan berkas untuk pembuatan STNK dilakselesai mengurus surat BPKB, saya langsung menuju kantor Samsat sesuai dengan domisili KTP saya. dalam hal ini saya menuju ke Samsat Cinere-Depok. di kantor Samsat ini proses penyerahan berkas untuk pembuatan STNK dilakselesai mengurus surat BPKB, saya langsung menuju kantor Samsat sesuai dengan domisili KTP saya. dalam hal ini saya menuju ke Samsat Cinere-Depok. di kantor Samsat ini proses penyerahan berkas untuk pembuatan STNK dilakukan.


1. berkas untuk pembuatan STNK sebaiknya dilengkapi dengan fotokopi KTP sesuai faktur dan diletakkan di dalam map.

2. hasil cek fisik dari POLDA harus di legalisir petugas cek fisik Samsat terlebih dahulu.

3. setelah semua berkas lengkap langsung menuju loket. sesuai dengan arahan bagian informasi Samsat Cinere, saya menuju ke loket 7.

4. serahkan berkas dan tulis nomer telpon yang bisa dihubungi di map tsb. karena proses pembuatan STNK biasanya tidak selesai dalam satu hari, maka petugas akan menghubungi kita sesuai dgn nmer telpon 4. serahkan berkas dan tulis nomer telpon yang bisa dihubungi di map tsb. karena proses pembuatan STNK biasanya tidak selesai dalam satu hari, maka petugas akan menghubungi kita sesuai dgn nmer telpon 4. serahkan berkas dan tulis nomer telpon yang bisa dihubungi di map tsb. karena proses pembuatan STNK biasanya tidak selesai dalam satu hari, maka petugas akan menghubungi kita sesuai dgn nmer telpon 4. serahkan berkas dan tulis nomer telpon yang bisa dihubungi di map tsb. karena proses pembuatan STNK biasanya tidak selesai dalam satu hari, maka petugas akan menghubungi kita sesuai dgn nmer telpon tsb.


selesai di tahap ini, saya tidak melakukan pembayaran apapun. karena menurut petugas, di selesai di tahap ini, saya tidak melakukan pembayaran apapun. karena menurut petugas, di loket
masalahnya di dealer mana gan bs bli motor scr Off the Road??
gan, ane mo tanya...ente beli motor off the road dmana yak?ane dah tanya2 di beberapa diler motor...mereka ga mau jual (bilangnya sih ga jual) motor nya klo off the road

hmm, bisa dicoba kapan-kapan emoticon-Big Grin
oiya satu lagi yg jd pertanyaan ane, ente belinya sesuai sesuai harga faktur ato harga fi data base? klo iya kan selisihnya bs lbh byk bgt tuh, 3,650 jt.
Jgn2 Scoopy ente dpt dr hadiah...
versi cara halalnya nih emoticon-thumbsup
nice info, tapi ane belum punya BPKB emoticon-Big Grin
selisih nya lumayan juga gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


1,5 juta itu udah termasuk gesek+BPKB+STNK

Quote:


Quote:


Quote:


ane gak tau dealer mana yang mau jual off the road, karena ane memang dapet dari hadiah.

Sangat bermanfaat

Kereeenn...
kl pake perantara sktr 2jt,jd ada selisih 500rb kl urus sendiri.kl pas ada wkt boleh jg dicoba. emoticon-Smilie
Quote:


yoi bro. 500rb udah lumayan banget untuk makan-makan.