alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c1c81bbfcb17c4218b4584/menjelang-tahun-baru-ane-minta-pendapat-dari-agan-agan-silahkan-gan
Menjelang Tahun Baru, Ane minta pendapat dari agan agan. silahkan gan..
Malam Menjelang pagi gan, maaf mengganggu disini ane mau minta pendapat agan agan nih buat yang belom melek emoticon-Big Grin . ane mulai dari awal ya gan...

Quote:ane seorang mahasiswa semester 3 di kota ane. umur ane 20 tahun. ane anak laki laki, anak pertama dari 3 bersaudara. ane anak yang paling besar. di sini ane tinggal bersama kedua orang tua ane.

Quote:ane sendiri sangat sayang dengan kedua orang tua ane. namun ane rasa, mereka berlebihan dalam memperlakukan ane apalagi di umur ane yang 20 tahun sekarang. memang, khususnya bapak ane adalah orang militer emoticon-Army (S), yang semua dasarnya adalah disiplin. saking disiplinnya dia jadi punya rasa takut/curiga/was-was/sensitif dan berfikiran negatif yang berlebihan. beliau juga udah sakit gan, dan 7 tahun lagi pensiun emoticon-Sorrys . sebagai contoh. ane kan udah kuliah, ane jurusan kedokteran, otomatis rutinitas atau kegiatan kuliah itu pasti semakin banyak. jadi ane lebih sedikit waktu dirumah. tapi ga setiap hari kok ane pulang lama. nah bapak ane ini, kalau aja ane udh pulang lama, pasti was was. Kalau udah sampe ane dirumah ane kayak spt disidang gitu gan, dikatain ane udah make narkoba lah, ane udah ngelakuin hal yang aneh aneh lah. ane jadi stress gan. dalam hati ane, kalau gini aku kapan bisa mandiri nya ya? padahal setiap ane memulai aktivitas keluar rumah juga ane juga selalu ingat nasehat2 dari kedua orang tua ane gan, untuk menjauhi hal negatif, bergaul tanpa mengenal batasan, saling berbagi, dan banyak lagi..

emoticon-Berduka (S)


Quote:nah disini ane minta pendapatnya, besok malam kan adalah puncak malam tahun baru. jadi dari dulu itu di keluarga ane itu setiap pergantian tahun ada kumpul dan doa juga cerita cerita tentang harapan di tahun yang akan datang. nah, gan gimana menurut agan agan ungkapan atau curhatan ke orang tua ane besok agar mereka mulai menyadari, anaknya ini sudah beranjak dewasa dan mulaibisa dituntun menuju kemandirian. gini gan, ayah ane di awal udh ane bilang orangnya sensitif. jadi sifat ungkapannya itu ga melukai hatinya beliau lah atau membuat mereka sedih gan. ibaratnya ane mau ngeluarin unek unek secara perlahan. nah caranya itu ane masih butuh pendapat dari agan agan..

capek juga ngetik gan emoticon-Malu (S) mohon bantuannya ya agan/sista semua..

sekali lagi mohon pendapatnya gan.. semoga agan agan semakin murah rezeki dan berlimpah serta sehat sehat di 2014 nanti emoticon-Malu (S) emoticon-Kiss (S)

THANKS GANN
mari gan yang balum tidur mohon pencerahannya......
No matter how old you are, to your parents, you're still their little child.

--

Gak perlu dibilangin, cukup diTERIMA aja bahwa orang tua ente akan selalu menganggap ente sebagai anak kecil nya.

Kenapa demkian?

Mungkin ada seperti time lapse atau distorsi waktu, mengingat bokap ente adalah personil militer yg mungkin jarang ada dirumah karena sering dinas diluar dan mungkin ditambah dengan kalian berdua jarang ada waktu untuk spending father-son time, jadi dia gak percaya kalau ente sudah berumur 20 secepat itu.

Barangkali di benaknya, ente baru 17an tahun karena faktor distorsi waktu itu tadi, apa lagi kalau beliau emang jarang ada di rumah dan kalian jarang spending father-son time.

--

Ini sama hal nya dengan ane, yg merantau jauh dari orang tua dan baru pulang ke rumah setelah 5 tahun dan kita jarang komunikasi, bagi nya, ane baru berumur 20 tahun (umur ane skrg 25).


ada beberapa cara gan:

1. coba ngomong langsung, tentunya agan sertakan juga alasan, opini, dan agan sebagai anak laki-laki harus nunjukin ke beliau kalau agan emang pantes dan sudah cukup dewasa untuk diberikan kebebasan tersebut. gak bisa pake cara bocah, agan harus belajar mengemukakan pendapat dengan argumen dan alasan yang rasional.

2. kalau emang bokap ente keras kepala dan gengsian, coba pake pengandaian, agan skrg cari contoh kasus negatif dimana 'pengekangan kebebasan' itu bisa berakibat buruk. atau agan bisa juga pake cerita "iya yah/pak/abi, temenku bla bla bla" (ceritakan apa yang agan rasakan, liat reaksi beliau)

3. minta tolong melalui orang yang bisa beliau dengar, misalkan ibu ente atau paman/tante ente. lo coba curhat dulu aja ke mereka, jelaskan dengan jelas apa yang lo mau dan inget, usahakan buat cari win-win solution. maknanya, kalau lo ngerasa apa yang harusnya lo dapat itu memang didukung dengan argumen dan alasan yang jelas

semangat gan, wajar kok ortu cekcok sama anak, apalagi beda pendapat, sebagai anak, kita harus mengerti mereka. kalau memang pada ujungnya gak ketemu juga jalan tengahnya, percayalah, mereka merencanakan yang terbaik untuk anak-anaknya.
Ortu mw segimana tuanya kita ya tetep akan perlakuin kita kaya anak kecil... care, kuatir, itu namanya melindungi dan gk mw sampe anak2 nya knp... semua ortu mw yg terbaik buat anaknya... seandainya lu jd ortu pun someday lu pun akan berlaku hal yg sama kok.

Lu cuma bisa berbuat yg terbaik utk kepercayaan yg udah dikasih. Jgn bikin malu nama keluarga. Ortu itu biasa instingnya tajam karena dah tau habits kita. Ada yg berubah dr habits itu akan jd tanya tanya karena ortu itu tau pakek banget karakter kita, seperti lu juga tau dan ngenalin karakter ortu kita.

Kadang jd yes men itu perlu utk ortu yg protektif bgt mnrt gw. Dan yg penting lu kasih bukti klo lu bisa dipercaya dan lu tanggung tanggung jawab buat tindakan lu.

Gw cerita dikit dr umur 18 dah tinggal sendiri di luar. Sampe skr umur 30 klo gw weekend gak pulang ke rumah nyokap itu tetep nanya gk pulang minggu ini ? Gak berubah selama 3 taon terakhir every week. Simple question walau kadang gw mikir ya ampun dah bangkotan msh aja ditanyain hal ginian. Tp ya namanya ortu ya teteplah gitu.

So ya sudahlah jlnin peran lu sebagai anak yg berbakti dgn gk bikin malu nama keluarga, kuliah selesai tepat waktu dan bikin kel bangga dgn pencapaian lu.
Ada anak FK.. emoticon-Matabelo