alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c027153fcb17e9048b467e/sharing-new-release-menjebol-tes-masuk-perusahaan-dgn-tingkat-keberhasilan-99
Quote:
Original Posted By 22091988
oh iya, ada yg ingin ane tanyakan lg,

hari kamis besok ane ada panggilan tes dan interview di 2 perusahaan pada jam yg sama, jam8. Dimana di perusahaan A untuk posisi engineering dan di perusahaan B utk posisi Management Trainee. nah ane bimbang memilih yg mana. Perusahaan A, ud ane coba tanyakan via telpon utk tes di hari lain, trnyata memang ga bisa krn user nya hanya sempat di hari kamis, jadi mau ga mau harus hari kamis itu.
apakah ane harus menelpon perusahaan B untuk menawar hari tes nya?

ato ane mesti menelpon untuk memberitahu pada salah satu perusahaan bahwa ane tidak dapat datang untuk tes di hari tersebut.
Mnurut HRD Perusahaan B, tes yg dilakukan adalah tes massal. jadi spertinya tidak mungkin utk menawar hari lain utk tes. Sedangkan perusahaaan A bukan tes massal.

apakah diperbolehkan utk memberi alasan krn tidak dapat ikut tes di suatu perusahaan krn tes di perusahaan lain?? apakah kita akan di-blacklist?

Jikalau tes sudah dinyatakan gagal, bagaimana jika nanti saya apply lg utk posisi yg sama di lain waktu, apakah nanti nya HRD akan mengira klo ane itu sperti org yg ga tau malu??


+++++++++++++++

Salam hangat gan

alhmdlh agan sudah berada dalam posisi tersebut, sangat langka loh org dalam posisi agan, kebanyakan ngeply ga dipanggil2

cara agan sudah benar utk menawar ke hari lain...tapi sepertinya ini sudah juga tidak bisa..dan kalau agan hubungi lagi dan tetap memaksa juga kurang baik, meskipun ini bisa saja coba dilakukan lagi tapi dengan bahasa yg sangat halus, santun dan bener2 merendah jgn sampe memaksa

" bu mohon maaf sebelumnya, saya tetap memiliki ketertarikan yg tinggi utk mengikutinya, tapi sy sudah terlanjur janji dengan seseorang yg juga tidak dapat di cancel dan itu benar2 sangat penting, suatu bantuan yang sangat saya hargai jika ibu benar2 dapat membantu sy, sy siap menunggu waktu usernya, mohon saya dapat dibantu"

jika ini pun tidak bisa agan..harus memilih...namun saran ini saya kurang recomend karena agan sudah melakukannya.. ..harusnya pas pertama kali telp dan agan menawar agan bener2 bilang ga bisa dan siap menunggu usernya, tapi sudah telat..!!


saya pernah dalam posisi agan..ini rejeki sekaligus pilihan..istikharahlah..mgkn ada baiknya ..agan harus pilih 1 dan fokuslah disana..mana yang paling prospek dan hot menurut agan..kalau di backlist itu relatif..bank mandiri atau sampoerna biasanya cukup ketat dlm menseleksi org apalagi yg sudah ikut..biasanya akan "masuk kotak 1 tahun saja kok" ..so tak perlu serakah bertarunglah di satu titik yg agan yakini, tak perlu lirik kiri kanan apalagi lapak sebelumnya..ini sudah takdir..

sekedar sharing malu dulu saya tidak mengikuti tes bank mandiri ODP namun sy memilih infomedia yg pada saatnya bersamaan, hati kecil saya memilih infomedia, sy fokus dan sy akhirnya bisa menembus tesnya yg sampai 6 tahap...

selamat memilih apapun pilihan agan jangan sesali jangan menangis jangan merengek: fokus dan fokus pada pilihan agan, kualifikasi agan berarti cukup baik, sampai 2 yg manggil bersamaan andaikan ke 2nya gagal masih banyak perusahaan yg "menunggu" agan !! percayalah, bersukurlan dan bertarunglah sebaik mungkin...

smoga agan diterima salah satunya..minimal mengikuti tes salah satunya..

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By spezdemo8
gan ane di telp gan tadi sore sama salah satu perusahaan yg ane ikut psikotesnya,,
ane diundang bwat interview tgl 30 besok....
mohon petunjuknya gan bwat ngadepin interview besok...

Salam bombardir HRD

+++++++++


alhmdulilah gan

waduh sy kena bombardir para kaskuser nih...tolonggggg materi belum di sampaikan udah pada banyak yg nanya mengingat materi ini cukup banyak...alhmdlh ane senang dgn antusias agan/ajeng semua..utk saat ini sy baru bisa memberikan jawaban yg sangat "biasa" saja tdk dalam mengingat keterbatasan waktu, ruang tulis dan energi saya tapi lumayanlah :

1. Kuasai lahir batin dan kelotokan cv yg agan buat

2. Gunakan metode star dalam menjawab, untuk pertanyaan2 studi kasus
- situasi -target - cara mengatasi masalah - hasilnya

3. Kostum standar "bank" yah berdasi ..yang catchy tapi tidak norak dan karyawanable

4. Suara yang tegas dan mantap, selalu tatap mata pewancara dan jadilah pendengar yang baik, ini yg sangat penting, agan harus tunjukan passion bahwa agan sangat tertarik utk joint

5. Insya allah pertanyaan ini akan muncul :
- coba ceritakan tentang diri anda
- coba ceritakan kejadian yang pernah anda mengalami kesulitan, pilih satu yg hot dan pakailah star tadi
- apa yg agan ketahui tentang perusahaan ini
- apa kelebihan dan kekuarangan agan
- adakah pertanyaan lain

fokus di 2 pertanyaan diatas, buat durasi 2-3 menit tentang diri agan yg mantap2nya saja yah ...coba liat trit ini sebelumnya ada materi2 awal tentang interview, baca dengan seksama yah gan....

berlatihlah depan kaca biar percaya diri..misalkan dari cv coba ceritakan tentang / ketika agan meraih juara 1 misalnya ..trus pakailah star tadi...tenang gan..

kalau agan ditanya agan tidak tahu..tenang gan tenang..jangan kepancing emosi, marah dan kesal..tetap tersenyum menjadi pribadi yg menyenangkan

masihhhhhhh banyakkkkkkkkk sebenarnyaaaa...gak keburuuu..maaf yahh gan

sukses buat besok ..ini dulu ..tips singkatnya...yg lain nyusul dalam tulisan dan analisa yg terstruktur&lebih nembus lagi..masih pemanasan dulu yg diatas..kasus agan special deh..


kabari saya lagi yah hasilnya nanti...

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By spezdemo8
maaf ya gan,ane jadi ngerepotin agan nih
sip gan,ane pelajari lagi nanti gan trit2 agan yg sebelumnya...
nanti ane kabari lagi kalo udah ada hasilnya gan...
thanks banget gan..

salam pasti tembus & salam bombardir HRD


++++++

Sante saja gan

sudah menjadi tanggung jawab sepenuhnya ketika saya membuka trit ini. tapi memang seringkali banyak kaskuser yg terlalu bersemangat dan saya anggap luar biasa auranya..

sementara saya berusaha sistematis dan terstruktur..babak demi babak saya uraikan, terkesan mgkn agak lambat memang tapi inilah keunikan trit ini dibanding lapak2 lainnya..selangkah demi selangkah sehingga pemahamannya dapat dan daya tembusnya tinggi karena sy mulai dari pondasinya ..terus naik dan naik...jadi tdk meloncat2..

tips tadi sangat ringan sekali yah gan tapi cukup nonjoklah kalau agan benar2 menguasainya dengan baik.. mgkn agan juga mempelajari tips interview ke lapak2 sebelah, mengingat waktunya sungguh singkat..

hanya insya allah materi itu tetap akan saya bahas..cukup banyak juga utang saya nih ...doakan saja saya kuat, tetap setia dan konsisten menemani serta memperkaya referensi agan ajeng semua


Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By bananafritter
misi om,,
ada beberapa pertanyaan yg mo sya tanyain,,

1. saya mendapat saran, apabila setelah tes, atau interpyuw, ditetapkan waktu slama 2 minggu (contoh) untuk pemanggilan berikutnya apabila lolos, maka sebaik'ny kita menelepon bagian hrd kira2 setelah 1 minggu tes, mksd'ny untuk menunjukan betapa berminat'ny kita untuk bekerja d'perusahaan tersebut . saya sempat ingin melakukan hal ini pd PT X setelah saya melakukan interpyuw HRD, tp kemaren tiba2 saya dpt panggilan dr PT Y setelah jangka waktu 1 bulan dr tes, akhir'ny saya mengurungkan niat say untuk menelepon PT X .

yg mo saya tanya, apa yg harus kita tunjukan, apresiasi terhadap perusahaan yg dilamar?? ataukah kesabaran??

2. saya pernah ditanya oleh HRD, "apakah anda berniat melanjutkan kuliah taun depan??" . saya menjawab "ya, target saya untuk bisa melanjutkan kuliah taun depan" . lalu dilain kesempatan, teman saya tiba2 memberikan saran ttg hal yg serupa "apakah anda berniat melanjutkan kuliah taun depan??" kt'ny, jawaban yg tepat adalah "saya ingin fokus dalam bekerja terlebih dahulu slama 2-3 thn k'depan" . dengan alasan perusahaan ingin pegawai2 yg fokus terhadap pekerjaan'ny .

yg mo saya tanyain, mana karakteristik yg harus kita sampe'in kpd HRD, apakah sikap optimis?? ataukah kita sebagai org yg fokus thdp pekerjaan??

trimakasih


++++++++++++

Gan banana

usaha agan luar biasa, sampai pertanyaan ini di copas jg ke agan lovenow penguasa trit interview..sampaikan salam saya ke beliau..smoga agan bisa mengkombinasi kajian yg diberikan saya dan senior saya agan lovenow, maklum saya masih nubie gan dan baru belajar

perhatikan ini yah, jika agan sudah lewat 1 minggu suatu tes interview dari perusahaan tertentu ini alamat lewat sangat besar..ingat yah gan ..interview itu bahkan dalam hitungan menit sudah bisa diketahui oleh departemen HRD, jadi tdk perlu menunggu selama itu, itu bahasa standar 2 minggu..paling tdk yah saya beri range 8-9 hari ..lewat itu game over..

jadi hitungannya tidak ada lagi yg namanya berminat , interest tinggi & sebangsanya..lewat yah lewat saja..maaf ya agak keras..biar agan juga punya harga diri juga dan secepatnya gak ada ampun memperbaiki skill agan menghadapi interview.

perusahaan masih banyak&ingat yg pegang kendali menentukan diterima atau tidak bukan agan tapi si hrd itu yg melihat hasil tes agan, bukan seolah2 agan dgn menelepon menunjukan minat menjadi hrd jadi "naksir", tidak, semua dipengaruhi perfomance agan saat interview, titik, agan tepat menjawab sesuai yg mereka cari agan lewat, agan tidak tepat yah game over angkat koper so perbaiki teknik agan.

jadi tidak ada istilah kesabaran atau apresiasi kpd perusahaan yang ada skill agan saat tes dalam mengolah kata2 dan "tepat" .. maaf sy agak keras ..biar agan bangun perbaiki teknik agan habis2n , hanya itu kalau agan mau selamat lewat dari tes itu..hrd dikejar waktu dan target !

utk kasus 2 saya singkat saja, sygnya agan tdk menceritakan pendidikan terakhir apa dan jawabanya memiliki nilai relatifitas plus tergantung cara penyampaiannya

"saya tetap memiliki hasrat utk kuliah kalau memungkinkan tahun depan atau paling tidak pasca 2-3 tahun, jika memungkinkan dari sisi dana kesempatan dan waktu utk menambah ilmu serta ketajaman analisa saya. Dengan kuliah ini diharapkan kedepan dapat berpengaruh nyata terhadap profesionalisme dan karir saya diperusahaan ini yang tentunya saya tetap konsultasikan dan sepengetahuan pimpinan. meski demikian prioritas utama saya adalah fokus pada kontrak yang telah saya tandatangani sebagai profesional yang menjunjung tinggi integritas dan komitmen."

menurut saya jawaban ini jika agan menyampaikannya dengan passion,percaya diri, optimis dan kesungguhan, cukup maut..perhatikan pola kalimatnya.. silahkan dikombinasi..aganpun terlihat sebgai seorang yg selalu "haus utk mengupgrade" skill yg ujung2nya berguna bagi perusahaan tentunya

jadi optimis, percaya diri dan fokus terhadap pekerjaan adalah hal seimbang serta perlu dirangkai sangat cantik menjadi satu kesatuan. agan harus terlihat sebagai satu kesatuan dalam raga dan memancarkan aura2 tsbt, jangan dipisah2. jadi jangan mempersulit sesuatu yang sebenarnya sederhana..tidak mudah justru itu seninya dan justru karena itulah interview banyak memakan korban, berhati2lah dan berlatihlah perbanyak jam terbangnya !!

smoga membantu dan senang berkenalan dengan agan..tetap wartakan trit ini kepada para rekan2 agan biar barokah semua menyertai kita ..ditunggu ceritanya

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Mengira-ngira Indikator Keberhasilan Suatu Interview ? (bagian 2)


Mari kita lanjutkan kembali kajian berikutnya mengenai mengira-ngira indikator keberhasilan suatu interview setelah pada posting sebelumnya (cari yah ) kita sudah membahas dari sisi departemen HRD dan menyisakan tanda tanya besar, seperti apa blue print kebutuhan orang yang dicari dan dibutuhkan suatu perusahaan ? Seperti apakah mahluk itu, blue print sdm ?

Dalam suatu bagian departemen HRD, rata-rata, insya allah pasti akan ada bagian selection and recruitment, terutama perusahaan besar semodel bank mandiri, astra, bat, bni, bri dsb. PASTI. Mereka pun pasti memiliki perpetaan tersebut.

Blue print secara umum tadi berisikan :

- Identitas jabatan yang meliputi ( nama jabatan, departemen, atasan dan bawahan)
- tujuan jabatan
- tanggung jawab
- indikator
- Dimensi (keuangan dan non keuangan)
- Spesifikasi jabatan ( latar belakang pendidikan dan pengalaman, kompetensi, karakter psikologis dan struktur organisasi)

Konsep blue print ini adalah petunjuk maha penting dari suatu perencanaan matang dari suatu departemen HRD. Lalu apa pengaruhnya ke kita gan ??

Yah jelas sangat berpengaruh, perpetaan ini membuat suatu arah yg sangat jelas, bagaimana kita bersikap dan secara tepat masuk dalam "kesesuaian" yang mendekati blue print tersebut. Simplenya, kalau mau join dan lulus masuk ke perusahaan tersebut, yah "sesuaikan" dengan apa yang tertera disana. Alias mendekati paling tidak minimal, 95%nya sukur-sukur bisa 100%.

So jawaban salah satu kaskuser waktu itu menjadi terjawab bukan, indikatornya adalah "sesuai dengan blue print sdm" yang di rancang oleh departemen HRD. Jangan sampai menyimpang jauh dan harus pas. Seperti seorang penjahit ketika mengeksekusi pembuatan pakaian agan/ajeng terlebih dahulu mengukur postur tubuh barulah dikerjakan jika pas agan/ajeng puas jika tidak agan/ajeng mengeluh. Mengerti analoginya agan/ajeng ?

Lantas bagaimana kita tahu kira-kira seperti apa blue print HRD tersebut, agan bisa mencarinya di google atau portalhr.com ataupun kepada mitra/tetangga/saudara yang bekerja di departemen HRD, kira2 karyawan yang bagaimana yang dibutuhkan perusahaan,jika sempat yah ...? kalau bisa disempatkan ..?

Jadi apakah sekarang kira-kira agan/ajeng masih berpendapat, tampilah sekena dan semampunya kita pada saat kita tes atau tampilah menyesuaikan kebutuhan perusahaan sedemikian rupa ??

Saya pikir agan/ajeng sudah tahu jawabannya, kalau mau tembus !!

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By 22091988
ane mau nanya lg sehubungan dgn post ane sebelumnya,

trnyata barusan ane ditelpon utk interview besok jam 1 oleh perusahaan yg berbeda ( perusahaan C ) dari 2 perusahaan yg manggil ane utk tes besok pagi jam8.

estimasi saya, tes di pagi hari itu bisa ampe skitar jam stenga 12. lalu klo ane lsg lanjut lagi ke perusahaan C itu, kmungkinan terburuknya ane telat bebrapa menit sampai disana. bagaimana kita beralasan dgn interviewer nya?apakah kita jujur saja dgn bilang klo abis mngikuti tes ato mesti beralasan yg lain?
apa ada tips utk bisa membantu mnenangkan diri sblum interview, apalagi stelah terburu2 di jalan utk mngejar waktu?? trims.


+++++++

GAn sebelumnya selamat yah sudah dipanggil lagi

tapi tolong mindset agan JANGAN TERLALU KEJAR SETORAN YAH...alamat bablas semua

maksudnya begini..sy tipikal konvensional one day one company..artinya dalam rentang tersebut kita hanya fokus pada 1 titik...tapi jika agan punya "kesemptan" ikut 2 tes sekaligus dan saya pun pernah mengalaminya..

hal ini mgkn saja..tapi ingat "terkadang" waktu tes itu sulit diprediksi..yah kalau sampai jam 12 kalau lewat bagaimana..? so harusnya di negosiasikan dulu..jadwalnya biar ga bentrok..

kalaupun bisa, harus dekat jaraknya, belum kalau tesnya di jakarta jam2 segitu kan jam macet..harus diestimasi ..(tips 1)

tips 2 ..tetap tenang , bawalah air minum , sempatkan utk ke wc utk beristirahat sejenak dan merapihkan fokus kita

tips 3 lupakan tes sebelumnya fokus pada tes yg kita hadapi

tips 4 persiapkan semua amunisi menghadapi berbagai tes

tips 5 siapkan mental, tenaga, waktu dan terutama budget..usahakan dapat makan terlebih dahulu dari 1 tes ke tes berikutnya..

tips 6 jangan goyah liat pesaing dan JANGAN TELAT

tips 7 perbanyaklah doa dan doa

smoga berhasil..ditunggu ceritanya, biar kita belajar dari pengalaman agan ..

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Arti penting sebuah Curriculum Vitae


Berbagai kajian, tips dan nasehat mengenai "bagaimana cara pembuatan cv yang baik" sepertinya sudah agan/ajeng bombardir habis-habisan, mungkin, ataupun ada yang mungkin belum pernah membaca tulisan seperti itu dan hanya berharap dari trit ini, saya harap tidak yah ..karena ingatlah selalu belajar memperkaya tentang cara pembuatan cv dapat dari mana saja dan siapa saja , yang paling cocok adalah agan sendiri yg menentukan dan merakitnya, serta yang merasakan pertempurannya.

Tulisan ini memang saya targetkan setelah dari sebuah pengharapan dan doa semoga trit ini bisa menembus angka 5000 barulah saya akan menuliskan materi ini ..terima kasih buat semuanya&semoga berkah dari sang allah swt menyertai kita semua..mari kita lanjutkan yah gan/jeng..

Kesalahan fatal seorang job seeker yang bodoh adalah tidak menganggap penting sebuah cv sebagai langkah-langkah fatal,sebagai sebuah proses menuju wawancara. Pertanyaan pentingnya adalah mengapa harus ada curiculum vitae dan seberapa pentingnya curiculum vitae, mungkin pertanyaan yang tidak penting, jika boleh dibilang dilupakan ? Menggali kepada suatu nilai dasar, mengapa hal tersebut menjadi penting disertakan dalam suatu lamaran acapkali dilupakan ?

Sederhananya, bagaimana membangkitkan minat seseorang yang belum pernah bertemu atau berbicara dengan agan/ajeng ? bagaimana agan/ajeng mengatakan pada mereka hal paling penting dalam hidup saat ini ? bagaimana mengutarakan prestasi serta nilai-nilai positip agan / ajeng dalam rentang waktu sekitar 20 tahunan ? Hanya ada 2 kata : curiculum vitae yang menarik, tajam, menyentuh dan singkat.

Tools ini sangat maut, benar-benar mencerminkan siapa agan/ajeng. Sungguh. Berarti segalanya. Riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kelebihan, kekuatan, pengalaman organisasi/kemasyarakatan, tujuan, referensi dan lain-lain. Semuanya disatupadukan dalam sebuah cerita yang harmonis dan romantis, sehingga menggetarkan dan membuat perusahaan "menginginkan" agan/ajeng.

Illustrasinya sederhana juga, jika agan/ajeng mau memikat sang buah hati bagaimana ? Segala daya upaya dikerahkan bukan ? Ataupun sebaliknya jika agan/ajeng ingin menarik dan mampu mengundang lawan jenis agan/ajeng otomatis ada sesuatu yang agan/ajeng miliki ? Sederhana tapi complicated dan butuh "perjuangan". Kesetiaan dan loyalitas mungkin juga dipertaruhkan.
Nangkap gan/jeng, poin dasarnya...

Kembali ke topik yah Berbeda dengan kisah "mendapatkan sang buah hati" tadi maka jika agan/ajeng ingin "memenangkan" hati perusahaan maka curiculum vitae adalah alat jual yang paling kuat, bahkan sampai-sampai bila perlu agan/ajeng investasikan waktu dan uang untuk menyiapkan, mengevaluasi, mengetesnya lagi dan memperbaharuinya terus menerus. Bidikannya adalah tegas dan jelas, "hati perusahaan" dan meraih tes berikutnya. Ini dasar pemahamannya dulu yah.. pasti ada yang bilang ..gan langsung aj ?? biasa job seker yang begini maunya tancap gas tapi lupa pondasi akhirnya rusuh2, kesusu, tabrak sana sini, ngambil kesimpulan sendiri, ngikutin yang lain kemudian ujung2nya benjut.

Kajian ini sangat ringan namun mgkn dilupakan banyak orang, memaknai arti penting sebuah curiculum vitae ..jadi kalau agan/ajeng tidak memaknainya atau tidak ada passion saat membuatnya karena tidak paham mengenai betapa sangat pentingnya cv maka lebih baik agan/ajeng mundur dulu sedikit..perbaiki pondasinya..

Seperti kata sebuah pepatah : bikin hidup lebih hidup mungkin bisa diplesetkan bikin cv lebih hidup..ya karena cv itu sendiri adalah kehidupan kita ? bagaimana ????

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
(Sharing-New release) Menjebol Tes Masuk Perusahaan Dgn Tingkat Keberhasilan 99%

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Apa yang Perlu Anda Siapkan Saat Menjawab Dering Telephone


Judul nya terkesan aneh, bahkan mungkin saya sendiri bertanya apakah pernah ada kajian dalam ranah seperti ini. Mungkin dianggap tidak penting, karena apakah itu perlu teknik ? Agan ini mengada-mengada ? Ataukah memang perlu ?

Salah satu hal yang paling mengasikan dan mendebarkan adalah ketika ada dering telephone dari no yang tdk dikenal, adalah masa-masa yang menegangkan. Apakah ini dari teman lama, mantan atau kekasih yang ganti nomor, musuh ataukah ini yang paling hot : dari departemen HRD ? Woow

So, ini keharusan pertama, handphone agan/ajeng harus benar-benar dalam kondisi BAIK, tidak bole rusak, fatal !! Bisa-bisa dianggap tidak terhubung atau nomor salah. Jangan gara-gara handphone semuanya gone.

Begitu mendengar sang hrders, saking gugupnya akhirnya ngomong mbalelo, ini juga JANGAN. Pertanyaan biasanya diawali : "saya bicara dengan pak.., saya mida dari departemen HRD PT bla bla bla, bermaksud mengundang anda utk mengikuti tes ...."

Agan / ajeng harus sangat tenang menghadapinya, ini permainan emosi dan pondasi awal menuju tangga perusahaan impian. " Ya betul, saya imam , saya boleh tahu kapan jadwalnya dan dimana "..Ini penting setelah agan tenang, pastikan dengan detil waktunya dan tkp utk melaksanakan tes. Plus tes apa yang akan dihadapi. Jadi agan/ajeng dapat bersiap.

Jangan lupa yang ini, yang terpenting, sedapat mungkin agan/ajeng memiliki kertas dan pulpen / pinsil utk menuliskan alamat, waktu dan contact personnya. TENANG DAN TENANG JANGAN RUSUH, CARILAH LOKASI MENDENGARKAN/MENCATAT YANG STRATEGIS, BERILAH PENEKANAN ATAU PENGULANGAN JIKA MASIH BELUM JELAS

" Maaf boleh saya minta diulang : dimana lokasi tesnya, kapan dan contact person yang saya jumpai nanti , karena saya kebetulan agak di ruang yg agak berisik tadi (misalnya) " tulis yang lengkap, detil dan rapih agar ketika di trace ulang mudah, JANGAN LUPA RUTE MENCAPAI LOKASI JUGA HARUS DITANYAKAN ULANG misalnya " ibu mohon maaf rutenya jika saya menuju lokasi tes menggunakan kendaraan umum dari Bogor " ini penting sebagai panduan agar agan/ajeng tidak melewatkan waktu nanti atau bonyok kesasar.

Ucapkan terima kasih jika sudah selesai atau bisa agan / ajeng memberikan pengulangan misalnya :

" baiklah ibu/bapak terima kasih atas kesempatan yang diberikan, saya tarik kesimpulan saya (atau) saya ulangi lagi yah pesannya diminta utk tes psikotes, pukul xx di gedung xyz dengan alamat ghi dengan contact person ibu amah ..utk rute dari bogor saya naik bbllaa turun di ...."

Kalau agan ada tes dgn perusahaan lain alias bentrok , JANGAN PANIK DAN TETAP TENANG, secepatnya minta reschedule ''

"mohon maaf ibu/bapak, karena saya sudah janji dgn ortu saya utk....dan sorenya juga saya janji dengan mitra saya utk bisnis ...dan itu sudah saya dealkan ..kira2 dengan tdk mengurangi rasa hormat saya terhadap panggilan ini dan minat saya yg tinggi..dapatkah waktu utk di reschedule, sy siap utk besok..(misalnya) "

Jadi ini sangat penting, karena ini adalah awalan, utk menuju tes2 berikutnya..jangan sampai bonyok di awal karena salah estimasi atau salah prediksi..Ini masalah sangat serius yang mungkin jarang disenggol. Terutama utk masalah pengunduran waktu . Omong2 juga jika bisa semua arah telephone diarahkan ke agan/ajeng semua, kalau pake telephone rumah agar nanti seisi rumah "disetel" dulu, alias tulis alamat dan cp yang bisa dihubungi balik.

Ini memang topik yang sederhana, namun bagi saya ini adalah salah satu titik fatal dan fital, sekali agan "salah dan kejeblos" resikonya maut, belum tes sudah angkat koper tanpa melihat pesaing dan sang hrdnya, TRAGIS.!!

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Out of The Box Atau Out Of Crazy : Mendapatkan Pekerjaan Itu Mudah !!


Kabar baiknya adalah begitu agan/ajeng dipanggil utk interview, sudah pasti surat lamaran dan cv agan/ajeng, benar-benar membius hrd perusahaan. Pertarunganpun tambah panas. Dalam waktu yg singkat daya tembus agan berhasil meyakinkan perusahaan utk memberikan penilaian bahwa agan adalah seorang yg dapat bekerja dan bergabung di perusahaan ini.

Agan/ajeng telah melewati saringan perdana, administrasi, mengingat masih sangat banyak yang bercokol sementara kebutuhan sdm pun terbatas, mau tidak mau perlu ada pemangkasan. Artinya ada korban Ini berarti keterampilan agan/ajeng sebagai yang diwawancara sangat amat penting untuk mendapatkan pekerjaan. Ingat ini HARGA MATI GAK DA TAWAR MENAWAR APALAGI PAKE SOGOK MENYOGOK, ENYAH SAJA DARI TRIT INI JIKA BERPIKIR PAKE CARA GITUAN.

Dengan kata lain agan harus dan harus mempersiapkan amunisi dan perbanyaklah jam terbang. Kalau agan / ajeng mujur dalam hitungan jari 1 tangan mungkin agan / ajeng tembus dan sign kontrak, jika lebih dari itu artinya agan/ajeng perlu koreksi total lagi. Gimana saya tawarkan satu mindset yang agak SINTING, mencari pekerjaan itu mudah kok , berani ?

Sebelum membombardir, evaluasi dulu diri agan ke minimal 10 org teman agan, secara jujur dan fair yah tentang

- skill dan keterampilan - pengalaman - kualifikasi - latar belakang dan kepribadian ..(dengan menggunakan skala nilai 1-10 tiap itemnya)

EVALUASILAH !!

Ingat departemen HRD berusaha menemukan pelamar yang paling sesuai dengan blue print sdm dan agan/ajeng "menunjukan" bahwa agan/ajenglah orangnya. TITIK.

Jadi kesimpulannya : KUASAILAH SURAT LAMARAN DAN CV kemudian "sinergiskan" dengan BlUE PRINT SDM yang diinginkan ..!!!!!! SEDERHANA YANG INDAH DAN PERLU BANYAK JAM TERBANG !! MENCARI PEKERJAAN ITU MUDAH & MENJADI TERLIHAT LEBIH MUDAHKAN, PERCAYALAH !!

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Cara membuat Curriculum Vitae Yang Konyol ?


Judul yang ngeledek atau memang begitu gan judulnya ? Yah biar lah, karena trit ini saya selalu ingin membahasnya dari sisi yang agak "sinting" dan biar pada "mikir" bahwa pondasi suatu pemahaman itu penting. Lagian seringkali masalah ini kan sudah terlalu sering dibahas. Percaya deh. Jadi mungkin dianggap basi atau santailah. Padahal tanpa pemahaman yang baik, terencana dan mantap, maka tools ini bisa menjadi tools maut atau tools yg membawa benjut di awal .

Namanya juga konyol, pastilah banyak yang mengikutinya atau bahkan saking banyaknya ga ngerasa konyol. Tawaran di lapak sebelah yang memfokuskan pembahasannya juga tersaji di kaskus. Apa lagi. Kalau gitu ngapain agan buat trit ini ? Trit ini membangun suatu pondasi pemahaman dari hulu ke hilir dengan garapan secara bertahap, kuasai jengkal demi jengkal. Ingat yah jengkal demi jengkal . Sehingga agan menjadi pribadi jobgetter yang tangguh. Bukan job seeker yang konyol dan selalu menyebut gagal dan menyebutkan mencari kerja itu sulit, maaf kalau yang bermental seperti ini, anda gagal dan failed dalam mempelajari trit ini.

Berikut cara membuat curriculum vitae yang konyol

1. Ejaan dan tata bahasa yang ngawur dan tidak benar

Ini sudah jelas yah ! Pihak perusahaan merasa agan/ajeng melamar dengan ala kadarnya saja dan tidak cukup bekerja keras. Ujung2nya kesan yg ditampilkan seolah agan/ajeng hanya lewat saja dan tidak paham mengenai berbahasa yang baik. Bagaimana mau dipekerjakan ?

2. Terlalu bertele-tele dan panjang tidak penting

Informasi yang disampaikan tidak singkat, bertele-tele, tidak relevan dan membuat bete. Ditambah lagi tidak nyambung dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Identitasnya seperti terlihat "mendongeng" dan "tidak to the point". Berlebihan dan banyak ngulang2

3. Tampilan busuk, payah dan tidak enak dilihat mata

Fotokopi, tinta tidak jelas dan ala kadarnya saja, adalah ciri point ini. Ditambah lagi resumenya tidak rapi secara susunan dan secara keselurhan acak2n. Semakin busuk adalah banyak dilipat-lipat.

4. Terlalu pendek informasi yang ditampilkan

Tidak cukup data untuk menilai yang memungkinkan perusahaan dapat mengevaluasi agan/ajeng, alias infonya kependekan, shingga agan/ajeng tampak gak jelas dimata mereka

5. Terlalu membual, meragukan dan berlebihan

Content isi agan/ajeng mencerminkan sesuatu yang "mengherankan" cenderung membual dan berlebihan sehingga ini membuat "ragu" hrd kepada agan/ajeng ujung2nya alamat gone deh

Jadi mungkin masih adakah agan/ajeng yang membuat cv konyol dengan ciri-ciri diatas ? Lantas bagaimana menilainya ? Cobalah agan/ajeng jujur pada diri sendiri dan "menilai" sendiri apa yang telah agan/ajeng buat , kalau tidak bisa ya cari yang "ahli" jangan yang 1 latingan alamat ambil kesimpulan sendiri..

Nah, menurut agan/ajeng , membuat cv yang baik bagaimana ? Yah sudah jelas banget jawabannya : BUATLAH CV YANG KONYOL KALAU PENGEN GONE !!

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
(Sharing-New release) Menjebol Tes Masuk Perusahaan Dgn Tingkat Keberhasilan 99%


Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By ecot16
Salam Bombardir HRD gan..
setelah ane baca tread agan dengan sabar,memahami,mengerti dan jadi motifator sampe akhirnya ane ikut nimbrung..hehehe
ane mo konsul dikit ma agan....maklum ane nubie

perkenalkan gan, ane jg fresgraduate ato mungkin gk bisa lg di bilang fresh..
ane lulus udh dari bulan maret,ane lulusan teknik informatika..
setelah sekian banyak lamaran yang ane ajuin ke perusahaan yang ane lamar..
setelah banyak juga pundi rupiah yang keluar buat ngepos sana-sini sampe sekarang blom ada yang yang nyangkut satu pun perusahaan buat mempekerjakan ane..
padahal action ane udh ane lakuin dengan bener..sempet mikir jg apa ada yg salah ama surat lamaran ama CV nya..
ditambah juga bokap ane yg kaga ngerti sedikit pun..tiap harinya ane di tanyain mulu..udah kerja??udah kerja??udah kerja??yg akhirnya bikin ane down idup dlam ketakutan akan masa depan..stress..
ampe2 ilmu yang ane dpet wktu kuliah ilang dkit demi dkit yg akhirnya gw jd gk mood klo ktmu yg nmanya pemograman..hati ane bwaannya gk nyaman aja..
nah apa yang harus ane lakuin sekarang biar ane agak tenang dan yakin bahwa ane bakalan kerja??
apa ada yang salah dengan surat lamaran ane??
apa alamat di lamran mempengaruhi HRD gk?(alamat KTP beda ama almat tinggal sekarang)

ane butuh "pencerahannya" gan yang MANTAPS...hehehe
thangkyu..


+++++++++++++++

Gan ecot...

salam hangat dari dunia berburu kerja..alhmdlh..agan sudah "sadar" bahwa mencari dan mendapatkan kerja itu MUDAH !! Ini SERIUS Yah..

Hanya mgkn dimungkin agan mempersulitnya akhirnya tersesat ..dari masalah yg agan sampaikan sy mau buat simple saja ..yah

coba baca lebih detil dan teliti tulisan2 sy, termasuk jawaban yg terakhir pun sy sudah sampaikan di trit lounge (coba ubek2 lagi deh) , berusahalah yah JANGAN BERMENTAL SELALU MAU DISUAPIN DAN SERBA INSTANT...mudah2n suda keliatan lacknya kenapa agan belum berhasil..karena agan spertinya "akut" atau kalau agan BERANI, santronin saja sy biar sy bedah ..nanti saya obati..biaya ntar aj kalau udah lulus dan kalau masih ingat ...

ini penyakit biasa : down, ga enak ma ortu , pusing, kacau..kalau gini artinya agan sehat walafiat dalam kosmologi dunia berburu kerja...yg sakit kalau molor atau tidur atau ga ngapa2in lagi..

utk saat ini cobalah perkaya selain dari trit ini, liat lapak agan lovenow utk interview dan surat lamaran&cv dari agan radscan..meski insya allah utk materi ini akan saya sampaikan ..doakan saja sy masih 'dlm proses'

sukses slalu &Bharap bersabar yahh...Kuasai dulu kelotokan yah yg sudah saya sampaikan sebelumnya di trit ini...insya allah bertambah sakti deh jadi begitu caranya..pelajari postingan2 sy kemudian tanyakanlah..agan maju sejengkal demi sejengkal dgn mumpuni..

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By ariedrain
gan,setelah memantau thread dr page 1, ane mau coba sharing sedikit nih.
Kemaren ane interview di perusahaan media. baru sampai tahap HRD..

setelah "ngobrol2" beberapa lama, sang HRD merekomendasikan ane untuk bekerja di posisi A. Karena ane merasa bosan di posisi itu, dan ingin mencoba sesuatu yg baru, ane menolak rekomendasi dari HRD tersebut.

Apakah ini merupakan kesalahan yg fatal? masalahnya temen ane interview di hari yg sama, lsung dapet kabar untuk seleksi tahap berikutnya.
ang
pertanyaan kedua:
klo ane ngelamar di perusahaan yang sama untuk posisi yang berbeda, kira2 reaksi apa yg akan muncul dari HRD??


Terima kasih atas pencerahannya..

Semoga sukses selalu gan

oiya, ijin bookmark yaa


+++++++++++++++


Salam gan drain..

fatal atau tidaknya itu relatif..mengapa ingat dan baca lagi trit sebelumnya..

sangat tergantung pada jawaban agan kalau agan jawab BOSAN..nah kira2 gmn tuh si HRD nya denger jawaban ntu ....heheheheh

jadi malu nih ngomong nya malu alias gone deh emoticon-Sorryhammer


dalam pantauan hrd yg melihat skill agan maka mereka meminta agan di "switch" karena misalnya lebih cocok atau kadang mereka "ngetest" jg , agan kepancing atau tidak sekaligus menilai logika jawabannya..

nah kira2 agan harus sudah yakin juga..JANGAN MENYESAL..kalau agan "tidak mau" apalagi ngebandingin sama lapak sebelah alias temen agan

GAK PERLU DAN GAK PENTING YAH..cukup jadi referensi saja..karena INGAT agan tidak tahu dinamika apa yg terjadi dlm ruangan test tersebut antara teman agan dan si HRDers..bahkan saya pun tidak tahu..jadi kesimpulannya "tidak bisa mutlak" sperti yang agan bilang :

langsung dapet kabar untuk seleksi tahap berikutnya.

nangkap yah gan pointtnya

Utk pertanyaan k2 , sy sedikit bingung, mksd agan, agan ngelamar 2 posisi berbeda di perusahaan yg sama , begitu yah ???

emoticon-Toastemoticon-Toast agan agan ..aneh2 aj c..sekarang sy balik ke agan, agan punya perusahaan terus agan buka lowongan 6..lalu ada 1 org ngeply utk 2-3 posisi SEKALIGUS..apa penilaian agan ??

nangkap pointnya gan...FOKUSLAH DI SATU TITIK..kecuali pada saat tes berjalan agan "ditawari" pindah posisi..ini lain soal..seperti konteks pertama tadi..agan bisa fleksibel atau tidak..atau sudah harga mati..pakailah logika jawaban yang masuk akal..jadi reaksinya..heheehe agan sudah ngerti deh...

jangan eksplorasi yang aneh2 deh..kalau gak pengen gone atau rugi duit..ini yang lucu2 dari para pencari kerja ...karena lobangnya banyak di satu area ..masukin semua deh biar peluang gede ...filosofi kesimpulan: GEBLEK ...maaf yahh agak keras ..no offense gan..maklum ini kan dibaca semua..

agan pilih satu fokuslah disana utk 1 perusahaan..

prinsipnya : one bullet one position one company one kill ...begini mantapp..!!

Semoga sukses dan lebih mantap

ditunggu kabar berikutnya yah gan...

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
Quote:
Original Posted By davidisdead
Gan dreamer ane uda baca dari page 1 postingan agan.
MANTEP GAN !!!

Ane mau share juga gan cerita ane. Gw salah satu freshgraduate yang lagi nyoba2 membombardir dan menembus HRD, ane udah test bbrp kali dan ada yg udah ketrima tp kurang cocok gan, giliran udah cocok tp malah gak ketrima.hehehe

Ane ngerasa gagalnya banyakan karna interview dengan User atau Direksi, ada saran gak gan.kadang gw suka nervous dan ngerasa jawaban2 ane kurang tepat sasaran.

Trus misalnya gw lg proses dan udah mulai masuk tahap trakhir sm suatu perusahaan nih gan, eh tiba2 ada panggilan dari perusahaan yg ane pengen banget masuk kesitu (tp proses recruitment nya panjang), kira2 ane harus gimana ya gan.

Sayang ane blom bs ngasih cendol,ane bantu nge rate aja ya gan.


++++++++++++

Tks gan david..

smoga apa yg dibaca dari trit awal sampai sekarang menjadi barokah buat agan, saya dan teman2 lain yg ngikutin ini trit...

siap nih gan terima jawabannya heheheheh

tes terakhir dgn user dan direksi..sungguh terkadang sulit utk ditakar dengan rasionalitas ...sy pun beberapa kali bonyok di sini...itu wajar

misalnya : body agan kurang proporsional utk menjadi manager di mata mereka, agan tidak "keturunan" atau aura agan kurang buat hoki ...hal2 beginikan kita tdk tahu dan alasan2 aneh..tapi ini terjadi..maaf saya tdk bermaksud sara atau menyinggung..

so gan jangan nervous, keep smile and fokus..kemudian catat saja jawaban mana yg kurang pas nanti kalau ada kesempatan user tes lagi JANGAN ULANGI kesalahan itu ..karena masalah "klik" antara agan dgn user, kadang susuga (sulit sulit gampang) ..

tambahan lagi kadang pertanyaan ini pun muncul spontan dari mereka dan agan pun harus siap dengan jawaban yg tepat dan pas dimata mereka..nah ini juga SULIT tdk mudah..refleks, instings, fokus dan akurasi ..adalah harga mati..bisa jadi ketika agan nervous jawaban ngawur ..ini yang lazim terjadi..

so berlatihlah "secara simulasi" dengan yg lebih "ahli" jgn teman sebelah yah hahahah tidak disarankan ..

utk pertanyaan ke 2 nih..kok agan jadi lemah banci gitu yah ...yah jalani semua dengan penuh daya juang tinggi jangan lembek dan cengeng..kalau gak mau tesnya panjang ..ya buat saja perusahan sendiri ..(liat lagi trit sebelumnya yah..agan mempelajarinya kurang bener2 dan kurang sungguh2)..

hadapi yang sedang agan hadapi dengan kesungguhan, iklas dan totalitas..peluang berikutnya pun agan hadapi dengan kesungguhan, iklas dan totalitas yang sama..kalau agan mau ambil , prinsipnya :

perusahaan impian biasanya, banyak yg memburu, banyak tesnya, banyak dana yang dikeluarkan, banyak waktu yg harus keluar karena menunggu, banyak perasaan yang harus dikorbankan

(kecuali perusahan itu punya ortu agan atau agan mau nyogok, maaf trit ini TIDAK MENGAJARKAN dan MENSHARINGKAN HAL BEGINIAN)

so take it or leave it..gitu aja kok repot.. emoticon-Cendol (S)

emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Be 100% or Be losser !

Ingat trit ini membangun suatu pondasi pemahaman yang baik dan kuat dari dasar sampai titik tertinggi sehingga akan jauh lebih bijaksana membaca/mempelajari/mempraktekan setiap detil postingan. Sehingga rekam jejak agan/ajeng dalam menembus tes masuk perusahaan "manapun" akan menjadi suatu rangka cerita yang baik, barokah dan dapat di eksekusi dengan / melalui amunisi-amunisi yang terkandung dalam cerita-cerita yang telah saya paparkan,

Teruskan membacanya yah perbedaan trit ini, tidak secara spesifik menyampaikan 1 materi khusus misalnya wawancara, surat lamaran, cv dan psikotes. TIDAK. Semua dapat dipelajari di lapak sebelah. Di trit inipun saya akan tetap membahas hal-hal tersebut, saya paparkan semua, tapi harap agan/ajeng bersabar, berdasarkan pengalaman saya pribadi dan referensi hebat lainnya yg mantap dalam menembus tes masuk perusahaan, jadi agan/ajeng semakin melek betapa mencari dan mendapatkan pekerjan itu MUDAH !!! (serukan ). Segala teknik tidak ada artinya jika agan tidak bermindset dahsyat.

Lanjut, Saya kembali agak mundur kebelakang, ini mindset hebat yang "sedikit tertinggal" belum di ceritakan. Catat dan benamkan sedalam2nya, gak ada ampun, harga mati : Be 100%.

1. Be 100% : yakin dan konsisten .

Dilarang keras dan jangan menyentuh ranah, "coba-coba", "seadanya", "pasrah tanpa action", "gagal terus tidur" dan "tidak berusaha sama sekali". Kalau agan / ajeng berniat mendapatkan pekerjaan impian, kencangkan ikat pinggang pasang sabuk pengaman dan tancepkan no.1 ini. GAK ADA AMPUN, HARGA MATI !

2. Be 100% : full of tehnic and strategic

Dilarang keras berburu kerja TANPA mempersiapkan amunisi, teknik dan strategi ! dilarang keras berharap pada hoki, suap menyuap apalagi pasrah tak menentu ! Agan/ajeng harus bergegas secepat dan setangguh mungkin mempersiapkan semuanya. GAK ADA AMPUN, HARGA MATI !

3. Be 100 % : full of pray and iklas

Dilarang keras takabur, sombong, gegabah, menggerutu membabi buta, sedih berkepanjangan, menyesali amunisi, merutuki keadaan dan mati rasa. Selalu semuanya serahkan pada illahi robbi dan iklaskan serta teruslah berjuang sampai titik darah penghabisan. GAK ADA AMPUN, HARGA MATI !

Hanya 3 saja kok, tapi bukan hal mudah mengimplementasikannya. Benamkan sedalam-dalamnya sprit Be 100%, tidak boleh berkurang, nambah jauh lebih bagus.

Omong-omong. Agan/ajeng sudah berapa persen .. ngacir:

apakah agan / ajeng adalah seorang losser...??? agan/ajeng sendiri yg memilih dan menentukan jawabannya

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
(Sharing-New release) Menjebol Tes Masuk Perusahaan Dgn Tingkat Keberhasilan 99%

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Kick And Rush atau Kick And Stay !! Kesintingan masih berlanjut??


Memangnya ini permainan bola , kacau ni gan dreamer ? Lah ini kan trit pencari kerja, kok jadi filosofi bola yang dimunculkan. Ada-ada saja. Sekedar intermezo, akhirnya kaskus "sembuh" lagi padahal masih banyak banget yang mau share.

Kembali lagi ke topik masalah, tulisan ini sebagai pembuka pasca sembuhnya kaskus. Seorang kaskuser yang sedang hot memburu kerja bertanya kepada saya, "gan doain saya, sudah test dari astra dan sekarang sedang menunggu."
Langsung saya agak "naik pitam", langsung : " Lupakan saja, cari yang lain."

Sontaklah, "loh kok gan begitu", mari kita cek kesintingan jawaban ini. Mayoritas para job seker pasca suatu tes terus "menunggu" jawaban. Misalnya sebutlah kawan X, telah melaksanakan interview tes, seperti biasa HRD menyebutkan dalam 1-2 minggu akan dipanggil. Kawan X menunggu, 3 hari belum ada : masih santai, 1 minggu : mulai cemas, 10 hari : masih ada waktu 4 hari lagi tenang saja tapi hati sudah kacau, 14 hari : wah gimana yah , bimbang, di telepon atau tidak, akhirnya kesal kecewa stress mengurung diri, kaskus lah jadi pelampiasan. Perhatikan polanya, mgkn ada sebagian yang seperti ini, atau paling tidak mendekati. Apa yang agan rasakan ? deg-degan, stres, kecewa. Nah inilah pola menunggu ala kick and stay. Stay menunggu mampus alias gone ! Stay menunggu pengharapan kosong ! Stay berharap kita lulus ! Stay sambil harap-harap gimana gitu ! Stay tapi hati perasaan tergoroti !

Lain si X lain pula si Y, begitu tes, dia diam sejenak, 1 hari kemudian dia mengevaluasi total, apa yang telah di hadapi, pertanyaan apa saja yg "payah" dievaluasi, jawaban dicatat, dan dihitung kira2 berapa probabilitasnya kemudian di cek ricek "test historynya", dia sudah mendapatkan kesimpulan, doi seperti di pit stop. Kemudian rush, lari lagi, simpan baik-baik catatan itu, kemudian lari lagi, tes dan lamar lagi, terus dan terus. Seraya berdoa seiklasnya dan setulusnya kepada sang illahi berharap diberikan jalan terang. Inilah pola kick and rush , menghindari degradasi perasaan, langsung gas ! Ada pengharapan tapi si Y mampu menekan ke titik terbawah karena sudah berlari lagi !

Illustrasi 2 orang tadi, sangat menarik, agan / ajeng bebas memilih mana yang disukai dan dimaui ? Menarik dan menantang ?

Agan / ajeng : Silahkan memilih , mau kick and rush atau kick and stay ? Omong-omong saya sinting tidak yah karena sepertinya mendapatkan pekerjaan tambah kelihatan MUDAH malu

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !

Quote:
Original Posted By spezdemo8
Gan,,tadi ane ada panggilan interview lagi,dan alhamdulillah interview ane lancar gan..hehe...

tapi ane jadi bingung gan setelah ane interview,gini gan ceritanya..
ane waktu itu ngelamar di salah satu perusahaan asuransi untuk bagian mdp,,trs ane dipanggil untuk psikotes,nah setelah psikotes ane dipanggil lagi untuk wawancara sama usernya..

nah pas tadi interview ujung2nya ane malah ditawarin masuk ke bagian lain,bagian stolen claim..usernya bilang dia tertarik dengan basic pendidikan ane yg lulusan hukum..nah si usernya nyebutin salary yg bakal ane terima kecil yaitu 1,5 all in..

trus ane bilang ama usernya ane minta waktu untuk berfikir (sampe besok gan waktunya),karena menurut itung2an ane,gaji segitu bakalan habis buat di ongkos sama makan,gak ada sisa bwat malem mingguan gan

menurut agan baiknya gmana gan??

maaf ya gan, ane malah jadi curhat

salam pasti tembus & salam bombardir HRD


++++++++++++++++

Salam hangat spezdmo

sederhananya wawancara seperti ini sudah dalam tataran take it or leave it..hehehe selamat yah gan ..agan dalam posisi memilih , jarang loh, yg kebanyakan ada malah ga dipanggil2 alias jalan di tempat emoticon-Travelleremoticon-Traveller

sukuri dan berdoalah..oke mari kita pertajam analisanya..agan saya tidak tahu usernya itu adalah hrd atau non hrd , karena kalau hrd payrol maka itu benar..jika non hrd maka perasaan agan dikacaukan ..

tapi karena keliatannya hrd dan agan sudah dijudge all in..agan ngarep naik kan wkwkkwwkw ..sori gan..tapi gini hrd nawar ke yg rendah coba liat trit sebelumnya ttg sudut pandang hrd, menawar murah. So agan HARUS TEGAS, siapa agan, take it or leave it, sygnya agan pun tdk menyebutkan permintaan agan. Jadi tawarlah dari sana sbg patokan, kalau agan mau.

Kalau tidak lewat saja, gak usah bingung dan ragu apalagi ngarep. Pilihan ada di tangan agan, momentumnya sudah hilang. Karena moment adalah di tkp saat itu. Artinya jika agan menawar by phone dan harganya jauh yah bye2 kalau dekat juga mgkn bye2 karena agan bisa jadi dianggap terlalu menawar, (kalau agan mau nyoba yang terakhir coba saja) feeling sy mereka tidak bergeming. Nah sekarang gimana ?? Agan bingung dan galau, mau lepas ntar gimana gak dilepas tapi kurang ?

Inilah teknik cerdas HRD, agan dalam lingkaran permainan emosi, agan dijerat, sy hanya memberikan saran, agan yg menentukan, saran saya nego ulang dan minta tambahan , jika tdk mau , cari lagi, gampang saja ! tidak usah menyesal tidak usah kecewa ! Masih banyak pekerjaan , berjuang lagi, belum jodoh agan !

Saya agak heran agan kok langsung dipindahin, dari MDP ke bagian lain bahkan langsung nembak harga upahnya, tapi let say hrd itu tertarik, ini terjadi pindah jalur , alias jika pelamar banyak, bisa saja hrd improvisasi "siapa tahu nemu yang murah dan cocok" hhiihihi nah agan terlihat sasaran empuk, cocok dan pas. Ingat HRD yg lihay sudah mampu membaca, apakah agan / ajeng bisa di gocek dipindah ke yang lain dengan harga lebih murah/cocok atau tidak (ngerti yah gan) yah anggap aj seru-seruan..



Gampang kan...share lagi yah ceritanya di sini...ayo mana lagi yg lucu2 dan seru2n ..sharing lagi disini..

Slamat memilih ya gah..JANGAN RAGU AGAN PUNYA INTEGRITAS,JAGA ITU, JANGAN TAKUT DAN BIMBANG !!

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !
]Quote:
Original Posted By dorachang
selamat pagi agan iandreamer & penghuni yg lain..

saya sbg nubi senang sekali bs mengikuti alur trit agan. trit yg sgt berguna sbg penuntun freshgrad berjuang menemukan pkerjaan yg memang rejeki mereka. terima kasih atas jasa agan ian.

saya ucapkan selamat berjuang kpd agan ian, semoga diberi kelancaran & dpt menyelesaikan cita2 agan melalui trit ini.

kalau agan msh lanjut membaca, saya akan berbagi mengenai pengalaman saya. alhamdulillah, saya freshgrad d3 & saya bs konsisten jg mempraktekkan tips yg agan share. dr beberapa lamaran saya udh 3 kali dipanggil, 2 diantaranya diterima, namun krn kebijakan perusahaan yg 100% asing, tdk bs menerima perempuan berkerudung di ktr pusat, alhasil saya mundur dgn ikhlas. tp bagian itu yg paling sulit ya gan, ikhlas & menerima bahwa posisi itu belum rejeki kita..

tp jalan rejeki tdk bs ditebak, beberapa hr setelahnya, saya ditawari kembali utk mengisi posisi kepala akunting di ktr cabang. posisi yg sy inginkan jg. nah utk itu saya msh hrs menunggu kabar selanjutnya, semoga ini rejeki saya ya gan. mohon doanya jg utk para penghuni lain yg turut membaca.

kebetulan siang ini saya ada interview jg di perusahaan lain, saya bingung akan saya datangi atau tdk, tp semoga saya tdk salah mengambil langkah. walaupun saya ditawari kembali olh perusahaan sblmnya, saya td boleh terlalu pd, br ditawari lg bkn berarti sy diterima, betul tdk agan ian? jd sy putuskan dtg saja ke kesempatan interview yg lain jg. saya tdk boleh menutup jalannya rejeki. betulkan demikian? saya msh bimbang, mohon petunjuk agan ian ya.. maaf merepotkan..

sekian sharing dr saya, semoga sukses agan ian & penghuni yg lain jg.

salam..
[/color][/I]

++++++

veca
Salam gan dora ..

terima kasih doanya dan sy sungguh terharu membaca pengalaman sharing agan, begini seharusnya job getter yang tangguh. sayapun masih nubie dan banyak belajar. belajar dari siapa saja dan dari mana saja.

jika memang ini berguna, mohon dengan sangat gan dora dengan keiklasan dapat mewartakan trit ini kepada para rekan2 yg lain sehingga barokah bisa dinikmati bersama, tak perlu anggap saingan yah , toh semuanya akan sangat bergantung pada daya juang agan ..

terima kasih doanya..hanya hal ini lah yg membuat saya berusaha membagikan sudut-sudut pengalaman sy . ketika agan / ajeng mau berbagi apapun pengalaman agan / ajeng, diutamakan yang pahitnya yah . sesekali bolelah yg manis.. karena jika pahit pun kita sudah bisa menerima dengan damai dan tenang maka insya allah kita bisa menerima hal terburuk apapun . jadi trit inipun akan jauh lebih berguna karna kita bisa belajar dari kesalahan teman kita, tanpa perlu kita mencemooh atau tertawa tapi INGAT pelajari kesalahan itu agar tidak menimpa agan / ajeng .

Kembali ke permasalahan gan dora atau jeng nih ya apapun kelaminnya deh ..hehehe

Utk interview, jalani dengan totalitas, sekali lagi LUPAKAN saja tawaran kacab tadi, jangan dipikirin atau ngarep2 , JANGAN , selain ntar kalau gagal agan stres ditambah ntar mengganggu mental psikologis agan saat tes, ini GAWAT ! ..coba baca postingan saya tentang kick and rush ..intinya IKUTI TES INTERVIEW dengan iklas, total dan amunisi full power plus LUPAKAN TAWARAN TADI (bukan di tolak yah tapi disimpan aja dalam filling) JAUHI KERAGUAN SAAT MENGIKUTI TES DI PERUSAHAAN YANG MEMANGGIL AGAN JADI AGAN BISA FOKUS TOTAL, KALAU REJEKI SUARA ALLAH AKAN MEMANGGIL KOK MELALUI SUARA KACAB TADI, PERCAYALAH, PERBANYAK BERDOA, BERDOA DAN BERDOA..!!

perlu gan dora camkan dan teman2 yg membaca trit ini, STANDAR AGAN PASTI DITERIMA ADALAH JIKA SURAT KONTRAK SUDAH ADA DITANGAN AGAN / AJENG DAN AGAN / AJENG TINGGAL TANDA TANGAN , JIKA BELUM SAMPAI DI LEVEL INI : WASPADALAH, WASPADALAH DAN WASPADALAH ! BANYAK YANG BONYOK GARA-GARA OVER CONFIDENCE ..

maaf yah tulisannya besar2 biar NANCEP DAN NANCEP JADI AMUNISI AGAN / AJENG SEDALAM-DALAMNYA..kan lebih mantap nih trit jadinya , trit yg out of the box, sinting tapi nampolllll hasilnya , nembus sampai total..

Selamat berjuang saudaraku ...

Semoga mencerahkan&barokah;
Go Go Bomb HRD (GGBh)

Salam Bombardir HRD dan pasti tembus

Doaku terdalam semoga para job getter mendapatkan pekerjaan impian yang dinanti dan dicari

Hormat & salam kekeluargaan terhangat dari :

Iamdreamer
Follow : @maslukiloker
Motivator, Provokator & Mentor Dunia Kerja Indonesia Paling Nyentrik

sebata demi sebata untuk negeriku & dunia job getter Indonesia ! Let's rock and dance to highest achievement !