alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52b7edf7fdca176d608b46e2/wisata-singapore-ayo-eksplorasi-negeri-singa
Wisata Singapore: Ayo Eksplorasi Negeri Singa!
Wisata Singapore: Ayo Eksplorasi Negeri Singa!
Agan pasti udah tau negeri yang satu ini, atau bahkan ada sebagian dari agan di sini yang udah pernah ngunjungin Singapore. Negara yang luasnya gak beda jauh sama Jakarta ini memang cukup menarik perhatian para wisatawan gan.


Sekilas Tentang Singapura

Singapura nama resminya Republik Singapura, adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Penduduknya Singapura beragam berjumlah 5 juta jiwa, terdiri dari Cina, Melayu,India, berbagai keturunan Asia, dan Kaukasoid. 42% penduduk Singapura adalah orang asing yang bekerja dan menuntut ilmu di sana. Pekerja asing membentuk 50% dari sektor jasa. Negara ini adalah yang terpadat kedua di dunia setelah Monako.


Top sightseeing

Ini nih gan, beberapa tempat menarik yang mesti agan kunjungi ketika berkunjung ke Singapura.

1. Asian Civilizations Museum
Spoiler for Singapore:

Museum ini khusus menampilkan koleksi-koleksi bersejarah, baik asli maupun replika dari berbagai wilayah di Asia, mulai dari China, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan juga Asia Barat.

Mau tau gan slogan museum ini? “The Asian Civilisations Museum - Where Asian Cultures Come Alive!” Jadi kalau agan memang tertarik sama sejarah dan kebudayaan, agan wajib mampir untuk ngeliat kultur asia yang dipamerkan di museum ini.

2. Singapore Zoo
Spoiler for Singapore Zoo:

Betul gan! Kebun Binatang.

Gak terlalu beda sama Kebun Binatang Ragunan kalau di Indonesia. Cuma, bedanya kalau di sini lebih bersih dan teratur aja gan dari sisi binatang dan lingkungannya.

Singapore Zoo ini awalnya namanya Singapore Zoological Gardens karena memang daerah paling padat pepohonan dan hutannya.

Nah, ada atraksi nya juga nih gan di Singapore Zoo ini dan akan terus bervariasi seiring berjalannya waktu. Yang paling baru namanya Frozen Tundra gan. Area yang menampung Beruang kutub bernama Inuka ini luasnya 2,5 lapangan basket. Di sini agan bisa melihat atraksi dari Inuka bermain-main di replika habitatnya, mulai dari berenang, sampai makan.

Spoiler for Singapore Zoo:


3. Night Safari
Spoiler for Night Safari:

Familiar sama Taman Safari? Yap! Betul gan, ini setipe banget, Cuma ini adanya malam hari gan. Ya kalau sekarang taman safari Indonesia juga udah ada sih yang safari malam.

Night Safari di Singapura ini adalah kebun binatang nocturnal pertama di Dunia gan dan jadi tempat paling populer untuk para wisatawan. Sampai saat ini ada sekitar 1,040 binatang dari 120 spesies dan 29% nya adalah binatang yang terancam punah.

4. Chinatown

Chinatown adalah sebuah daerah yang cukup terkenal di Singapura bagi para wisatawan. Di daerah ini agan bakal mendapatkan nuansa tradisional Cina, bisa dilihat mulai dari bangunan yang ada di dearah ini gan.
Spoiler for Chinatown:

Di sini, agan bisa belanja souvenir buat oleh oleh. Mulai dari kaos, aksesoris, cinderamata, gantungan kunci, dan lainnya. Yaaa yang pasti sih agan bisa dapetin harga yang lebih murah dibandingin agan beli di toko-toko atau mall lain di Singapura hehe.

5. Merlion
Nah, kalau yang satu ini sih agan udah pasti kenal yah. Patung singa bernama Merlion, yang merupakan icon dari Singapura.
Spoiler for Merlion:

Merlion ini kalau agan belum tau, adalah bentuk penggabungan kepala singa dan badan ikan. Nama nya sendiri berasal dari kata “Mer” yang berarti laut dan “Lion” yang berarti singa. Badan ikan melambangkan originalitas negara Singapura yang menjadi desa nelayan ketika masih bernama “Temasek”. Temasek ini diambil dari bahasa jawa yang berarti Kota Laut.
Spoiler for Temasek:


6. National Museum of Singapore
Di museum nasional ini agan bisa melihat sejarah dan kebudayaan dari negara Singapura.
Spoiler for National Museum of Singapore:

Museum ini dibagi menjadi 2 bagian utama: Singapore History Gallery dan Singapore Living Galleries. Singapore Living Galleries sendiri terbagi menjadi 4 tema: Fashion, Makanan, Film & Wayang dan Fotografi.
Spoiler for National Museum of Singapore:


7. Singapore Botanic Garden

Taman botani Singapura yang luasnya 74 hektar ini buka dari jam 5 pagi sampai jam 12 malam setiap hari nya dan gak ada biaya masuknya gan. Kecuali kalau agan mau ke National Orchid Garden nya.
Spoiler for Singapore Botanic Garden:

Nah, taman botani Singapura ini memang dianggap salah satu taman botani tercantik di dunia. Ada banyak variasi tumbuhan tropis di sini.
Spoiler for Singapore Botanic garden:

8. Masjid Sultan
Masjid Sultan terletak di jalan Muscat and North Bridge Road, ada di daerah Kampung Glam. Masjid Sultan ini dianggap sebagai salah satu masjid paling penting di Singapura.
Spoiler for Masjid Sultan:

Sejarah masjid ini sangat kuat dengan Indonesia karena masjid Sultan Singapura ini dibangun oleh masyarakat muslim Jawa dengan konsep arsitektur Atam Limas bersusun dua.

Nah, khususnya buat agan yang muslim, bisa nih mampir shalat berjamaah di Masjid ini.

9. Resort World Sentosa

Resort world sentosa ini merupakan kawasan terintegrasi yang ada di kepulauan Sentosa. Atraksi utama di tempat ini pasti agan udah pada kenal, Universal Studio Singapore dan Marina Life Park.
Spoiler for Resort World Sentosa:


10. Universal Studio Singapore

Kalau agan pengen ngerasain Dufan versi Singapore, agan wajib nih datang ke sini, jangan lupa siapin budget nya yah, karena tempat yang satu ini tergolong cukup merogoh kocek.
Spoiler for Universal Studio Singapore:


11. Marina Life Park
Nah, yang satu ini adalah oceanarium terbesar di dunia. Ada lebih dari 100ribu hewan air dari 800an spesies.
Spoiler for Marina Life Park:

Siap-siap terpukau gan!

Things You Need to Know
Nah, kalau agan emang udah siap mau berangkat ke Singapura, coba dicek beberapa hal ini dulu yah gan, biar lebih mantep liburannya.

1. Paspor

Yang namanya ke luar negeri, agan mesti siap nih yang namanya Paspor ini. Kalau bisa langsung bikin aja sekarang gan. Siapa tau kan lagi ada tiket murah, jadi agan bisa langung beli tiketnya dengan modal paspor udah di tangan.

2. Mata Uang $ Singapura
Mata uang singapura bentuknya juga Dollar, tapi Dollar Singapura, rate nya lebih rendah dari $ US. Jadi jangan sampai salah yah pas tukar mata uangnya.

3. Penginapan
Nah, kalau di singapura sangat umum yang namanya Dorm. Kalau agan berangkat ala backpacker dengan concern budget, pilihan Hostel/Dorm ini cukup oke gan, mengingat harga hotel di singapura yang sangat mahal.

Jadi, agan tidurnya kayak di asrama gitu, 1 ruangan dengan banyak tempat tidur. Nah, tiap orang ada “kamar” nya masing-masing. Umumnya dapat loker juga koq gan buat naro barang-barang berharga.

Ini nih gan penampakan nya:
Spoiler for Penginapan:

Nah, itu baru beberapa tempat dari sekian banyak atraksi yang bisa dikunjungin gan di Singapura. Masih buanyak lagi!

Agan ada yang udah pernah ke Singapura juga kan? Share di sini yuk gan tambahan tempat dan tambahan ceritanya gan, biar yang pada mau ke Singapura bisa tahu lebih banyak.

Yuk berangkaaaat! emoticon-Traveller
Ane rencana 12 Maret berangkat ke sana gan!

Pengen ke Museum Red Dot deh.. Belum dapet tebengan penginapan nih, ada yang mau nampung ane gak gan? huehehehe
Tantangan sekaligus having fun tuh pas milih nginep di hostel yang bentuk nya dorm.

Yang biasanya sekamar sendirian, sekarang mesti campur sama orang bule dari antah berantah emoticon-Ngakak

Btw, nice review gan
Ada rekomendasi hotel yang oke gak gan?

Sama enaknya itu di daerah mana kalau mau nginep? Biar bisa ke mana-mana nya gampang.
pengen banget ngerasain berenang kayak di gambar ini gan di singapore Wisata Singapore: Ayo Eksplorasi Negeri Singa!emoticon-Matabelo

Wahh juni kemaren ane baru dari sana gan.. emoticon-Matabelo
emang bagus sih singapur..
lengkap objek wisatanya...
mungkin ada yang kurang gan, yaitu Marina Bay Sand, kita bisa naik ke lantai 56 buat liat singapore dari atas hehehe emoticon-Cool

btw nice review nya emoticon-Shakehand2
Wahh.. pas banget gan..
ane baru dapet tiket gratisan kesana.. emoticon-Ngakak
wow keren ganemoticon-Matabelo
emoticon-Sundulemoticon-Sundul
11 Maret ane mau kesana sekeluarga Gan, PP ga nginep. Mau numpang foto-foto doang... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By philanthropyclo
Wahh.. pas banget gan..
ane baru dapet tiket gratisan kesana.. emoticon-Ngakak

wahh ane juga mau gan.. emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By soyuzz
Tantangan sekaligus having fun tuh pas milih nginep di hostel yang bentuk nya dorm.

Yang biasanya sekamar sendirian, sekarang mesti campur sama orang bule dari antah berantah emoticon-Ngakak

Btw, nice review gan


Seru jg tuh gan ide nya,, ada rekomendasi hostel nya ngga?
wah lo ane karena tinggal di batam gan jadi tiap minggu kesana gan...



"KERJA"
Dancuk tenan, kemaren teman ane baru dari sini juga ..
waduh lagi ngetren memang wisata Singapore emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By rioedanI
Ada rekomendasi hotel yang oke gak gan?

Sama enaknya itu di daerah mana kalau mau nginep? Biar bisa ke mana-mana nya gampang.


di YWCA Fort Canning Lodge aja gan. deket klo mau ke marina, merlion, dan ke orchard road. klo naek bus ke orchard skitar 5 - 10 menit.

klo mau National Museum of Singapore jg deket 3 - 8 menit naek bus nya.

karena tuh hotel (YWCA) letaknya di daerah Dhoby ghaut. mau ke MRT deket jalan kaki 2 menit (krn dibelakang hotel gtu). klo halte bus lebih deket lagi krn depan congor percis hehe.
klo dr changi airport nya skitar 15 - 20 menit (tp wktu itu ane naik taksi) ke YWCA nya. sekian gan emoticon-Malu (S)
jadi pengen juga dah jalan-jalan kesana emoticon-Matabelo
baru tau ternyata singapore penduduk terpadat no 2 didunia emoticon-Matabelo

sudah hal yang umum kalau: rasanya kurang lengkap kalau ke singapore gak ke Universal Studios Singapore (masuk kedalam yaah, tidak sekedar foto di bola universal emoticon-Ngakak )

ane nginap di ABC Hostel daerah bugis, berhubung ane berempat jadi ambil kamar berempat, soalnya kalau kamar 16 gak nyaman banget, bule ciuman dikamar, mosok kita ngeliatin aja emoticon-Ngakak

apalagi MRT nya lewat bawah laut, kalau mau ke sensota island ck ck ck...

air disana mahal, 1,5 L = Rp 30ribuan -_-, hampir sama dengan harga besin di singapore -_-
tambah mengkilap aja yak suasana singapor
jadi pengen kesana lagi ... emoticon-Big Grin
klo mw pergi kesana minimal budget yg dipersiapin berapa sih untuk pulang pergi jajan hotel dll gan hehe maklum belum pernah ksana
×