alexa-tracking

self esttem gw rendah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ab40bffaca17e115000014/self-esttem-gw-rendah
self esttem gw rendah
hi
Gw cewek gan sis, umur hamper 22 tahun. Dan sekarang lagi ada masalah yang menurut gw cukup serius. Masalahnya bukan dari luar, tapi dari dalam diri gw sendiri.

a. Tiap tertekan, gagal, kecewa,dll gw nggak bisa nyalahin orang lain, selalu nyalain diri sendiri.

b. Begitu sadar salah nya dimana, gw terus mikir bahwa kehadiran gw itu nggak penting, coba dulu nggak ada gw pasti semua lebih baik

c. Gw jarang cerita sama orang lain ttg masalah gw. G mikir cerita gw ngak penting buat orang lain. Atau mungkin juga gw terlalu takut denger pendapat orang. Soalnya gw itu gmpng kepikiran & terpengaruh sm omgan org.

d. Dulu pas masih sekola ane tau ane pny sesuatu sakit, cm ane diem aja dan hampir bertahun2 nggak ada yg tau bahkan ortu gw baru tau beberapa waktu yg lalu dan gw ngeyakinin mreka klo gw ga kenapa-napa. Padahal sebenernya gw jg takut,sampe nyembunyiin selama ini.

Tapi selama nyembunyiin sakit ini , sbnernya gw jadi terselematkn di kondisi tertekan, cz gw jd mikir “ ah gpp , bentar lagi gw juga nggak ada, gw bntar lagi mati, gw kan sakit”

e. Akhir2 ini tekanan makin banyak, dang w jg suka sadar kalo tekanan itu seringnya gw sendiri yg bikin. Gw terlalu pefeksionis, dan pas kondisi kayak gitu selalu ada pikiran ‘gw lebih baik nggak ada’, ‘mending gw mati’ terus kebayang gw bunuh diri, dari yg mulai nusuk diri pakai pisau,pakai gergaji mesin yg bergerigi, ditabrak motor, mobil .

Gw tau ini ga baik. Gw sadar, gw nggak pengen kayak gini terus,ngeganggu banget, dan gw jg takut kalo gw tiba2 ga bisa control trus nglakuin apa yg ada dibayangan gw.

f. Buat pelarian biar dianggap ‘berharga’ gw cendrung jadi orang yang ‘ABS’ Asal Bos Senang, yes man, atau apa lah itu istilahnya. Tapi akhir2 ini cendrung gw yg keteteran, manajemen waktu gw kacau  dan semakin kacau semakin tertekan gw.

g. Pas kecil gw pernah dapet pelecehan seksual.smpe sekarang gw jg ga ngomong sm sapa2. Cumin gw suka kepikiran apa semua yg terjadi ke gue, self esteem gw yg rendah ini penyebabnya gara2 gw dulu pernah dapet perlakuan seperti itu? Sedih klo inget masa kecil itu gan/sis , tp gw jg nggak ngerti mau gimana 

Kondisi gw sekarang lg kacau, dan g nggak mau kek gini terus.
Gw anggap diri gw lg naik mobil dan diluar ujan badai, kaca depan penuh lumpur dan nggak keliatan apapun. Gw ga mau jalan terus gitu aja tanpa liat2 apa2 gara2 kaca mobil gw kotor, gw pengen berhenti bersihin kaca depan gue dlm kasus ini gw perbaiki diri dulu sblm melangkah lagi kedepan. Gw tau ini butuh proses, dan butuh waktu , tp gw emang bener-bener pengen dan akan berubah.

Gw ngerti masalah gw nggak seberapa disbanding masalah2 gan/sist yg disini, gw cm berniat sharing aja. Buat gan/sist yg mau ngasih masukan ke gw boleh banget, minta doanya jg ya. Thx 
itu da masuk tahap depresi berat kak
cara paling mudah dan cepat ke psikiater atau psikolog.. dirumah sakit ada kak.. mulai dari 100 ribuan..
Self esteem yang berlebih gak baik tau, hasilnya bakalan merasa minder
terus2an.

Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2. Cobalah jangan terus2an nyalahin diri sendiri, belajar percaya sama kemampuan diri sendiri.

Be positive emoticon-Smilie emoticon-rose
lo butuh pasangan.
--PERTAMAX--

Self esteem berarti pengakuan terhadap diri sendiri atau pengakuan diri...

Ane mau sedikit kasi saran,,,
Apakah sist udah mencoba untuk menghargai diri sendiri ?
Apakah sist udah pernah mencoba untuk introspeksi diri ?

1. Self esteem baru muncul ketika kita, selaku manusia, mulai bisa menghargai diri sendiri, dimulai dari yg paling mudah seperti makan, minum, dll.

2. Sering-seringlah bersyukur, masih banyak diluar sana yg tidak seberuntung sist.

3. Umurmu udah kepala 2, ayolah, kamu udah dewasa, tingkah2 yang kamu lakukan di ceritamu itu sama seperti kelakuan anak tingkat SMA.

4. Kekecewaan dan kegagalan ngga hanya kamu yg rasakan saja, semua orang pasti merasakan itu. Namanya juga hidup. Dan yg ane liat, kamu salah menyikapi kegagalan dan kekecewaan itu, karena kamu menyikapinya dengan negatif serta menyalahkan diri sendiri.

5. Sikapi kekecewaan dan kegagalan itu dengan positif. Jadikan sebagai pelecut untuk lebih baik. JANGAN SEKALIPUN DIJADIKAN BEBAN! ITU HANYA AKAN MENGHAMBAT KAMU!

6. Perfeksionis bukan hal yg buruk, tapi tentu tidak ada salahnya untuk terus mengembangkan hasil kerja agar semakin baik, bukan ?

7. Tak ada salahnya bercerita kepada orang lain yg kamu percaya sebagai tempat curhat. Dengan bercerita, itu bisa mengurangi beban diri kamu dan pikiran kamu, lebih bagus lagi kalo dapet solusi juga dan perasaaan juga akan lega.

Maaf jika ada yg kurang berkenan,
Ganbatte Kudasai-yo!!
Quote:


halo emoticon-Big Grin

Quote:


bagus dong emoticon-Smilie itu artinya lu tau bahwa dunia lu berputar di sekitar lu dan tanpa lu sadari lu sudah menjaga perasaan orang lain meski menyakiti perasaan lu sendiri .. lu juga harus tau bahwa kegagalan dan kekecewaan itu adalah sebuah hal yang sangat mungkin akan terjadi dalam sebuah proses, terima dan ambil pelajaran dari situ emoticon-Smilie

Quote:


stop! lu mungkin bisa berpikir kayak gitu tapi percayalah bahwa lu adalah orang yang penting buat seseorang di luar sana .. cuma aja mereka nggak bilang dan lu nggak tau siapa mereka

Quote:


terkadang masalah akan dapat ketemu jalan keluarnya kalau lu bisa menyatakannya .. lu sadar nggak kalo lu sedang ngelakuin itu sekarang?

Quote:


every man dies, not every man really lives emoticon-Smilie
ini bukan tentang bentar lagi lu akan nggak ada, tapi apa yang lu lakuin selama lu ada.

Quote:


berhentilah berpikir yang buruk2 .. perfeksionis nggak apa - apa, tapi jangan menekan diri lu terlalu kuat, lu tau batasan diri lu .. kerjakan semampu lu ..
all is well emoticon-Smilie

Quote:


kondisi lu lagi emosional banget ya?

Quote:


sadar nggak kalo diri lu sendiri yang membuat diri lu dalam tekanan dan kekacauan?
relax .. lu terlalu banyak berpikir yang enggak - enggak

Quote:


apa yang nggak perlu diceritakan ya nggak perlu diceritakan .. apa yang nggak perlu diinget ya nggak perlu diinget .. masa lalu udah lewat, nggak bisa diulang dan nggak akan bisa diubah ..

Quote:


bagaimana kalau lu nggak usah turun dari mobil tapi membiarkan orang lain membersihkan kaca mobil itu buat lu? seperti mereka yang berada di traffic light yang biasanya membantu membersihkan kaca demi sedikit imbalan itu emoticon-Embarrassment

Quote:


setiap manusia punya masalahnya masing - masing, tidaklah fair untuk membandingkan masalah lu dengan masalah orang lain, jadi tenang saja emoticon-Big Grin

gw mendoakan semoga hidup lu membaik dan lu mendapatkan kebahagiaan emoticon-Smilie


saran gw .. mungkin lu butuh kabur sejenak dari hidup lu, ambil cuti, lakukan perjalanan hati, pergi ke tempat tempat yang belum pernah lu kunjungi, temui banyak orang baru, jalin pertemanan baru, bukan berlibur ya tapi melakukan perjalanan untuk membuka pikiran lu dan melepas penat sejenak (ya intinya berlibur juga sih emoticon-Hammer ).. sendirian aja .. sambil diniatin dalam hati untuk merubah hidup lu jadi lebih baik, semoga nanti dibukakan jalan olehNya emoticon-Embarrassment
Harga diri rendah berhubungan dengan trauma masa lalu.
Wah, anti harusnya ke psikiater atau perawat spesialsi jiwa pro, soalnya anti udah dari kecil. Ini awalnya harga diri rendah situasional, karna udah menahun, awas bisa jadi kronik.. Bicara face to face dengan pro mungkin sangat membantu. Intinya anti harus temukan aspek positif dari dalam diri, keterampilan, hobby, lprestasi, teman yang supportif.
lu harus churhat ! entah curhatnya ke siapa tapi apa yg ada d kepala lu lu curahin secepatnya, jgn d pendem lg
Spoiler for :
cuma bisa bantu doa semoga di kuatkan untuk melewati masalah nya, dan saya setuju juga dengan saran² mas gan di atas emoticon-Smilie

ada satu quote untuk sist
Quote:


#semangat
then change
"there's a way if you pray and do the change"
Perbanyak teman sist...
punya banyak teman bisa buat lo lebih hidup lagi... teman akan selalu care sama sist.. kalo ada masalah bisa langsung share ke tmn2...
iseng aja masuk organisasi... disitu banyak hal ato kesibukan...
kalo ga suka organisasi... gabung di komunitas aja... buat nyalurin hobby...
Quote:


luar biasa pak emoticon-Recommended Seller
pm nocan dunk emoticon-Genit

yg lalu biarlah berlalu yak emoticon-rose

yg terpenting saat ini adalah sekarang dan masa depan emoticon-Big Grin

gimana qm keluar dari semua ini emoticon-Smilie

ane temenin dah g usah sedih emoticon-Cool
traumatis berat...harus ke psikiater ini emoticon-Angkat Beer

kita ga bisa hidup sendiri tanpa org laen..
contohnya soal km sakit, kalo km diem mana ortu tau, dan kalo km ngomong pasti bakalan diobatin..

ga baek loh nyimpen sesuatu sendiri, itulah salah satu gunanya tmn/sahabat/keluarga untuk diajak sharing, dll..

jangan buat diri km sendiri semakin buruk krn pikiran sendiri..
mulailah terbuka sedikit dg org lain, keluarga mungkin..
buang pikiran negatif yg bikin km berfikir yg bukan2..

atau pergi ke psikiater saja kalo pengen ada yg bantu lebih dalam emoticon-Smilie
lebih deket sama keluarga, lebih deket sma tuhan
dan klo mau , ikutin aja saran yg di atas2 tuh, ke psikiater emoticon-Embarrassment
Dah dijelasin panjang lebar sama sepuh2 di atas... cuma mw nambahin versi gw ....

Yg lu ceritain di atas itu teknis hidup aja... namanya perjalanan hidup, lika- liku hidup... semua org ngalamin susahnya hidup... yg bedain org yg sukses sm yg gagal cuma pola pikirnya dan pandangan hidupnya aja... lu kebanyakan self- pitty on your self.... pola pikir yg salah menghasilkan pola kerja yg salah... dan pola pikir lu salah...

Lu butuh keberhasilan yg bisa numbuhin kepercayaan diri aja... lu kaya jalan gk ada tujuan hidup... lu butuh arah penunjuk jln...

Penunjuk jln hidup itu hrs lu buat sendiri... kaya yg dibilang kk foretnaire... tulis aja yg jd impian lu ... set goal jarak pendek yg sangat mungkin lu capai... konsisten jalanin...

Buat gw life is simple siklusnya...

Planning....short term long term... include breakdown target...

Action... konsistensi hidup... jaga ritme hidup supaya gk cepet keabisan tenaga / semangat

Review... keberhasilan bahkan kegagalan hrs lu review supaya gk terulang... lebih baik gagal tp tau knp gagal drpd lu berhasil tp gk tau knp berhasil...

Self reward... jgn anggap sepele self reward peranannya dlm hidup... boost your mood and passion.... keep u on track...etc...

Balik ke planning lg... etc2... muter aja terus utk setiap fase...

In life.... sometimes u WIN....sometimes u LEARN....u never failed...
Just let it go, if you can't hold it anymore. Sista klo punya trouble or something or apapun itu, baik'a di-share ke keluarga, sahabat, atau teman dekat. Dengan sharing, setidak'a mengurangi 'beban' di pikiran sista. Jgn terus menerus mengubur masalah, one day bisa meledak loh. emoticon-Smilie

Apapun masalah'a, face it! And when you're down, share it! emoticon-Smilie
Quote:


tnyata yg saya ajarin ke kmu diterapkan sungguh2 ya nak emoticon-linux2

==========

@TS :
idem, uda dibabat smua ma om2 ini.
×