alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52a4cb23bccb1759338b4638/galau-pengen-ambil-2-kuliah--minta-solusi-gan
GALAU PENGEN AMBIL 2 KULIAH :( (MINTA SOLUSI GAN)
Jadi gini bro, gue kan sekarang kuliah di salahsatu PTN di Jakardah. tepatnya jurusan informatika dan komputer.

tapi gue kefikiran, zaman sekarang kan bobolan sarjana komputer banyak banget, apalagi univ gue ini univ yg terkenal di pendidikan. gue makin minder aja tar lulus dari sini susah dapet kerja

gue kefikiran buat pindah kuliah aja, tapi setelah difikir gue sayang udah jalanin 3 semester kalo diitung-itung secara finansial bokap-nyokap udah ngeluarin duit +- 15 juta buat bayar kuliah gue selama 3 semester belom lagi ongkos dan lain-lain.

gue kefikiran buat kuliah 2 tempat bro. gue pengen kuliah jurusan "Sastra" soalnya gue udah punya prospek kedepanya, buat gabungin ilmu "Komputer" gue sama ilmu "Sastra" gue kedepanya.

tapi disatu sisi gue kasian sama bokap-nyokap. terutama bokap, kayanya nguliahin gue di 1 tempat aja udah keteteran nyari duit.

nah kan gue ikut beasiswa di kampus, beasiswa itu sebulanya dapet 350rb dan dikasi per semester dapetnya sekitar 2,1jt.

nah duit tabungan gue per 6 bulanya bisa dapet 2jt an lah. sedangkan biaya kuliah di kampus "Sastra" yang mau gue ambil itu sekitar 5jt, berarti kan tinggal nombokin 900rb.

nah kalo segitu gue masih tega mintanya sama bokap, tapi yang jadi masalah sekarang adalah, kira-kira capek ga ya kuliah 2 tempat? gue takut kuliah 2 tempat jatohin nilai gue

terus gue kefikiran buat bayar uang bangunan sekitar 10jt, sedangkan tabungan gue sekarang baru ada 1jt, kira-kira gimana ya?

kasi gue masukan dong emoticon-Bingung
nilai pasti jatoh, fokus terbagi 2
contoh aja orang pacaran, selingkuh. happy ending ato sad ending?
Quote:Original Posted By dxdiag.mpv
nilai pasti jatoh, fokus terbagi 2
contoh aja orang pacaran, selingkuh. happy ending ato sad ending?


wah yang bener gan emoticon-Bingung tapi kan ane kuliah di sastra gan. menurut ane sih sastra banyaknya hafalan dan ga ada eksak?

kalo hafalan kan yang penting rajin baca kan?
hmm, kalo ada kemauan pasti ada jalan gan,
masalah bisa apa g fokusnya itu kan tergantung agan, jd kalo agan bener2 pengen pasti bs lah gan, kan sehari ada 24 jam toh, ane yakin agan bs lah bagi waktu biar g terbengkalai, :-)
kalo masalah rezeki, Tuhan udah ngatur gan, ane aja dulu seminggu sblm dftr ulang g da duit sm sekali, tp Alhamdulillah ane bs jd sarjana gan, eh malah ane curcol emoticon-Bingung
kalo prinsip ane sih gan ye, rezeki mah nyertain aja kalo agan niatnya bnr2, yakin gan Tuhan g tidur kok, :-)
temanku dulu ada kuliah 3 tempat kok bro tapi emang tajir he he he ......

kalo yakin ga beratin ortu lanjutin kalo ga tega, ya udah percaya aja masa depan ga ada yang tau loh salah mahasiswa sekarang percaya statistik ...... Penggaguran lulusan sarajana berapa persen sehingga lebay ......

tau ga pas kerja yang kepake cuma satu gan temanku waktu ngelamar ga kepake tuh ijasah yang lain .....

Yakin kemampuanmu mending cari beasiswa untuk s2 daripada kuliah lagi yang kepake satu kok

Tapi jelas bagi lingkungan keliatan wow emang bisa kulish di beberapa kampus tapi kerja ya cuma satu loh
Kalau emg ngak tega, mending pilih salah 1 aja bro... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Cartoons
Jadi gini bro, gue kan sekarang kuliah di salahsatu PTN di Jakardah. tepatnya jurusan informatika dan komputer.

tapi gue kefikiran, zaman sekarang kan bobolan sarjana komputer banyak banget, apalagi univ gue ini univ yg terkenal di pendidikan. gue makin minder aja tar lulus dari sini susah dapet kerja


gue kefikiran buat pindah kuliah aja, tapi setelah difikir gue sayang udah jalanin 3 semester kalo diitung-itung secara finansial bokap-nyokap udah ngeluarin duit +- 15 juta buat bayar kuliah gue selama 3 semester belom lagi ongkos dan lain-lain.

gue kefikiran buat kuliah 2 tempat bro. gue pengen kuliah jurusan "Sastra" soalnya gue udah punya prospek kedepanya, buat gabungin ilmu "Komputer" gue sama ilmu "Sastra" gue kedepanya.

tapi disatu sisi gue kasian sama bokap-nyokap. terutama bokap, kayanya nguliahin gue di 1 tempat aja udah keteteran nyari duit.

nah kan gue ikut beasiswa di kampus, beasiswa itu sebulanya dapet 350rb dan dikasi per semester dapetnya sekitar 2,1jt.

nah duit tabungan gue per 6 bulanya bisa dapet 2jt an lah. sedangkan biaya kuliah di kampus "Sastra" yang mau gue ambil itu sekitar 5jt, berarti kan tinggal nombokin 900rb.

nah kalo segitu gue masih tega mintanya sama bokap, tapi yang jadi masalah sekarang adalah, kira-kira capek ga ya kuliah 2 tempat? gue takut kuliah 2 tempat jatohin nilai gue

terus gue kefikiran buat bayar uang bangunan sekitar 10jt, sedangkan tabungan gue sekarang baru ada 1jt, kira-kira gimana ya?

kasi gue masukan dong emoticon-Bingung


coba kalo gaul itu jangan cuma sama seangkatan / lebih muda / umurnya beda tipis sama lu .. deketin juga para sesepuh2 yang usianya jauh diatas lu .. jadi lu nggak kemakan kata " lulusan ini susah cari kerja blah blah blah " ..

Nah itu lo tau kan kalo bokap udah keteteran? Ngapain lagi harus kuliah pake 2 jurusan segala.

Buang duit, buang waktu, dan buang tenaga. Gak efisien.

Kenapa gak lo lanjutin aja kuliah lo yang udah 3 semester itu sembari lo kerja sampingan?

Ntar kalo udah lulus dari jurusan IT lo bisa kerja dan lanjutin lagi kuliah sastra lo pake duit sendiri. Kalo emang gak mampu ya jangan nafsu deh. Ntar malah jadi keteteran sendiri.

Emang lo gak butuh waktu buat istirahat? Otak juga bisa overload kali kalo tiap hari belajar mulu emoticon-Najis (S)

ask

Tenang bro, anak IT banyak dicari. Jangan takut..

Kalo mau 2 kuliah, bukan masalah finansial saja. Tp fisik & pikiran juga harus agan pikirkan..

Uang bisa dicari..

Fisik & pikiran? Misal neh, ente dapet tugas pemrograman di informatika, kemudian dapet tugas sastra dengan waktu bersamaan. Sudah siapkah agan capek, meluangkan waktu malam hari, merelakan waktu istirahat?

Klo itu sudah terfikir ya hajar saja gan.
Ane punya temen2 yg ambil 2 kuliah juga.. liat mereka kasian, karena iba ane slalu garapin tgs2 mereka emoticon-Malu (S)

Jika 2 kuliah itu saling bermanfaat, sinkron & siap dgn segala resiko, hajarrr gan!!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

kalau ambil 2 kuliah dengan jurusan yang agan pilih, trus kuliah nya mlah tar ad yg kbentrok.

saran ane sih, pikirkan lebih matang sebelum ambil jurusan yg sesuai dngn jurusan agan yg minati dan fokus ambil 1 jurusan saja gan.

semoga bermanfaat emoticon-Big Grin
serakah malah entar ga berkah lho gan...emoticon-Malu

liat noh diluar sana, orang yang ngambil 1 mata kuliah aja kadang masih puyeng mikirin kuliah.. apa lagi mau ambil 2...

yakin bisa bagi waktu dan pikiran..? emoticon-Big Grin
ambil psikologis kepake nanti atau teknik kimia analitik sana emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

kalau mau beda sendiri jurusan PK gan emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By noviati_cantik
temanku dulu ada kuliah 3 tempat kok bro tapi emang tajir he he he ......

kalo yakin ga beratin ortu lanjutin kalo ga tega, ya udah percaya aja masa depan ga ada yang tau loh salah mahasiswa sekarang percaya statistik ...... Penggaguran lulusan sarajana berapa persen sehingga lebay ......

tau ga pas kerja yang kepake cuma satu gan temanku waktu ngelamar ga kepake tuh ijasah yang lain .....

Yakin kemampuanmu mending cari beasiswa untuk s2 daripada kuliah lagi yang kepake satu kok

Tapi jelas bagi lingkungan keliatan wow emang bisa kulish di beberapa kampus tapi kerja ya cuma satu loh


setuju sama yg ini mending kumpulin uang u/ beasiswa s2..
kelarin satu2 aja dulu, gausah terdoktrin ma momok lulusan komputer bakal bla..bla..bla, rejeki mah uda ada yg ngatur x.

klo lo uda lulus, baru d kerja sambil kul sastra, jadi bisa biayain kul sendiri n ga ngerepotin ortu lagi.
Same gan...ane juga bosen d informatika.... Smster 3 jg....
gan, kalo ane saranin ga usah buru2.
selesaiin dulu yg ini, trus kerja kan sambil kuliah lg.
kalo ane d3 ambil desain, trus extensi 2taun ambil komunikasi sekarang. woles gan.
Dalam konteks dunia kerja, orang yang punya keahlian luar biasa di satu bidang tertentu akan jauh lebih dihargai, daripada orang yang punya banyak keahlian tapi levelnya serba nanggung.
Gmn klo lulusin dulu komputernya.. Trus ntr kl dah lulus situ kuliah lagi sastra sambil kerja. Kan gak bebanin ortu?

Pilihan di tangan ente emoticon-shakehand
klo menurut ane mending fokus 1 dulu gan

uda beres dapat kerja, cari duit, modal dah cukup buka usaha

trus kuliah lg yg sastra jd tak memberatkan ortu emoticon-Malu (S)