alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
nikah ala orang palembang ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52a46ea9a2cb1771758b4660/nikah-ala-orang-palembang

nikah ala orang palembang ?

selamat malem agan2 semua,

langsung aja ane curhatnya gan,
ane punya cewek orang palembang, kita udah LDR an kurang lebih 2,5tahun an. ane ngebeet banget pengen cepet nikah ma dia, tapi lagi2dana jadi kendala. Doi sih cerita uda wajar di sana serah2an gt aja 100jeti, blm mahar dia minta 10sukuk, trus nikah pengennya di hotel sekelas novotel, yang mana ane cek memang lumayan mahal gan, mana lagi mintanya abis nikah kalo bisa ud ada rumah, mobil, emoticon-Bingung (S)

kalo ane boleh jujur uda terlanjur sayang ma doi, apalagi anaknya baeek ma ibu ane. ditinggal sayang, tapi kalo terus memang berat diongkos gan, klo ane itung2 bisa2 3-4tahun lagi baru bisa nikahin dia, mana dia sabar, soalnya mantannya yang jauh lebih tajir daripada ane masih aja sabar nungguin ane putus ma doi, hedewwh..


yang ane penasaran, permintaannya kayak gitu umum nggak sih di palembang?
apa bener modelnya orang palembang kalo nikahan memang paling suka bikin pesta glamour gitu?
mohon share nya pengalaman agan2 semua donk soal gaya pernikahan di palembang, atau saran apa aja yang harus ane lakuin dalam kondisi kayak gini, siapa tau bisa jadi bahan negosiasi ane ma ortu n kakaknya,

thanks berat sebelumnya buat agan2 yang mau ngasi saran ane,
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
seringkali makna kesakralalan pernikahan itu sendiri mulai bergeser dengan diperkuat ritual adat, padahal yg namanya pernikahan itu ga bole memberatkan salah 1 pihak.

smua balik lagi ke pihak cw lo, ga selamanya suatu suku tertentu mutlak ngikutin aturan adat yg berlaku koq. klo mang dia mo buru2 nikah ma lo ya kudu bisa negotiable, plus gimana ngeyakinin keluarganya.

seheboh2nya resepsi kimpoi, jauh lebih penting gimana kehidupan berumah tangga setelahnya.
Nikah itu buat sebagian org jg kaya pamer gengsi... sampe utang pinjem pun jd yang penting wah... begitu abis resepsi tgl sakit kepalanya doank bayar utang....emoticon-Nohope

Padahal perjalanan berumah tangga sesungguhnya br dimulai....start yg seharusnya bahagia malah bisa jd sumber bencana karena gengsi...

Komunikasiin ajalah ... klo emg kel nya minta syarat yg gk mw dirubah ya udah lu hrs berbesar hati .. let her go... jgn maksa sesuatu yg diluar jauh dr kemampuan lu...
wah.. setau ane sih ga semua gitu.. ane org palembang, alhamdulillah ane cuma keluar hampir 20juta.. bersih dah semua..

klo agan mampu sih ga masalah, tp klo agan ga mampu, mending ga usah deh.. tar ujungnya sakit loh.. cari aja yg laen.. pasti ktmu jodoh yg lebih baek lg..
Quote:


100 juta habis dalam waktu semalam ? Gilaaa.. ckckck

Kayak duit tinggal ngelepeh aja.. emoticon-Busa
tanyalah ke orang palembang.emoticon-Cape d... (S)
mungkin cewek ente ingin dilihat hebat sama temen2 and sodaranya.
tapi tidak memikirkan perasaan ente.

padahal pernikahan kan yg penting kehidupan setelah pestanya. pestanya gak usah heboh2 jg, toh org dtg cuma 5 menit paling lama setengah jam....
jadi nyenengin org lain, tapi diri sendiri gak dipikirin.
Kunci dari relationship apa pun itu di kompromi.

Uang 100 juta bisa dipandang banyak, bisa dipandang sedikit.
Mahar 100 juta bisa dianggap wajar, bisa dianggap berlebihan.
Nikah dengan adat lengkap bisa dianggap kewajiban, bisa dianggap pemborosan.
Tergantung kondisi dan latar belakang orang yang menilai.

Makanya itu pilih pasangan hidup mesti yang setara, baik dari pola pikir ataupun prinsip, biar kompromi di depannya nanti lebih mudah.
Nggak bisa cuma berdasarkan "suka" atau "cinta", mesti berdasarkan kemampuan juga.

Coba aja sekarang agan bicarain ini ma pacar agan, bisa nggak adat pernikahannya ditawar sampai batas kemampuan agan.
Hitung2 latihan lah, belajar nego ma pasangan, nanti setelah nikah (pasti) akan lebih banyak masalah yang harus didiskusikan dan dikompromikan.

Kalau pacar agan bersikeras, ya agan cuma punya 2 pilihan.
1. Nunda nikah dan kerja keras sampai syarat nikah yang diajukan bisa agan penuhi (sepertinya total dana yang diperlukan 200-300 juta).
2. Mundur dan cari cewek lain yang sesuai dengan kemampuan agan.

Kalau kalian berdua beneran sayang banget satu sama lain dan ortu juga merestui, pasti bakal ada jalan keluarnya kok.
Kuncinya ya di kompromi.
Diubah oleh mynesha
Quote:


good emoticon-Smilie hampir sama .

lebih tepatnya gengsi mungkin emoticon-Big Grin
itu cm agan lg dpt yg ky bgitu aja, jgn dgeneralin gan.
klo agan muslim, ini quote yg cocok “Sebaik-baiknya Laki-laki adalah yang memberikan Mahar banyak, Adapun sebaik-baiknya wanita adalah yang meminta Mahar sedikit.” (Al-hadits)
memang kita diciptakan bersuku-suku berbangsa-bangsa untuk saling mengenal satu sama lain. tp bukan berarti menjadikan adat-istiadat sbg acuan. klo agan gak mampu apaboleh dikata mending let her go jgn karna terlanjur terlanjur dan terlanjur. emoticon-Malu (S)
mahar, mobil, rumah, itu pakek duid semua? emoticon-Frown

kalo teh es mampu ya monggo, kalo ga mampu yasudah cari wanita lain emoticon-Frown
ga usah dipaksain kalo ga mampu drpd stroke setelah nikah emoticon-Frown
Spoiler for dadasads:


Temen gw yang nikah sama cewek palembang bulan april nanti dah siap segitu buat acara nikahan. Gw lupa detail hitung2ngannya berapa. Tapi yang jelas ada sewa gedung/sewa tenda, katering, serah2n, hiburan, mas kawi, dll

Tapi ga semuanya gitu kok, yang kaya gitu yang mampu aja.

Jadi teringat masa kuliah dulu, ada tugas bikin proposal buat acara pernikahan, temen2 sekelas pada ngetawain gw pas gw bilang dananya sampe 100Juta. emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
See waht I mean guys emoticon-Stick Out Tongue
gila2an dananya.. tapi ga wajib ah gan, kalo wajib mah kasian dong yg ga mampu ngumpulin segitu disana pada jadi perawan n perjaka tua.

coba tanya ke anak2 di regional palembang gan
Quote:

bner mbak sebenernya gak wajib mo berapa mas kimpoinya,, cuma kebiasaan orang palembang aja itu.... emoticon-Ngakak
100 juta itu uang pangkal kuliah gw lho.. Habis dalam waktu semalam.. Ngga bisa bayangin.. emoticon-Busa
gillaaa emoticon-Bingung (S) duit segitu mending buat modal buka usaha
Gan setau ane kalo keturunan orang palembang asli minta ny emank gede2..
tp kalo s doi cuma lahir d palembang tuh doi udah matre nama nya..
n lgian setau ane kalo adat palembang asli,,kalo dy udah ada serah2an kain songket tuh pintaan yg laen gx tinggi2 amat..

mending agan cri pendamping laen aja gan..
masih bnyak cwek palembang yg gz kyak gitu..

n tradisi d palembang yg kyak itu pun dah mulai gx ada gan,,
toh qt mau nikah bukan mau jual anak..

kalo mau tau tuh cwek kturunan palembang asli,,
biasa nya d nama nya ada gelar kemas,,ki agus or ki ayu,,mas ayu,,raden ajeng..
coba agan tanya nama sodara ny yg cwok apa ada gelae kyak gitu d nama nya..
kalo iya brti ktrunan palmbang kalo gx ada brti bukan gan..
Diubah oleh stromheart
ane orang palembang
ga ada tradisi gituan

ga tau ya, coba lo tanya cewe lu
lu berdua mau? pesta nikah mewah2 cuma buat gengsi, besoknya makan senin kamis?
orang kaya juga kalo lagi ga ada duit, gw rasa bisa mikir
kebetulan ane domisili dipalembang gan,,kalau soal prnikahan dgn hrg sgtu kyakny blik lgi ke status sosial orngny gan,kalau biasa2 Aj kyakny dgn budget sgtu bs sj it prmntaan si prmtaan dia..
ya kl pun mhal yg buat mhal itu
prosesiny kl mau ngikuti adat sni,dr pra smp kelar dgn bbrp kgiatan dn runtutan acara ddlmnya gan..
lp ane ap aj urutan prosesiny,jd kl dgn nominal sgtuny kykny dssuaikan dlu aj gan,kl sdh mmpu dn klian sdh siap monggo..kl blm mnding drundingin lgi sm dia dn kluarga agan
"Wanita yang paling besar keberkahannya adalah yang paling ringan maharnya." (HR. Ahmad Baihaqi dan Hakim)
Wait gw orng palembang tapi ga gitu bgt.. itu keinginan calon istri lo or ortunya...

yg nikah kan elo berdua, haduh pasti ada ortu ikut campur nih :|

yg jelas adatnya ga begitu...

tergantung masing2 orng

atau bisa gw blng cewe lo matre..

oh iya lo tahu ga kalo nikah sama orang palembang misalnya cerai harta ikut ke istri semua :|

yo wes sekarepmu ndok

dan satu lagii gw baru inget..

seinget gw kalo nikah cewe yg resepsi gede2an dan biaya itu dari cewe loh bukann cowo...

dan 3 sepupu gw nikah yg resepsi cewe yg biayain cewe..

lebih baik lo kenal dulu calon lo

jgn2 serigala berbulu domba,, ampir kayak calon kaka ipar gw emoticon-Takut (S)

untung ga jadi
Diubah oleh patheticlove
Quote:


Padahal nabi Muhammad aja waktu menikahi Khadijah maharnya 20 (atau 100?) lho.
Dengan standar harga unta jaman sekarang 10 jutaan, berarti nilai maharnya sekitar 200 juta.

Hati2 aja pake dalil2 agama.
Jangan sampai ada cowok shalat bolong2, ngaji nggak bisa, nggak pernah mau ikut kajian, gaya pacaran full zina, tapi urusan mau nikahin cewek buru2 nyodorin dalil kalau mahar harus seringan mungkin.
Pilih2 ajaran agama yang enak doang emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di