alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529e01beffca17ad75000055/wajib-di-baca-sebelum-tidur-semoga-bermanfaat
WAJIB DI BACA SEBELUM TIDUR, SEMOGA BERMANFAAT
Tips Sehat Sebelum Tidur, wajib dibaca bagi yang peduli kesehatan!

Rahasia Agar Tidur Lebih Menyehatkan

Gangguan tidur merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mudah mengantuk, tetapi juga memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa tip yang dapat Anda coba untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga membantu membawa Anda tidur lebih lelap dan menyehatkan:

1. Bersantai sebelum tidur
Berikan waktu untuk tubuh Anda bersantai minimal 30 menit sebelum pergi ke tempat tidur. Matikan televisi, komputer, video game, atau segala sesuatu yang dapat merangsang Anda untuk beraktivitas. Biarkan pikiran Anda beralih dari modus kerja ke modus tidur. Jauhkan segala macam bentuk barang elektronik, seperti handphone atau i-phone, dari tempat tidur Anda.

2. Makan, minum, dan menjaga kesehatan
Tubuh Anda ibarat mesin besar yang membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk metabolisme. Hindari makan besar saat malam hari. Makanlah lebih awal dan hindari makanan berlemak atau makanan yang mungkin dapat mengganggu tidur Anda. Rokok, kafein, dan alkohol jangan banyak banyak.

3. Rileks
Jika Anda merasa sulit mengatasi stres, cobalah melakukan rutinitas yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, misalnya berendam di air hangat atau meneguk segelas susu hangat. Lakukan sedikit peregangan atau teknik relaksasi napas dalam sambil mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Matikan lampu untuk menginduksi produksi melatonin—hormon yang membantu Anda terlelap.

4. Atur jadwal tidur
Anda mungkin bukan lagi anak kecil yang dapat diatur kapan harus tidur dan bangun. Akan tetapi, mengatur jadwal tidur sangatlah penting. Idealnya, setiap orang harus dapat menentukan kapan waktu untuk tidur. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, tubuh Anda akan mulai terbiasa untuk tidur tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal agar tubuh Anda dapat beristirahat lebih panjang. Apa efeknya? Ketika bangun, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bertenaga.

5. Hindari tidur siang terlalu sore
Berhati-hatilah dengan waktu tidur siang Anda. Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang atau mengejar kekurangan waktu tidur, tetapi jika Anda tidur siang terlalu sore, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

6. "Bersihkan" pikiran Anda
Bersihkan segala macam pikiran yang ada di benak Anda sebelum memutuskan untuk beranjak ke tempat tidur. Bagaimana caranya? Ambilah selembar kertas dan tuliskan segala masalah dan persoalan yang tengah Anda alami, seperti masalah terkait pekerjaan, konflik dengan seseorang, atau masalah keuangan. Jangan lupa pula untuk menuliskan setidaknya tiga hal yang dapat membuat Anda merasa bersyukur.

7. Jaga kebersihan Diri dan Tempat Tidur
Pastikan anda gosok gigi, cuci muka dan bersihkan muka, serta pastikan suasana kamar anda nyaman bersih dan udara lancar.


Empat Amalan Utama Sebelum tidur

Sahabat yang dirahmati Allah SWT, ada banyak amal yang ringan namun bernilai tinggi di sisi Allah SWT, selama kita mengamalkannya dengan istiqamah dan ikhlas, insya Allah akan mendatangkan banyak kebaikan bagi kita di dunia dan akhirat. Silakan simak tulisan berikut di bawah, semoga Allah SWT karuniai kita dengan kefahaman dan kemudahan untuk mengamalkan. Amin.

Suatu hari Rasulullah saw masuk ke rumah Sayyidah Fathimah as. Ketika itu, Fathimah sudah berbaring untuk tidur. Rasulullah saw lalu berkata, “Wahai Fathimah, lâ tanâmi. Janganlah engkau tidur sebelum engkau lakukan empat hal;

mengkhatam Al-Quran,
memperoleh syafaat dari para nabi,
membuat hati kaum mukminin dan mukminat senang dan rida kepadamu, serta
melakukan haji dan umrah.”
Fathimah bertanya, “Bagaimana mungkin aku melakukan itu semua sebelum tidur?”

Yang pertama:

Rasulullah saw menjawab, “Sebelum tidur, bacalah oleh kamu Qulhuwallâhu ahad tiga kali. Itu sama nilainya dengan mengkhatam Al-Quran.” Yang dimaksud dengan Qul huwallâhu ahad adalah seluruh surat Al-Ikhlas, bukan ayat pertamanya saja. Dalam banyak hadis, sering kali suatu surat disebut dengan ayat pertamanya. Misalnya surat Al-Insyirah yang sering disebut dengan surat Alam nasyrah.

Yang kedua:

Rasulullah saw melanjutkan ucapannya, “Kemudian supaya engkau mendapat syafaat dariku dan para nabi sebelumku, bacalah shalawat:

Allâhumma shalli `alâ Muhammad wa `alâ âli Muhammad, kamâ shalayta `alâ Ibrâhim wa `alâ âli Ibrâhim. Allâhumma bârik `alâ Muhammad wa `alâ âli Muhammad, kamâ bârakta `alâ Ibrâhim wa `alâ âli Ibrâhim fil `âlamina innaka hamîdun majîd.”

Yang ketiga:

Kemudian supaya kamu memperoleh rasa rida dari kaum mukminin dan mukminat, supaya kamu disenangi oleh mereka, dan supaya kamu juga rida kepada mereka, bacalah istighfar bagi dirimu, orang tuamu, dan seluruh kaum mukminin dan mukminat.”

Tidak disebutkan dalam hadis itu istighfar seperti apa yang harus dibaca. Yang jelas, dalam istighfar itu kita mohonkan ampunan bagi orang-orang lain selain diri kita sendiri. Untuk apa kita memohon ampunan bagi orang lain? Agar kita tidur dengan membawa hati yang bersih, tidak membawa kebencian atau kejengkelan kepada sesama kaum muslimin. Kita mohonkan ampunan kepada Allah untuk semua orang yang pernah berbuat salah terhadap kita. Hal itu tentu saja tidak mudah.

Sulit bagi kita untuk memaafkan orang yang pernah menyakiti hati kita. Bila kita tidur dengan menyimpan dendam, tanpa memaafkan orang lain, kita akan tidur dengan membawa penyakit hati. Bahkan mungkin kita tak akan bisa tidur. Sekalipun kita tidur, tidur kita akan memberikan mimpi buruk bagi kita. Penyakit hati itu akan tumbuh dan berkembang ketika kita tidur. Dari penyakit hati itulah lahir penyakit-penyakit jiwa dan penyakit-penyakit fisik. Orang yang stress harus membiasakan diri memohonkan ampunan kepada Allah untuk orang-orang yang membuatnya stress sebelum ia beranjak tidur.

Dalam hadis itu tidak dicontohkan istighfar macam apa yang harus kita baca. Tapi ada satu istighfar yang telah dicontohkan oleh orang tua-orang tua kita di kampung. Biasanya setelah salat maghrib, mereka membaca:

“Astaghfirullâhal azhîm lî wa lî wâlidayya wa lî ashâbil huqûqi wajibâti `alayya wal masyâikhina wal ikhwâninâ wa li jamî’il muslimîna wal muslimât wal mukminîna wal mukminât, al ahyâiminhum wal amwât.”

“Ya Allah, aku mohonkan ampunan pada-Mu bagi diriku dan kedua orang tuaku, bagi semua keluarga yang menjadi kewajiban bagiku untuk mengurus mereka. Ampuni juga guru-guru kami, saudara-saudara kami, muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, baik yang masih hidup maupun yang telah wafat.”

Bila kita amalkan istighfar itu sebelum tidur, paling tidak kita telah meminta ampun untuk orang tua kita. Istighfar kita, insya Allah, akan membuat orang tua kita di alam Barzah senang kepada kita.

Istighfar itu pun akan menghibur mereka dalam perjalanan mereka di alam Barzah. Manfaat paling besar dari membaca istighfar adalah menentramkan tidur kita.

Yang keempat:

Nasihat terakhir dari Rasulullah saw kepada Fathimah adalah, “Sebelum tidur, hendaknya kamu lakukan haji dan umrah.” Bagaimana caranya? Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca subhânallâh wal hamdulillâh wa lâ ilâha ilallâh huwallâhu akbar, ia dinilai sama dengan orang yang melakukan haji dan umrah.”

Menurut Rasulullah saw, barangsiapa yang membaca wirid itu lalu tertidur pulas, kemudian dia bangun kembali, Allah menghitung waktu tidurnya sebagai waktu berzikir sehingga orang itu dianggap sebagai orang yang berzikir terus menerus. Tidurnya bukanlah tidur ghaflah, tidur kelalaian, tapi tidur dalam keadaan berzikir. Sebetulnya, bila sebelum tidur kita membaca zikir, tubuh kita akan tertidur tapi ruh kita akan terus berzikir. Sekiranya orang itu terbangun di tengah tidurnya, niscaya dari mulut orang itu akan keluar zikir asma Allah.

(Petikan dari ceramah KH. Jalaluddin Rakhmat pada Pengajian Ahad di Mesjid Al-Munawwarah, tanggal 12 September 1999. Ditranskripsi oleh Ilman Fauzi Rakhmat)

Kebiasaan Yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Tidur Malam

Bagitu kita mau tidur, ada banyak hal yang harus kita lakukan agar kegiatan tidur kita bisa nyaman dan aman bebas gangguan nyenyak sampai pagi. Tidur adalah salah satu kegiatan terpenting dalam kehidupan kita karena kecukupan tidur akan menentukan kualitas hidup kita. Untuk itu sebelum tidur yang cukup perlu diperhatikan dan dijalankan hal-hal sebagai berikut di bawah ini :

1. Melepas Jam Tangan dan Perhiasan Tubuh
Saat tidur adalah saatnya juga tubuh dan kulit bebas beraktivitas termasuk bebas dari tempelan dan beban seperti jam tangan, kalung, cincin, anting-anting, gelang, dan lain sebagainya. Biarkan kulit tubuh kita beristirahat dengan tenang saat kita tidur agar dapat kembali fit seperti sedia kala.

2. Mematikan Handphone / Menjauhkan HP Dari Tubuh Kita
Benda elektronik seperti hape dapat membuat gelombang elektromagnetik dan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan jika terpapar terus-menerus. Untuk itulah saat tidur matikan saja atau ubah ke mode penerbangan alias flightmode agar tidak memancarkan radiasi yang merugikan kesehatan tubuh kita. Bunyi nada panggilan atau nada ringtone handphone kita dapat membangunkan kita dari tidur lelap sehingga dapat membuat kaget, pusing, stress, dan sebagainya.

3. Mematikan Listrik Yang Tidak Perlu
Cek kembali perabot elektronik kita yang masih menyala. Matikan saja yang apabila menyala tidak akan membawa manfaat apa-apa seperti tv, lampu, dispenser air, radio, komputer, kulkas, pemanas nasi, dan lain-lain. Dengan mematikan listrik yang tidak perlu dapat memperkecil resiko korsleting listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran, serta dapat menghemat pengeluaran pada tagihan listrik bulanan yang saat ini cukup mahal.

4. Mengecek Kunci Pintu Dan Jendela Rumah / Apartemen
Agar tidak ada orang yang bisa keluar masuk rumah kita sebaiknya kunci pintu dan jendela dengan baik. Saat tidur adalah saat kita lengah dan banyak penjahat yang suka saat-saat seperti itu agar dapat mendapatkan keuntungan dari kerugian kita.

5. Bersih-Bersih Make Up / Riasan Kosmetik
Bagi yang wanita dan suka bersoleh jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur dengan cairan penyegar, pembersih serta cuci muka atau mandi agar pori-pori wajah bisa bebas merdeka dan bisa beristirahat semalam penuh demi kesehatan kulit muka kita.

6. Membersihkan Kamar dan Tempat Tidur / Ranjang
Lakukan bersih-bersih kecil di dalam kamar tempat kita tidur jangan sampai ada kotoran yang mengundang binatang serta tidak ada remah-remah dan potongan kotoran yang dapat mengganggu kenyamanan tidur panjang kita. Ganti seprai, sarung bantal, sarung guling dan lain-lain secara rutin agar debu, kotoran dan makhluk yang tidak kasat mata dapat hilang.

7. Cuci Tangan Dan Kaki Sebelum Tidur Serta Gosok Gigi
Biasakan untuk mencuci kedua tangan dan kedua kaki kita hingga bersih saat hendak tidur agar kotoran yang menempel bisa hilang bebas kuman yang dapat menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan. Kotoran yang menempel pada tubuh kita pun perlu dibersihkan agar tidak ada serangga, tikus, semut, kutu, dan lain-lain menghampiri kita dan berbuat yang tidak-tidak. Jangan lupakan gosok gigi yang kedua sebelum tidur agar bakteri dan kuman di dalam mulut tidak dapat merusak gigi kita yang sangat berharga.

8. Jangan Menggunakan BH / Bra / Kutang
Saat sedang tidur sebaiknya tidak menggunakan sesuatu yang ketat sebagai pakaian termasuk BH ketat. Lepaskan pakaian yang ketat agar aliran darah dalam tubuh kita dapat mengalir dengan lancar dan kulit juga tidak tertekan terus-menerus.

9. Setting Jam Beker / Alarm Pembangun Tidur
Jika anda butuh bangun pagi-pagi tetapi anda sulit untuk bisa bangun dari tidur maka jalan keluar yang sederhana adalah minta dibangunkan pagi ke orang lain. Namun jika tidak ada bantuan orang lain, jam beker pun jadi. Seting bunyi alarm jam sesuai waktu bangun pagi yang kita mau. Handphone pun juga bisa kita pakai untuk alarm. Gunakan beberapa alarm sekaligus untuk menghindari mematikan alarm saat setengah sadar lalu tidur pulas kembali.

10. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Sebagai umat beragama yang baik kita harus melakukan doa sebelum tidur sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Semoga tidur kita dinilai ibadah dan selama kita tidur kita dilindungi oleh Tuhan YME hingga bangun di keesokan harinya.

Semoga tidurmu nyenyak emoticon-Big Grin

Thanks gan infonya, bermanfaat nih emoticon-thumbsup
wudhu sebelum tidur emoticon-Embarrassment
biar tidurnya dijaga malaikat emoticon-Embarrassment


emoticon-thumbsup
ajajaajaj
terus ini kapan tidurnya gan harus makan dulu dan sebagainya emoticon-rose emoticon-Ngacir

Trivia Menarik Seputar PlayStation :D
thanks gan, ane masih sering lalai sih.. niceinfo nih, banyak manfaatnya


emoticon-Sundul Up
Nice info gan
wah leh uga nih gan
bagi yang susah tidur minta ajarin sama nobita aja, dia jago nya tidur emoticon-Big Grin
bermanfaat, saatnya tidur
Sip gan, gue dari kecil juga udh dibiasain baca doa sblm tidur, nice info
rileks paling susah di ane gan emoticon-Frown
bukmark dulu.
ane masih blom pengen tidur.
bermanfaat banget gan emoticon-Shakehand2 tks yaa
makasih gan Infonya, mantab abis. Moga2 barokah buat agan juga آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ ب العَـــالَمِيْن
bagus bangey info NY gan . .

setuju banget gan hahaha

setuju banget gan sama nomor 9 , sama ane mau tambahin lagi nih gan, pasang alarmnya jauh jauh gan , biar pas bunyi jadi langsung bangun matiin alarmnya hahahahha
cuci kaki, cuci muka, sama sikat gigi gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By lakone.jagad
terus ini kapan tidurnya gan harus makan dulu dan sebagainya emoticon-rose emoticon-Ngacir

Trivia Menarik Seputar PlayStation :D


bukan gan, justru hindari makan yang berat-berat
ijin baca dulu gan