alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529dfcbf108b46880700009b/beraksi-dengan-kamera-aksi-yuk-kenalan-sama-macam2-action-camera-gopro-dll
Beraksi dengan Kamera Aksi: Yuk Kenalan Sama Macam2 Action Camera (Gopro, dll)
Beraksi dengan Kamera Aksi: Yuk Kenalan Sama Macam2 Action Camera (Gopro, dll)

Quote:Quote:action camera memberikan sudut pandang atau perspektif baru dalam sebuah video. Sebab, kamera ini di desain begitu ringan, kokoh, dan kompak sehingga dapat dipasang di berbagai tempat yang nyaris tidak terjangkau dengan kamera biasa.

Sumber: www.danevil.com

Quote:Quote:
Beraksi dengan Kamera Aksi: Yuk Kenalan Sama Macam2 Action Camera (Gopro, dll)

Action camera dirancang untuk satu tujuan: mengabadikan momen dari sudut, posisi, ataupun kondisi yang hampir tidak mungkin dan tidak bisa dilakukan dengan kamera biasa.

Kamera aksi juga biasa disebut point-of-view (POV) camera. Sebab, berbeda dengan kamera konvensional yang dioperasikan menggunakan tangan, sebagian besar action camera dikenakan di tubuh atau perangkat tertentu. Misalnya di kepala, dada dan lengan. Atau di handlebar sepeda gunung dan motor cross, di ujung papan surfing, di helm, di kap mobil, dan tempat-tempat lainnya. Dari situlah istilah POV (sudut pandang orang pertama) muncul.

Istilah POV menjadi penting karena seolah-olah visual berupa video atau foto yang dihasilkan itu memperlihatkan apa yang dialami langsung oleh pelakunya. Karena itu, perkembangan tren action camera ini pada awalnya adalah para atlet, fotografer, videografer, hingga mereka yang menggemari olah raga ekstrem.

Berlahan, tren action camera ini meluas. Ekosistemnya terbentuk, industrinya mulai gemuk. Vendor seperti Contour, Sony, JVC, GoPro, hingga Drift bermunculan dengan berbagai model action camera mereka untuk menangkap keinginan pasar yang dinilai sangat menjanjikan.

Indikator sederhananya adalah ini: banyaknya video yang diambil menggunakan action camera di situs seperti YouTube ataupun Vimeo. Video yang memperlihatkan adegan menerjang ombak, terjun dari atas pesawat, hingga menembus hutan dengan sepeda tidak hanya indah dan seru, tapi juga memicu ketertarikan orang untuk melakukan hal yang sama.

”Kamera action memang menarik minat para pecinta adrenalin atau pelaku olah raga ekstrem seperti saya,” ujar Dito Sugiarto, 26, seorang skater. ”Dengan kamera ini pelaku olah raga ekstrem dapat mengabadikan video, dan membagi sensasi olah raga yang mereka rasakan ke orang lain,” tambahnya.

Dito memilih menggunakan GoPro Hero3: Silver Edition, yang dinilainya kecil dan ringan, tapi memiliki kualitas hasil rekam yang sangat bagus. ”Fungsinya juga beragam, mulai merekam video High Definition, memotret biasa, memotret dengan selftimer, hingga membuat timelapse ataupun memotret secara cepat (burst),” tuturnya.

Nyatanya, walau ukurannya sangat kompak, namun fitur-fitur yang dimiliki kamera ini bisa dibilang sangat advance. Bahkan sudah memenuhi standar industri televisi ataupun video klip.

GoPro Hero3 Black Edition, misalnya, telah dilengkapi dengan fitur rekam 4K. Resolusi 4K (3840 pixels × 2160 pixels) atau ultra high definition saat ini hanya eksis di digital sinema (film bioskop). Bayangkan sebuah kamera yang tak lebih besar dari ponsel namun memilki kemampuan untuk merekam video yang sesuai standar layar perak!

Model flagship GoPro itu memiliki sudut pengambilan gambar sangat lebar (hingga 170 derajat), juga bisa diajak nyebur ke laut hingga kedalaman 60 meter menggunakan standar waterproof housing bawaannya.

Soal harga, rata-rata action camera ini sebenarnya dibanderol cukup terjangkau. GoPro Hero3 Black Edition yang sudah memenuhi standar profesional itu saja dibanderol tak sampai Rp5 jutaan. Sisanya mematok harga setara dengan kamera poket digital yang ada saat ini.

Tentu saja keberadaan action camera juga tak luput dari kekurangan. Misalnya ketiadaan layar LCD, atau kalaupun ada ukurannya sangat kecil. Melihat hasil rekam video atau gambar umumnya dilakukan lewat tambahan aksesoris ataupun langsung melalui komputer. Juga, perlunya tambahan aksesoris seperti mounting yang jumlahnya sangat beragam agar kamera ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Nah, berikut ini adalah beberapa model action camera yang tersedia di pasar Indonesia. Meski fungsinya kurang lebih sama, namun masing-masing memiliki desain, fitur, dan aksesoris serta rentang harga yang berbeda. Mana yang jadi pilihan Anda?


Macam-Macam Action Camera Beserta Harga dan Tempat Belinya di Indonesia Supaya Agan-Agan Bisa Langsung Komparasi, Cekibrot:

Spoiler for Sony Contour HD 1300:


Spoiler for JVC adiXXion GC-XA1 :


Spoiler for Drift HD Ghost:


Spoiler for Sony HDR-AS10 HD (Sony Action Cam):


Spoiler for GoPro HD Hero 3 Black Edition:


Kalau ingin melihat foto-foto breathaking menggunakan Action Camera bisa meluncur kesini gan: http://blogof.francescomugnai.com/20...-gopro-camera/

Semoga infonya berguna gan. Ngga keberan kalau diberi bintang 5 atau emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau boleh juga sekadar ninggalin komen emoticon-Big Grin
ente promosi atau gimana ini gan? emoticon-Bingung (S)

ternyata harga kameranya gak terlalu mahal yaemoticon-Embarrassment
qssahahan
sori dopost mantra gagal gan ane keduax emoticon-Sorry
wuih lengkap sama harga + yang jual... emoticon-Ngakak
thx gan info'nya... emoticon-Jempol
rencana pengen beli yang JVC (kalo ada uang) emoticon-Matabelo buat kegiatan ane yang berbau ekstrim.... emoticon-Ngakak
keren2 gan...
wah ane cukup yg biasa gan, tapi dgn keahlian luar biasa emoticon-Cool
Quote:Original Posted By ddikodroid
ente promosi atau gimana ini gan? emoticon-Bingung (S)

ternyata harga kameranya gak terlalu mahal yaemoticon-Embarrassment


bukan promosi gan, cuma panduan bagi mereka yang mungkin tertarik untuk ngebeli action camera ini.
harga nya di atas 2jt semua emoticon-Matabelo keren keren gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By repaniputori
sori dopost mantra gagal gan ane keduax emoticon-Sorry

emoticon-Cape d...
emoticon-2 Jempol strategi marketing yg bagus emoticon-Hammer2
miris setelah lihat harganya gan emoticon-rose emoticon-Ngacir

Trivia Menarik Seputar PlayStation :D
Wah keren nih Thanks Info nya gan
wuh, keren gan emoticon-Matabelo
Di antara itu semua sepertinya gopro doang dah yg pas buat camera action
keren gan, tapi harganya kaga ada yang 500rb ? emoticon-Matabelo
wow action camera keren deh
Quote:Original Posted By dukri
keren gan, tapi harganya kaga ada yang 500rb ? emoticon-Matabelo


ya kalee gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
GO PRO emoticon-Belo
ane saranin hero 3+ gan mantaaap
kumpulin dulu d kalau gitu
Kameranya ga mahal mahal amat emoticon-Big Grin