alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529df57efcca17113f0002a1/tren-baru-video-game-berkualitas-hyper-realistic-mendekati-kenyataan
Tren Baru Video Game Berkualitas Hyper-Realistic (Mendekati Kenyataan)
Quote:Tren Baru Video Game Berkualitas Hyper-Realistic (Mendekati Kenyataan)

Quote:Quote:Sedikit banyak tren perkembangan game konsol di masa depan mulai terbaca. Para vendor game saat ini tengah mengejar kualitas game hiper-realistis atau mendekati kenyataan. Ketika pengalaman memainkan sebuah game tidak lagi berbeda dengan melihat film.

SUMBER: www.danevil.com

Quote:Quote:
Tren Baru Video Game Berkualitas Hyper-Realistic (Mendekati Kenyataan)
Beyond: Two Souls mengaburkan batasan antara film dan video game.

Quantic Dream adalah pengembang game asal Prancis yang memiliki spesialisasi di teknologi ”motion capture”. Seperti namanya, ”motion capture” atau ”mo-cap” adalah proses pengambilan informasi gerakan dan lokasi subyek (bisa manusia atau binatang) dari waktu ke waktu. Tujuannya untuk mendapat data gerak dari titik-titik tertentu subyek, sehingga parameter gerakan seperti kecepatan, sudut, jarak, atau poisisi dapat dihitung. Ketika “mocap” itu digunakan oleh seorang aktor, maka cara berjalan, ekspresi muka, serta berbagai gerakan aktor tersebut dapat direkam.

Itulah mengapa ”mo-cap” disebut mampu membawa “realita” ke dalam sebuah obyek. Film Avatararahan James Cameron adalah salah satu film yang sangat intens penggunaan teknologi “mo-cap”-nya. Nah, Quantic Dream ini salah satu perusahaan terdepan dalam mengembangkan teknologi “mo-cap” di dalam industri game. Pada 2010 mereka merilis game noir-thrillerbertajuk Heavy Rain yang sangat sukses karena dinilai mampu menghembuskan unsur ”realita” yang tinggi.

Ceritanya dalam, sementara karakterkarakternya dibuat sangat manusiawi. Teknologi ” mo-cap” yang dilakukan dengan memasang penanda pada bagian tubuh tertentu seorang aktor (kaki, tangan, atau wajah) itu sebenarnya sudah ada sejak 1995. Tapi dalam beberapa tahun terakhir ini pengembangannya luar biasa. Teknologi tersebut kini dapat merekam sekaligus gerakan tubuh, gerakan wajah, dan suara.

Sebelumnya, masing-masing harus direkam terpisah, kemudian digabung dan diintrepretasikan di tahap akhir produksi.Teknologi yang disebut sebagai ”performance capture” itu sudah digunakan oleh Quantic Dream di game terbaru mereka, ”Beyond: Two Souls”. Karena gerakan, dialog, serta suarasuara lainnya bisa direkam sekaligus, maka seorang aktor lebih bebas berakting dengan lawannya untuk membentuk sebuah adegan. ”Teknologi ini memungkinkan kami menangkap sebuah adegan secara utuh,” ujar founder Quantic Dream David Cage.

Ketika menggunakan aktor kelas Oscar, lanjut Cage, maka adegan yang direkam pun akan “berkualitas Oscar”. Dan bukan itu saja. Sensasi yang di dapat di sebuah video game bisa lebih mendalam dibandingkan film karena pemain tidak hanya pasif mengikuti cerita, tapi juga aktif mengendalikan dan menentukan nasib si karakter berikutnya.

Ikatan Emosional

Tren video game di masa depan memang tidak melulu kualitas grafis yang memanjakan mata. Kedalaman cerita dan unsur “realita” juga tidak kalah penting. Menurut Founder Quantic Dream David Cage, game yang realistis mampu memberi ikatan emosional tinggi kepada para gamer. ”Mereka (gamer) akan semakin terhubung dengan karakter yang sedang mereka mainkan. Bahkan mengidentifikasi diri mereka melalui karakter itu.

Yang kami harapkan adalah pemain bisa benar-benar merasakan apa yang dialami oleh sebuah karakter di game,” paparnya. Teknologi “realisme” baru ini tidak dibatasi pada hubungan antara karakter di sebuah game dan pemain. Namun juga berbagai genre game lainnya. Misalnya game balap untuk mendapati parameter gerak mobil yang lebih akurat atau game olah raga seperti sepak bola dimana gerakan pemain benar-benar mirip dengan apa yang sedang dilihat di TV.

Inilah yang disebut dengan generasi terbaru game konsol. Game konsol selalu memiliki segmen sendiri karena kedalaman cerita. Dengan teknologi baru ini, game konsol akan semakin memisahkan segmen dengan game mobile lewat kualitas grafis yang semakin realistis. Para analis memprediksi bahwa tren ini akan dibawa lewat konsol baru, PlayStation 4 dan Xbox One.

Bahkan saat ini pun peningkatan grafis secara signifikan sudah terjadi. Game-game yang ada sudah memiliki unsur “film”, membuat cerita semakin dalam, dan narasi yang memperkuat cerita.


Quote:Quote:Foto-foto Proses Pembuatan video game Beyond:

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Pengen tau gimana gamenya? ini review oleh PewDiePie
[YOUTUBE]https://[youtube]NhMptotuYeM#t[/youtube]

Semoga berkenan infonya gan. Kalau berkenan silahkan komen atau rate bintang 5 ya.


komentar kaskuser:

Quote:Original Posted By stey
canggih emang teknologi sana yah

Quote:Original Posted By killuakun99
keren nih gan bisa semakin menghayati nih maen nya emoticon-Ngakak (S)


[QUOTE=Gembodh;52a1bcc30d8b46a73c8b45d5]Itu udah buat game di consol next gen. Gambarnya lebih keren ya gan hehe
wow keren..
ini baru teknologi canggih emoticon-Matabelo




emoticon-rosetebarkan bunga, tebarkan cintaemoticon-rose
beyond the soul ya gan emoticon-Big Grin
emang keren ini game emoticon-Belo
ini khusus ps tiga kan yak?
wah keren emoticon-Matabelo
PewDiePie gan emoticon-Big Grin
Beyond: Two Souls sama The Last of Us, bikin jatuh cinta sama si anak perempuan tokoh utama emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mobilderek
PewDiePie gan emoticon-Big Grin
Beyond: Two Souls sama The Last of Us, bikin jatuh cinta sama si anak perempuan tokoh utama emoticon-Malu (S)


hehehehe maap, udah dibenerin ya gan.
gamenya mantep dong tuhemoticon-Matabelo
ini teknologi yg dipakai dengan baik namanya emoticon-Smilie
keren ya gan,,
teknologi berkembang sgt pesat emoticon-Matabelo
Hmmm ane blm sempet mainin nih emoticon-Matabelo yg dijual jalan ceritanya yah?
baru denger Developer Quantic Dream.
pengen nyoba gamenya, kira2 grafisnya lebih hebat mana dengan game Crysis yang dikembangkan oleh Developer Crytek.
Tren Baru Video Game Berkualitas Hyper-Realistic (Mendekati Kenyataan)
yah gitu lah gan game NEXT GEN sekarang, grafis/texture/environment nya gila" hampir mirip real. itulah kenapa banyak hardware komputer high end bermunculan.
Quote:Original Posted By gryfindolr88
yah gitu lah gan game NEXT GEN sekarang, grafis/texture/environment nya gila" hampir mirip real. itulah kenapa banyak hardware komputer high end bermunculan.


sepakat bro
gila bener hyper realistic emoticon-Matabelo
realistis sih realistis gan emoticon-Big Grin
tapi kalo ukuran video game-nya jadi bengkak sama aja emoticon-Big Grin
keren nie, btw udah keluar belum gan buat pc?
bedeh, gila ga nahan
teknologi emang canggih banget
emoticon-Matabelo
keren nih emoticon-Matabelo
mantap nih teknologi sekarang ini
gile bro emoticon-Matabelo

nunggu di release di pc bro ...