alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529dcaf23f42b27c5d0001fd/oh-ternyata-tissue-bagian-dari-adanya-global-warming
[OH TERNYATA] Tissue, Bagian dari Adanya Global Warming
Bisa dikatakan penggunaan tissue dalam kehidupan sehari-hari memang terhitung praktis. Tapi pernahkah terlintas di pikiran kita bagaimana asal muasal tissue sampai bisa digunakan oleh kita sehari-hari?

Tissue mulai dibuat sekitar tahun 1880-an dari bahan baku kulit kayu yang dijadikan pulp (bubur kertas). Sampai sekarang pun bahan baku dalam pembuatan tissue masih menggunakan kayu. Kayu yang didapat pastinya dari hasil penebangan pohon- pohon di hutan. Biasanya tissue di Indonesia menggunakan bahan baku dari pohon

[OH TERNYATA] Tissue, Bagian dari Adanya Global Warming
Sadarkah kita bahwa penggunaan tissue yang berlebihan ikut mendukung kerusakan hutan? Misalnya, dalam 1 pack terdapat 20 lembar tissue. Dan, ternyata dari 1 pohon berumur 6 tahun hanya bisa menghasilkan 2 pack tissue saja, atau 40 lembar.
Quote:Sementara, satu pohon itu bisa menghasilkan oksigen untuk menghidupi 3 orang. Bayangkan berapa jumlah orang disekitar Anda yang menggunakan tissue setiap harinya. Pasti sangat banyak. Sampai saat ini pun Indonesia sudah kehilangan sekitar 72% hutan aslinya, dan semakin hari kerusakan hutan masih tetap berlanjut.
Penggunaan tissue dapat kita minimalisir dengan beralih menggunakan sapu tangan atau handuk. Memang penggunaannya tidak sepraktis memakai tissue yang sekali pakai bisa langsung di buang, sapu tangan harus dicuci agar dapat digunakan kembali. Tapi lihat saja manfaat penggunaan sapu tangan selain mengurangi kerusakan hutan, kita juga membantu mengurangi penumpukan sampah. Jika dilihat dari segi produksinya, menghemat penggunaan tissue dapat mengurangi pemborosan energi dan air saat proses produksi.

Belum lagi dampak negatif lainnya dari segi kesehatan. Contoh, kita kerap menggunakan tissue untuk mengambil atau membungkus makanan, misalnya gorengan, untuk menghindari tangan kotor atau menyerap minyak yang berlebihan pada makanan tersebut. Padahal, zat kimia yang terkandung dalam kertas tissue dapat bermigrasi ke makanan. Seperti pernah dikemukakan Sapto Nugroho Hadi, Departemen Biokimia IPB.

Zat yang disebut pemutih - klor - memang ditambahkan dalam pembuatan kertas tissue agar terlihat lebih putih dan bersih. Zat ini bersifat karsinogenetik (pemicu kanker).

Hal yang sama juga terjadi pada kertas yang lain, entah kertas koran atau majalah, yang sering dipakai untuk membungkus makanan. Kertas-kertas ini mengandung timbal (Pb) yang bisa berpindah kemakanan karena panas makanan.Timbal yang masuk ketubuh akan meracuni tubuh dan menyebabkan beragam gangguan, dari kondisi pucat sampai lumpuh.

Ternyata tak terpikirkan juga ya, bahaya tissue sampai segitunya, Karena itu, mulai sekarang,kurangi penggunaan tissue, tanam pohon, dan lanjutkan gerakan go green ! Semoga Bermanfaat !

sumber
untung ane biasa pake lap kain gan emoticon-Smilie emoticon-rose
harus dikurangin nih pemakaian tissueemoticon-Malu (S)

emoticon-rose
Quote:Original Posted By sitoy.51704
untung ane biasa pake lap kain gan emoticon-Smilie emoticon-rose


sama aja kalau tissue masih diproduksi emoticon-Najis
ane pake tisu cuma saat naik gunung gan. Krna gak ada air.
begitu iya, baru tau ane emoticon-Bingung (S)
nice info gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By .uchiha.obito.


sama aja kalau tissue masih diproduksi emoticon-Najis


klo konsumen berkurang, otomatis produksi jg berkurang, dan klo bnar2 gak ada lg pemakai atau konsumen, maka mereka jg akan ganti produk, bikin cendol misalnya.
Quote:Original Posted By abdul731


klo konsumen berkurang, otomatis produksi jg berkurang, dan klo bnar2 gak ada lg pemakai atau konsumen, maka mereka jg akan ganti produk, bikin cendol misalnya.


selain bikin cendol, bisa bikin bata juga gan emoticon-Peace
wah yg bener gan? emoticon-Bingung (S)
kalo gitu mulai skrg kita harus mengurangi penggunaan tissue emoticon-Big Grin
bagus lah.semakin cepat Pohon di tebang. semakin cepat habis pohon. dan Manusia semakin cepat punah. emoticon-Cool
kalo ane pake tissue cuma saat makan diluar doang
Quote:Original Posted By oz44ncox
bagus lah.semakin cepat Pohon di tebang. semakin cepat habis pohon. dan Manusia semakin cepat punah. emoticon-Cool


emoticon-Hammer2 emoticon-Cool emoticon-Ngakak
kyknya harus mulai membiasakan diri pake lap
emoticon-Matabelo padahal barang nya kecil tipis gitu ya gan emoticon-Big Grin
[OH TERNYATA] Tissue, Bagian dari Adanya Global Warming
Ane biasanya ngelap pake baju gan
Wah ane baru tau tuh Gan kalo tissue jg msk global warming...
Mgkn krn parfum di tissue kali yaa...
sekarang mulai ada bahan baku kertas dari ampas tebu gan, karena emang bahan baku dari kayu uda makin langka,
semoga yang gitu lebih tidak merusak alam.
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
klo gak pake tisu pake apa dong gan? emoticon-Bingung (S)
Tissue, buku tulis, kertas. Itu semua bahan bakunya dari kayu.
Lantas buat nyelamatin lingkungan, mesti ga' pake itu lagi? emoticon-Bingung (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngakak (S)