alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529dbe04a2cb17f32b00000c/belajar-dulu-tambah-tambah-ilmu-dikit-d
BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D
10 Fakta Fisika Yang Jarang Kita Ketahui

BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Orang yang beranggapan sains membosankan, mereka salah. Berikut 10 alasan mengapa sains tak membosankan.

Menurut penulis We Need to Talk About Kevin, Marcus Crown, berikut 10 fakta fisika aneh itu :

1. Jika matahari terbuat dari pisang.
Matahari panas karena beratnya yang luar biasa, sekitar bermiliar-miliar ton dan membuatnya menjadi inti tekanan kolosal. Tekanan besar menimbulkan temperatur besar. Jika matahari terbuat dari pisang, maka beratnya akan bermiliar-miliar ton dan memiliki efek yang sama dengan matahari.

2. Semua materi pembuat ras manusia dapat masuk dalam kotak gula.
Atom merupakan 99,9999999999999999% ruang kosong. Jika semua atom dipaksa bersatu dan menghilangkan ruang di antaranya seperti kotak gula, maka massanya sekitar 10 kali massa manusia hidup. Hal ini serupa yang terjadi pada bintang netron, massa super padat peninggalan supernova.

3. Peristiwa di masa depan dapat mempengaruhi peristiwa di masa lalu.
Keanehan dunia kuantum didokumentasikan. Tetapi keanehan itu semakin aneh. Menurut eksperimen fisikawan John Wheeler dan peneliti lain pada 2007, perubahan partikel masa kini dapat mengubah partikel pada masa lalu.

4. Hampir sebagian besar semesta menghilang
Kemungkinan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi di kosmos. Setiap galaksi memiliki 10 juta bintang. Matahari kita memiliki berat bermiliar-miliar ton. Materi ini merupakan materi terlihat di semesta.

Materi lain disebut 'materi gelap'. Materi ini masih butuh penjelasan dan tampaknya materi ini merupakan perluasan semesta.

5. Benda dapat bergerak lebih cepat dari cahaya.
Kecepatan cahaya konstan pada ruang hampa adalah 300 ribu km/detik, dan cahaya tak selalu melewati ruang hampa. Dalam air, foton bergerak sepertiga kecepatan awal. Dalam reaktor nuklir, beberapa partikel dipaksa bergerak dalam kecepatan tinggi bahkan lebih cepat dari cahaya.

6. Ada jumlah tak terbatas saat menulis dan membaca
Menurut standar model kosmologi saat ini, jumlah semesta yang dapat dihitung pun tak ada batasnya seperti buih. Namun, jumlah kemungkinan sejarah terbatas karena jumlah peristiwa terjadi juga terbatas.

7. Lubang Hitam tidak hitam
Lubang hitam memang sangat gelap, tapi tak hitam. Mereka bersinar dan memberi sedikit spektrum cahaya, temasuk cahaya yang dapat dilihat.

8. Penjelasan mendasar dari semesta tak termasuk masa lalu, kini atau masa depan
Menurut teori relativitas, tak ada hal seperti masa kini atau masa depan atau masa lalu. Bingkai waktu sangat relatif. Waktu kita sama karena kita bergerak pada kecepatan yang sama. Jika kita bergerak pada kecepatan berbeda, kita akan menemukan bahwa kita menua lebih cepat.

9. Partikel dapat mempengaruhi sisi lain semesta dalam sekejab
Ketika elektron bertemu kembaran antimateri, keduanya akan hancur dalam kilatan energi dan dua foton akan terbang dari ledakan itu.

Kembaran itu akan mulai berputar pada arah sebaliknya, dan secara instan kembaran di sisi lain semesta juga ikut berputar.

10. Semakin cepat bergerak, semakin berat
Jika Anda berlari dengan cepat, berat Anda akan bertambah. Tak permanen, tapi secara sesaat akan menambah sedikit berat. Menurut teori relativitas, massa dan energi adalah sama. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin berat massanya.

7 Hal Tentang Indonesia Yang Jarang di Ketahui Orang

Di usianya yang sudah menginjak 67 tahun, banyak hal yang di lalui dan menjadi catatan sejarah bagi negara tercinta kita, Indonesia. Sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia, Indonesia memiliki beragam fakta dan peristiwa yang jarang di ketahui oleh orang. Dan untuk menyambut hari jadinya yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, berikut adalah 7 hal tentang Indonesia yang jarang di ketahui orang.

1. BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Yang pertama adalah Wage Rudolf Soepratman atau biasa di singkat dengan W.R. Supratman. Pria yang lahir dengan nama asli Soepratman ini pindah ke kota Makassar mengikuti kakaknya setelah ibundanya meninggal. Dan ia pun menyelesaikan sekolahnya hingga selesai. Namun karena untuk keperluan adminstrasi, nama Soepratman pun berubah menjadi Wage Rudolf Soepratman. Dan disitulah ia mulai belajar musik. Disinilah cikal bakal lagu kebangsaan mulai di ciptakan. W.R. Soepratman memperoleh pelajaran musik dari kakak iparnya W.M. Van Eldik. Suatu hari membaca sebuah majalah dimana isi majalah tersebut mengajak para ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Rasa memiliki jiwa nasionalis yang tinggi ditambah kemahirannya bermain musik, maka pada tahun 1924 lahirnya lagu Indonesia Raya. Dan lagu itu pertama kali diperdengarkan untuk umum pada penutupan kongres Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 dengan tanpa lirik. Akibat lagu ciptaannya, Indonesia Raya, membuat pria berkaca mata ini selalu di buru oleh Hindia Belanda, hingga ia pun jatuh sakit di Surabaya. Namun sayangnya, belumlah beliau mendengar lagu ciptaannya berkumandang pada pada proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945, sang komponis sudah meninggal dunia pada tanggal dan bulan yang sama tetapi pada tahun 1938, tepat 7 tahun sebelum proklamasi kemerdekaan RI. Dan kini, hari lahir Soepratman tanggal 9 Maret diperingati sebagai hari musik nasional.

2.
Saat ini Indonesia sudah merasakan di pimpin oleh 6 presiden, mulai dari presiden yang pertama Ir. Soekarno hingga yang kini masih menjabat presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Namun ternyata dari keenam presiden yang telah memimpin Indonesia, tiga diantaranya memiliki bulan lahir yang sama. Dimulai dari presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang lahir pada tanggal 6 Juni tahun 1901 dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Ir. Soekarno berperanan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda, ia sebagai pencetus konsep dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Yang kedua adalah Soeharto yang lahir pada 8 Juni 1921 dan wafat pada tanggal 21 Mei 2008. Selama masa jabatannya, beliau dikenal dengan sebutan bapak pembangunan dan di dunia internasional ia mempunyai sebutan populer , yaitu “The Smiling General” atau sang Jenderal yang tersenyum. Sebutan ini di berikan karena raut mukanya yang selalu tersenyum di muka pers dan dalam setiap acara resmi kerajaan. Dan yang ketiga adalah Baharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan B.J. Habibie yang lahir pada tanggal 25 Juni 1936. Sebelum menjadi presiden, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi dari tahun 1978 hingga 1998. Namun pada tanggal 21 Mei 1998, ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. Masa jabatan B.J. Habibie sebagai presiden hanya 1 tahun 5 bulan dan saat menjadi wapres hanya menjabat selama 2 bulan 7 hari. Dan B.J. Habibie merupakan wakil presiden dan presiden dengan masa jabatan terpendek.

BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Negara tercinta kita Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Meskipun secara resmi bukanlah negara islam dan tentu saja dengan ibukota negaranya adalah Jakarta. Tetapi faktanya, Jakarta bukanlah satu-satunya kota yang pernah merasakan menjadi ibukota. Karena ternyata Indonesia pernah berganti ibukota selama 4 kali dalam kurun waktu yang relatif singkat. Yakni, Jakarta tahun 1945 sampai 1946, Jogjakarta 1946 sampai tahun 1948, Bukittinggi 1948 sampai 1949, dan kembali lagi ke Jakarta pada tahun 1950 hingga sekarang. Pergantian ibukota sebanyak 4 kali ini ternyata belum pernah dilakukan oleh negara manapun, Dan Indonesia adalah satu-satunya negara yang melakukannya.

4.
Indonesia adalah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang di lintasi oleh garis Khatulistiwa dan berada di antara dua benua Asia dan Australia serta antara samudera Pasifik dan Hindia, dan merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Karena disinilah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia berada yaitu pulau Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Meski memiliki 3 pulau terbesar, namun hampir 60% penduduknya tinggal di pulau Jawa yang hanya memiliki luas 7% dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu uniknya lagi, ada 4 pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama-sama dengan pemerintah negara tetangga. Seperti pulau Kalimantan, yang secara adminstratif dikuasai 3 pemerintahan, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Pulau Papua dikuasai oleh Indonesia dan Papua Nugini, Pulau Timor dikuasai oleh Indonesia dan Timor Leste, dan yang terakhir pulau Sebatik dikuasai oleh Indonesia dan Malaysia.

5.
BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Seperti yang kita ketahui, Soekarno dan Hatta adalah dua proklamator Indonesia yang berjasa memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Tetapi sayangnya, Jakarta sebagai kota tempat dibacanya naskah proklamasi, tidak pernah mengabadikan nama kedua proklamator tersebut sebagai nama jalan. Sedangkan di beberapa kota di Indonesia, nama jalan Soekarno Hatta ada dan di abadikan. Bahkan nama keduanya tidak pernah di abadikan untuk sebuah objek bangunan fasilitas apapun. Hingga akhirnya pada tahun 1985, nama kedua proklamator tersebut baru di abadikan menjadi nama bandara, yaitu bandara Soekarno-Hatta, setelah 40 tahun Indonesia merdeka. Tetapi yang paling disayangkan adalah pemerintah baru secara resmi menyematkan gelar proklamator kepada keduanya pada tahun 1986 atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.

BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Sebagai negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia, ternyata Indonesia juga merupakan negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Bayangkan saja, negara tercinta kita ini memiliki lebih dari 740 suku bangsa sekaligus menjadi negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak, yakni 583 bahasa dan dialek. Karena itulah banyaknya suku di Republik ini maka dicanangkanlah “Bhineka Tunggal Ika” yang mempunyai arti “Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua”. Selain memiliki suku dan bahasa terbanyak di dunia, Indonesia ternyata adalah negara yang paling terkenal dengan keramahannya. Bahkan berdasarkan survei “The Smiling Report” tahun 2009, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling murah senyum di dunia dan bersamaan negara Hongkong, Indonesia juga dinobatkan sebagai negara terbaik dalam mengucapkan salam.
7.
BELAJAR DULU, TAMBAH-TAMBAH ILMU DIKIT :D

Selain bulutangkis, sepakbola adalah salah satu olahraga favorit yang digemari masyarakat Indonesia. Meskipun menjadi salah satu olahraga favorit, namun hingga sekarang, Indonesia belum pernah sekalipun menang piala dunia. Tim nasional Indonesia pernah sekali tampil di piala dunia pada tahun 1938 karena Jepang mengundurkan diri dalam kualifikasi dan pada saat itu Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut piala dunia. Dan di ajang tersebut Indonesia sudah takluk oleh Hongaria di babak pertama dengan skor 6-0. Meskipun Indonesia pernah tampil di ajang terbesar sepakbola dunia, namun keikutsertaannya tim nasional ini bukan membawa nama Indonesia melainkan mewakili Hinda Belanda lengkap dengan warna bendera Belanda, yaitu merah, putih, dan biru.

Fakta Unik Yang Jarang Di Ketahui Manusia

1 . Tomat

Dulu, orang Amerika sangat takut terhadap buah tomat, dan menganggapnya beracun serta tidak bisa dimakan, karena tomat masih sekeluarga dengan kecubung.

Namun tentu saja itu tidak berlangsung terus. Keadaan berubah setelah dokter asal Virginia bernama Dokter Siccary di tahun 1733 berani "menantang maut" dengan memakan beberapa buah tomat di depan orang banyak. Masyarakat Amerika kemudian percaya bahwa tomat tidak beracun bahkan mempunyai kenikmatan tersendiri. Dimasa kini Amerika Serikat merupakan produsen tomat terbesar di dunia.

2. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil di tawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon Bonaparte sedang di terserang influenza.

Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan "Ma sacre toux" ("Batuk Sialan"). Perwira pedamping Napoleon merasa sang Jenderal mengatakan "Massacrez Tous" ("Bunuh Semua").

Akibatnya 1200 tawanan Turki dibunuh, akibat batuk sang Jenderal.

3. Bison

Thomas Farnham, seorang pengelana Amerika, menuliskan bahwa saat mendekati kota Santa Fe di tahun 1839 ia menyaksikan kawanan bison yang bergerak tak habis-habisnya selama tiga hari tiga malam. Diperkirakan kawanan bison ini terdiri dari 1 juta ekor bison yang bergerak bersamaan dalam kerumunan seluas 1.350 mil persegi. Luas yang setara dengan satu negara bagian Rhode Island.

Sangat mengherankan bahwa kurang dari seabad berikutnya, bison hampir saja punah dari daratan Amerika.

4.Gladiator

Gladiator bukan hanya menjadi tontonan, namun juga dapat menjadi jenjang karir. Ini dibuktikan oleh Commondus Lucius Aelius Aurelius (161-192 Masehi)

Bermula dari seorang Gladiator, ia merintis karir dan akhirnya sukses menjadi kaisar Romawi. Riwayat karirnya meliputi 1.031 pertandingan. Setelah menjadi kaisar pun ia masih tetap bertarung di arena. Karir politik dan olahraga nya berakhir sekaligus, ketika dalam suatu pertandingan seorang Gladiator bernama Narcissus mencekiknya hingga tewas

5.Oxford University

Oxford University di Inggris didirikan akibat pertengkaran antara seorang raja dan seorang pemimpin keagamaan. Raja Henry II (1133-1189), berseteru dengan Uskup Agung Thomas Becket (1118-1170). Perseteruan itu meluas ketika Raja Perancis ternyata ikut campur dengan mendukung Uskup Becket.

Untuk menghindari meluasnya pengaruh Perancis, Raja Henry II memerintahkan agar seluruh mahasiswa Inggris dari Universitas Paris dipanggil pulang ke Inggris. Kebanyakan dari mahasiswa yang dipanggil pulang bermukim di kota Oxford. Untuk melanjutkan pendidikan mereka didirikanlah sebuah Unversitas yang kita kenal dengan Oxford University

6.Waktu

Berapa lamakah waktu yang diperlukan untuk menghitung dari 1 sampai 1 triliun (1.000.000.000.000) ?

Sekitar tiap satuan diperlukan waktu 1 detik, maka diperlukan waktu 1 triliun detik, sama dengan 16,67 milyar menit, atau sama dengan 277,78 jam atau sama dengan 11,57 juta hari, atau sama dengan 31.709,79 tahun (tiga puluh satu ribu tujuh ratus sembilan tahun).

Jadi anda bisa membayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menghitung semua uang yang di korupsi oleh para pejabat dan konglomerat Indonesia, yang tingkat korupsinya tertinggi di dunia

7.Nama

Raja Plotonemus II yang memerintah mesir selama 285 sampai 246 SM, memiliki nama asli "Philadephus", yang berarti "Penyanyang Saudara". Namun semasa hidupnya, ia telah membunuh saudara laki-lakinya.
Penerusnya ternyata tidak lebih baik.
Raja Plotomeus IV, yang memerintah Mesir dari masa 221-203 MM, memiliki nama asli "Philopator", yang mempunyai arti "Penyanyang Ayah". Namun, semasa hidupnya, Raja Plotomeus IV tersebut telah membunuh ayahnya.

Jadi apalah arti sebuah nama

8.Kedokteran

Manusia diciptakan Tuhan dengan keunikan luar biasa. Menurut hasil penelitian ilmu kedokteran, jika seseorang dewasa dengan bobot rata-rata, maka selama 24 jam dia memiliki kesibukan :
Kaga nyampe gan otak ane emoticon-Bingung
Napoleon Bonaparte bikin ngakak gan emoticon-Ngakak

gile 1200 orang di bunuh emoticon-Ngakak
napoleon bunuh 1200 gara-gara salah bahasa ya gan emoticon-Ngakak
banyak bener yg dibunuh emoticon-Matabelo
gk ada lanjutan'a gan??
sadis si napoleon gara" batuk ngekill 1200 ekor emoticon-Ngakak
Yg boneng gan efek sama ky matahari klw kebuat dri pisang haha
Yg terakhir kedokteran kurang jelas gan ap maksudnya
ente emang pinter gan emoticon-thumbsup
Kacau lah itu yang napoleon, sampe 1200 orang dibunuh
Quote:Original Posted By kikistation

8.Kedokteran
Manusia diciptakan Tuhan dengan keunikan luar biasa. Menurut hasil penelitian ilmu kedokteran, jika seseorang dewasa dengan bobot rata-rata, maka selama 24 jam dia memiliki kesibukan :


maksudnya apa tuh gan , yang nomer 8 ?emoticon-Bingung (S)
emoticon-Blue Guy Peace
fisika yah
ane nyimak aja klo memahaminya bikin puyeng hihi
×