alexa-tracking

Bocah yang Mencuri Susu demi Gizi Adiknya Akhirnya Dibebaskan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d93741f0bc36a48000024/bocah-yang-mencuri-susu-demi-gizi-adiknya-akhirnya-dibebaskan
Bocah yang Mencuri Susu demi Gizi Adiknya Akhirnya Dibebaskan
Bocah yang Mencuri Susu demi Gizi Adiknya Akhirnya Dibebaskan

PALEMBANG, KOMPAS.com — Seorang pelajar SMP yang nekat mencuri susu bubuk kotak di minimarket Indomaret daerah Palembang akhirnya dibebaskan. Pelaku berinisial MD (16) itu mengaku mengambil susu demi adiknya yang masih bayi agar tak kekurangan gizi.

MD dibebaskan setelah hampir 24 jam diperiksa penyidik Polresta Palembang. Kepala Unit Perlindungan Perempuan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Palembang Ipda Imelda mengatakan, MD sudah bebas dengan adanya upaya perdamaian.

"Sudah bebas yang bersangkutan. Perdamaiannya di ruang Wakasat (Wakil Kasat) Reskrim," ujar Imelda kepada Sriwijaya Post, Senin (2/12/2013) sore.

Ketika dikonfirmasi, Wakasat Reskrim Polresta Palembang AKP Edi Rahmat Mulyana juga membenarkan bahwa MD telah dibebaskan setelah mediasi dengan pihak Indomaret.

"Pihak Indomaret sudah mencabut laporannya dan memang benar-benar sudah damai," ujar AKP Edi.

MD tinggal bersama keluarga di sebuah bangunan permanen berlantai dua. Namun, MD dan keluarganya hanya menumpang di salah satu tempat di rumah milik kerabatnya yang sebagai pengepul barang bekas atau rongsokan.

"Orangtua MD itu ikut bekerja sebagai orang yang mengumpulkan barang bekas yang ada di Jakabaring," ujar Ijal (35), tetangga MD.

Sebelumnya diberitakan, MD diamankan petugas atas laporan kasus pencurian susu kotak di minimarket, Minggu.

Berdasarkan surat LP/B-3362/XI/2013/SUMSEL/RESTA yang dibuat oleh pihak Indomaret, remaja laki-laki ini dilaporkan telah mengutil satu kotak susu bubuk merek SGM di minimarket Indomaret yang berlokasi di Jalan Gub H Bastari pada Sabtu.

Ia mengutil susu kotak untuk bayi usia 1-3 tahun, dengan ukuran 1.000 gram seharga Rp 70.000. Aksinya terekam kamera CCTV. MD lantas tepergok dan langsung digelandang ke kantor polisi.

MD mengaku nekat mengutil bukan tanpa alasan kuat. Perbuatan tersebut terpaksa ia lakukan demi adik bungsunya yang masih berusia satu tahun tiga bulan dan sudah tiga bulan tidak menyusu. Sementara itu, ibu dan ayah MD selalu bertengkar di rumah sehingga adik bungsunya tak diperhatikan.

"Aku kasihan lihat adik aku belum minum susu. Ibu dan ayah aku sering ribut dan kerjanya cuma pemulung. Aku tidak tahan melihat adik aku kurang gizi seperti bayi yang kelaparan," ujar MD dengan tertunduk lesu sembari menitikkan air mata.

Penahanan MD atas laporan pihak Indomaret mendapatkan kecaman dari banyak pihak. Salah satunya dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Palembang (KPAID Palembang).

Adi Sangadi, Ketua KPAID Palembang, menyangkan penahanan MD. Bahkan, KPAID akan melakukan somasi jika MD tidak dibebaskan.

"MD masih anak-anak dan seharusnya ada upaya perdamaian," tuturnya. (Welly Hadinata)
sumber

gimana pendapat agan-agan melihat hal ini?? emoticon-Matabelo
sungguh terlalu lah gan klo mpe di than, nnti yg jaga adeknya sapa emoticon-Sorry
harus emang gan,walaupun salah dia mencuri tapi alasan nya itu yg tak tega utk menghukumnya..., emoticon-Sorry
jangan cuma dilepaskan, tapi jg harus dibantu agar dapet kehidupan layakemoticon-Frown
ya gitu dong, cari jalan damai aja gak sampai dipidanakan apalagi sampai ditahan.. kasian juga dia nya emoticon-Sorry
yapz kudu di didik lagi supaya lebih kuat menjalani hidup
Bukan tanggung jawab pemerintah ni, tapi tanggung jawab kita, rakyat Indonesia sendiri...
dejavu emoticon-Bingung (S)



owh.......ane kemarin komeng di BP emoticon-Hammer
ywdh sih, moga kedepan gak nyuri lagi...........emoticon-Ngacir
Kalo emang sampe tuh bocah di penjara. Berarti bener Indonesia negara yang bodoh! Tajam Kebawah Tumpul Keatas emoticon-fuck
kasiaan...
hrusnya pihak polisi bantuiin.... emoticon-Sorry
setelah dia bebas, apa kabar KPAI?
apa hanya koar2 kalo ada masalah aja?
miris banget

terima kasih untuk pemerintah kota palembang, rakyatnya ada yg sampe seperti ini
gan bukan maksut menggurui, tapi berita ini PERLU MASUK FORUM REGIONAL PALEMBANG. sapa tau ada kaskuser palembang yang bisa bantu anak dan keluarga ini.


@ekosetyo_3
miris gan
kemiskinan smakin merajalela emoticon-norose
realita negara kita, jarak antar dan yang miskin ampe segitunya emoticon-Sorry
alhmdulilah gan bisa bebas
semoga rejeki ane berlimpahdah biar bisa bantu yang begitu, ngenes dengernya. emoticon-Frown
Quote:



miris banget kan gann emoticon-Sorry
Quote:



mantap gann emoticon-Jempol
di arab tuh anak udah dipotong tangan.....gak pake alasan2 lagi, JLEBB!!!!emoticon-Cape d...