alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d71fcbdcb171741000052/mengapa-sumber-daya-alam-kita-banyak-dikuasai-asing
Mengapa SUMBER DAYA ALAM kita banyak DIKUASAI ASING
emoticon-I Love Indonesia
Kembalikan Bumi, Air, Udara dan kekayaan Alam Yang Terkandung Di Dalamnya untuk Kemakmuran Rakyat sesuai amanat pasal 33 UUD 194


Mengapa SUMBER DAYA ALAM kita banyak DIKUASAI ASING

Quote:BERANGKAT DARI PASAL 33 UUD 1945 AMANDEMEN

BAB XIV
KESEJAHTERAAN SOSIAL
Pasal 33
(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.
(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai
hajat hidup orang banyak dikuasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh
Negara
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


SELAIN ITU

Quote:MK berpendapat antara lain sebagai berikut (tertuang dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Perkara Nomor 002/PUU-I/2003. Dimuat dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2005)

… pengertian “dikuasai oleh negara” haruslah diartikan mencakup makna penguasaan oleh negara dalam arti luas yang bersumber dan diturunkan dari konsep kedaulatan rakyat Indonesia atas segala sumber kekayaan “bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya”, termasuk pula di dalamnya pengertian publik oleh kolektivitas rakyat atas sumber-sumber kekayaan dimaksud. Rakyat secara kolektif itu dikonstruksikan oleh UUD 1945 memberikan mandat kepada negara untuk mengadakan kebijakan (beleid) dan tindakan pengurusan (bestuursdaad), pengaturan (regelendaad), pengelolaan (beheersdaad), dan pengawasan (toezichthoudensdaad) untuk tujuan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Fungsi pengurusan (bestuursdaad) oleh negara dilakukan oleh Pemerintah dengan kewenangannya untuk mengeluarkan dan mencabut fasilitas perizinan (vergunning), lisensi (licentie), dan konsesi (consessie). Fungsi pengaturan oleh negara (regelendaad) dilakukan melalui kewenangan legislasi oleh DPR bersama Pemerintah, dan regulasi oleh Pemerintah. Fungsi pengelolaan (beheersdaad) dilakukan melalui mekanisme pemilikan saham (share-holding) dan/atau melalui keterlibatan langsung dalam manajemen Badan Usaha Milik Negara atau Badan Hukum Milik Negara sebagai instrumen kelembagaan, yang melaluinya Negara, c.q. Pemerintah, mendayagunakan penguasaannya atas sumber-sumber kekayaan itu untuk digunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Demikian pula fungsi pengawasan oleh negara (toezichthoudensdaad) dilakukan oleh Negara, c.q. Pemerintah, dalam rangka mengawasi dan mengendalikan agar pelaksanaan penguasaan oleh negara atas sumber-sumber kekayaan dimaksud benar-benar dilakukan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat … Yang harus dikuasai oleh negara adalah jika: (i) cabang-cabang produksi itu penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak; atau (ii) penting bagi Negara, tetapi tidak menguasai hajat hidup orang banyak; atau (iii) tidak penting bagi Negara, tetapi menguasai hajat hidup orang banyak. Ketiganya harus dikuasai oleh Negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat …

KENYATAANNYA
Spoiler for Kenyataannya:


emoticon-SorryAPAKAH NEGARA KITA MASIH DAPAT DIKATAKAN MERDEKA DAN BERDAULATemoticon-Turut Berduka

sumber
emoticon-Turut Berduka begitulah Indonesiaku, semua pada gontok2an antar parpol, sibuk dengan politik dan korupsi dll, negaranya dijual demi mempertahankan diri sendiri, kelompok dan golongannya... Dimanakah kedaulatan kita emoticon-Sorry
gagal pertamax emoticon-Sorry
karna SDM ya kurang udah gitu ditambah pemerintah yg mau memperkaya dirinya sendiri emoticon-Sorry
salah satu kelemahan kita tidak bisa mengolah dengan baik
atau karena ada kepentingan politis dibalik semua itu
UANG gan...orang luar dah pd tau Indo bnyak sumber daya alamny n tau jg orang indo mayoritas konsumtif, jd mereka nyiapin duit yg bnyak buat mnjarah sumber daya alam Indonesia emoticon-Berduka (S) mental nasionalis untuk menjaga "harta" alamnya msh kurang gan emoticon-Berduka (S)
emoticon-Berduka (S) sedih gan baca nih thread


emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)


para koruptor otak nya pada SOMPLAK emoticon-Ngakak


selain sdm yang belum mampu juga pemerintah yang tak punya kemauan untuk dikelola non asing mungkin karena tekanan internasional juga emoticon-rose


edyan emoticon-Cape d... Malaysia juga ikut "mengusai" Indonesia?? emoticon-Sorry
enggak tau juga gan, mungkin karena SDM nya kurang emoticon-Cape d... (S)
karena mereka punya uang dan tekhnologi
siapa lagi mau mengubah bangsa ini kecuali diri kita sendiri yang lebih dahulu bertindak.
gantian kita yang nguasai negara lain gan , bikin bisnis berskala internasional
karena org indo msh bego2 gan,yang pnter2 yg lulusan itb,ui,ugm pada kerja di perusahaan luar gan.simpel kan?heheh
pejabat2 disono mah kagak peduli yg penting mereka kebagian jatah rutinnya emoticon-Hammer







Quote:mau cendol melimpah dan banyak hadiah??
DI SINI TEMPATNYA
Krn modal krang Gan emoticon-Smilie
Salahkan pemimpin kita
Dikasih harta,tapi minta2

Dikasih SDA,tpi bukan buat rakyat
Bukannya mensejahterakan,malah menyengsarakan

Minyak ada
Hutan ada
Sawah ada
Hasil perikanan ada
Barang2 tambang banyak
SDM pinter2
masih aja tergantung sama asing emoticon-Cape d...s
Masih bingung sama jalan pikiran para pengelola tata negara ii, bohong klo mereka ga mikir sama kaya kita, mereka tuh pinter pinter, ada yg prof lah, masterlah, pakar lah, tapi kenapa masih gini trus, masih memberikan kesempatan pada pihak asing untuk mengelola SDA kita yg sudah pasti mereka tau bahwa akhirnya akan merugi. makin bingung lagi klo ada seorang pakar misalnya pakar SDA, mereka bisa mengkritik dan memberi solusi tp knp mereka ga mendaftarkan diri saja untuk menjadi bagian dari pemerintah toh solusi yg mereka berikan bisa tersalurkan. Coba ada yg bisa ngasih tanggapan ga tentang fenomena ini
Quote:Original Posted By GrandInsta
gagal pertamax emoticon-Sorry

pertamax diamankan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By anastasya.n
karna SDM ya kurang udah gitu ditambah pemerintah yg mau memperkaya dirinya sendiri emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By trahbuthex
salah satu kelemahan kita tidak bisa mengolah dengan baik
atau karena ada kepentingan politis dibalik semua itu


Quote:Original Posted By tokomapan
iye gan emoticon-Mewek dulu karena SDM kita masih kurang

skr sih SDM kita dah ada tapi dah terlambat gan emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By sundee27
UANG gan...orang luar dah pd tau Indo bnyak sumber daya alamny n tau jg orang indo mayoritas konsumtif, jd mereka nyiapin duit yg bnyak buat mnjarah sumber daya alam Indonesia emoticon-Berduka (S) mental nasionalis untuk menjaga "harta" alamnya msh kurang gan emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By jaunfuat
emoticon-Berduka (S) sedih gan baca nih thread


emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)


para koruptor otak nya pada SOMPLAK emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By sitoy.51704


selain sdm yang belum mampu juga pemerintah yang tak punya kemauan untuk dikelola non asing mungkin karena tekanan internasional juga emoticon-rose




Quote:Original Posted By pussycat69
edyan emoticon-Cape d... Malaysia juga ikut "mengusai" Indonesia?? emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By babyasshole
enggak tau juga gan, mungkin karena SDM nya kurang emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By irones88
karena mereka punya uang dan tekhnologi


Quote:Original Posted By anashyde
siapa lagi mau mengubah bangsa ini kecuali diri kita sendiri yang lebih dahulu bertindak.


Quote:Original Posted By underdoc
gantian kita yang nguasai negara lain gan , bikin bisnis berskala internasional


Quote:Original Posted By ragilwow
karena org indo msh bego2 gan,yang pnter2 yg lulusan itb,ui,ugm pada kerja di perusahaan luar gan.simpel kan?heheh


Quote:Original Posted By bijilaknat
pejabat2 disono mah kagak peduli yg penting mereka kebagian jatah rutinnya emoticon-Hammer









Quote:Original Posted By UjangTeaEuy
Krn modal krang Gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By mamatkrazie
mapping nya bagus gan.. baru nemu yang jelas kayak gini, jadi tau daerah mana aja yang di eksploitasi, harus ada revolusi nih emoticon-Matabelo

Kaos Brand Skate & Surf Murah!


Quote:Original Posted By ryu97
Salahkan pemimpin kita
Dikasih harta,tapi minta2


Quote:Original Posted By kutu.oi
Masih bingung sama jalan pikiran para pengelola tata negara ii, bohong klo mereka ga mikir sama kaya kita, mereka tuh pinter pinter, ada yg prof lah, masterlah, pakar lah, tapi kenapa masih gini trus, masih memberikan kesempatan pada pihak asing untuk mengelola SDA kita yg sudah pasti mereka tau bahwa akhirnya akan merugi. makin bingung lagi klo ada seorang pakar misalnya pakar SDA, mereka bisa mengkritik dan memberi solusi tp knp mereka ga mendaftarkan diri saja untuk menjadi bagian dari pemerintah toh solusi yg mereka berikan bisa tersalurkan. Coba ada yg bisa ngasih tanggapan ga tentang fenomena ini


mantap komennya smua emoticon-I Love Indonesia (S)