alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d3910faca172943000107/daftar-masalah-kesehatan-yang-timbul-akibat-patah-hati
Daftar Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Patah Hati
Buat Agan-agan Yang Lagi Patah Hati, Jangan Lama-lama Patahnya emoticon-Ngakak

Daftar Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Patah Hati

Siapa sih yang ingin patah hati? Putusnya hubungan dengan kekasih, cinta yang bertepuk sebelah tangan atau si dia berselingkuh kerap menjadi penyebab utama seseorang patah hati. Saat patah hati, mood dan suasana hati pun kacau balau. Eits, tapi sepertinya Anda tidak boleh lama-lama hanyut dalam kesedihan akibat patah hati. Mengapa?

Patah hati ternyata juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (28/6/2013), ada tujuh dampak patah hati terhadap kesehatan fisik dan mental Anda.

1. Tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Patah hati menyebabkan stres kronis. Di samping menghasilkan adrenalin (bahan kimia yang dihasilkan tubuh saat merasa stres) yang lebih banyak, tubuh juga akan terus menghasilkan hormon kortisol. Pelepasan kortisol selama periode stres jangka panjang dapat memengaruhi hampir semua sistem dalam tubuh Anda,termasuk tekanan darah dan denyut jantung.

2. Insomnia

Saat mengalami patah hati, Anda hanya bisa membolak-balikkan badan ketika ingin tidur dan mata tetap terjaga? Anda tidak sendirian. Tubuh mungkin merasa resah sehingga menyebabkan stres fisik yang membuat Anda sebenarnya memmbutuhkan istirahat lebih banyak. Tingkat kortisol yang tinggi juga ikut andil ketika Anda merasa sulit memejamkan mata.

3. Sistem imun yang buruk

Stres sangat berpengaruh pada sistem imun Anda akibatnya Anda mudah terserang penyakit, misalnya pilek dan batuk. Penyakit autoimun, di mana tubuh berbalik melawan dirinya sendiri, juga mungkin terjadi saat Anda patah hati karena fungsi kekebalan tubuh sedang tidak berfungsi dengan baik.

Ketika Anda bergulat dengan pikiran negatif dan emosi yang menyertainya, jangan heran jika sistem kekebalan tubuh Anda menurun drastis. Badan ekstensif di bidang penelitian psikoneuroimunologi juga menunjukkan betapa besar dampak emosional memengaruhi sistem imun tubuh.

Menurut American Psychological Association, turunnya sistem imun bukan hanya diakibatkan dari stres, tapi juga depresi akibat merasa kesepian atau isolasi sosial.

4. Depresi klinis dan masalah kesehatan mental

Menurut WebMD, kejadian dalam hidup yang membuat stres bisa menyebabkan depresi klinis pada sebagian orang. Penelitian dari Harvard University juga menemukan bahwa stres kronis dapat meningkatkan kecemasan. Ketika Anda berjuang menghilangkan trauma karena patah hati, maka langkah yang harus dilakukan adalah meminta bantuan.

Pasca putusnya hubungan dengan pasangan, Anda akan mengalami krisis identitas yaitu mencari tahu siapa diri Anda tanpa pasangan. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa putusnya hubungan Anda dengan pasangan bisa mengganggu rasa percaya diri Anda.

5. Sakit perut

Saat gugup, tiba-tiba Anda merasa sakit perut? itu hal wajar. Sakit perut bisa disebabkan oleh stres akut. Tapi, ketegangan jangka panjang bisa memperburuk masalah pencernaan misalnya mulas, gangguan pencernaan, hingga iritasi usus besar. Jika Anda mengalami masalah perut akibat patah hati, womenshealth.go merekomendasikan langkah-langkah untuk mengurangi tingkat stres Anda agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga. Misalnya dengan yoga, meditasi, atau mengambil nafas dalam-dalam.

6. Lingkar pinggang lebih besar

Stres kronis bisa menyebabkan lingkar pinggang Anda bertambah. Stres jangka panjang berkaitan dengan penyimpanan kelebihan lemak perut. Penelitian di Yale menunjukkan bahwa terdapat korelasi tingkat kortisol yang tinggi dengan lemak ekstra di perut wanita. Selain itu, saat patah hati, makan cenderung dijadikan pelarian bagi sebagian orang. Apalagi makanan yang dimakan adalah cemilan dengan kandungan lemak, gula, dan garam yang tinggi. Padahal, makanan itu tidak mengandung kalori dan malah menyebabkan kenaikan berat badan serta peningkatan kortisol dalam tubuh.

Spoiler for Pesan TS:
yang jelas bikin STRESS gan . dan stress itu sumber dari semua penyakit emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
waduh bisa jantung juga yah

untung gw cuman 1 kali gan dulu emoticon-Malu
emoticon-Ngakak klo ane cari lagi gan emoticon-Ngakak
Jadi galau spnjang hari gan.
Bsa kena maag jga gan.soalnya klo pth hati bsa bkin males makan emoticon-Big Grin
jgn slh,,, jomblo jg bz patah hati lho emoticon-Ngakak
sdkit stress klo patah hati gan emoticon-Malu (S)
akibat patah hati bisa menimbulkan masalah kesehatan ya
harusnya sih patah hati jgn dibawa serius
alhamdulillah meskipun saya pernah patah hati,tp saya selalu berdamai dgn keadaan dan itu malah membuat pikiran saya rileks,yg ptg menyibukkan diri,bergaul dgn teman2,dan berdoa kepada ALLAH SWT
untungnya ane ga pernah patah hati gan emoticon-Betty (S)