alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d1f92bccb17337900017e/profesi-dokter-masih-menjanjikan
Profesi Dokter, Masih Menjanjikan?
Profesi Dokter, Masih Menjanjikan?



Apakah Masa depan Profesi Dokter, Masih Menjanjikan?


Spoiler for Jawaban:

Untuk meramalkan masa depan, cara termudah adalah dengan mengamati tren yang terjadi di Negara maju, untuk masalah gaji dokter, kita bisa mengambil contoh gaji dokter di Amerika Serikat..

Dokter di Amerika Serikat tergolong kalangan menengah atas. Rata-rata Gaji Dokter di Amerika Serikat berada di atas pendapatan per kapita warga Amerika Serikat yang sebesar 400 Juta/tahun.
Berikut Daftar Gaji Dokter Di Amerika (berdasar data Medscape, Forbes, MGMA tahun 2012) :

Spoiler for Daftar Gaji:


Bila dilihat dari daftar diatas, gaji dokter umum yang sekitar Rp.1,6 Milyar/tahun masih sekitar 4 kali lebih tinggi dibandingkan penghasilan rata-rata penduduk AS, jadi bisa dibilang bahwa penghasilan Dokter Di Amerika Serikat masih memuaskan.

Dari kenyataan itulah, ditambah semakin majunya kondisi perekonomian Indonesia -yang diramalkan banyak pihak tahun 2030, akan menjadi negara maju baru-, bisa disimpulkan penghasilan dokter Indonesia di masa depan masih menjanjikan..

Namun, perlu Kita catat bahwa hal itu juga tergantung dengan Jumlah dokter di Indonesia dan produksinya setiap tahun. Bila Setiap tahun jumlah produksi Dokter di Indonesia meningkat jauh lebih besar dibandingkan peningkatan jumlah penduduk, kondisi diatas lebih sulit -lebih tepatnya lebih lama- menjadi kenyataan.

Data rata-rata penghasilan dokter di Amerika Serikat diatas, juga dapat digunakan oleh dokter umum sebagai tips memilih program PPDS bagi mereka yang ingin mengambil Program Pendidikan dokter spesialis. Saran kami, pilihlah program PPDS yang berpenghasilan besar di Amerika Saat ini, karena kondisi itulah yang akan kita hadapi di Indonesia 10-30 tahun mendatang..

Jikalau anda mahasiswa Kedokteran atau dokter umum yang galau akan rendahnya gaji dokter umum saat ini, penyebabnya sudah kami bahas disini
‘Masa keemasan’ Dokter Indonesia Telah Berakhir

Apakah ‘masa keemasan’ dokter Indonesia telah berakhir?

Apakah Prospek Masa depan dokter Umum di Indonesia Buruk?

Bila dilihat dari trend yang ada, agaknya seperti itu kenyataannya..

Beberapa hari ini, komunitas dokter Indonesia seperti tersengat melihat ‘kedzaliman’ Bupati Bulukumba, Sulawesi Selatan..

Bupati Bulukamba berlagak layaknya diktator, memutasi 2 dokter spesialis ke kecamatan karena dituduh menggalang aksi demo dokter dan paramedis di Bulukumba..

Demonya juga bukan tanpa alasan, gaji jasa pelayanan tidak pernah dibayar selama 2 tahun!

Dokter yang dulu begitu dipuja dan dibutuhkan, sekarang bagai komoditas murahan yang bisa dipermainkan..

Dokter yang dulu begitu dipuja dan digaji dengan nominal yang baik, sekarang malah digaji sama seperti buruh kasar..

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Bila kita cermati, Ada beberapa hal yang menyebabkan trend ini, diantaranya:

Spoiler for Penyebab Pertama:

Spoiler for Penyeban Kedua:

Bagaimana menurut Agan dan Aganwati?

Penulis : dr. Bram Irfanda
masih gan..
menjajikan di mata calon mertua emoticon-Hammer2




emoticon-rosetebarkan bunga, tebarkan cintaemoticon-rose
masih gan
menjanjikan banget malah emoticon-Big Grin
tapiane lihat dokter2 di kota ane kok sukses2 ya ganemoticon-Ngakak
Tergantung gan. Klo dokter punya skill pasti kepake dan mampu bersaing gan, tp klo skill dibawah rata2 gimana mau bersaing. Pengemis aja klo gak punya skill dan gak pandai2 bersaing gak mungkin bs dapet 26 juta/15 hari gan. Kreatifitas emoticon-Ngakak
sip..sip

selama masih ada yang sakit, dokter masih dibutuhkan
Quote:Original Posted By kurama7
sip..sip


komen paling epic of the year emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kasetrusak


komen paling epic of the year emoticon-Matabelo


kepencet tadi gan, soalnya ol pake hp jadul
profesi dokter mah ane pribadi kurang tertarik
emoticon-Belo emoticon-Belo
masih gan
Sudah tidak gan bagi dokter umum, sekarang profesi dokter umum mulai punah dan dicampakkan emoticon-Mewek
kalau di liat dari penghasilan sebelumnya sih masih lah asal jangan ada penurunan kuliatas dari para dokter yang dikarnakan menjamurnya FK

masih

welcome to bpjs era...
×