alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529c4aea0d8b46034700001a/tukar-pikiran-apa-yang-salah-kalau-pengemis-dapat-100-ribu-per-hari
[TUKAR PIKIRAN] APA YANG SALAH KALAU PENGEMIS DAPAT 100 RIBU PER HARI?
CUMA SHARE PIKIRAN SAYA SAJA,

saya mengikuti beberapa hari belakangan ini yang terangkat di media tentang pengemis. memang tidak semuanya salah, tapi ada beberapa dari kacamata media yang membuat saya geli.

kita tahu kebanyakan dari kita terganggu dengan adanya pengemis. entah karena kita pilih-pilih dalam memberi, atau malas memberi sampai mungkin mereka meminta-minta dengan cara yang mengganggu.

kita sebut saja pengemis atau fakir, bagi siapapun yang meminta-minta, entah itu pengamen atau ibu-ibu yang menggendong anak sampai yang mengaung-ngaung di metro mini atau angkutan lainnya.

sekilas kemarin ketika razia (dari media) ada pengemis yang ternayata di gerobaknya uang 25 juta rupiah, ternyata adalah uang dari hasil penjualan sapinya.

saya kira kita tidak perlu membahas tentang pengemis yang berada di kota besar atau jakarta ternyata adalah pembesar atau menjadi orang kaya di daerahnya. yaaa, yang seperti ini memang mentalnya penipu.

atau yang kita perah dengar di bandung, saat walikota terpilih menawarkan pekerjaan kepada pengemis yang ada di jalanan. namun terdengar penolakan karena mereka sudah bisa mendapatkan uang dari "pekerjaan" mereka yang menghasilkan 7 juta sebulan, wow?! yaaa mungkin ini memang pengemis profesional.

tapi saya melihat ada headline bahwa pengemis mendapat 100ribu perhari. maka dari itu saya menanyakan kembali, "lalu kenapa?"

kenapa yang dibahas pendapatan 100 ribu perhari? saya lama-lama merasa risih dengan headline2 yang seperti ini. headline menyudutkan, dan memojokkan tapi tidak menghormati.

kenapa tidak diangkat disisi yang positif? media? yah begitulah. sisi positifnya menurut saya adalah, di tengah-tengah masyarakat kita yang katanya individualis dan sering tidak perduli dengan sesama ternyata kebanyakan dari kita adalah dermawan. bayangkan, 100ribu sehari untuk 1 orang pengemis. berarti masyarakat kita memang dermawan, tapi ini tidak pernah diangkat.

kita tidak pernah diajak berpikir positif. padahal setahu saya dalam agama (karena saya muslim, saya hanya tahu dari sudut pandang ini saja) dalam sudut pandang memberi seharusnya kita yang memberi kepada orang yang tidak mampu, dan kewajiban kita adalah mengeluarkan sebahagian harta bagi yang mampu atau tidak mampu. kita tidk perlu menyiyirkan atau memikirkan uang itu nanti diapakan oleh orang itu. itu urusan yang diberi dengan yang diatas (Tuhan masing-masing).

kalau memang nanti dilarang memberi pengemis, saya melihatnya agar tidak ada yang memanfatkan kondisi memiskin2kan dirinya dan meminta-minta (pengemis profesional).

jadi ya sperti itu saja, pemikiran saya. semoga tidak sulit diterima, karena pasti lebih banyak yang punya pikiran bagus dan positif lebih dari saya pribadi.

yang penting kaskus jaya! heheheehe



Quote:Original Posted By ekaadiputra88
Gw selama tinggal di jakarta 20 tahun gw pernah melihat berbagai macam orang mempertahankan hidupnya dan berjuang untuk mengisi perutnya

Pernah ada di SPBU Kelapa Dua gw melihat ada seorang yang buntung kakinya berjualan kerupuk singkong. Di Teluk Gong ada orang buta yang berjualan kerupuk udang. Di Jelambar ada orang bisu yang berjualan rokok.

Pengemis? Mereka semua sehat walafiat! Lidah bisa buat bicara, tangan bisa disorongkan buat meminta uang, kaki bisa berjalan buat mengejar si "orang mampu", dan apa? Salahkah pengemis?

Buat gw jelas salah! Mereka gak punya malu terhadap kaum cacat fisik yang bahkan masih berani berjualan untuk mendapat nafkah!

Kalau ini berlanjut terus, lama2 orang2 indonesia begitu lulus sd bukannya lanjut pendidikan dan bekerja, malah jadi pengemis!

Dan akhirnya 15 juta penduduk jakarta ini jadi pengemis!

Dan kalau pengemis itu gak lagi menemukan orang yang bisa dikemisi, dia akan jadi pencuri, pencopet, perampok, pemerkosa, dll

Salah? Jelas salah!

Pejwan TS emoticon-Request


ane nyimak aja ya kak, takut salah ngomong
yg salah pengemisnya gan, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, pasti agan sering liat pengemis/pengamen yg sebenarnya mereka fisiknya kuat dan mampu untuk bekerja mencari nafkah tapi malah mencari jalan pintas dan mudah berputus asa
just my 2 cents emoticon-I Love Indonesia (S)
mdh2an pemerintah bisa membuka lapangan kerja seluas2nya
Quote:Original Posted By tsubasit
yg salah pengemisnya gan, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, pasti agan sering liat pengemis/pengamen yg sebenarnya mereka fisiknya kuat dan mampu untuk bekerja mencari nafkah tapi malah mencari jalan pintas dan mudah berputus asa
just my 2 cents emoticon-I Love Indonesia (S)
mdh2an pemerintah bisa membuka lapangan kerja seluas2nya


betul, karena itu yang saya sebut mental pengemis, dikasih kerja normal nolak..
mereka salah ya bisa saja, tapi sudah diatasi oleh pemerintah kota bandung dgn cara spt itu.



menyalahi kodrat, gan.

pengemis itu = orang miskin
menjadi salah ketika mayoritas pekerja berpendapatan dibawah para pengemis tersebut emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By bendak
menyalahi kodrat, gan.

pengemis itu = orang miskin


atau yang memang tidak mampu...
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
menjadi salah ketika mayoritas pekerja berpendapatan dibawah para pengemis tersebut emoticon-Ngakak (S)



hahahaha..tapi kalau dari hasil pemberian agan dan mereka menjadi sehat dan hidupnya lebih baik, jadi salah satu amal jariyah di masa depan harusnya...

gak ada yang salah bos,
itu cuman di didik biar cari kerja dan gk ngemis lagi..
Quote:Original Posted By bendak
menyalahi kodrat, gan.

pengemis itu = orang miskin

Ane setuju nih emoticon-shakehand

walau rumahnya mewah tangan di bawah tetep aja paling rendah derajatnya dari hewan.

bikin usaha kan bisa, pemerintah nyediakan pinjaman duit di setiap kecamatan, tanpa agunan pula... dan tanpa bunga (1 - 10 juta)

pengemis itu orangnya males usaha,-
kenapa banyak pengemis karena banyak yg ngasih... kalo gak ada yg ngasih pengemis males duduk2 di pinggir jalan menghirup debu dan asap.
setuju gak!

apapun alasan pengemis
jawaban cuma satu
Spoiler for :




bkn mslah ngemis ato bukannya y gan.ane sk pmikiran agan.ibarat uang koin py dua sisi tgl drmn kita memandangnya.siiiipppp!
Tapi kan sudah diajarkan jangan mengemis, memang halal, tapi apa jadi harus mengemis semua?
Quote:Original Posted By bendak
menyalahi kodrat, gan.


pengemis itu = orang miskin


ane tambah 1 suara buat agan yang ini... emoticon-Ngakak
Aduh gan.. Coba mikirnya sedikit lebih luas.. Jangan terpatok sama 1 hal.. Jangan kita lihat yg menjadi sorotan medianya.. Tapi lihat dampaknya..

Dengan melihat pengemis bisa mendapatkan uang dengan segitu banyak hanya dengan mengemis, maka jumlah pengemis akan bertambah gan.. Apalagi, pengemis itu banyak juga yang merantau dari luar kota.. Akibatnya makin banyaklah orang" yang datang untuk mengemis di kota tersebut.. Makin padat deh itu kota/ibukota akan perantau, lebih parahnya perantau tersebut bukan ingin menjadi pengusaha, tapi jadi pengemis.. emoticon-Hammer2
ane pernah liat anak kecil, sekitar umur 10 tahunan dengan kaki buntung sebelah, dan dia berjualan koran
dia masih punya orang tua malah gan, miris dong ngeliatnya ama pengemis yang masih memiliki fisik yang normal
buat yang domisili di bogor mungkin pernah lihat
ane tau juga rumahnya tuh bocah, di daerah Indraprasta
maaf gak bisa ngasih pic tapi kalo agan yang mau ketemu, ane bisa anterin langsung ke rumah anak tersebut

segitu dia jualannya sambil loncat-loncat, karena keterbatasan fisiknya
dulu waktu ane sering ngeliat di depan McD Padjajaran yang depan hotel pangrango 2
jujur ane ngeliat itu sedih banget, ngebayangin kalo itu adik ane
soalnya ane juga punya adik seumuran dia
tapi semenjak itu ane dapat pencerahan gan
dia aja secara fisik gak sempurna tapi masih punya usaha yang kuat
makanya ane kalo ngeliat pengemis dengan fisik yang normal males banget ngeliatnya, gak ada usaha sama sekali
cuman mengharapkan belas kasihan orang lain

maaf gan kalo curcolnya panjang emoticon-Big Grin
mejeng pejwan kalo boleh emoticon-Request
nah itu masalahnya gan jadi banyak yang memanfaatkan kedermawanan masyakat emoticon-Sorry
mungkin judul headline tsb sumbernya dari pengemis abal2 gan emoticon-Big Grin
Pengemis itu orang malas yang tidak bersyukur gan.. Mereka hanya meminta dan meminta terus tanpa berusaha.. Kita aja memohon sesuatu ke Tuhan aja harus berdoa dan berusaha.. Kadang juga mereka menipu kita dengan penampilan yg sok lusuh, pura2 buta, pura2 penyakitan padahal mampu dan sehat.. Itu kan sebenarnya jg termasuk menipu..
Keep positive thinking buat ts... saluutttt

Masalah pengemis itu urusan mereka dengan tuhannya masing2 kalau memang ternyata mereka nipu yah gan.

Sekalian share pengalaman, ane liat org ngemis di pinggir mini market. Kebetulan ane ga masuk ke dalem nunggu bini di parkiran.
Ane liat tuh pengemis penuh luka and tiduran smbl julurin tangan.
Pikiran ane: ahh jago banget bikin luka bohongannya. Kayak asli...
Yaudah ane cm liatin aja... lama2 ane kasian juga gan.
Ane pikir what the hell lah... kalau memang dia ngibul, paling gak ane kasih 2rb buat kreatifitasnya bikin luka tiruan.
Pas ane kasih uangnya kok ga bereaksi (ane cm taruh uang di tanganny). Ane coba rada teken tangannya takutnya dia ketiduran... ehhh cm gemeteran and lemah banget. Ane liat tangannya nyaris putus gan... ga tau knp.
Dan ternyata emang dia sekarat kayaknya... yaudah ane langsung laporin satpam aja. Baru dwh rame2 pada heboh.

Ngenes juga padahal segitu banyak org yg lewat, tp ada org sakit parah didepan kita... kita cuek. Udah buruk sangka duluan.

Sejak itu bodo amat dah mau bohong kek... kalau ada yg minta biar pake dasi juga ane kasih aja dah. Itung2 ane udah bikin kaya org lain. Soal penertiban biar pemerintah deh... takut salah sangka lagi.

Mohon maaf sebesar2nya kalau kurang berkenan. Tp ini pengalama pribadi ane yg bodoh ini.

To TS maap jd panjang yaahhh.... ane lg cari2 fotonya, kalau ga salah dulu sempet ane foto gan.
salah gan. karena masih banyak orang yang kerja dam mereka mau susah payah aja ga kaya gitu..
lah ini cuma minta2 and pura pura cacat.. penghasilannya bisa kek gitu... apapun harus pakek usaha...