alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529c3cc1bfcb173d3d000243/trip-report-manila-puerto-princesa-5d-4n-14-18-nov2013
Trip Report Manila-Puerto Princesa 5D/4N (14-18 Nov2013)
sebagai warga yang sering mondar mandir di forum Mancanegara ijikan newbie berbagi pengalaman perjalanan ke Manial-Puerto Princesa dan untuk menambah referensi karena ane lihat referensi yang ada masih sedikit (terutama Puerto Princesa..emoticon-shakehand
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cerita bermula ketika tanggal 29 Oktober 2012 dapat info kl Cebu lagi promo…tanpa ba bi bu lagi ane langsung meluncur ke TKP dan hasilnya terbelilah 2 lembar tiket utk CGK-MNL PP berdua untuk bulan tanggal 14-18 Nov 13 (pas ultah ane dan wedding annyversary kami yang ke 6) seharga USD 116 dan bersyukur waktu itu USD masih dikisaran ceban,kalau mikir kurs skrg sih jadi miris gan.. emoticon-Mewek. sempat bingung waktu kena biaya Web Admin dan untungnya agan yang baik hati, tidak sombong, suka menabung dan rajin beribadah dan salah satu sepuh disini yaitu agan Dark mau ane recokin dengan ditelp tengah malam dan dia dengan sabar mandu ane sehingga pembelian tiket ini sukses berat..thanks to agan Dark.. emoticon-2 Jempol.. ..setelah tiket Manila ditangan dan baca baca referensi yang ada pada bilang kalau di Manila doang selama 5 hari bakal garing dan bosen gak ketulungan, tapi rejeki emang gak kemana gan. pas tanggal 4 May 13 ada promo Air Asia (Zest Air) seharga 1 Peso ke beberapa tujuan domestik di Filipin dan tanpa banyak pikir ane langsung beli tiket ke Puerto Pricesa utk tanggal 16-18. total beli tiket PPberdua PHP 2319,68.
Jadi itin ane adalah:
Manila 14-16 Nov 2013
Puerto Princesa 16-18 Nov 2013
Manila 18 Nov 2013

Spoiler for "barbuk":


setelah menunggu kurang lebih 13 bulan (lebih lama dari orang hamil) maka saat yang mendebarkan dan menegangkan tiba juga emoticon-Selamat...berhubung cuaca Jakarta saat itu sering turun ujan jadi ane pesen taxi jam 20.30 (rumah TS deket Indosiar), lebih baik nunggu di bandara daripada macet, banjir dan ujungnya telat. sepanjang jalan ke bandara jalanan lancar dan kurang lebih 45 menit dah nyampe bandara..

Spoiler for "TS dengan perlengkapan perang untuk 5 hari 4 malam":


setelah nyampe langsung ke meja check in cebu (sebelumnya udah web check ini dulu) dan pada saat check ini pegawainya minta ditunjukin untuk tiket pulangnya dan ane jawab “ waduh lupa di print” kalau email konfirmasi lewat BB ada (sambil ane ngubek ngubek BB ane) trus dia ingetin kalau gak ada tiket balik nanti disana bisa jadi masalah dan bisa dideportasi ke Indo...ini emang ane pernah baca (cuma lupa baca dimana) kalau imigrasi Filipin sering tanya tiket buat balik dan kalau gak bisa nunjukin bisa jadi masalah.untung mas mas nya baik dan mau pinjam BB ane untuk foto konfirmasi tiket baliknya yang ada di komputer dia. ane juga nanya ke dia ada nggak ya warnet disekitar bandara buat nge-print tiket pulang, daripada ntar jadi urusan ane pikir lebih baik kalau bawa bukti fisiknya. dan dengan kebaikannya lagi si mas mas itu bilangin kalau deket cafe O La La ada tempat buat internet dan print....thanks ya mas semoga kabaikanmu mendapat pahala yang setimpal.emoticon-shakehand..pada saat awal di tiket dan informasi dari mas nya nanti lewat gate E1 (tapi ternyata pindah 2 kali)

Spoiler for "boarding pass":


setelah itu ane ama istri meluncur ke tempat yang dikasih tau mas tadi..sempet bingng karena ternyata O La La nya kecil gak kayak yang di mall mall, akhirnya ketemu juga tempat itu..tempat itu yang punya orang Jepang dan lumayan lancar ngomong Indo walaup dengan logat yang aneh.bisnis utamanya cafe (jual kopi, sadwich, dll) dan ada satu meja kecil yang berisi 2 laptop dan 1 printer. tarif disitu sekali pakai internte Rp 5.000 (gak ada keterangan berapa lama sih) dan print hitam putih per lembar Rp 3.000 (harag print warna kalau gak salah Rp 5.000)...kelar nge-print dengan hati yang lega dan sambil bersiul siul riang *halah* . setelah urusan print kelar tujuan selanjutnya cari Mutiara Lounge buat nongkrong dan makan gratis…emoticon-Ngakak ..lumayan disitu ada tempe goreng (tempe adalah makanan kesukaan ane udah sekelas ama makanan dewa lah)..emoticon-Ngakak..disitu juga ada menu ayam balado yang rasanya yummy, tapi menu yang lain standard sih…sayang lupa putu euy emoticon-Mewek…karena Mutiara Lounge jam 23.00 tutup maka ane mulai nunggu di gate E1. tapi pada saat ane liat monitor TV mulai ada keanehan karena penerbangan ane gak ada tuh di gate E! dan setelah di cari ternyata nunggunya di gate E3 (pindah satu kali)

Spoiler for "gate E3":


pas sekitar jam 00.30 ada pengumuman kalau pindah ke gate D3 (pindah 2 kali) emoticon-Marah..nasib..nasib naik penerbangan murah pindah pindah mulu gatenya…emoticon-No Hope..berhubung buru2 jalan maka gak ada photo2 lagi gan…emoticon-Malu..setelah nungu sekitar 5 menit di gate D3 maka penumpang yang ganteng dan cantik disuruh boarding dan akhirnya ane duduk dengan manis di kursi nomor 16 A (deket jendela) dan istri ane di 16B..hore ane naik motor mabur gan….emoticon-Ngacir..gak ada yang special selama penerbangan kecuali ane yang susah tidur karen kursinya kesempitam sampai meng-invasi kursi istri ane tetep aja susah tidur..emoticon-Ngakak…load factor saat itu kurang lebih 90%....setelah sektr 4 jam diudara dengan dikawal Superman dan Gatotkoco maka pesawat ane mendarat dengan mulus di bandara NAIA…

Spoiler for "touchdown NAIA":


DAY 1 (14-11-2013)

Pada saat antri imigrasi ane ketemu 2 cowok yang orang Indo ini dan ternyata mereka balik Jakarta nya juga samaan ama ane. ada cerita lucu ketika mau balik ke Jakarta dan ketemu 2 cowok ini lagi di NAIA (ikuti terus cerita ane ya gan)…antrian imigrasi gak lama sekitar 30 menit urusan dah kelar dan ternyata gak ditanya soal tiket pulang (tapi ane anjurkan tetep print tiket pulang nya ya mas bro dan sis sekalian supaya aman)..berhubung ane gak bawa bagasi maka tujuan selanjutnya adalah mencari sesuap nasi untuk membahagiakan para naga di perut ane dan istri…LLLLAAAAPPPPPAAAAARRRRRR……..
setelah milah milih maka pilihan dijatuhkan di resto ini (namanya lucu gan dan berhubung ane dan istri juga Chubby maka makin mantaplah memilih resto ini)

Spoiler for "breakfast @ NAIA":


disini ane pesen menu paket Nasi+Ikan Asam Manis+Lumpia Shanghai (disana sebutnya juga Lumpia dan banyak variasi isinya) dan istri ane pesan Woonton Soup. paket ane udah termasuk minum Es Tea

Spoiler for "eng ing eng” :


setelah para naga tenang diperut maka ane + istri memutuskan langsung city tour sambil nunggu jam check in di hotel. berhubung istri ane sebelumnya udah searching dan tempat terdekat dari bandara adalah Intramuros maka kami berdua memutuskan untuk pergi kesitu. pada saat ane nanya ke petugas (?) disitu ane diarahin naik taxi tapi berhubung mau ngirit maka ane bilang aja mau naik bis dan selanjutnya naik LRT. si bapak bapak itu lalu nunjukin bis warna putih yang lagi mangkal dideket situ. bus nya emang udah rada tua tapi AC nya berasa dan bersih didalamnya. tarif per orang PHP 20 dan tujuan ane adalah stasiun LRT EDSA. didalem bis ane sempet bingung ntar taunya dah sampai EDSA gimana ya dan ketika ane tanya belakang ane (mas mas Pinoy ama ceweknya) ternyata tujuan dia sama dengan ane...hip...hip huray. si mas ini juga baik dengan kasih tau ane kl di Manila ati2 karena banyak kejahatan dan kalau mau tanya sebaiknya nanya ama Satpam / Petugas Keamanan supaya lebih safe...antrean di LRT ini cukup panjang bahkan sampai tangga2 nya pun ada orang antri (persis kl antri busway di Senin atau Grogol )..nie orang baik banget. pas ane ditanya petugas pakai bahasa tagalog dia yang jawabin trus dia juga nunjukin dimana beli tiket, dijalur mana ane harus antri krn di EDSA ini kayak stasiun interchange (kayak halte busway Harmoni) sehingga banyak jurusan jadi harus antre di jalur yang bener...duh senengnya ketemu orang baik....keretanya menurut ane bagus dan dingin dan tujuan ane adalah statiun Central (mas & mbak Pinoy masih lanjut ke beberapa stasiun berikutnya)...setelah say thanks dan kasih senyum manis ke mereka maka penjelajahan ane di negeri orang yang jauh dari emak, bapak, kakek, nenek, om, tante,kakak, adek, teteh, aa, engkoh, encik dimulai....tet tet toeeettttt....emoticon-Selamat. setelah keluar dari stasiun nanya ke stpam arah ke intramuros. letak intramuros sktr 1 km dari stasiun Central dan mesti nyebrang jalan cuma ada terowongan jadi gak perlu nyebrang di jalan raya. jalan santai 20 menit nyampe lah di intramuros. intramuros ini adalah kawasan kota tua (kayak yang di jakarta kota). begitu nyampe daerah ini banyak supir tricycle (kayak becak disini) yang langsung nawarin jasa untuk nganter kita ke obyek wisata disekitar situ sambil nunjukin foto2 objek wisata diseputaran situ. antena kewaspadaan udah mulai terpasang karena banyak scm disini (sebenernya semua objek wisata pasti selalu ada scam nya).

Spoiler for "Gerbang Intramuros":


setelah foto2 di gerbang ini ada satu tukang tricycle yang gigih banget nawarin ane..pertama dia minta PHP 100 untuk berkunjung ke 27 objek di sekitar situ dengan durasi 30 menit....karena badan mulai capek ane mulai nanggapin tawaran nya dan setelah tawar2an deal di PHP 70 dan ane minta di anter ke St Agustin Church, Manila Cathedral dan Fort Santiago dan ane juga negesin PHP 70 itu buat dua orang ya bukan per orang (pernah baca salah satu scam yang ada mereka pasang harga sebenernya untuk per orang tapi seolah2 tarif segitu adalah untuk semua rombongan dan setelah selesai tour baru mereka akan nagih harga per orang dikali jumlah rombongan...ati2 ya gan)..sekitar 10 menit sampai di destinasi pertama yaitu St Agustin Church dan setelah nurunin ane ama istri si supir itu dengan tampang sangarnya bilang ”tour nya udah selesai ya, ban gw kempes (sambil dia pencet2 ban nya)” dia juga bilang kalau mau di anter ke Manila Cathedral minta tambah PHP 20 lagi....pleeettaaakkk..pengen rasanya nelen orang itu (uppsss gak muat ya)..emoticon-Ngakak...ya udah lah daripada ribut ane kasih aja PHP70 ke orang itu sambil mengampuni segala dosanya...

Spoiler for "St Agustin Church":


sekedar saran kalau emang mau naik tricycle dari intramuros langusng aja tawar2an ke St Agustin Church (satu tujuan aja) karena St Agustin Church, Manila Cathedral dan Fort Santiago terletak dalam satu jalan dan paling jarak dari St Agustin ke Fort Santago (titik terjauh) Cuma sktr 1 km. daripada kena scam seperti ane gan…emoticon-Marah…jujur sih sebenernya PHP 70 itu kan sektr 20 rebu rupiah dan kalau ngukur body ane dan istri yang sama2 chubby..emoticon-Ngakak..harga sehitu masih worthed sih cuma gedeknya cara dia nipunya itu yang bikin ane pengin ngitik ngitik perut dia…

tujuan selanjutnya adalah Manila Cathedral gan (jalan sktr 15 menit dr St Agustin Church)
Spoiler for "Manila Cathedral":


di samping Manila Cathedral kayaknya ada gedung gubernur atau balaikota gitu deh (ane gak terlalu jelas ini gedung ape..emoticon-Ngakak )

Spoiler for ”Balaikota?":


disini ane ketemu 2 cewek dari Jakarta yang satu flight ama ane tapi dia Cuma transit karena sore nya mau langsung ke Hongkong..tuh cewek niat juga jalan2 di Manila sambil nyeret2 tas..kenapa gak titipin tas aja di NAIA sis...

setelah dari Manila Cathedral tujuan selanjutnya adalah Fort Santiago (jalan sktr 10 menit) deket lah pokoknya

Spoiler for ”Fort Santiago":


kalau mau masuk disini bayar dan ane ditawarin lagi untuk dianter guide nya jalan2 muter ke dalam Fort Santiago. berhubung masih trauma dan gondok ama scam supir tricycle maka ane mutusin untuk gak masuk ke dalam nya...cuma ngadem di pintu masuk nya sambil ngeliat ada pertunjukan teater dideket pintu masuk. sktr 15 menit ngadem saat nya coffe break di warung sekitar situ....setelah ngopi dan makan snack (makan lumpia lagi dan sosis 2 potong) maka next destination adalah Jose Rizal Park...

kalau mau ke Jose Rizal Park cukup naik satu kali Jeepney (Jeepney bentuknya mirip mikrolet tapi lebih panjang dan pintunya dibelakang bukan ditengah kayak mikorlet) tujuan yang Quipao (baca Kiapo).ane waktu itu ditunjukin mesti naik Jeepney yang mana oleh salah satu ibu2 yang julan rokok di sekitar Fort Santiago.sekali naik Jeepney bayar 8 peso dan kalau agan duduk dikuris paling belakang an mau bayar tinggal kasih uang ke penumpang di samping dan otomatis nanti akan di estafetkan ke pak Supir ”yang sedang bekerja mengendalikan Jeepney supaya baik jalannya”..tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk...*malah nyanyi emoticon-Hammer2....sktr 10-15 menit sampailah Jeepney ke Jose Rizal Park

Spoiler for ”Jose Rizal Park":


kalau mau masuk tamannya mesti bayar PHP 20 (lihat foto kedua) dalamnya ya cuma ada patung yang menggambarkan situasi saat Jose Rizal di eksekusi. setelah puas muter2 maka kami putusin untuk langsung ke hotel (ane book hotel di Makati Avenue daerah Makati) buat istirahat dulu...nanya ke Polisi yang jaga di skitar situ dan mereka saranin untuk naik taxi aja karena hotel itu letaknya jauh dan gak ada Jeepny / Bis yang lewat situ menuju Makati., ongkosnya kata Pak Polisi itu sktr PHP 200 dan karena sudah capek dan panas maka akhirnya kami naik taxi juga.. hampir sepanjang jalan selalu macet (macetnya kalau menurut ane lebih parah dr Jakarta) ..setelah sampai daerah Makati Ave supirnya nanya turunnya mau disebelah mana dan ane langsung tunjukin print an dr Agoda dan si supir tetep kebingungan (gak tau tempat pastinya) ya udah daripada muter2 gak karuan akhirnya ane minta diturunin disitu aja (diepermpatan) dan kebetulan ada kios Jolibee (resto fried chicken khasnya Pinoy dan pernah ada di Jakarta juga). kebetulan istri ane juga pengin nostalgia ama ayam Jolibee... emoticon-Wink...ane bayar taxi sktr PHP 180 disitu istri pesen paket ayam (isi ayam sayap satu pcs + nasi + cola) dan ane pesen burger sapi mushroom ada saus keju nya (sumpah ini burger ter enak yang pernah ane makan selama ini...sayang dah gak ada Jolibee disini)...waktu ane mau ambil sendok dan garpu ane lihat ada dispenser dan awalnya ane kira ini untuk nyuci sendok atau garpu eh gak lama ada orang ambil air disitu dan langsung minum. setelah tanya ke dia memang itu air gratis buat pembeli (istilah mereka water service) dan hampir semua resto di Filipin ternyata memang selalu kasih air putih gratis buat pembeli bahkan di food court2 selalu ada mesin air minum dan gelas dan itu GRATIS.....jadi kalau mau ngirit pas haus di mall cari aja food court dan ambil air disitu..emoticon-Ngakak

kelar makan ane nanya satpam Jolibee dan dia nanya ama kurir delivery nya kemudian si kurir nunjukin arahnya dan keputusan ane untuk berhenti di perempatan sangatlah tepat karena hotel ane seharusnya belok kiri tapi supir nya karena gak tau dia belok kanan..lah kalu diterusin ya pasti gak ketemu dan argonya makin mahal. setelah ditunjukin ama mas deliverynya maka ane jalanlah ke hotel. sktr 20 menit di cuaca panas terik maka ane nyampe ke suatu bangunan dan nanya ke satpam. i said ” do you know where is Bilique Hostel” dan dengan tampang polos serta bingung dia nunjukin bahwa ini hostelnya..(ada tulisan pakai stiker di kacanya tapi karena dah teler tulisan itu gak kebaca) .emoticon-Ngakak....ternyata dia satpam di bagunan itu gan...itu kayak bangunan ruko 4 lantai..lantai satu ada restoan jepang ama kios minum teh, lantai 2 hostel ane, lantai 3 gak tau apa dan lantai 4 juga hostel...hostel nya bersih,masih baru dan colourfull
Spoiler for ”Hilik Boutique Hostel":


kondisi kamar shared kamar mandi dan dapet breakfast 3 potong roti tawar kecil + telor dadar + satu sachet kopi three in one tapi ane bawa kopi sendiri yang rasanya lebih mantap...emoticon-Ngakak

setelah mandi maka langsung tertidur pulas las las....dan sekitar jam 16.00 waktu Manila ane dibangunin ama istri. rapi rapi bentar trus nanya resepsionis kalau mau ke Mall of Asia caranya gimana. ane gak tau jelas istri ane nanya nya gimana tapi ternyata yang ditunjukin arah ke mall Grenbelt (mall yang sambung menyambung menjadi satu itulah...) dan Mall of Asia ternyata letaknya jauh dari mall Greenbelt. tapi ya sudah lah karena emang acara sore ini from mall to mall (bingung soale mau kemana) maka dengan naik Jeepney satu kali dari deket hotel dan sktr 20 menit maka dah nyampe (mall nya masih daerah Makati)

Spoiler for ”TS nampang di Jeepney mumpung sepi":


muter muter bentar nothing special lah..kalau urusan mall sih di Jakarta menurut ane udah TOP lah....skrg waktunya makan malam..pas puter2 nyari resto liat ada resto yang pasang tanda ”2013 Philippines Best Restaurant” namanya Mesa Reataurant dan lihat daftar menunya ane dan istri meneteskan air liur 2 baskom..emoticon-Ngakak...setelah buka2 menu dan pilah pilih akhirnya ”Laing Fried Rice” & ”Pork Binagoongan”.. yang pertama nasi goreng pakai teri dikit jadi rasanya asin2 gitu yang kedua kaya ibab kecap...sebelum ke Manila ane sering baca kalau makanan disana rasanya kurang tapi so far selama makan disini ane ama istri sih cocok dan suka banget ya ama bumbu dan masakannya.. emoticon-2 Jempol...disini ane tadinya mau ngirit cuma mau pesen satu botol aqua buat berdua dan setelah aquanya keluar mas mas nya kasih ane dan istri 2 gelas kosong dan langsung isi air nya...ane lupa kalau disono selalu kita dikasih service water...emoticon-Cape d...

Spoiler for ”Mesa Reataurant":


setelah selesai makan muter muter bentar lagi dan kami putuskan cari oleh2 tepatnya ngincer toko buat ntar beli oleh2 soale kalau langsung beli sekarang nanti repot bawa2nya secara ini baru hari pertama di sono.tanya kanan kiri akhirnya ditunjukin buat ke ”Kultura” ..denger nama itu ane jadi inget beberapa FR yang ada di Kaskus dan mulai lah kita jalan menyusuri mall demi mall karena Kultura letaknya di SM Makati (mall paling ujung dari tempat ane makan)..deretan mall nya Greenbelt 1, Greenbelt 2, Grenbelt 3, Glorietta Mall, SM Makati..enaknya deretan itu nyambung jadi gak perlu nyeberang jalan dan bebas repot...liat2 Kultura bentar untuk tau kisaran harga dan menurut ane sih worthed ya daripada harga yang ditawarkan oleh pusat oleh2 di Jakarta yang di Sa*inah yang harganya ampun2 mahalnya. setelah puas keliling kami putuskan pulang dan sebelum balik ane beli snack yang namanya lucu dan belum pernah nemu di jakarta

Spoiler for ”Putu Bongbong":


makanan ini dibuat dari singkong dan warnanya ungu. waktu makan pakai ampas kelapa dan borwn sugar jadi ada rasa gurih dan manisnya. disini istri ane beli mangga karena dia baca katanya mangga sono enak tapi ternyata biasa aja rasanya.sama kayak mangga di Jakarta..emoticon-Ngakak...yang patut di acungi jempol di daerah makati bebas dari kantong plastik jadi kalau agan beli apapun selalu dikasih kantong kertas... 2thumbup

untuk balik ke hotel ane mau naik Jeepney lagi (ngirit gan..emoticon-Ngakak) setelah nanya security ditunjukin kalau deket SM Makati ada terminal ( ya angkot ya bis juga) dan emang bener jalan gak jauh langsung keliatan tuh terminal yang ramenya minta ampun...sempet salah dan nanya beberapa kali maka ketemu pangkalan Jeepney untuk rute yang kami mau (Makati Loop)

Spoiler for ”Terminal Jeepney":


sebenernya jarak dari situ ke hotel gak jauh tp berhubung muacet maka sekitar 30 menit lah baru nyampe dan ane sempet kebablasan..emoticon-Mewek...waktu naik dah bilang ama supir mau turun di Makati Ave eh pas dah kelewatan supirnya gak ingetin juga untung ada ibu2 yang ngasih tau kalau udah lewat..jadi deh turun di jalan dan kami ngelawan arus dengan jalan kaki..mana gak bisa lewat trotoar juga karena ada pagar antara jalan ama trotoar...jadinya jalan melipir sampil komat kamit doa supaya gak ditabrak dari depan..emoticon-Takut
jalan sktr 15 menit dah ampir nyampe hotel dan berhubung belum terlalu malam dan ane liat ada kayak pasar malam (kesukaan ane kalau pergi ke suatu tempat jalan ke pasar malam yang jual barangnya gak mainstream)..disitu juga ada food court yang ada live music nya..nama tempatnya ”Baga Manila”...lupa foto euy..emoticon-No Hope....jadi tempat itu emang disediain pemkot sono buat PKL yang jual barbeque..disitu ane beli sosis sapi gede dan juice nanas sambil denger band yang manggung...band nya keren ada 3 orang vokalis (1 cowok dan 2 cewek) dan semua keren suaranya..gitaris ama drummer nya juga nyanyi..suaranya keren juga..keren kabeh lah pokoke...jam 11 an band nya selesai manggung dan kami muter2 pasar malam yang gak seberapa luas..puter bentar karena ternyata barang yang dijual gak ada yang khas Pinoy maka kami putuskan balik hotel dan istirahat...end of DAY 1

DAY 2 (15-11-2013)
Pagi hari dibuka dengan sarapan roti tawar kecil 3, telor dadar, ibab panggang (beli semalama di Greenbelt Mall) + mangga yang dibeli istri ane di SM Makati…minumnya kopi Ka*al Api (bawa dari Jakarta)..emoticon-Ngakak..hari ini rencananya mau ke Quipao,Greenhills Shoping Center,China Town,St Sebastian Church trus sorenya mau Dinner Cruise berhubung hari itu ultah ane gan..emoticon-Ngakak
Setelah nanya ama resepsionis untuk rute dan angkutan terbaik maka dengan semangat 45 dan berbekal bambu runcing sambil pakai iket kepala merah putih ane dan istri mulai perjalanan. tujuan pertama ke Greenhils Shoping Center (tempat terjauh) dan kata resepsionis nya kalau mau kesitu naik Jeepney dulu ke Quipao lalu naik bis G Liner (Green Liner) yang pangkalannya ada di Quipao. setelah Greenhills rencananya balik lagi Quipao dan explore daerah situ. setelah sampai Quipao dan menyusuri jalan disitu kami merasa gak ada yang special jadi kami putuskan nanti gak usah explore daerah Quipao lagi...yang bikin ane penasaran di Quipao banyak kiso kecil yang bisa bikin ijaza, ktp dan semua dokumen2..gak tau ini resmi atau aspal ya..naik bis bayar PHP 12 per orang dan nyampae Greenhills naga di perut dah pada nyangi jadi tujuan pertama adalah makan..emoticon-Ngakak....kami putuskan makan di food court dan pesen nasi rames (nasi + 2 lauk + 1 sayur)...makanannya enak dan cocok di lidah kami berdua..seleasi makan mulai cari souvernir di mall itu (jadi di mall ini selain ada toko2 juga ada kayak hall yang nampung PKL) liat kiri kanan hampir semua isinya barang KW dan kaos2nya pun menurut ane gak beda jauh ama harga di Kultura jadi diputusin gak beli apa2 disitu..


Spoiler for ”Greenhills Shoping Center":


kelar dari Greenhills dengan tangan hampa maka tujuan selanjutnya adalah St Sebastian Chruch. naik bis yang sama G Liner dan bilang ke kondekturnya mau turun di St Sebastian Church. pas di bis ketemu 2 orang Indo yang lagi intership disono. satu orang Ciputat dan satu lagi org Bekasi..ngobrol ngalor ngidul , kangen kangenan, cerita soal Jakarta seperti dah 5 tahun gak balik ke Jakarta..emoticon-Ngakak...mereka turun duluan dan sktr 1 jam baru deh nyampe St Sebastian Church..untung kondekturnya gak lupa nurunin ane..gereja itu letaknya di jalan kecil skrtr 5 menit jalan dr jalan gede tempat kami turun dari bis

Spoiler for ”St Sebastian Church":


setelah foto2 dan doa disitu maka next destination adalah China Town...seperti biasa nanya beberapa kali ke orang. akhirnya ketemu 2 anak sekolah yang satu tujuan ke jalan yang dilewatin angkot ke China Town (jurusan Divasoria). naikJeppney menumbus macet...macet maning..macet maning..sampe supir Jeepney nya ngomong gak jelas sambil nunjuk2 ane untuk turun..untung gak di jorogin turunnya..emoticon-Ngakak...ane sendiri gak yakin apa bener itu kawasan China Town soal bener2 gak jelas..yang pasti di jalan itu rame banget banyak toko dipinggir jalan trus coba masuk ke jalan2 kecil malah ketemu deretan toko bangunan..emoticon-Hammer2...aneh Chinatown koq gak ada kelenteng, toko obat ama restoran China ya..emoticon-Ngakak...yang ada di pinggir jalan malah banyak PKL yang jual s*x toys, pelem bo*ep, obat kuat...muter2 gak jelas kami putusin aja langsung ke tempat Dinner Cruise..rencananya mau naik yang 6.15 PM (ada 3 kali perjalanan).kalai mau liat lengkapnya ada disini.. http://www.corregidorphilippines.com/
as usual nanya orang lagi dan ditunjukin naik LRT dan turun di Quinino.dan seperti biasa di LRT antri ampe tangganya.setelah naik dan turun di Quinino nanya lagi jalan Roxas Blvd dan kata security di LRT gak ada Jeepney kesitu ..jalan kaki juga deket...jalan lumayan jauh sktr 2 km an lewat daerah Malate juga maka nyampe ke Roxas Blvd dan ketemu Manila Bay....wah kebetulan nih ketemu Manila Bay jadi putu putu dulu..

Spoiler for ”Manila Bay":


pas nyampe ke Roxas Blvd ane nanya ke org (ibu2 tukang sapu disitu) dan katanya udah deket tempatnya....dan setelah ane jalan dan beberapa kali nanya ternyata jaraknya dari tempat ane nanya masih 3-4 km lagi gan..emoticon-Hammer2...bu...bu kalau kasih tau yang bener ya tar kalau ketemu lagi ane kitik2 ya emoticon-Mad (S)....sambil jalan sempoyongan dan beberapa kali istirahat rasanya lega banget setelah ketemu tempat itu...eureka..eureka teriak ane..untung gak sambil bugil pas teriak eureka..emoticon-Ngakak....beli tiket sambil duduk dan menikmati semilir angin sore di pantai rasanya nyaman banget gan..apalagi abis jalan 5-6 km dr stasiun LRT Quinino rasanya itu duduk ter-nikmat...

Spoiler for ”Manila Dinner Crusie":


biaya per orang PHP 550 dan kapalnya muter2 sambil dikasih Dinner….makanya model fine dining..jadi pertama keluar Soup trus main menunya Nasi + Fish Fillet digoreng pakai tepung + setak ibab+salad ..rasanya menurut ane enak…muter kapalnya sekitar 45 menit.pas disono ada juga kapal lain yang harganya PHP 650 Cuma makannya di kapal itu model buffet. setelah kelar ane jalan ke jalan raya dan rencananya mau langsung balik hotel. pas nunggu Jeepney nanya ama orang yang satu kapal sama kami kalau mau ke Taft (nama jalan ) gimana caranya. dia bilang setau dia gak ada yang kesono dan dia saranin utk naik taxi aja..pas ane lagi nanya ada Jeepney lewat dan dia nanya apa Jeepney itu ke tujuan yang dia mau dan si supir bilang enggak sambil nunjukin papan rute nya dia (kayaknya si supir gondok soale udah dibilang gak lewat eh ini orang nanya mulu). pas si supir nunjukin papan rute nya dia bilang..nah ini lewat Taft nih dan waktu ane konfirmasi ke supirnya si supir ngangguk ..ya udah rejeki nih ane langsung loncat dan duduk manis di situ.situasi malam di Manila pasti macet jadi butuh sktr 45 menit nyampe lah di Taft. disitu nanya maning kalau mau ke Makati Ave gimana. ketemu cowok rambut gondrong dan disarankan naik taxi…taxi maning ..taxi maning…ya udah karena capek kami mutusin naik taxi.nyari taxi di jam bubaran kantor ternyata gak gampang (sama kayak di Jakarta).nunggu gak nemu nemu taxi nanya lagi dan ane ngomong ke orang yang ane tanya gak mau naik taxi soale susah nyarinya.dia jawab nanik aja yang ke arah depan dan berenti di bundaran setelah itu cari yang ke Makati Ave.ane turutin saran orang itu dan bener naik Jeepney sekali trus nyampe kayak perempatan dan ternyata disitu kayak terminal (kayak model di Cawang) setelah turun nuker duit dulu beli donat soale udah gak punya pecahan kecil dan naik Jeepney lagi ke Makati Ave. Jeepney yang ane naik dari sini bentuk nya sedikti beda dari Jeepney yang biasa. ini lebih mirip kayak metro mini tapi lebih kecil dan dalamnya ver-AC, ongkos nya juga bayar ke supir pas turun. gak perlu estafet.nyaris kebablasan lagi untungnya dikasih tau sebelah ane kalu dah nyampe.jalan kaki lagi langsung ke hotel untuk istirahat karena besok mau ke Puerto Princesa…..Puerto Princesa i’m coming……
DAY 3 (16-11-2013)
Pesawat ke Puerto Princesa jam 12.00 tapi untuk antisipasi macet dan karena mau naik bis maka ane putusin jalan dr hotel sekitar jam 9. setelah sarapan dengan menu yang sama ama kemarin dan nanya resepsionis cara naik bis ke bandara. barang bawaan yang gak kepake ane titipin dulu ke hotel trus jalan sktr 50 meter dr hotel dan naik Jeepney ke EDSA. dari situ ane lihat ada bis lewat dan ada tulisan NAIA tapi gak mau diberentiin karena emang bukan di halte..TOP deh kalau disini mau diberintiin dimana aja bisa. karena ada pagar pembatas dijalan maka ane sempet bingung pas ada tangga dan jalan lurus..jalannya kecil jadi ane pikir harus naik tangga untuk sampai ke ujung satunya…ada mbak2 juga yang bilang ikutin dia aja…eh sampai di atas mbaknya bilang jangan naik tapi tadi jalan lurus aja..emoticon-Hammer2…apa ane waktu itu salah denger ya..alhasil udah capek2 naik lalu turun lagi dan jalan lurus lewat gak sempit tadi..emoticon-No Hope. sampai di halte nanya ama cowok gondrong tapi hati hello kitty dan dia bilang..”ok, i will show you bus to NAIA”….matur nuwun ya …gak lama bis nya dateng lalu mulailah perjalanan menembus kemacetan Manila…sktr 1 jam bis nyampe di Terminal 2 (setau ane gak ada bis/angkutan umum yang langsung ke Terminal 3 dan 4). jadi kalau mau ke terminal 3 / 4 harus ke terminal 2 dulu. dari tempat turun bis jalan sekitar 100 m ada tulisan Airport Shutlle. baru aja duduk eh ditagih PHP 20 per orang…dalam hal ini lebig mending bandara kita tercinta CGK yang nyediain shuttle gratis antar terminal..emoticon-2 Jempol. yang aneh nya lagi jalan menuju terminal 3 dan 4 harus lewat jalan umum dan seperti biasa muacet maning..emoticon-No Hope..untuk urusan ini ane kembali acung jempol buat CGK yang semua terminal ada dalam satu komplek. nyampe di terminal 3 sktr jam 11 an trus langsung cek ini

Spoiler for ”Check In Counter":


pesawat berangkat lebih cepet sktr 15 menit.mungkin pilot nya dah kangen ama istri yang tinggal di Puerto Princesa kali yak. Puerto Princesa kotanya kecil gan mungkin seluas Bogor kali ya dan infrastruktur jalannya menurut ane masih mending di Indo

sebelum kesini ane ada baca blog yang ditulis oleh orang Pinoy dan dia bilang kalau mau irit utk city tour dengan jumlah orang minimal 2 naik aja tricycle dan dia kasih nama recommended supir tricycle. ane hubungi salah satunya (Ryan) via eamil eh dijawab gan ..keren supir becak disono udah melek teknologi.di email tersebut kami juga dah deal harga PHP 600 untuk ke beberapa tempat disono.

gimana bisa lebih murah monggo cek sendiri gan. http://www.lakas.com.ph/2011/12/chea...cesa-palawan/. thanks ya agan pinoy yang baik hatinya, blog mu sungguh membantu diriku..emoticon-shakehand.

keluar dari airport ane coba hubungi orangnya dan langsung ketemu. masih muda dan kocak juga orangnya.

Rute City Tour :
Lunch @ Badjao Rest
Immaculate Conception Cathedral
Plaza de Quartel
Crocodile Farm
Bakers Hill
Rancho Mitra

setelah keluar dari airport dengan “limousine” nya Ryan ane sempet kaget karena masih jalan yang lobang lobang dan jalan menuju restorannya juga masih ada yang tanah…apa ya becek naik ojeg kalau ujan ya. nyampe di restorannya ane ajakin Ryan makan tapi dia gak mau dan dia bilang ntar kalau udah selesai telp dia aja.mungkin dia mau cari penumpang dulu. di restoran itu ane pesen Chicken Adobo dan Ikan Bakar. Adobo sebenernya cara masak / bumbu khas sono gan..rasanya asin gurih,,enak dah pokoke..restorannya ini berdiri di atas hutan bakau dan hadap ke laut….indah bener pemandangannya..emoticon-2 Jempol

Spoiler for ”Badjao Seafront Restaurant":

setelah kenyang dan telp Ryan maka saat nya city tour...emoticon-Ngacir...tujuan pertama ke Immaculate Conception Cathedral. ini gereje tertua disitu

Spoiler for ” Immaculate Conception Cathedral ":


setelah foto2 dan doa trus cabut dan Ryan bilang mau dianter ke toko oleh2 dulu…yah ane pikir kasih tambahan lah buat Ryan. toko oleh2nya ada yang model kios kios kayak di pasar dan ada toko yang ber AC tapi berada di satu komplek. disni ane mulai kalap untuk belanja padahal masih ada beberapa hari di Filipin. dan gak perhitungin sisa PHP dikantong. disono beli pasmina dan tas tenteng buat kakak & nyokap ama kacang mete buat camilan ane. pas lagi milih2 Ryan ingetin supaya cepet karena abis ini mau ke Crocodile Farm dam disono tutup jam 4.30. ya udah ane langsung bayar aja belanjaan ane dan cabut ke Crocodile Farm. Ryan udah berusaha ngebut tapi tetep aja nyampe sono udah tutup..emoticon-Mewek…tapi Ryan coba loby securty disono supaya ane bisa masuk di pelatarannya dan ambil foto dan akhirnya diijinkan ama security.


Spoiler for ” Crocodile Farn ":


kelar dari sini langsung cabut ke Bakers Hill...ini sebenernya toko roti biasa cuma owner nya pinter jadi dia bikin di dalamnya ada taman bermain ada juga taman satwa walaupun Cuma ada sedikit satwa disitu dan salah satunya ada burung kaswari. tempatnya juga sejuk karena ada di ketinggian jadi menurut ane ini laku karena faktor tempat yang enak..disini ane beli kue Bakpia (tulisannya juga mirip apa Bakpia Cuma ane lupa nama persisnya apa) isi ubi dan beli roti keju juga. nothing special sih roti nya.

Spoiler for ” Baker’s Hill":


kelar dari situ Ryan bilang mau balik atau kemana lagi?..ane bilang aja mau ke Rancho Mitra...tempatnya gak jauh dari Baker’S Hill sktr 2 km diatas Baker’s Hill dan dari referensi yang ane baca ini tempat punya orang kaya sana .tempatnya luas ada kandang kuda dan banyak orang pacaran. karena ane sampai sono udah gelap maka cuma foto2 bentar dan itupun hasilnya jelek..maklum kamera pocket..emoticon-Malu

Spoiler for ” Rancho Mitra":


setelah selesai dari sini tujuan selanjutnya adalah ke hotel.(Cutadel Bed & Breakfast).harga PHP 1250 per malam include breakfast plus airport transfer PP.ane langsung deal dengan ownernya via email. pas jalan ke hotel yang bikin ane kaget adalah jalan menuju hotel masih tanah dan ternyata emang banyak hotel yang jalan masuknya masih tanah (ane tau pas antar jemput peserta Undergound River). hotelnya sih bagus, bangunan baru, ada kolam renang, ownernya cerk juga ramah tapi yang gak tahan ya itu..jalan masih tanah (gak semua sih paling sktr 500 m yang tanah), tempatnya masuk kedalam yang sepi. pas anter ane dan kurang dikit lagi nyampe ban Ryan kempes gan...duh sedih jadinya....dia cariin sesama supir tricycle dan bolang suruh anter ane ke hotel itu...bayar ke Ryan PHP 600 dan kasih tip PHP 60...trus bayar ke supir tricycle pengganti PHP 30 dan nyampe lah ke hotel.

Spoiler for ” Limousine buat City Tour":



Spoiler for ” Citadel Bed & Breakfast":


setelah nyampe isi form serta dijelasin tata tertib ane tanya kalau mau makan atau mall di sekitar situ jauh apa enggak. ownernya bilang gak jauh, naik aja tricycle nanti bayar PHP 50 dan akan dipanggilan ama dia. kelar mandi ane turun dan bilang kalau udah siap dijemput ama tricycle dan sktr 10 menit an tuh tricycle datang dan meluncur ke Robinson Mall utk makan malam. Mall ini katanya baru berdiri 2 tahun dan ada 2 lantai. gak terlalu gede sih.

Spoiler for ” Robinson Mall Palawan”:



nyampe disono keliling bentar dan nemu toko buku yang harganya lagi obtal. beli buku 2 buah untuk ponakan ane.trus keliling cari resto yang cocok. akhirnya diputusin makan di ”Mang Inasal”..cabangnya ane lihat banyak di Manila...ini kayaknya restoran fast food khas sana....ane pesen”Bangus Sisig+ seharga PHP 99. ini kayak ikan dimasak hot plate...rasanya enak gan..karena istri masih kenyang jadi dia liatin ane makan doang

Spoiler for ” Mang Inasal”:


oh ya disini nasi boleh nambah sampai muntah ..istilahnya UNLI RICE (heran nyebut Unlimited aja di singkat jadi Unli,bikin bingung orang).jadi pas makan ada pegawai yang bawa termos nasi dan keliling2 kalau ada yang mau nambah. yang bikin ane takjub ada cewek udah ibu2 makan nya sampai nambah nasi 3 x..emoticon-Bingung. kelar makan nyari tricylce sambil nunjukin kartu nama hotel biar gak nyasar dan deal di PHP 40. nyampe hotel ngopi2 sambil ngobrol ama istri tercita di teras trus bobo…prepare for Underground River Tour tommorow…nite nite…..
DAY 4 (17-11-2013)
Bangun pagi dengan badan yang segar dan kebetulan hari ini pas ultah penikahan kami yang ke 6 jadi saling memberikan kecupan mesra di kening…emoticon-Kiss..setelah mandi turun ke bawah buat breakfast.ada beberapa pilihan breakfast dan kami berdua pesen Chicken Condoliza (tulisannya gak yau bener atau enggak) + telor mata sapi dan nasi. Chicken Condoliza itu sebenernya kayak sosis dan rasanya manis.

Spoiler for ” Breakfast Menu”:


pas sarapan ane ngobrol ama owner nya mengenai rencana kami untuk dinner di Kahlui (dapat referensi dari blog org Pinoy seperti yang ane dah tulis diatas).dia bilang kalau mau makan disono harus deposit dulu sebesar PHP 500 karena banyak yang udah booking lalu cancel dna menurut dia untuk berdua bisa habis PHP 2000. dia bllang kalau masih mau ntar dia bisa suruh orang untuk bookingin tapi harus kasih PHP 500 duli ke dia. Dia kasih usul kalau mau makan aja di Kinabuchs, makanan enak dan harga juga lebih murah (di referensiin di blog org Pinoy juga) ya udah kami pikir mending makan di Kinabuchs aja deh. trus kami juga nanya pas ke Undergournd River perlengkapan apa aja yang harus dibawa dan dia bilang salah satu satunya adalah pakai sandal. dan dihotel itu disedian sandal 2 pasang (herannya ukurannya pas untuk kami berdua,mungkin sebelum kami datang dia nanaya dulu ke dukun kali yak…emoticon-Ngakak)…dan sandal itu bener2 unik gan..monggo dibuka spoiler nya dengan hati2

Spoiler for ” Sandal Unik”:


setelah kelar sarapan nunggu 15 menit pas jam 9.30 seperti kata owner nya mobil jemputan datang. kami peserta terakhir yang dijemput. didalam mobil sudah ada group 3 org pinoy ( 2 cewek dan satu cowok) , ibu dan anak dari kanada, pengantin muda org pinoy dan 2 mbak mbak pinoy asal cagayan de oro. total ber 11.harga tour nya PHP1500 per orang inlude buffet luch. pesen dari hotel tempat kami nginap. guide kami namanya Ed dan sepanjang perjalanan dia jelasin asal usul underground river, apa yang akan dilakukan disana,berapa lama disana, etc.selama perjalanan ya kayak jalan ke luar kota aja kalau di Indo dan berenti sekali ditempat istirahat buat yang pengin pipis atau belum sarapan. ditempat itu ada satu tempat yang bisa liat Ugan Bay (Ugan Bay View)
Spoiler for ” Ugan Bay View”:


kelar dari situ langusng cabut ke Pantai Sabang dan total makan waktu dari hotel sekitar 1,5 jam. setelah nurunin kami maka Ed ngurus ijin untuk ke Undergorund.

Spoiler for ” Pantai Sabang ”:


ijin dah beres saatnya nunggu kapal untuk menuju Undergound River. satu kapal 1si 6-8 orang dan di kapal ane waktu itu bareng ama Ed dan rombongan pinoy yang 3 orang/ sktr 20 menit nyampe lah ke gerbang Underground River

Spoiler for ” Undergournd River ”:


karena satu kapal maksimal isi 10 orang dan rombongan kami ber sebelas maka pas ada tempat lowong untuk dua orang, guide kami nawaran kami untuk naik duluan.lumayan jadi antri nya lebih cepet. menyusuri Underground River nya sktr 45 menit dan kami dipandu oleh guide yang kocak abis. dia jelasin beberapa stalagtit dan stalagmit yang bentuknya macem2.ada yang benruk sayuran,ikan,binatang, dsb.sungguh disitu ane merasa ciptaanNya sungguh luar biasa dan indah. udah coba ambil foto tapi tetep aja jelek karena faktor kamera..emoticon-No Hope.setelah selesai nungguin temen rombongan lain yang masih jalan. sambil nongkrong sambil ngeliatin mongki yang ternyata ganas juga karena ada turis Cina yang kekuarin bungkus permen dan langsung direbut..untungnya gak kena tapi bikin kaget. setelah semua rombongan selesai maka balik lagi ke pantai Sabang naik kapal (nomor kapalnya sama ya jadi inget2 nomor kapalnya pas naik. nomor kapal ada di sisi kiri dan kanan). acara selanjutnya buffet lunch

Spoiler for ” Buffet Lunch ”:


jujur ane merasa makan disini adalah makan yang paling gak enak selama ane di Filipin walaupun masih kemakan sih..Cuma masakannya rasanya rada aneh aneh. setelah semua selesai makan lalu naik mobil. selama di perjalanan ane tidur2 ayam sambil denger musik dari mobil . rombongan pertama yang di anter 3 orang pinoy lalu pasangan pinoy muda baru kemudian kami berdua. jalan ke hotel tempat mereka juga parah, masih tanah dan sempit. sampai hotel mandi bentar dan langsung tidur…lumayan lah bisa tidur sejam sebelum lanjut dinner di Kinabuchs. bangun tidur kuterus mandi tidak lupa menggosok gigi…*malah nyanyi emoticon-Hammer2. karena udah mandi maka bangun tidur cuci muka dan nyisir biar ganteng trus turun dan minta penjaganya dipanggilin tricycle ke Kinabuch. deal di PHP 75. 10 menit nunggu “Roll Rpyce” yang kami pesan dateng dan sktr 15 menit dah nyampe Kinabuchs. tempatnya enak, lapang. ada 4 hall buat makan. satu didepan bangunan permanen dan kecil, trus ditengah pakai atap bambu, dibelakang yang lebih buat minum trus samping kanan bangunan permanen juga. ada layar buat nonton TV juga. kami pesen Seafood saos creamy dan Chicken apa gitu namanya (dimasak hot plate dan ada togenya) dan kentang goreng karena istri lg gak mood makan nasi...makanan disini rasanya top markotop

Spoiler for ” Kinabuchs Grill & Bar”:


perut kenyang hatipun riang..saatnya kembali ke hotel. pas nanya tricycle yang mangkal didepan resto mintanya PHP 120...busyet mahal amat mas...ya udah kami akalin jalan kaki dikit supaya gak keliatan abis makan disitu.jalan 100 m ketemu tricylce yang lagi mangkal sodorin kartu nama hotel dan deal di PHP 60.sampai hotel packing dan ngobrol bentar sebelum tertidur pulas.
DAY 5 / LAST DAY (18-11-13)
Jam 7 ane bangun , mandi lalu sarapan karena kemarin dibilangin owner nya mesti jalan ke bandara jam 8 pagi. pagi itu pesen roti bakar, ham dan jamur.kelar makan jemputannya gak dateng2 dan akhirnya dianter sendiri ama ownernya ke bandara bareng setelah dia anter anaknya sekolah, pas dianter ada satu cewek pinoy yang mau ke Manila juga. nyampe bandara langsung cek in dan bayar airport tax PHP100 per orang.heran dari Manila gak ada airpot tax kenapa disini mesti bayar, koq gak seragam kayak bandara Indo ya..emoticon-Bingung...mana amunisi PHp dah tipis pulak..emoticon-Malu

Spoiler for ” Puerto Princessa Airport”:


pesawat mendarat tepat di Manila jam 10.55…keluar dari airport disambut gerimis mengundang…(Puji Tuhan selama 4 hari sebelumnya di Filipin gak pernah ujan)..rute hari itu beli oleh oleh ke KulturaAmbil Tas di HotelMall of AsiaNAIA. setelah nanya dimana bisa nyari Jeepney untuk ke Pasay sebelum nyari bis ke Kultura maka kami jalan sktr 200 m sampe perempatan jalan untuk ke Kultura.nyampe di Pasay cari bis yang ke arah Makati. dari tempat turun bis masih kudu jalan lewat jembatan penyeberangan sktr 300 m. nyampe Kultura mulai lah proses pilah pilih oleh oleh yang membuat dompet tambah tipis..emoticon-Mewek…kelar belanja acara wajib selanjtunya adalah makan siang, karena amunisi udah tipis maka diputusin makan di foodcourt SM Makati

Spoiler for ” Lunch @ SM Makati Foddcourt”:


makan selesai lanjut ke hotel untuk ambil tas. nah disini mulai ada tragedi salah naik Jeepney.sampai harus puter puter beberapa kali.emoticon-Mewek. jadi ceritanya karea dah pernah naik Jeepney dari mall ini ke hotel maka ane dengan PD langsung naik Jeepney yang mangkal seperti pertama kali ane naik. setelah Jeepney jalan dan mulai muter2 perasaan dah gak enak karena jalan yang dilewatin kenapa gak familiar ya..bener aja setelah penumpang tinggal dikit si supir mulai nanya mau pada turun dimana, pas giliran ane jawab ke Makati dia geleng geleng kepala sambil nggumam gak jelas..wah makin yakin aja nih kalau nyasar.bener aja sktr 10 menit kemudian pas ada pangkalan Jeepney si supir nyuruh turun dan bilang naik Jeepney itu aja kalau mau ke Makati Ave.ya udah dengan langkah gontai kami turun ditempat itu, pas turun ada Jeepney yang nanya kami mau kemana trus si supir bilang kalau mau ke Makati mesti 2 kali..dia bilang “two ride..two ride”...akhirnya naik Jeepney itu dan diturunin di tempat yang dilewatin Jeepney ke arah Makati Ave. pas di Jeepney kami nanya apa in lewat jalan Kalayaan dan si supir bilang lewat. ya udah kami pikir turun aja di Kelayaan soale posisi hotel kami lebih deket kalau akses lewat Kalayaan. pas nyampe Kelayaan (udah kelewat 100 m an sih) si supir nunjuk nunjuk kami untuk turun..lha koq jalan Kelayaan nya beda ya ama yang kami maksud..emoticon-Cape d.....setelah turun dan coba mengingat2 ini dimana ya dan akhirnya nyerah dan nanya orang lagi..untungnya yang ditanya jawab nya bener...dia suruh jalan ampe lampu merah dan suruh naik Jeepney yang arah lurus aja...akhirnya setelah nyasar beberapa kali ketemu juga tuh hotel....ambil tas bentar, isi air minum, pipis dan say thanks ke resepsionis nya kami langsung cabut. tujuan selanjutnya adalah Mall of Asia..oh ya kenapa kami putuskan Mall of Asia terkahir karena mall ini letaknya searah jalan ke bandara dan udah gak terlalu jauh, jadi kami pikir mending muter2 aja di sono sambil ngabisin waktu. karena sebelumnya udah pernah lewat mall ini jadi perjalanan ke sini lancar dan gak nyasar..tapi muacceeettt ya teteup....emoticon-No Hope..

sampai Mall of Asia titip tas dulu daripada disangka teroris karena bawa 2 tas ransel. tempat titip tas nya gratis bahkan dia sediain service kalau agan belanja disono dan masih mau ngider ntar belanjaannya bisa diambil ditempat ini malah ada tempat parkir khusus untuk pengunjung yang lagi ambil barang belanjaannya disini...

Spoiler for ” Mall of Asia”:


karena stok PHP udah gak cukup lagi maka disini juga sempat ambil PHP di atam BDO (bank lokal sana).ambilnya PHP500 tapi kena charge dr BDO nya PHP200 dan kena charge nya BC* IDR 25.000…emoticon-Cape d...

aktivitas di Mall of Asia cuma jalan, duduk, jalan lagi, duduk lagi, pipis, ambil minum gratis di foodcourt sampai sktr jam 17.00.setelah itu kami putuskan cabut aja ke NAIA. flight ane jam 20.55 tapi gak mau ambil resiko dengan kemacetan Manila yang sungguh luar biasa, jadi lebih baik nunggu di NAIA drpd ketinggalan kereta…eh pesawat ding….nunggu bis di depan Mall of Asia dan karena jam pulang kantor jadinya bis penuh.setelah sampai di terminal 2 maka kami nunggu di tempat Airport Shuttle dan bener saja untuk nunggu bis nya dateng kami harus nunggu 45 menit karena bis nya kena macet saat mau pulang dari terminal 3 ke teminal 2.(kayaknya juga cuma ada satu bis doang)..untung perjalanan ke terminal 3 lancar (waktu ke Puerto Princesa arah ke terminal 3 macet…gak jelas emang arus lalin di sono)..nyampe terminal 3 langsung check in (gak sempet web check in) dan drop bagasi (sayang sebenernya beli bagasi soale lebihnya dadi yang dikasih free 7 kg juga gak banyak tapi karena denger Cebu suka ketat dalam hal bagasi maka biar hati tenang dan riang gembira waktu itu ane putusin beli bagasi aja)…

Spoiler for ” Check In”:


urusan check in beres skrg saatnya makan…karena ane masih terbayang2 buger Jolibee yang menurut ane paling enak sedunia maka ane ajak istri untuk makan di Jolibee…ane makan burger itu dan istri makan Spaghetti

Spoiler for ” Jolibee”:


makan selesai langsung masuk imigrasi yang menurut ane petugasnya lelet minta ampun dan panas….gak tau AC nya gak nyala atau dikecilin….yang pasti banyak penumpang yang resah dan gelisan karena panas dan lelet…kelar imigrasi langsung nunggu di gate 112…

Spoiler for ” Boarding Pass”:


baru aja duduk 5 menit udah ada pengumuman untuk pindah ke gate 115…pindah mulu nih..gak di CGK gak di NAIA pindah mulu kerjaannya..emoticon-Mad (S)….nyampe gate 115 duduk ngelesot di lantai (tempat duduk dah penuh) eh ketemu 2 cowok yang pergi nya juga bareng (lihat cerita ane di awal) lalu terlibatlah obrolan seru dengan mereka (mereka dr Manila lanjut ke Bohol) dan saking asyiknya tiba tiba terdengar suara yang nyebut nama kami ber empat…oooolaaaahh ternyata sudah saatnya boarding dan karena asyik ngobrol kami gak denger..emoticon-Ngakak..jadi lah kami ber empat lari lari kayak ngejar angkot...emoticon-Ngakak…perjalanan pulang load factornya gak sepenuh yang perrtama. mungkin sktr 60%..nyampe CGK gak pakai delay…urus imigrasi ambil bagasi trus jalan ke depan untuk cari taxi untuk pulang ke rumah kami tercintah……...
…….….dan selesailah perjalanan indah kami menjelajah Manila dan Puerto Princessa….
ane ninggalin jejak dulu ya gan.buat kalo ada trip ke sini
fotonya gak keluar gan emoticon-Sorry
Nice FR.. Ga mampir ke Palawan Beach kok? Kmrn ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Asia (atau Asia Tenggara ya, saya lupa) loh..
sayang pic nya uda nga ada
Quote:Original Posted By redemption878
ane ninggalin jejak dulu ya gan.buat kalo ada trip ke sini


silahken gan

Quote:Original Posted By kiweenstown
Nice FR.. Ga mampir ke Palawan Beach kok? Kmrn ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Asia (atau Asia Tenggara ya, saya lupa) loh..


thanks bro..waktu nya gak sempat ke Palawan Beach

Quote:Original Posted By mayandra777
fotonya gak keluar gan emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By maxcaliber
sayang pic nya uda nga ada


kerusakan udah diperbaiki gan..emoticon-Malu

hmm..klo diliat dr photonya PH kyknya g bgus ya , lbi tepatnya kaya di Jakarta era 70an sih..mungkin hru ke pulau2 kecil lainnya ya..sprtinya msi bgusan indo jauhhemoticon-I Love Indonesia (S)
keren gan!!emoticon-2 Jempol
Nice FR gan, silakan cek kulkasnya emoticon-Angkat Beer
Kerenn gan... Btw klo bosen keliling" Manila City, mampir aja k Quezon City, utaranya Manila... Disana malah ada landmark dr Filipina sndiri yaitu Quezon Memorial Shrine, kurang lebih sma kyk monas tpi isinya mansoleum dr mantan presiden Persemakmuran Filipina Manuel L. Quezon
TRnya mantap gan emoticon-Big Grin
mantap nih sampek manila segala emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By azroel3
TRnya mantap gan emoticon-Big Grin
mantap nih sampek manila segala emoticon-Big Grin


dapet tiket murah gan jadi gelap mata..emoticon-Ngakak
thanks seger2nya...
Quote:Original Posted By kawer15


dapet tiket murah gan jadi gelap mata..emoticon-Ngakak
thanks seger2nya...


sama2 gan emoticon-Big Grin
lumayan lah referensi ke filipin emoticon-Big Grin
(biar di sana gak kaya orang ilang emoticon-Malu)
gan salam kenal.. ane 2 minggu lagi juga mau ke Filipina. transit sebentar di Manila trus lanjut ke Coron, Palawan. ane ada beberapa pertanyaan tentang Manila ni:
1. Soal airport tax.. pas agan pergi dari Manila, untuk pulang balik ke Jakarta.. agan kena airport tax ga? soalnya ane googling, banyak yang bilang ada airport tax 550 PHP.. lumayan bikin pengsan tarifnya.

2. Soal terminal 4 NAIA, agan pas mau pergi ke EDSA ga pakai taxi atau airport bus ya? kalo boleh tau itu naek jeepney? ada jeepney dari terminal 4?

3. Ane mau beli cukup banyak oleh2 khas manila, ane awalnya pikir barang2 di greenhils murah n bisa ditawar (semacam chatucak di Bangkok), tapi setelah liat postingan agan... ternyata harga barangnya ga beda jauh sama Kultura ya? kalau boleh tau kisaran harga T-shirt paling murah di Kultura berapaan gan?

Sementara itu dulu dari ane.. ditunggu responnya