alexa-tracking

Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529c2b251bcb17fd50000179/komputer-kuantum-teknologi-super-komputer-tercanggih-di-dunia
Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia
Quote:


Dulu pada saat komputer kali pertama diperkenalkan orang tidak akan mengira bahwa suatu saat komputer yang berukuran besar bisa diberada diatas meja dan ditenteng kemana kita pergi. Bahkan generasi palmtop sudah bisa tampil di atas telapak tangan.

Beberapa waktu lalu para ilmuwan di Pusat Penelitian di Almaden telah berhasil menjalankan kalkulasi komputer-kuantum yang paling rumit hingga saat ini. Mereka berhasil membuat seribu triliun molekul yang didesain khusus dalam sebuah tabung menjadi sebuah komputer kuantum 7-qubit yang mampu memecahkan sebuah versi sederhana perhitungan matematika yang merupakan inti dari banyak di antara sistem kriptografis pengamanan data (data security cryptographic system).

Spoiler for img:


Keberhasilan ini memperkuat keyakinan bahwa suatu saat komputer-komputer kuantum akan mampu memecahkan problem yang demikian kompleks yang selama ini tidak mungkin dapat dipecahkan oleh superkomputer-superkomputer yang paling hebat meski dalam tempo jutaan tahun sekalipun.

Spoiler for img:


Ide mengenai komputer kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).

Sebuah komputer kuantum mendapatkan kemampuannya dengan memanfaatkan sifat-sifat kuantum tertentu dari atom ataupun nukleus yang memungkinkan mereka bekerja bersama sebagai suatu bit kuantum, atau "qubit", yang berfungsi sebagai prosesor sekaligus sebagai memori pada waktu yang sama. Dengan mengarahkan interaksi-interaksi di antara qubit-qubit, sementara mereka terus diisolasikan dari lingkungan eksternal. Para ilmuwan berhasil membuat sebuah komputer kuantum menjalankan kalkulasi-kalkulasi tertentu, seperti pemfaktoran, dengan kecepatan yang secara eksponensial lebih tinggi dibandingkan komputer konvensional.
Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia

Bila kita menggunakan komputer konvensional untuk melakukan pemfaktoran bilangan-bilangan besar, setiap penambahan digit akan melipatduakan waktu yang dibutuhkan untuk menemukan faktor-faktornya. Sebaliknya, waktu untuk melakukan pemfaktoran dengan menggunakan komputer kuantum hanya akan bertambah panjang secara konstan bila sebuah digit ditambahkan ke bilangan yang akan difaktorkan tersebut.

Dan dengan komputer ini, hanya butuh beberapa menit saja! Inilah Komputer Kuantum, Quantum Computer

Apa kegunaannya ?

Ini adalah salahsatu contohnya yang paling kompleks. Untuk memecahkan sebuah kode rahasia, seperti password misalnya, bergantung pada banyaknya digit yang harus dihitung. Makin sedikit jumlah digitnya, makin mudah. Makin banyak, tentu makin sulit. Katanya kalau digitnya misalnya sudah mencapai 140 digit, maka untuk menemukan kombinasinya perlu waktu milyaran tahun bagi komputer biasa untuk menemukannya! Nah bagi Komputer Kuantum, ini bisa dipecahkan dalam waktu, beberapa puluh menit saja!

Mungkin nanti dengan teknologi kuantum kita bisa juga untuk melihat secara detail seperti apa sebenarnya bentuk dan pergerakan atom! Atau memahami dengan lebih jelas tentang mekanika seluruh galaksi dan alam semesta. Mungkin juga akan mempermudah penciptaan energi fusi nuklir yang dahsyat dan aman. Memprediksi cuaca secara akurat, berbulan-bulan sebelumnya. Dan tentu saja, Artificial Intelligence yang lebih baik.


Komputer Kuantum `Tercanggih Sejagat` Akan Dipasang di NASA

Spoiler for cpu:


Sebuah komputer super bernilai US$ 15 juta atau sekira Rp 146 miliar yang menggunakan prinsip 'fisika kuantum' akan segera diinstal di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Komputer itu akan dipakai bersama oleh Google NASA, dan ilmuwan lain. Dengan komputer itu, mereka bisa mengakses mesin yang 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvensional.

Tidak seperti mesin lain yang standar, prosesor D-Wave Two terlihat memanfaatkan efek yang disebut terowongan kuantum -- membuatnya bisa memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya dalam sepersekian detik.

Secara efektif, komputer super ini bisa mencoba semua solusi yang mungkin dalam waktu bersamaan, dan memilih yang terbaik.

Google ingin menggunakan fasilitas Ames Research Center milik NASA yang terletak di California, untuk mengetahui bagaimana komputasi kuantum bisa memajukan teknik belajar mesin dan kecerdasan buatan, termasuk untuk mengenali suara.

Para peneliti dari universitas juga punya porsi waktu 20 persen melalui Universities Space Research Agency (USRA).

Super-rumit

Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia

Perusahaan Kanada, D-Wave Systems yang membuat mesin itu, mengundang skeptisisme selama bertahun-tahun dari para ahli komputasi kuantum di seluruh dunia. Sampai penelitian diuraikan awal tahun ini, sejumlah ahli menduga, mesin yang dihasilkan perusahaan itu tak punya bukti menggunakan efek khusus kuantum.

Apalagi, komputasi kuantum memanfaatkan perilaku 'aneh' materi dalam skala kuantum. Komputer kuantum tidak menggunakan bits tetapi qubits (Quantum Bits).

Sebaliknya, D-Wave Systems fokus membangun mesin yang mengekspolitas teknik yang disebut quantum annealing -- cara penyulingan solusi matematika yang optimal dari semua kemungkinan.

Sementara, quantum annealing dimungkinkan oleh efek fisika yang dikenal sebagai terowongan kuantum.

Jika ini tidak diwujudkan, "Di masa depan, 20 tahun dari sekarang, kita akan melongok ke belakang dan bertanya-tanya mengapa tak ada orang yang pernah berpikir bahwa ini adalah ide yang bagus," kata Geordie Rose, chief technology officer D-Wave, seperti dikutip dari BBC, Jumat (17/5/2013).

Menurut sebuah makalah yang dipresentasikan minggu ini, komputer kuantum ini memiliki cara kerja yang cepat. Hanya butuh lebih dari setengah detik untuk memecahkan masalah tertentu, dibanding perangkat lunak komputer biasa yang butuh setidaknya 30 menit.

Kabarnya perangkat berharga Rp 146 miliar ditempatkan di sebuah kotak dan akan diinstal NASA, dan mulai bisa dimanfaatkan para peneliti musim gugur 2013 mendatang.

Penggunaan komputer kuantum tak akan serta-merta menyingkirkan komputer digital. Sebab, masih sulit diciptakan dan harganya mahal.

Spoiler for sumber:


Spoiler for bonus:
keren gan emoticon-Matabelo
image-url-apps
gile keren gan password nanti bisa di retas tuh emoticon-Matabelo

makin keren aja komputer skr gan
KASKUS Ads
Kalo sampe jatoh ke tangan yang salah bisa berabe nih gan

emoticon-Takut

Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia
cuma beberapa menit password bisa diketahui, wah pengen ane jadinya.
wah komputernya makin keren aja gan
Quote:

emoticon-Ngakak
iya gan, jenis2 enkripsi kya sha1, md5 bisa dikrack dgn mudah hanya dalam hitungan detik-menit

Quote:
di fjb udah ada yang jual blom yak?? emoticon-Ngacir
itu di isi di CPU semua emoticon-Matabelo
image-url-apps
harganya ampe 146 m... emoticon-Matabelo
Canggih beneerrrrr emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
image-url-apps
emoticon-Matabelo
Pengen gan
Quote:

Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di DuniaKomputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di DuniaKomputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia
Komputer Kuantum, Teknologi Super Komputer Tercanggih Di Dunia
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo
image-url-apps
emoticon-Matabelo wuidih ane punya 7 gan dirumah emoticon-Embarrassment
wah, ada lagi super komputer yang lebih hebat dari komputer yang di pentagon...

emoticon-Matabelo
kapan ya kita bisa bikin teknologi yang seperti itu
image-url-apps
ajegile super duper canggih sekali
canggih bner teknologi ya emoticon-Matabelo
image-url-apps
146 M,,
ogah ah belinya juga,eh emang ada yg jual ?? emoticon-Big Grin

kalo dikasih y dterima aja emoticon-Big Grin
×