alexa-tracking

[Share] Hati-hati, Sushi Ikan Tuna Bisa Mengandung Merkuri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529c27d2c0cb17815000006f/share-hati-hati-sushi-ikan-tuna-bisa-mengandung-merkuri
[Share] Hati-hati, Sushi Ikan Tuna Bisa Mengandung Merkuri
Quote:Bismillahirahmanirahim

sebelumnya di emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S) + emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari ya gan



Spoiler for bukti:


Quote:[Share] Hati-hati, Sushi Ikan Tuna Bisa Mengandung Merkuri

Quote:Tuna yang kadar merkurinya lebih rendah adalah yellowfin dan bluefin toro. Bagaimanapun juga, belut, kepiting, salmon, dan ganggang (kelp) mengandung metilmerkuri dengan kadar paling rendah. Studi tadi juga menemukan bahwa sushi udang dan mackerel mengandung merkuri dalam kadar sangat sedikit.

Kadar merkuri bervariasi antara sampel-sampel sushi yang diteliti. Menurut peneliti, ada yang kadarnya setinggi 2,0 ppm, membuat paparan merkuri dari konsumsi sushi atau sashimi sulit diprediksi.

"Bagi orang yang jarang mengonsumsi ikan atau sushi (kurang dari sebulan sekali), memilih ikan yang akan dikonsumsi berdasarkan kandungan merkurinya mungkin tak penting.

"Namun, orang-orang yang sering makan ikan, lebih dari sekali seminggu, harus memilih dengan bijaksana. Orang yang banyak mengonsumsi sushi sebaiknya mengurangi asupan tuna," tulis peneliti, seperti dikutip dari Huffington Post (26/11/13).

Setiap orang memiliki sejumlah metilmerkuri di jaringan tubuh mereka akibat lazimnya zat tersebut di lingkungan kita serta karena konsumsi seafood. Hal ini bisa berbahaya, tergantung faktor seperti dosis, usia paparan, serta durasi dan rute paparan.

EPA mengatakan bahwa metilmerkuri dapat membahayakan janin, bayi, dan anak-anak karena dapat merusak perkembangan saraf. Makanya, ibu hamil tak disarankan mengonsumsi ikan dan kerang-kerangan yang mengandung metilmerkuri.

Bagaimanapun juga, mengutip laporan Centers for Disease Control and Prevention pada tahun 1999 dan 2000, EPA menyebutkan bahwa kadar merkuri dalam tubuh kebanyakan orang tak cukup tinggi untuk menyebabkan gangguan kesehatan.

Bukan cuma konsumen sushi yang perlu waspada akan kandungan merkuri dalam ikan. Pada 2011, Consumer Reports menulis hasil pemeriksaan kadar merkuri dalam tuna kalengan. Disebutkan bahwa tuna putih atau albacore lebih tinggi merkuri dibanding light tuna.

Namun, sebuah laporan yang dirilis baru-baru ini oleh University of Bristol menunjukkan bahwa ikan hanya menyumbang 7% merkuri asal makanan dalam manusia. Selain ikan, teh dan alkohol bisa menjadi kambing hitam kontaminasi merkuri.

Quote:

jangan lupa aganwati dan sangat tidak menolak emoticon-Toast emoticon-Toast asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)





Spoiler for Sumber:


waduh ngeri jjuga gan emoticon-Takut

untungnya gw lebih suka ikan mateng gan daripada mentah2 kek gitu emoticon-DP
ane mah ga suka makan sushi gan emoticon-Najis
rasanya gmn gitu emoticon-Najis
tuna sama salmon gampang terkontaminasi merkuri
wih bahaya ikan tuna mengandung merkuri serem