alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jengkol Makanan Orang Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529bf9d640cb177f2c000175/jengkol-makanan-orang-indonesia

Jengkol Makanan Orang Indonesia

----- Jengkol -----


Asal Usul Jengkol Jadi Makanan Rakyat Indonesia- Siapa sih yang gak kenal Jengkol ? Jengkol merupakan sebuah makanan yang cukup populer di Indonesia. Menurut saya sih jengkol itu merupakan makanan yang nikmat untuk disantap dan sangat menggugah selera karena cita rasanya yang unik. Namun buat sebagian orang keberadaan Jengkol malah didiskriminasikan karena memang baunya yang tidak sedap dan cenderung dianggap makanan pinggiran. Tapi apapun itu, jengkol tetap menjadi makanan yang lezat dan banyak digandrungi orang Indonesia.

Jengkol Makanan Orang Indonesia


Menurut data yang saya dapatkan Dulu , ternyata harga Jengkol ini sangat tinggi dipasaran, bahkan Mungkin melebihi harga daging ayam, telor, dan sembako lain. Waaaaww. emoticon-Matabelo . Jadi gak salah Jengkol sangat fenomenal di Indonesia. Nah, yang jadi pembahasan kita kali ini yaitu bagaimana sih asal usul jengkol bisa jadi makanan rakyat ? Sejak kapan jengkol ada di Indonesia ? Buat yang pengen tahu, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jengkol atau Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum, merupakan jenis tanaman khas wilayah tropis Asia Tenggara. Pohon ini bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand. Di negara-negara itu pula biji jengkol diolah menjadi rupa-rupa menu makanan.

Di Indonesia, beberapa daerah memiliki istilah sendiri-sendiri untuk menyebut tanaman ini. Misalnya orang Jawa menggunakan istilah erri, orang Sulawesi menggunakan istilah lubi, orang Minangkabau menggunakan istilah jariang, orang Lampung menggunakan istilah Jaring dan orang Batak menggunakan istilah joring atau jering.

Dalam buku "Sejarah Keraton Yogyakarta" cetakan 2009, penulis Ki Sabdacarakatama mengutip buku babad "Giyanti" tulisan Yosodipuro. Dia menyebut, pohon erring atau jengkol pernah digunakan sebagai patok cikal bakal calon kota Yogyakarta oleh Sultan Hamengku Buwono I, usai perjanjian Giyanti.

Namun demikian, makanan dari biji jengkol atau erring itu kurang popular bagi masyarakat Jawa. Jengkol lebih popular di kalangan masyarakat Betawi, Pasundan dan Sumatra. Bagi orang Sumatera jengkol cenderung dianggap sebagai makanan murahan.

Penyebabnya, biji jengkol bisa menimbulkan bau tak sedap pada napas dan sisa pencernaan. Pemakan jengkol sering menjadi korban ejekan dari sekelilingnya. Tapi uniknya, tetap banyak orang-orang yang makan jengkol.

Di Sumatera, pohon jengkol tumbuh di lereng-lereng pegunungan Bukit Barisan, pekarangan dan ladang-ladang penduduk. Orang Sumatera belum terbiasa membudidayakan tanaman jengkol. Mereka umumnya memperoleh biji-biji jengkol mentah dari tanaman liar di sekitar hutan atau yang tumbuh secara tak sengaja di ladang-ladang.

Begitu juga di Jakarta. Konon orang-orang Betawi banyak yang menanam pohon ini di pekarangan-pekarangan rumah. Misalnya di wilayah Pondok Gede dan Lubang Buaya. Sekarang dua daerah itu terkenal karena semur jengkolnya, yang disebut-sebut sebagai makanan khas orang Betawi.

Selama ini memang tidak ada catatan resmi sejak kapan Jengkol dikenal di tengah penduduk Indonesia ini. Jengkol agaknya sudah ada sepanjang umur peradaban manusia di Nusantara. Seperti dikatakan Sejarawan Jakarta JJ Rizal, jengkol ini bukan hanya dikenal di Jakarta, tapi juga di daerah lain di Indonesia.

"Tidak ada catatan resmi. Tapi jengkol sepertinya identik dengan makanan rakyat miskin, rakyat pinggiran. Makanan ini kan baunya tidak sedap, dianggap makanan sampah. Dulu mungkin orang kota tidak terlalu peduli, tapi sekarang sepertinya banyak yang suka," terangnya.

Sekian informasi mengenai Asal Usul Jengkol Jadi Makanan Rakyat Indonesia, mudah-mudahan ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat semua tentang makanan jengkol yang sehari-hari kita jumpai.

Berikut adalah contoh contoh Produk unik dari Olahan Jengkol :

Spoiler for kerupuk Jengkol:


Spoiler for Keripik Jengkol:


Spoiler for Pizza Jengkol:


Spoiler for Tambahan Dari commenter:


Jadi Agan Agan sekalian suka jengkol yang mana?????
kalo yg blm nyobain ayo buruan Cobain

Sumur : TKP with Revisi

Spoiler for jika berkenan:


Spoiler for jika tidak Berkenan:
Diubah oleh lambangnh
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
aje gile enak ga tuh keripiknya gan emoticon-Matabelo

btw baru tahu bentuk pohonnya gw
Weh kesukaan ane nih gan asal masaknya bener
kalau udah olahan jadi keripik atau kerupuk ane doyan gan, tapi kalau di sayur, mohon maaf ane gak suka emoticon-Hammer2
Jengkol Makanan Orang Indonesia
Diubah oleh n4rdji
jengkol ini memang enak gan klo di olah secara khusus ,sebagian besar orang gak suka bau nya gan emoticon-Najis
salah satu makanan paporit ane nih hehehe jadi inget di kampung dulu dibelakang rumah ada puun jengkol tinggi bener terus ada ayunannya diiket di dahannye (ampe skrg masi ada tu puun),
Diubah oleh mtneo
makanan orang yg ga nafsu makan.....emoticon-Ngakak
ane ga begitu suka gan
Taro di pekiwan donk..

Rendang
Jengkol Makanan Orang Indonesia


Semur
Jengkol Makanan Orang Indonesia


sate
Jengkol Makanan Orang Indonesia


Teri Jengki
[CENTER]Jengkol Makanan Orang Indonesia
Quote:


Jengkol Makanan Orang Indonesia

Kalo yang ini ? emoticon-Ngakak
Quote:
wah nich bikin aper aja gan…emoticon-Big Grin
Wah jengkol sih makanan kesukaan ane..., tp kalo abis makan jengkol, kencingnya mana tahan baunya..., org serumah marah semua...
kerupuk jengkol enak gan, asli mantap emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:


OK
Udah Tuh gan
belum pernah makan jengkol,enak gak ya ?
nice share gan,.,
:thumbp :thumbp :thumbp
Quote:


Coba Dulu aja Gan emoticon-Angkat Beer
Kan Kebanyakan Orang Indonesia Bilang Gak Enak Sebelum mencoba Makanan
ane belum pernah makan sama sekali gan
ibu ane gak ngerti cara masaknya gan
Quote:


di Warteg Banyak gan emoticon-Ngakak

baunya itu loh gan...mungkin kalo cewe cantik yang makan gak ngaruh kali yahemoticon-Big Grin
ane suka itu yang manis,, yang ada saus santennya... itu namanya jengkol versi gimana ya... haha jadi emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di