alexa-tracking

Kapan saatnya kita perlu berutang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529be1ef3ecb17a40d000058/kapan-saatnya-kita-perlu-berutang
Kapan saatnya kita perlu berutang
Kapan saatnya kita perlu berutang

"Pinjaman tunai tanpa jaminan hingga Rp 200 juta proses cepat, hubungi 081 " demikian pesan singkat yang tertulis pada telepon genggam, sepintas pesan tersebut menarik, tapi sesungguhnya kita wajib hati-hati karena pinjaman adalah identik dengan utang maka sudah pasti utang tersebut haruslah dapat dikembalikan berikut dengan bunganya, ya berikut dengan bunganya dan sesuai dengan jangka waktu yang disepakatinya.

Quote:


Nah untuk menjawabnya marilah kita sepakati dulu bahwa konsep utang adalah pinjam meminjam, dengan demikian karena bersifat pinjaman maka sudah menjadi kewajiban bagi penerima pinjaman (debitur) untuk mengembalikan kepada pemberi pinjaman (kreditur) dan tentunya pengembalian tersebut harus sesuai dengan kesepakatan debitur dan kreditur.

Quote:


Dengan demikian utang memiliki konsep yang sangat ketat (mengembalikan dalam kondisi apapun) maka sudah menjadi kewajiban bahwa pengambilan utang haruslah memenuhi kaidah kerja produktif, konstruktif bukan konsumtif.

Quote:


Kemampuan bayar cicilan yakni besarnya tidak melebihi dari 35 persen dari penghasilan setiap bulannya, ini berarti sangat erat kaitannya dengan:
1. Jangka waktu pinjaman serta uang muka yang dibayar (jika ada)
2. Suku bunga utang.

Quote:


Singkat kata calon debitur yang akan berhutang harus memperhatikan penggunaan dana dan kemampuan bayar, jika tidak pasti akan terjerumus dalam lubang utang yang lebih besar. Kedua hal tersebut haruslah dilakukan secara bersamaan bahkan sebelum utang diambil.

Quote:


Jika pembicaraan dengan pihak Bank tidak menemukan hasil yang memuaskan maka alangkah baiknya sebagai langkah terakhir anda mulai mencari perlidungan secara hukum dengan cara menghubungi konsultan hukum. Karena sebesar apapun utang dapat dipailitkan secara hukum. Konsekuensi jika dipailitkan adalah anda tidak bisa untuk mengambil utang baru melalui bank selama minimal dalam 3 (tiga) tahun, hal ini disebabkan status utang anda di Bank Indonesia adalah menjadi 5 (lima) alias dalam kondisi macet total (pailit).
Quote:


Demikian pembaca yang bijak, hal diatas menjadi acuan utama jika kita akan mengambil utang baik dalam kondisi normal maupun dalam kondisi terjepit atau terdesak.

Perlu diketahui apabila kita menggunakan utang untuk penggunaan produktif, maka utang tersebut sangat berpotensi untuk mempercepat pertumbuhan aset kita, dalam hal ini utang berfungsi sebagai pengungkit (leverage) dan akan berimbas pada pertumbuhan aset secara signifikan.
Quote:


Demikian pembaca anda tidak perlu takut untuk berutang asalkan penggunaan utang adalah secara produktif dengan syarat anda benar-benar menghitung penggunaan dana dan kemampuan bayar anda secara matang. (bn/kompas)
g usah ngutang gan emoticon-Cool
ane baca dan pelajari dulu ya gan
makasih gan untuk saat ini sih ane belum mauemoticon-Big Grin

pas gw mo buka usaha sih baru mo utang

tapi gw mo nyari modal sendiri dulu emoticon-Big Grin hutang buat jaga2 aja
pas mau buka usaha emang bener tu gan,usaha tanpa hutang kayak sayur tanpa garam emoticon-Hammer
Jgn utang gan
mending nabung ndiri,
nice share gan,.,
:thumbp :thumbp :thumbp
kalo bisa lebih baik jangan ngutang gan emoticon-Malu (S)
nice share gan...ane takut sama yang namanya utang ( pengalaman pribadi ).
iya emoticon-I Love Kaskus (S)
utang itu sebenarnya ada 2 ?

Quote:


Quote:
emoticon-Ngakak klo kata ane sih pas kita banyak duit.. sedetik kita pinjam, sedetik kita pulangin. g jd beban kan
Quote:


Quote:
kalo bisa usahain jangan sampe ngutang gan, ngembaliinya kadang susah, apalagi sampe udah beda alamemoticon-Embarrassment
Berhutanglah karna dengan punya hutang kerja kita makin semangat

Berhutanglah sesuai kemampuan anda dalam membayar angsuran

Kalo anda tidak mempunyai hutang, maka anda wajib LEBIH BERSYUKUR
moga2 jangan sampai terjerat utang deh....emoticon-Cape d... (S)
Wah hutang itu bikin bangkrut Gan..., hutangnya sih enak..., tp bayarnya itu yg setengah mati...
klo butuh mepet ane pasti berutang gan haha
ayo berutang
tapi cerdas dikelola emoticon-Cendol (S)
emoticon-Matabelo