alexa-tracking

Apakah Satpol PP Bisa Menyegel Usaha Tak Berijin Tanpa Peringatan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529b5c36bdcb17df0e000157/apakah-satpol-pp-bisa-menyegel-usaha-tak-berijin-tanpa-peringatan
Apakah Satpol PP Bisa Menyegel Usaha Tanpa Peringatan?
Gan, mau nanya pertanyaan sederhana buat agan2 yang ngerti hukum.

Ane punya usaha yang kebetulan belum punya ijin HO. kalau ijin lain udah ane urus. Masalahnya karena usaha ane usaha kecil jadi ane pikir gak perlu ijin HO.

Nah, kemaren ane didatengin satpol PP yg nanyain ijin HO. Karena gak punya, mereka bilang usaha ane gak boleh beroperasi dulu.
Hari itu juga ane langsung ngurus ijin HO ke dinas perijinan, tapi ternyata memang pengurusannya butuh waktu lama karena ada dokumen2 yang musti disiapkan dulu. kata orang perijinan bisa makan waktu berbulan2.
walah-walah...

Pertanyaan ane, apa satpol PP bisa menutup usaha yang tak berijin HO dalam satu kali kunjungan saja? Bukannya mestinya ada surat peringatan dulu. itupun sampai tiga kali baru dilakukan tindakan.
Apa pengusaha gak dikasih kesempatan untuk mengurus ijin lebih dulu? Kalaupun harus ditutup bukannya harus ada surat perintah atau surat keputusan yg tentunya lewat persidangan dulu?

Bagaimana prosedur selengkapnya untuk penertiban seperti ini menurut peraturan perundangan yang berlaku?

Ane bukannya gak pengen ikut peraturan dg ga punya ijin. ane cuma gak ngerti aja. dan setelah ngerti, ane berniat mengikuti peraturan yang ada. sedapat mungkin ane mau menghindari 'jalan damai' biar negara indonesia tercinta ini tidak semakin tenggelam oleh kasus suap dan korupsi. emoticon-I Love Indonesia (S)

Thanks atas keterangannya agan2 sekalian, agar bisa menjadi pelipur hati ane yang sedang gulana ini....emoticon-Sorry
Ga punya ijin ngapain kasi peringatan ?
Quote:Original Posted By yankeebravo
Ga punya ijin ngapain kasi peringatan ?


dibaca dulu gan isi tritnya.... emoticon-Malu (S)
Minta aja gan surat kterangan ama dinas perizinannya yg nerangin kalo surat izin ente msih dlm proses emoticon-Malu smacam surat izin smentara gitu gan, jdi usaha ente msih bisa broperasi tnpa khawatir ada pringatan dri satpol PP emoticon-Malu
kalau usaha agan mau dibongkar minta surat perintahnya gans,,
satpol PP ga bisa semata-mata main bongkar... semua harus sesuai prosedur..
menurut ane harus punya ijin dlu baru kita buka usahanya emoticon-shakehand
tapi kalo udah terlanjur dibuka usahanya dan blm ada ijin, emg bisa disegel gan, mungkin bawah ane lebih paham emoticon-shakehand
Coba minta keterangan ijin sedang dibuat dari instansi terkait. Klo dateng lagi satpol ppnya tunjukin aja suratnya
Quote:Original Posted By belumpunya.nama
Minta aja gan surat kterangan ama dinas perizinannya yg nerangin kalo surat izin ente msih dlm prosesemoticon-Malu


Iya gan, yg ane tanyain kl memang sedang dalam proses apakah usaha memang harus tutup sampai ijinnya keluar?

Quote:Original Posted By andi.personnel
kalau usaha agan mau dibongkar minta surat perintahnya gans,,
satpol PP ga bisa semata-mata main bongkar... semua harus sesuai prosedur..


nah itu dia gan... yg ane tanyakan prosedurnya sebenarnya gimana yg sesuai peraturan perundangan?
Ada Uang Semua Lancar Gan.. emoticon-Shakehand2

If You Know What I Mean.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By vision.gadget
Ada Uang Semua Lancar Gan.. emoticon-Shakehand2

If You Know What I Mean.. emoticon-Ngakak (S)


baca paragraf ane yang ini gan... emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Yuuk

Ane bukannya gak pengen ikut peraturan dg ga punya ijin. ane cuma gak ngerti aja. dan setelah ngerti, ane berniat mengikuti peraturan yang ada. sedapat mungkin ane mau menghindari 'jalan damai' biar negara indonesia tercinta ini tidak semakin tenggelam oleh kasus suap dan korupsi. emoticon-I Love Indonesia (S)

ane juga usaha konter hp baru buka di datengin satpol pp gan.

minta HO, SKDU, ijin lain2 lah.

ane bilang aja blm ada, lagi di urus ama RT,

ujung2 nya minta pulsa capedeh,, ane tembakin 25rb, eh ga bayar..

apes deh pagi2 ilang 25rb.

emg lu pikir uang untung pulsa gede. parah men .

tapi biarin aja, abis gitu ga dateng lagi.

tapi ane dikasih tau ama pemilik kontrakan,
dia bilang ga usah ijin usaha, bilang aja masih coba2.
ga perlu gituan, mereka mah cuma pengen duit.
UUD emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By tonidoank
ane juga usaha konter hp baru buka di datengin satpol pp gan.

minta HO, SKDU, ijin lain2 lah.

ane bilang aja blm ada, lagi di urus ama RT,

ujung2 nya minta pulsa capedeh,, ane tembakin 25rb, eh ga bayar..

apes deh pagi2 ilang 25rb.

emg lu pikir uang untung pulsa gede. parah men .

tapi biarin aja, abis gitu ga dateng lagi.

tapi ane dikasih tau ama pemilik kontrakan,
dia bilang ga usah ijin usaha, bilang aja masih coba2.
ga perlu gituan, mereka mah cuma pengen duit.
UUD emoticon-Ngakak


Uud dimanamana...
gapunya gan biasanya h -1bln gan diperingatin
Jadi gimana nih gan, pertanyaan ane ga kejawab soal prosedurnya..
yah keknya bisa2 aja satpol pp gitu gan
×