alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529b3a8d1e0bc33713000049/10-hal-terlarang-yang-merusak-gadget
Peringatan! 
10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget
SEBELUMNYA MAAF KALO REPOST emoticon-Blue Repost , ini thread pertama ane maaf rada bertantakan , udah hampir 4 tahun baru aktif sekarang heheheemoticon-Malu (S)

KALAU BERKENAN BAGI CENDOL YA GAN emoticon-Blue Guy Cendol (L) ntar ane doain sehat walafiat deh emoticon-I Love Indonesia (S)

LANGSUNG AJA SEMOGA BERMANFAAT


Di zaman yang sudah sangat modern ini banyak dari kita yang sudah sangat tergantung dan sangat sulit terlepas dari gadget kesayangan kita masing-masing, baik itu itu laptop, smartphone, tablet, dsb. Namun meskipun begitu kita sangat menyayanginya, bukan tidak mungkin bahwa perlakuan kita terhadap gadget itu sendiri malah membuatnya cepat rusak dan tidak awet.

Pada postingan ini akan sedikit saya ulas 10 kegiatan/kebiasaan yang sebaiknya jangan anda lakukan pada gadget kesayangan anda atau anda akan menyesali perbuatan anda ini nantinya, memanglah 10 kegiatan ini mudah dan cepat untuk penerapannya, tapi apalah arti cepat dan mudah jika harus merelakan masa pemakaian gadget anda untuk segera menanti 'ajal' lebih cepat dari masa pakai yang sudah ditetapkan oleh pabrik. Berikut ini adalah 10 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan jika ingin gadget kamu lebih awet dan berumur panjang.

1. JANGAN PERNAH MENYALAKAN LAPTOP DI KASUR DAN SOFA

10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget

Kenapa begitu? satu hal ini sering sekali dilakukan oleh pemilik laptop. Menyalakan laptop di kasur, sofa, atau karpet sambil menikmati film kesayangan ternyata sangat berbahaya dan tentunya beresiko. Permukaan alas yang lunak akan menutup ventilasi laptop dan menyebabkan terjadinya overheat. Hal ini bisa mengurangi umur baterai, hardware laptop, bahkan dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan kebakaran.

2. JARANG MEMATIKAN LAPTOP

10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget

mematikan laptop atau bahkan tidak pernah mematikan laptop dari pagi sampai siang digunakan untuk bekerja, siang dipakai untuk melihat film sambil istirahat, sore sampai malam dipakai lagi untuk kerja, malam sampai pagi digunakan untuk download. Kalaupun sedang tidak digunakan, laptop tidak di-shutdown tetapi di-sleep karena masih banyak tab browser dan kerjaan yang terbuka. Begitu seterusnya. Apa yang akan akhirnya terjadi? Laptop jebol dalam waktu singkat, hardware panas dan bagian dalam laptop mungkin akan terkikis umurnya lebih dahulu.

3. MENEKUK CHARGER DAN HEADSET

Kabel charger atau headset jika terlalu sering ditekuk bisa putus karena mungkin arus mempengaruhi. Oleh karena itu pastikan kabel charger tidak ditekuk pada saat mengisi baterai gadget. Saat membawa charger atau headset jangan pula kabelnya ditekuk-tekuk terlalu pendek. Biarkan tekukannya agak panjang dan tidak bersudut. Oh ya satu lagi untuk Joystick jangan telalu pendek lipatan kabel nya, hal ini dapat memperpendek usia pemakaian joystick tersebut.

4. MEMBAWA ATAU MEMASUKKAN GADGET TANPA PELINDUNG

10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget

Membawa laptop, tablet, atau gadget lainnya tanpa pelindung akan merusak layar dan permukaan gadget. Terlebih jika kamu membawanya di tas dengan buku, penggaris, atau bahkan cutter! Jika kamu masih sering melakukannya hingga saat ini, bertobatlah sebelum kamu menyesal.

5. MENCABUT USB BEGITU SAJA TANPA SAFELY REMOVE

Biasanya terburu-buru menjadi alasan pengguna gadget sering melakukannya. Mencabut USB Flashdisk atau hardisk eksternal dengan seenaknya bisa merusak perangkat tersebut. Apalagi hardisk eksternal, jika dicabut saat masih ada proses read/write yang berlangsung, maka hardisk tersebut bisa bad sector bahkan rusak. Data yang ada di dalamnya juga bisa hilang. Jadi terlebih berhati-hati dalam mengeject USB anda. Pastikan kamu melakukan Safely Remove atau Eject terlebih dahulu sebelum mencabut perangkat tersebut dari komputer kamu. Baca Cara Aman Untuk Mencabut USB (Safely Remove).

6. MEMBERSIHKAN GADGET DENGAN CAIRAN PEMBERSIH RUMAH

10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget

Tidak jarang pemilik laptop, tablet, atau smartphone membersihkan layar gadget mereka dengan pembersih kaca atau mungkin membersihkan bagian luar/casing gadget menggunakan pembersih wajah. No..jangan lakukan ini! Kandungan bahan kimia di pembersih tersebut bisa merusak permukaan layar dan casing gadget.

7. JARANG BACK-UP DATA DI GADGET

Jarang melakukan back up data di gadget, hal ini juga seringkali dilakukan oleh pengguna gadget karena mungkin malas melakukan backup. Banyak yang tidak menyadari bahwa data berharga di gadget anda akan sangat berisiko untuk hilang dan cacat. Gadget terjatuh bisa menyebabkan data hilang. Harddisk Bad Sector juga bisa menyebabkan data hilang. Oleh karena itu lakukan backup data penting sebelum kamu menyesal. Kamu bisa membackup di media penyimpanan offline maupun online.

8. JANGAN MEMATIKAN GADGET DENGAN PAKSA

Mungkin kita seringkali geram karena gadget kita nge-lag atau lambat terus tanpa basa-basi langsung menekan tombol Power, kebiasaan itu sangatlah beresiko untuk umur gadget anda, jadi usahakan bersabar sedikit kalau memang gadget anda sering nge-lag.

9. JANGAN MENCHARGING LAPTOP KETIKA CUACA BERPETIR

10 Hal Terlarang Yang Merusak Gadget

Mungkin saja ini akan membuat laptop/gadget akan terkena efek dari petir yang sedang mencari mangsa, jadi terlebih berhati-hatilah dalam kebiasaan ini.

10. JANGAN TERLALU LAMA MENCHARGER GADGET ANDA

Hal ini bisa berakibat fatal bagi anda pemakai gadget karena memperpendek masa pakai baterai laptop ataupun gadget anda, baterai yang original itu tergolong mahal, jadi jangan sia-siakan baterai dan uang untuk mebeli banyak baterai.
ane kebiasaan nyabut handphone atau flashdisk ga pernah disafety remove gan,
pernah kealamin rusak emoticon-Malu
Repost .. gan !

ane ga pernah melakukan hal terlarang ini deh
jgn sampe lah gadget ane rusak
hehe emoticon-Repostnohope
jadi kalo bersihin gadget jangan tanggung tanggung gan, langsung dah masukin deterjen trus puter 15 menit
dijamin bersih emoticon-Hammer2
nice tips gan
ane kl nyalain laptop di kasur ane pakei coolingpad emoticon-Ngakak
walopun repsol tp nais inpoh gan...
ane kalo cuaca buruk tetep nekad ngecharge gadget gan, apalgi pas banyak petir

wong ngecassnya pake powerbank emoticon-Ngakak
ouw gitu gan ane udah tw si
×