alexa-tracking

Australia Tekan Indonesia Dengan Isu Papua

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529b2857bccb17ad1a000073/australia-tekan-indonesia-dengan-isu-papua
Australia Tekan Indonesia Dengan Isu Papua
Spoiler for Bukti no repost gan:


Australia Tekan Indonesia Dengan Isu Papua

suarasurabaya.net - Guspiabri Sumowigeno, Direktur Kajian Politik Center for Indonesian National Policy Studies (CINAPS), mengatakan, Australia berusaha menekan Indonesia dengan permasalahan Papua setelah kedua negara bersitegang masalah penyadapan.

"Indonesia nampak menghindari ketegangan diplomatik yang berlarut-larut dengan Australia. Kartu Papua merupakan jurus Australia memaksa Indonesia untuk melakukan hubungan bilateral kedua negara tersebut," kata Sumowigeno, seperti dikutip Antara Minggu (1/12/2013).

Menurut dia setelah surat Tony Abbott, PM Australia, diterima Susilo Yudhoyono, Presiden, Indonesia menyodorkan ajakan pada Australia menyusun protokol dan kode etik bagi hubungan kedua negara.

"Sebenarnya tidak lazim suatu negara yang dirugikan malah berinisiatif menyodorkan solusi untuk perbaikan hubungan yang rusak," katanya.

Indonesia, katanya, cepat sekali melunak.

Indikasinya, Indonesia masih mau menampung hibah lima C-130H Hercules dari Australia, dan pernyataan BIN bahwa pihaknya telah mendapatkan jaminan tak ada lagi penyadapan oleh Australia beberapa hari lalu.

"Ini menunjukkan Indonesia cepat sekali melunak, ingin segera rujuk secara tergesa kepada Australia. Juga tanpa langkah standar berupa permintaan maaf dari Australia," kata dia.

Dia menduga, begitu cepat Jakarta melunak kepada Canberra mengantisipasi kemungkinan tekanan balik Australia tentang Papua.

Dua langkah diatas diharapkan segera memulihkan kerjasama politik kedua negara, yang antara lain menjamin Papua sebagai bagian sah Indonesia.

Sentimen publik sebenarnya menginginkan Indonesia bisa lebih tegas menghukum Australia, tetapi hal itu sulit dipenuhi pemerintah. Hal ini karena Indonesia cukup tergantung pada kerjasama politik dengan Australia dalam menjamin status politik wilayah Papua.

"Ini sebenarnya tidak lazim karena kedua negara sama-sama berbobot middle power, meski Australia adalah upper class middle power sementara Indonesia pada lower class middle power. Sikap Indonesia menunjukkan kita tidak bisa menjalankan prinsip bebas aktif. Kita tidak bebas bersikap dan berekspresi," ujarnya.

Dikatakan, Indonesia hanya bisa lepas dari ketergantungan itu dan bisa lebih independen dalam bersikap dan bebas menunjukkan ekspresi terhadap Australia bila Indonesia memperbaiki profil militernya dengan menggandeng Rusia.

India sukses melakukan hal ini dengan Rusia, yang terkenal tidak mau campur tangan urusan negara pembeli arsenal militernya. India juga bisa menekan Prancis saat memodernisasi kekuatan udaranya, saat "lelang" C-01 Rafale dari Prancis berhadapan dengan Euro Fighter dan Su-27 Rusia.

Alhasil, Dassault Breguet dari Prancis bersedia memberi lisensi pembuatan Rafale ke India dalam jumlah signifikan.

Alternatif lainnya kata dia mengadakan deal politik militer langsung dengan Amerika Serikat untuk menekan Australia dengan imbalan tertentu, atau menggandeng China menginternasionalisasi isu-isu dalam negeri Australia, utamanya nasib kaum Aborigin.

Alternatif lebih ekstrem lanjutan, memberi tempat berbagai kekuatan dunia secara bersamaan membuka pangkalan militer di Tanah Air. Misalnya, China diizinkan membangun pangkalan militer di Papua, Amerika Serikat di Natuna, Rusia di Pulau Nias, Perancis di Lombok, dan India di Kalimantan.

"Kalau berbagai pihak asing membuka pangkalan secara bersamaan, tentu tidak bisa dikatakan melanggar prinsip bebas aktif," katanya.

Sumber: http://politik.suarasurabaya.net/
emoticon-Add Friend (S)


w00W nice info gan

emoticon-rose
setelah gagal nyaplok timor leste, papua emang jd sasaran


esbeye lembek emoticon-Najis emoticon-rose
gak ada matinya ni beritaemoticon-Embarrassment
Eek bener australia,,
kapan semua ini akan berakhir..
hajar balik lah. kal dibiarin suka ngelunjak
gan heran kalau presidenya pak sby
sby come on....be strong....dont be shemale
Cupu bener neh Indonesia
Ane prihatin gan.................
hal2 inilah yg membuat negara2 tetangga anggap negara kita pengemis dan lemah padahal semua yg namanya bantuan dari negara apapun itunamanya gak ada yg nilainya geratisan emoticon-Mad (S)
salah indonesia sendiri menganak tirikan indonesia timur. tau2 indonesia timur lepas aja baru...
wah makin aneh-aneh aja tu tetangga..
moga ga ada yang terpancing emoticon-Kaskus Lovers



PENJAWAN
emoticon-Kaskus Lovers
*******empat
GANYANG AUSTRALIA... jangan takut om beye emoticon-I Love Indonesia (S)
cepet turun lah sby, lembek banget jd presiden emoticon-Mad

negara sendiri dremehin, malah makin nambah lembek'y emoticon-Mad
wadoooh australis menang banyak emoticon-Mad
males ahhh gan..ujung2nya pemerintah kita yg lembek,jngankan lawan oztrali ma malinsia yg jls2 mancing2 kerusuhan aje kaga berani...
nama nya juga esbenyek...
emoticon-Najis
indo lupa suadaranyaee
negara2 muslim kalo bersatu pasti kuaat beeed ,