alexa-tracking

Terjadi Defensive Medicine: Negeri Macam Apakah Ini?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529aced7c2cb175120000010/terjadi-defensive-medicine-negeri-macam-apakah-ini
Peringatan! 
Terjadi Defensive Medicine: Negeri Macam Apakah Ini?
Menurut Agan2, NEGERI MACAM APAKAH INI?

Begitulah pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya. Terlalu banyak ketimpangan di negeri ini, dan terlalu banyak langkah-langkah kebijakan yang dilematis, serba salah untuk diambil.

Seperti kasus upah buruh yang kemarin-kemarin cukup melelahkan negeri ini. Di satu sisi buruh menginginkan kenaikan upah yang tinggi dengan alasan meningkatkan kesejahteraan dan keadilan. Di lain sisi, kenaikan buruh dirasakan sangat berat bagi sebagian kalangan pengusaha tertentu. Jika mereka tidak mampu memenuhi kenaikan upah, maka tidak ada pilihan lain kecuali gulung tikar.

Terjadi Defensive Medicine: Negeri Macam Apakah Ini?


PHK tidak bisa dihindari, kemiskinan bertambah, dan secara otomatis kemampuan domestik untuk memproduksi barang sendiri pun berkurang. Selain itu, kenaikan upah biasanya akan diikuti dengan inflasi. Jadi untuk apakah sebetulnya kenaikan upah buruh itu? Serba salah.

Kasus lain yang saat ini ramai adalah dr. Ayu dari Manado. Dia divonis 10 bulan oleh Hakim Agung Artidjo Alkostar karena melakukan tindakan ‘yang katanya’ malpraktik itu. Mungkin sikap tegas sang Hakim Agung tulus untuk memberikan perlindungan bagi pasien; toh kenyataanya kita ‘sering’ bertemu dengan fenomena ‘mafia kedokteran’.

Terjadi Defensive Medicine: Negeri Macam Apakah Ini?


Namun demikian, vonis dr. Ayu justru membawa trauma bagi kalangan dokter-dokter lainnya. Hari Rabu, 27 November 2013 yang lalu para dokter mogok praktek sehari sebagai bentuk protes. Dampak yang lebih berat terjadi adalah tindakan “Defensive Medicine” para dokter untuk melindungi diri, karena merasa trauma, takut jika mengalami hal yang sama seperti koleganya.

Pengertian Defensive Medicine (pengobatan defensif) dalam arti positif, adalah tindakan dokter untuk melakukan ekstra pemeriksaan/prosedur yang diduga tanpa indikasi yang jelas. Sedangkan pengertian lainnya adalah negative defensive medicine yang artinya menolak untuk memberikan pelayanan kepada pasien berisiko tinggi atau menolak melakukan prosedur dengan risiko tinggi.

Tujuan defensive medicine bukan untuk menolak konfirmasi diagnosa tetapi untuk melindungi diri dari kemungkinan tuntutan malpraktik atau jerat hukum (Dr dr Agus Purwadianto SpF).

Serba Salah. Di satu sisi, pasien membutuhkan penanganan yang cepat, apalagi untuk pasien yang sedang kritis. Di lain sisi, dokter membutuhkan kelengkapan prosedur untuk melindungi diri dari kemungkinan tuntutan malpraktik atau jerat hukum.

Saya memiliki teman seorang dokter umum. Bisa dikatakan dokter baru, karena baru 1 atau dua tahun menyandang gelar itu. Dia bercerita telah menghabiskan banyak uang untuk sekolah di kedokteran. Namun penghasilan yang dia terima tidak sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan. Bekerja di klinik mendapat upah kurang dari 2 juta sebulan. Jika bekerja di rumah sakit atau IGD, mendapat sekitar 3 juta per bulan. Dengan gaji segitu, tidak sebanding dengan tingkat stress dan resiko yang dihadapi: berurusan dengan nyawa orang dan kadang tertular penyakit pasien bahkan meninggal.
Dia pernah bekerja di unit gawat darurat sebuah rumah sakit. Namun dia tidak sanggup dengan tekanan yang ada. Satu bulan bekerja, akhirnya dia memutuskan berhenti dan memilih bekerja di klinik dengan gaji kurang dari 2 juta.

Lain Cerita, berikut ini adalah curhatan seorang dokter kandungan, dr. Kartika Hapsari, SpOG ketika harus mengambil langkah Defensive Medicine.

Jadi menurut Agan2, NEGERI MACAM APAKAH INI?
indonesia gan.. jadi harus emoticon-Cool

gak sesuai demo... emoticon-Metal:
image-url-apps
indonesia gan
udah sedari dulu kayak gini emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
Defensive medicine. Ane gatau gan, yang ane pengen cuma kesejahteraan aja buat rakyat kecil seperti ane. Biar Indonesia tetep makmur, ayem dan tentremm. emoticon-Cool
image-url-apps
ya gan ane aja b ingung
Republik Mimpi gan,
dari yang ada hingga tiada,dari yang tidak ada hingga di ada ada,bim sala bim aba kadabraemoticon-Berduka (S)
image-url-apps
negeri dengan sejuta problema ganemoticon-Big Grin
Quote:
payaaah emoticon-Mad (S)
Negri yang serba salah
jujur kalo menurut ane menjatuhkan hukum pidana ke dr. Ayu adalah keputusan yg keliru karna dia memang udah bekerja berdasarkan standar dan hati nurani utk melakukan tindakan yg cepat berdasarkan kondisi pasien yg memang udah kritis. cuma gara2 belum dapat persetujuan keluarga dibilang "malpraktek", ntar giliran gak ditanganin terus sipasien meninggal malah dibilang dokter lalai dan menelantarkan pasien. kalo udah begitu siapa yg salah? ditolong masuk penjara, ga ditolong juga bisa masuk penjara. itulah alasan dokter demo karna mereka butuh kejelasan hukum di Negri ini. kalo ada dokter yg benar2 melakukan malpraktek dan ditahan biasanya juga dokter ga ada yg demo ko, malah dicabut segala ijin prakteknya. cuma dikasus dr. Ayu ini aja mereka demo krna memang dia tidak salah.
image-url-apps
Quote:


memang hakim agung kita ini sedang on fire!

emoticon-Add Friend (S)
jangan salahkan negeri kita gan, negeri kita ngga salah apa2. emoticon-I Love Indonesia (S)
emang negeri kita pernah membunuh? memperkosa? menzolimi kaum lemah?

emoticon-rose buat negeri kita tercinta
Quote:


Ane juga cinta negeri ini, gan.... tapi sistemnya itu lho... emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
Negeri kita emang memprihatinkan.

Serba salah ternyata jd dokter ya

image-url-apps
Quote:


Setuju gan. Kayak makan buah simalakama jadinya.
Quote:


udah 68 tahun. masa kita mimpi terus
image-url-apps
entahlah ane gabisa memahami negeri apakah ini gan
Ane mau Defensice Coding ah...biar kalo ada bugs/Error gk dipecat perusahaan emoticon-Hammer
image-url-apps
Quote:

wkwkwk setuju am agan ini
kadang yg harus ny hkman ny berat malah ringan.. yg bener jd salah emoticon-Hammer2
Implikasi dari ditangkapnya dokter ayu adalah naiknya biaya kesehatan karena defensive medicine...

jadi sebenarny kita bisa aja mencegah defensive medicine dengan dibiarkannya pengajuan PK untk dokter ayu.
liat aja bntr lagi gan, klo dokter ayu ngga bebas2, dokter2 lain mulai takut untuk ambil resiko.

ane rasa ini terjadi karena rakyat juga kurang sadar akan hukum. jadi ya maunya menang terus. g mau kalah, padahal lawan bener
Welcome to the jungle gan emoticon-shakehand: