alexa-tracking

Ahok: Ada Sanksi bagi Pemberi Sedekah PMKS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529a794418cb17cf3400007f/ahok-ada-sanksi-bagi-pemberi-sedekah-pmks
Ahok: Ada Sanksi bagi Pemberi Sedekah PMKS
Ahok: Ada Sanksi bagi Pemberi Sedekah PMKS

Jakarta (Antara) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengenakan sanksi sosial kepada warga yang memberikan sedekah terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), seperti pengemis, pengamen dan sebagainya.
"Jadi, selain memberlakukan sanksi denda dan kurungan penjara, kita juga mau berikan sanksi sosial untuk orang-orang yang suka sedekah ke pengemis, gelandangan dan PMKS lainnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.
Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, sanksi sosial yang akan diberlakukan kepada pemberi sedekah PMKS, yakni membersihkan toilet umum di terminal-terminal di Jakarta.
"Saat ini, sanksi sosial itu masih dalam pembahasan revisi KUHP. Sayangnya, di sini kita tidak mengenal sanksi sosial seperti di negara-negara lain. Kalau yang kita usulkan ya itu, membersihkan toilet di terminal," ujar Ahok.
Dia menuturkan warga yang memberikan sedekah kepada pengemis, gelandangan atau pengamen, berarti telah menghambat program Pemprov DKI untuk menghapus keberadaan PMKS di wilayah Ibu Kota.
"Saya yakin Jakarta bisa steril dari keberadaan PMKS, asalkan tidak ada warga yang memberikan sedekah berupa uang atau barang kepada mereka (PMKS)," tutur Ahok.
Dia memandang penegakan hukum atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum di Jakarta masih sangat lemah sehingga masih ada warga yang memberikan sedekah uang atau barang kepada pengemis dengan sukarela.
Dalam pasal 40 Perda tersebut, setiap orang atau badan dilarang menjadi pengemis, pengamen, pedagang asongan dan pengelap mobil.
"Dalam Perda itu pula, tercantum bahwa setiap orang atau badan juga dilarang membeli kepada pedagang asongan atau memberikan sejumlah uang atau barang kepada pengemis, pengamen, dan pengelap mobil," ungkap Ahok.
Berdasarkan Perda tersebut, hukuman atau sanksi yang dapat diberikan kepada orang yang memberi uang atau barang ke pengemis adalah denda Rp20 juta atau maksimal 60 hari kurungan penjara.

Komentar TS: Selalu dengan gebrakan barunya nih om ahok emoticon-Big Grin
sumber: https://gimikichi.wordpress.com/2013...-sedekah-pmks/
image-url-apps
bagaimana dgn pengemis yg bener2 pengemis gan?
kan kasian juga.
Ane di manado emoticon-Cool

Numpang mejeng aje di pekiwan emoticon-Cool
KASKUS Ads
Quote:

bukankah lbh baik si pengemis nyari kerjaan gan?
kl dalam islam, ngemis (minta2) itu haram gan emoticon-Smilie

image-url-apps
Ane dukung pak ahok emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


iya sih gan emoticon-thumbsup
setuju sama ahok...... sekalian di suruh pulang kampung aja sekalian jgn tinggal di jakarta pemberi dan pengemisnya...emoticon-Ngakak
saatnya kita bersedekah ditempat yang tepat sasaran gan. pengemis hasil bulannnya jutaan rupiah gan
ya mudah-mudahan memberi efek positif_______________emoticon-Ngacir

Quote:
image-url-apps
emoticon-Thinking
iya gan nantinya malah tambah banyak yg jadi pengemis biar bisa dapet uang banyak emoticon-Cape d...




Quote:
image-url-apps
mantab dah ane dukung kaw slalu hok
×