alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528eef39fbca174727000000/miris-pasukan-penjaga-pulau-terluar-di-ntt-kesulitan-mencari-air
Kesel 
[MIRIS] Pasukan Penjaga Pulau Terluar di NTT, kesulitan mencari Air
Jumat, 22/11/2013 12:23 WIB
Cerita dari Perbatasan
Tolong! Pasukan Penjaga Pulau Terluar di NTT Butuh Mesin Pengolah Air Laut
Andri Haryanto - detikNews

[MIRIS] Pasukan Penjaga Pulau Terluar di NTT, kesulitan mencari Air

Atambua, - Sudah menjadi tanggungjawab negara untuk menjaga wilayah kedaulatannya dari bangsa lain meski hanya sejengkal. Namun sangat miris ketika kewajiban itu tak diimbangi dengan fasilitas kebutuhan dasar bagi penjaganya.

Ini yang dialami para personel TNI yang menjaga Pulai Batek yang berbatasan dengan Timor Leste.

Pulau terdepan ini terletak di Laut Sawu dan masuk pada wilayah administrasi pemerintah Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT. Pulau ini adalah satu dari empat pulau terdepan yang ada di NTT.

Tiga pulau lainnya adalah Ndana Rote, Ndana Sabu, serta Pulau Mengudu di Sumba Timur.

Adalah Komandan Batalyon 744 Atambua, Letkol Teddy Arifyanto yang memikul beban tanggungjawab personelnya yang bertugas di Pulau Batek dan Ndana Rote.
Menurut dia, tidak mudah untuk menjaga dua pulau terluar tersebut, terlebih Pulau Batek, selain karena faktor alam, fasilitas penunjang pun bisa disebut minim.

Di Pulau Batek, pulau seluas lapangan sepakbola dan berbentuk seperti perbukitan, setiap personel harus dapat mengakali bagaimana mereka bertahan hidup.

Guna memenuhi kebutuhan air minum, mereka harus wara-wiri ke pulau berpenduduk dan membawa beberapa jeriken untuk menampung air tawar.

"Ketika mereka sampai di pulau itu, mereka harus menaiki motor dan mencari desa terdekat dengan waktu tempuh satu setengah jam," kata Teddy di Atambua, Kamis (21/11/2013).

"Sangat dibutuhkan mesin pengubah air laut jadi air tawar. Itu yang penting bagi prajurit," imbuhnya.

Belum lagi para prajurit ini harus menaiki bukit setinggi 300 meter di pulau tak berpenghuni. Beban prajurit akan sedikit terbantu bila hujan datang.

"Mereka memanfaatkan air hujan yang kemudian disaring untuk minum," kata Teddy.

Pulau ini menelan waktu sembilan jam dari Atambua ke Desa Oseli. Untuk menyeberang, dibutuhkan waktu satu jam. Itu pun kalau perahu karet yang dimiliki masih optimal berfungsi.

Kalau pun tidak, maka bisa lebih dari satu jam jarak antar pulau hanya untuk menyebrang.

Seperti penuturan Teddy sebelumnya, masih diperlukan perjuangan. Dari tempat pendaratan, prajurit harus memacu kuda besi selama satu jam setengah dengan kontur jalan bebatuan menuju Oseli hanya untuk satu dua jerigen air.

Permohonan mesin pengolah air laut, kata Teddy, sudah lama diminta. Bahkan sejak dia belum memegang kendali Batalyon 744 , permohonan itu sudah dilayangkan.

"Tapi hingga sekarang belum terealisasi," kata Teddy yang baru empat bulan menjabat Komandan Batalyon 744 ini.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/22/122344/2420543/10/1/tolong-pasukan-penjaga-pulau-terluar-di-ntt-butuh-mesin-pengolah-air-laut[/url]

*************************************************************************


youtube-thumbnail


Kayanya pernah baca, ada anak SMA di jawa timur yg bikin pemurni air laut cuman modal 150-200 ribu gitu...
miris....
memenuhi kebutuhan dasar aja harus mondar mandir ke penduduk, semoga segera terpenuhi alat tersebut, dah jauh dari keluarga mesti survive dengan keadaan yang tidak sedang darurat emoticon-Cape d... (S)

semoga ini diliat dan didengar oleh para panglima....
Hmmm, dulu waktu diskusi tentang pos Pulau Nipah saya juga pernah menyinggung hal yang sama. Waktu itu ternyata di Pulau Nipah sudah disediakan alat untuk mengolah air laut jadi air yang layak minum, sehingga tidak perlu repot. Saya pikir sudah diterapkan ke semua pos terluar, tapi ternyata belum. Sayang.
http://m.kaskus.co.id/thread/51da2cb...-pulau-nipah/4

Tuh bikin alat penyuling air dengan memanfaatkan sinar matahari patut ditinjau sebagai solusi sementara. Alat-alatnya sederhana kok. Ke depannya apa yang sudah diterapkan di Pulau Nipah juga bisa diterapkan ke pos-pos lain di pulau terluar.

Quote:Original Posted By tonnyc
Hmmm, dulu waktu diskusi tentang pos Pulau Nipah saya juga pernah menyinggung hal yang sama. Waktu itu ternyata di Pulau Nipah sudah disediakan alat untuk mengolah air laut jadi air yang layak minum, sehingga tidak perlu repot. Saya pikir sudah diterapkan ke semua pos terluar, tapi ternyata belum. Sayang.
http://m.kaskus.co.id/thread/51da2cb...-pulau-nipah/4

Tuh bikin alat penyuling air dengan memanfaatkan sinar matahari patut ditinjau sebagai solusi sementara. Alat-alatnya sederhana kok. Ke depannya apa yang sudah diterapkan di Pulau Nipah juga bisa diterapkan ke pos-pos lain di pulau terluar.

mungkin belum ada di perencanaan anggaran ato sebab lainnya....emoticon-Matabelo
kalau kreatif banyak solusi sederhananya kok, cara mengolah air laut menjadi air siap minum sudah banyak beredar di internet kok emoticon-Stick Out Tongue Biaya kurang dari satu juta rupiah juga bisa emoticon-Stick Out Tongue
YNUMBANG PETA
Spoiler for LOKASI:


Spoiler for PULAUNYA ADA POS TNI MIRIP PULAU IWO JIIMA:
ketika perlengkapan dan amunisi sudah kekurangan

ketika supplai logistik pun tidak diperhatikan

hanya sehelai nyawa dibadan yg siap digadaikan

sia sia

setelah berpuluh tahun merdeka negara ini masih juga belum bisa membedakan antara gugur dalam perang dan mati konyol

dan dijakarta mereka masih juga berkoar2 tentang kehebatan bangsa dalam menahan penderitaan dalam perang dan gerilya

Chauvinist moron


ya wajarlah, di ntt khan memang daerah yang susah air bersih sampai jadi iklan aqua. Solusinya ya tinggal gali sumur khan beres, mosok tentara kalah cerdas sama andre graff.
kata temen yg dinas deket situ, di pulau ini emang gak ada sumber air minum... air tanahnya berkapur dan payau... kalo dipaksain diminum bisa kena batu ginjal... air hujan pun kurang bisa diandalkan krn musim hujan disana lebih pendek.
semoga di 2014 bisa direalisasikan pengadaan alat pengolah air laut menjadi air tawar
Quote:Original Posted By merkavamk4
ya wajarlah, di ntt khan memang daerah yang susah air bersih sampai jadi iklan aqua. Solusinya ya tinggal gali sumur khan beres, mosok tentara kalah cerdas sama andre graff.


masalahnya yang keluar airnya tawar apa asin om, ...kalo asin dan tidak layak konumsi percuma aja bikin sumur
Quote:Original Posted By wahwibson

mungkin belum ada di perencanaan anggaran ato sebab lainnya....emoticon-Matabelo


Yang saya heran dulu pas bangun itu pos gimana sih..... masak gak skalian sama air bersihnya.......... emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By merkavamk4
ya wajarlah, di ntt khan memang daerah yang susah air bersih sampai jadi iklan aqua. Solusinya ya tinggal gali sumur khan beres, mosok tentara kalah cerdas sama andre graff.


gali sumur beres dari mane????? emoticon-Hammer wong daerah situ jarang hujan
Yang udah pasti aer laut tuh gak bakalan habis.... itu satu-satunya sumber yang bisa diharapin
Harga ginian berapa sih?
Ingat dulu baby shower account, kita dapet berapa puluh juta?

Apa perlu buka koin untuk penjernih air lagi?
Tlp satelit dan indo**sion mestinya jadi barang wajib juga. Kasihan kayak alcatraz emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By MrBhass
Harga ginian berapa sih?
Ingat dulu baby shower account, kita dapet berapa puluh juta?

Apa perlu buka koin untuk penjernih air lagi?


Saya pribadi setuju, Mod.
Tapi kalau bisa, kali ini publikasinya lebih gencar, kalo perlu bikin jumpa pers, undang acara gosip.
Tujuannya kita bikin itu pejabat2 yang berwenang jadi malu, juga biar ada individu, kelompok atau perusahaan yang ikutan jadi sponsor. Kita bikin sebesar mungkin (dengan bantuan sosial media dan jaringan 'kenalan' anggota2 formil), biar banyak orang tau dan tergugah untuk ikut dan makin malu itu pejabat2.
Satu lagi, harus ada orang lapangan dekat sana yang bisa dipercaya sebaga penyambung, ntar ga sampai lagi emoticon-Malu (S)
Si Ndibol Ginak ginuk alias Arjuno_Maho eh.. .Arjuno_Solo waktu itu ada channel alat ginian. Dulu ngobrol ngobrol sama Mas Azharullah.

Dia kayaknya tau suppliernya
yang jelas alat untuk proses desalinasi air laut itu ndak murah lho,usul mod bhas bisa tuh kalo mau ditindaklanjuti emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By cicitnyabudjem
yang jelas alat untuk proses desalinasi air laut itu ndak murah lho,usul mod bhas bisa tuh kalo mau ditindaklanjuti emoticon-Smilie


Banyak yang mesti dipikirin juga. gak asal beli
Bisa aja katakan kita beli, tapi ternyata operator disana gak sanggup ngurusin.
Terus baru 2 bulan udah berantakan, kan buang uang.