alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528accd840cb17c82900000a/selingan-bangkai-kapal-selam-nazi-jerman-ditemukan-di-laut-jawa
[selingan] Bangkai Kapal Selam Nazi Jerman Ditemukan di Laut Jawa
Quote:
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arkeolog Indonesia mendapat temuan yang mengejutkan. Mereka berhasil menemukan bangkai kapal selam yang diduga milik Nazi Jerman di Laut Jawa. Dugaan sementara, bangkai kapal selam tersebut jenis U-Boat (Unterseeboot) milik Jerman dari masa Perang Dunia II.

Penemuan kapal selam Jerman ini untuk pertama kalinya di Indonesia. Arkeolog dari sejumlah instansi melakukan penelitian selama sepuluh hari di kawasan utara-timur Kepulauan Karimun Jawa. Penelitian berlangsung sejak 4 November.

Ketua Tim Penelitian Pusat Arkeologi Nasional (Pusarnas), Bambang Budi Utomo, pada ROL mengatakan, peneliti sudah menyelam dan masuk ke dalam bangkai kapal. Di penelitian awal ini, mereka mengambil sejumlah sampel artefak dari dalam bangkai kapal selam itu.

Beberapa temuan tersebut seperti teropong, alat selam, sol sepatu, piring, gelas. Temuan kini berada di laboratorium Pusarnas di Pejaten, Jakarta Selatan. "Ini temuan termasuk yang paling bagus dalam penelitian arkeologi bawah air Indonesia," kata Bambang, Senin (18/11).

Asumsi awal yang berkembang adalah kapal U-Boat tersebut masuk ke dalam armada kapal perang Nazi Jerman. Memang belum ditemukan nomor lambung kapal. Namun dari artefak yang diambil jadi sampel, beberapa menunjukkan ciri-ciri Nazi Jerman. Ciri itu adalah lambang burung yang sedang mencengkeram simbol swastika khas Nazi.

Lambang ini ditemukan di bagian dasar piring makan. Peneliti mengambil sampel piring makan dan piring kecil dari ruang di dalam bangkai kapal selam itu.

Selain gambar bendera Nazi, di piring tersebut juga tertuliskan produsennya yaitu Jaeger & Co dan Rieber Mitterteich. Di bawah gambar swastika itu tertera tahun yang diduga pembuatannya yaitu 1939 dan 1941. Dari penelusuran literatur, Jaeger dan Rieber memang pemasok peralatan makan untuk tentara Jerman.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, kata Bambang, apa yang dilakukan armada kapal selam Jerman di perairan Laut Jawa? Misi apa yang mereka bawa? Siapa yang menenggelamkan kapal selam tersebut?

Reporter : Stevy Maradona
Redaktur : Karta Raharja Ucu


Quote:Badan kapal itu sudah tidak utuh. Bajanya bolong-bolong di makan air laut. Kapal juga sudah menjadi tempat tinggal ikan dan hewan laut lainnya. Bagian buritannya terlihat rusak cukup parah. "Ada bekas kena torpedo," katanya.

Kapal tergeletak di dasar laut. Panjang bangkai kapal sekitar 47 meter dengan diameter kapal 5-6 meter. Semestinya kapal tersebut memiliki panjang total 76 meter. Di dekatnya ditemukan patahan menara kapal. Untuk melihat dan meneliti, tim selam mengandalkan cahaya senter. Ini karena sinar matahari tidak bisa menembus kedalaman air laut.


Quote:Ketua Tim Peneliti, Bambang Budi Utomo, mengatakan dugaan awal mengarah pada dua kapal selam U-Boat Jerman bernomor kapal U-168 dan U-183. Dari data literatur milik Pemerintah Jerman, memang diketahui kedua kapal itu tenggelam di perairan Indonesia, namun pada tahun berbeda belum diketahui pasti.

Data yang diakses dari UBoat Archive dan UBoat misalnya menegaskan kapal selam U-168 tenggelam pada 1944, sementara kapal U-183 tenggelam pada 1945. "Kapal U-168, kami menduga ini yang kami temukan, tenggelam pada 6 Oktober 1944," kata Bambang, Senin (18/11). Kapal itu dihajar torpedo kapal sekutu yang juga berlayar di perairan Laut Jawa.


Kena torpedo? AFAIK tidak ada armada laut sekutu yang masuk ke laut Jawa sebelum Jepun nyerah, dan Nazi memang beberapa kali kirim kapal selam untuk bawa blue print atau contoh mesin buat IJ. Apes ketemu torpedo bomber?

Para ember:
Bangkai Kapal Selam Nazi Jerman Ditemukan di Laut Jawa
Misteri Belasan Kerangka Dalam Bangkai Kapal Selam Nazi
Penyelam Bangkai Kapal Nazi Jerman Mengaku Takut tapi Penasaran
Kisah Misteri Penyelam Bangkai Kapal Nazi Jerman

Ini Identitas Bangkai Kapal Selam Jerman yang Tenggelam

Spoiler for Poto2:
sori lho.. hehehe

http://www.kaskus.co.id/thread/528ac...-karimun-jawa/
Huahahahahahah, kalah cepet sama den koran....

emoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost

delete aja mod
Numpang tenar di pejwanemoticon-Malu (S)

numpang +1 dong .......... emoticon-Malu
×