alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528acabd20cb177642000003/10-tips-marketing-di-new-media
10 Tips Marketing di New Media
Saya membaca artikel yang cukup menarik di majalah Marketing Edisi Mei 2013. Yaitu tentang berpromosi di new media. Seperti yang kita ketahui bahwa media telah mengalami perluasan. Kemunculan new media mengubah wajah media masa kini. Salah satu perubahan yang paling kentara adalah dari sisi pergeseran paid media menjadi owned media.

Paid media contohnya adalah media iklan konvensional seperti brosur, iklan majalah, dan berbagai media lain yang perlu bayar dulu sebelum kita bisa beriklan. Sedangkan owned media contohnya seperti blog, website, dlsb yang kontennya bisa berubah sewaktu-waktu tanpa mengeluarkan biaya cetak. Keunggulan owned media adalah dilengkapi dengan kemampuan viral dari internet yang memungkinkan sang pemilik untuk mengkapitalisasi mereknya dalam bentuk worth of mouth. Terutama berkat kehadiran Facebook dan Twitter.

Sebagai penggiat marketing, apa yang harus anda lakukan?

1. Media konvensional tetap berarti buat marketing Anda. Tapi sekarang anda dituntut untuk membiasakan diri menggunakan new media.

2. Integrasikan media baik konvensional maupun new media. Jangan gunakan media secara parsial atau terpisah dalam perencanaan promosi Anda.

3. Jangan berpikir bahwa promosi yang massive itu selalu efektif. Promosi secara personal namun tepat sasaran lebih baik daripada promosi yang sifatnya sekedar broadcast.

4. Satukan pesan yang tepat dan konsisten ke semua media. Jangan sampai setiap media mengkomunikasikan pesan yang pemahamannya sendiri – sendiri.

5. Jangan membuat promosi yang mendikte atau hard selling. Konsumen jaman sekarang sudah semakin pintar.

6. Perhatikan setiap word of mouth dalam setiap promosi Anda. Jangan sekedar sounding tanpa ada hasilnya. Perlu digarisbawahi adalah setiap kegiatan marketing harus berujung pada hasil.

7. Database adalah elemen penting yang sekarang sudah harus anda miliki. Maka pada setiap kegiatan promosi anda, pikirkan untuk menggali database di awal, dan mendokumentasikannya di akhir.

8. Budget besar = promosi yang semakin efektif. Salah kaprah. Yang benar dan lebih penting lagi adalah alokasi budget yang tepat sasaran.

9. Buatlah Key Performance Indicator (KPI) untuk kinerja yang lebih terukur.

[Baca juga: Menyusun Key Performance Indicator Untuk Mengukur Kinerja]

10. Selalu perhatikan perilaku konsumen karena sekarang ini perubahan perilaku konsumen cepat sekali. Termasuk perilaku mereka terhadap media.

Selamat mencoba :-)

Spoiler for Source:
Quote:Original Posted By mebiso
Saya membaca artikel yang cukup menarik di majalah Marketing Edisi Mei 2013. Yaitu tentang berpromosi di new media. Seperti yang kita ketahui bahwa media telah mengalami perluasan. Kemunculan new media mengubah wajah media masa kini. Salah satu perubahan yang paling kentara adalah dari sisi pergeseran paid media menjadi owned media.

Paid media contohnya adalah media iklan konvensional seperti brosur, iklan majalah, dan berbagai media lain yang perlu bayar dulu sebelum kita bisa beriklan. Sedangkan owned media contohnya seperti blog, website, dlsb yang kontennya bisa berubah sewaktu-waktu tanpa mengeluarkan biaya cetak. Keunggulan owned media adalah dilengkapi dengan kemampuan viral dari internet yang memungkinkan sang pemilik untuk mengkapitalisasi mereknya dalam bentuk worth of mouth. Terutama berkat kehadiran Facebook dan Twitter.

Sebagai penggiat marketing, apa yang harus anda lakukan?

1. Media konvensional tetap berarti buat marketing Anda. Tapi sekarang anda dituntut untuk membiasakan diri menggunakan new media.

2. Integrasikan media baik konvensional maupun new media. Jangan gunakan media secara parsial atau terpisah dalam perencanaan promosi Anda.

3. Jangan berpikir bahwa promosi yang massive itu selalu efektif. Promosi secara personal namun tepat sasaran lebih baik daripada promosi yang sifatnya sekedar broadcast.

4. Satukan pesan yang tepat dan konsisten ke semua media. Jangan sampai setiap media mengkomunikasikan pesan yang pemahamannya sendiri – sendiri.

5. Jangan membuat promosi yang mendikte atau hard selling. Konsumen jaman sekarang sudah semakin pintar.

6. Perhatikan setiap word of mouth dalam setiap promosi Anda. Jangan sekedar sounding tanpa ada hasilnya. Perlu digarisbawahi adalah setiap kegiatan marketing harus berujung pada hasil.

7. Database adalah elemen penting yang sekarang sudah harus anda miliki. Maka pada setiap kegiatan promosi anda, pikirkan untuk menggali database di awal, dan mendokumentasikannya di akhir.

8. Budget besar = promosi yang semakin efektif. Salah kaprah. Yang benar dan lebih penting lagi adalah alokasi budget yang tepat sasaran.

9. Buatlah Key Performance Indicator (KPI) untuk kinerja yang lebih terukur.

[Baca juga: Menyusun Key Performance Indicator Untuk Mengukur Kinerja]

10. Selalu perhatikan perilaku konsumen karena sekarang ini perubahan perilaku konsumen cepat sekali. Termasuk perilaku mereka terhadap media.

Selamat mencoba :-)

Spoiler for Source:

nice share gan emoticon-Cendol (S)
info yang sangat mendidik juragan , semoga bermanfaat untuk semua kaskuser emoticon-Cendol (S)
emoticon-Cendol (S)

salam sukses juragan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Cendol (S)