alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528a0f64feca17a76b000009/17-abk-kri-fatahillah-dihukum-3-hingga-9-bulan-penjara
17 ABK KRI Fatahillah Dihukum 3 hingga 9 Bulan Penjara
Quote:
17 ABK KRI Fatahillah Dihukum 3 hingga 9 Bulan Penjara
SURYA Online, SURABAYA - Sidang vonis penganiayaan anak buah kapal (ABK) Kelasi (Kls) Iskandar yang dilakukan 17 ABK KRI Fatahillah 361 digelar di Pengadilan Militer (Dilmil) III/12 Surabaya, Senin (18/11/2013). Dalam sidang itu, ke-17 ABK divonis bervariasi, antara tiga hingga sembilan bulan.

Sidang dibagi dua berkas, sesuai peran mereka atas penganiayaan korban hingga meregang nyawa. Sidang pertama menghadirkan delapan terdakwa Kopral Dua (Kopda) Edi Santoso dan Kls Rdl Dwi Setiawan, ABK paling senior.

Majelis hakim yang diketuai Letkol M Suyanto memutuskan bahwa mereka terbukti bersalah melakukan penganiayaan atas Iskandar.

"Dengan begitu, maka terdakwa Edi Santoso diganjar hukuman sembilan bulan penjara," kata Suyanto, Senin (18/11/2013).

Adapun ketujuh terdakwa lain masing-masing diganjar hukuman enam dan tiga bulan penjara.

Kemudian pada sidang berikutnya, menghadirkan sembilan terdakwa yang juga divonis bervariasi.
Terdakwa Kls Bah Tino Aris Prayudha dihukum pidana enam bulan. Sedangkan delapan terdakwa lain divonis lima bulan penjara.

Dalam amar putusan itu, majelis hakim melihat bahwa para terdakwa tak terbukti melakukan Pasal 170 KUHP atau kekerasan terhadap orang atau barang di muka umum. Para terdakwa hanya dikenai dakwaan subsidair Pasal 351 Ayat 1 jo Pasal 55 Ayat jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau tentang penganiayaan.

"Hal yang meringankan terdakwa adalah belum pernah dipidana, masih muda, dan menyesali perbuatan. Sedangkan yang memberatkan adalah bertentangan dengan Sapta Marga," urainya.

Usai vonis dibacakan, hakim kemudian meminta para terdakwa berkonsultasi dengan penasehat hukum. Kemudian terdakwa menyatakan masih pikir-pikir. "Kami pilih pikir-pikir dulu," katanya.

Sedangkan PP Dilmil III/12 Surabaya, Kapten Arif Sudibya menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada akhir Mei-Juni 2012 lalu. Saat itu, penganiayaan pada korban Iskandar terjadi pada masa orientasi ABK baru ketika masuk kapal. "Memang ada tradisi tertentu ketika masuk kapal," kata Arif.

Dari dakwaan, korban ditemukan meninggal dengan luka memar pada bagian perut. Kejadian pada Sabtu 9 Juni 2012 pagi, Kld Christianto Hanggara diperintah Kls Tlg Eko Nur Hidayat (terdakwa) untuk mencari korban ke ruangan tapi tak ada.

Kemudian Hanggara menuju ruang bakes dan masuk ruang itu dan dia melihat ada bayangan putih seperti baju yang dipakai orang. Kemudian Kld Rjd Andreas Wijayanto (terdakwa) mengecek ke ruang bakes dan melihat korban gantung diri di ruang itu.

Selanjutnya Andreas memberitahu Hanggara mengenai korban yang tergantung dengan tali tampar biru.

Selanjutnya Hanggara bantu Andreas melepas ikatan tali dan menurunkan korban, dibawa ke atas ruangan loonge room bintara menunggu petugas Dinkes Armatim. Serda Rum Rachmat Benni Purwanto dan Kopda Apm Yayan (Anggota Dinkes Armatim) tiba di KRI Fatahillah datang dan melakukan pemeriksaan dan diketahui korban meninggal.

Mereka kemudian membawa korban ke RSAL Ramelan. Forensik simpulkan dari visum, ada tanda kekerasan benda tumpul di leher dan perut tengah korban dan meninggalnya korban bukan gantung diri.

"Sidang ini berjalan lama, karena sebagian saksi adalah pelaut yang berlayar dalam waktu cukup lama," katanya.
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Link: http://surabaya.tribunnews.com/2013/...-bulan-penjara


untuk menghilangkan nyawa cuma 3-9 bulan emoticon-Matabelo
tambah lagi isi berita yg ane bold emoticon-Embarrassment sedihnya emoticon-Embarrassment
kalo repost maaf emoticon-Smilie
http://www.kaskus.co.id/thread/5289d...masuk-penjara/
Quote:Original Posted By kenyot10
http://www.kaskus.co.id/thread/5289d...masuk-penjara/

denkoran kok dilawanemoticon-Ngakak
tdi cek sampai page 4 ga ada, kurang jauh ngeceknya gw...
maaf repost ya emoticon-Frown



+1 dolo ahhh ..... emoticon-Cool
Quote:Original Posted By dika160507
tdi cek sampai page 4 ga ada, kurang jauh ngeceknya gw...
maaf repost ya emoticon-Frown


Mgkn berikutnya lebih beruntung
+1 jg ah....
anti pleswan
ninggalin jejak deh sebelom closed. mudah2 bisa lebih dr +1 xD
Menjijikan... gaji, pelatihan dan pendidikan dibayar dengan uang rakyat, untuk melindungi tanah tumpah air negeri ini...tapi kelakuan gak jauh dari preman tanah abang...

Harusnya mati adalah hukuman pantas, sudah melanggar sumpah prajuritnya, membunuh orang pulak, menjijikan
plus satu
diburu aja sekeluar dari penjara emoticon-Smilie enak sekali banci2 salon ini bisa melenggang bebas habis bunuh org keroyokan, cuma dikandangi bulanan
mau komen ternyata ripos... gak jadi dah...