alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5289702cfcca17ba77000006/7-tips-menjadi-workaholic-bebas-stress
7 Tips Menjadi Workaholic Bebas Stress
Bisa dikatakan stress adalah sahabat bagi orang sukses. Bagaimana tidak. Setiap hari kita bisa melakukan banyak rutinitas yang mungkin saja berbeda – beda, dan menekuni pekerjaan itu dari pagi hingga malam hari selama 5 hari berturut – turut. Bila kita merasa seperti terjebak dalam sebuah lingkaran tuntunan untuk menyelesaikan banyak hal dengan sedikit upaya, maka stres pasti mampir. Untuk menghilangkan stress ada banyak sekali caranya. Berikut adalah 7 tips menjadi seorang workaholic bebas stress:

1. Lakukan pekerjaan sesuai porsi
Ketika kita sudah mulai disibukkan dengan rutinitas harian yang sangat padat, tidak jarang kita melupakan banyak hal. Sehingga diri kita sendiri mengalami tekanan. Bekerja cepat dan keras memang sangat perlu. Terkadang untuk mencapai hasil maksimal kita rela untuk lembur dan berlama – lama di kantor. Namun hal ini sangat tidak disarankan. Boleh saja anda bekerja selama berhari – hari, atau berminggu – minggu untuk mendapatkan hasil yang cepat dan memuaskan. Tetapi tidak ada salahnya jika anda menebus itu dengan melakukan tamasya beberapa hari sekedar untuk melepas penat.

2. Jangan takut untuk berkata “give up”
Ketika kita merasa sudah berada pada puncak stress dan tidak bisa menemukan ide – ide yang segar, cobalah untuk menyerah. Menyerah disini bukan berarti anda tidak ingin lagi melakukan pekerjaan tersebut lagi. Tapi cobalah untuk break dulu dari mengerjakan pekerjaan yang kita tekuni. Misalnya berenang, atau pulang ke rumah, atau melakukan tamasya yang jauh, atau apapun itu. Ketika kita sudah rileks, itulah saat dimana ide – ide atau inspirasi datang.

3. Buatlah perencanaan dan strategi
Suatu pekerjaan selalu dan harus memiliki sebuah perencanaa dan strategi dalam pengerjaan. Hal ini bukan hanya dibutuhkan agar pekerjaan mampu terselesaikan dengan baik. Namun ini juga menguntungkan bagi kita dalam manage kemampuan kita mengerjakan suatu tugas. Ketika suatu perencanaan sudah dibuat, kita juga membutuhkan strategi dalam pengerjaannya. Hal ini bisa mengurangi rasa stress dalam mengerjakan tugas karena kita sudah memiliki strategi dalam mengerjakan untuk mendapat hasil yang lebih baik dan tentu saja dengan cara yang lebih mudah.

4. Sertakan passion Anda
Pernahkah kita berfikir, suatu pekerjaan akan sangat menyenangkan apabila ada suatu kesenangan didalamnya, yaitu passion. Ketika kita sudah mulai menekuni pekerjaan yang disertai dengan passion, itu tentu saja tidak akan menjadi sebuah beban bagi kita. Dan secara otomatis rasa stress itu sendiri tidak ada. Maka cobalah untuk mencari passion anda dari sekarang dan tekuni itu. Namun ketika apa yang anda kerjakan saat ini belum menggambarkan passion anda, cobalah untuk mencari kesenangan yang lain, agar mampu lebih produktif dalam bekerja.

5. Selalu tepat waktu
Waktu adalah segalanya. Begitulah seringkali kita mendengar orang – orang mengatakan tentang waktu. Ketika kita sedang memiliki banyak pekerjaan, cobalah untuk tepat waktu dalam mengerjakan. Hal ini akan memberikan pengaruh banyak bagi diri kita. Bukan hanya menerapkan kebiasaan disiplin, namun anda akan mendapatkan hasil yang terbaik dan tentu saja terbebas dari rasa stress mengerjakan pekerjaan yang seolah – olah tidak ada habisnya.

6. Jangan menularkan pada orang lain
Ketika anda mulai merasakan stress di tempat kerja, baik karena pekerjaan, rekan kerja, ataupun atasan/bawahan anda, cobalah untuk tidak membawa stress itu ke dalam rumah atau membaginya kepada teman – teman anda di luar. Karena ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anda dan teman – teman anda. Cobalah untuk mencari sebuah pelampiasan lain seperti pergi berolahraga, makan bakso, atau hanya berkeliling kota sejenak.

7. Banyak cara bisa dilakukan di sela-sela kesibukan Anda
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress, seperti menikmati secangkir kopi di malam hari, karena kopi dapat meningkatkan mood dan fokus kerja anda selama seharian. Atau susu hangat setelah lelah bekerja untuk membantu anda merasa lebih tenang dan membantu tidur anda lebih nyenyak di malam hari. Namun jangan dilakukan secara terus – menerus setiap hari karena dia bisa menjadi siklus berkepanjangan. Cobalah untuk mempelajari jenis olahraga seperti meditasi atau kegiatan bebas di alam. Hal ini mampu meredakan stress setelah seharian bekerja.

Tidak ada salahnya ketika anda memilih untuk menjadi workaholic. Tetapi alangkah baiknya jika anda bisa belajar untuk menjadi seorang yang berfungsi pada banyak hal. Bukan hanya dengan menampilkan hasil kerja terbaik, namun disaat yang bersamaan juga mampu memberikan motivasi bagi rekan ataupun anggota dalam sebuah tim. Good luck ;-)

Spoiler for Source:
enaknya sih sambil dengerin lagu2 instrumental di ruangan yg sepi emoticon-Big Grin